8 Gunung yang Buka saat Liburan Akhir Tahun untuk Pendaki Maupun Wisatawan

Untuk menikmati libur panjang, kamu bisa mengunjungi gunung yang buka saat liburan akhir tahun. Berikut ini daftar beberapa gunung yang buka beserta syarat kunjung di masa pandemi ini.

Advertisement

Libur telah tiba! Biasanya, sebagian besar dari kita selalu sudah menyusun agenda liburan akhir tahun bersama keluarga maupun rekan terdekat.

Sayangnya, di masa pandemi Covid-19 ini, pergerakan masyarakat untuk berlibur dibatasi guna menekan laju persebaran virus.

Jika kamu tetap ingin pergi rekreasi, mengunjungi gunung yang buka saat liburan akhir tahun mungkin bisa menjadi pilihan tepat.

Ya, setelah tutup sejak awal masa pandemi, beberapa gunung di Indonesia kembali membuka aksesnya untuk para pendaki dan wisatawan.

Namun, ada beberapa syarat khusus bagi para pengunjung yang akan datang. Yakni mulai dari melakukan pendaftaran online terlebih dulu, hingga melampirkan beberapa dokumen kesehatan.

Gunung jadi Pilihan Pas untuk Rekreasi saat Pandemi

Ada beberapa alasan yang membuat gunung layak untuk dipilih sebagai tempat rekreasi di masa pandemi ini. Di antaranya sebagai berikut:

Ruang alam lebih aman dari risiko persebaran virus

Keunggulan pertama dari gunung sebagai tempat rekreasi selama pandemi adalah ruang alam yang terbuka terbilang lebih aman dari risiko penyebaran virus.

Kualitas udara di area pegunungan sangat bagus, dengan sirkulasi yang sudah pasti lancar. Jumlah pengunjung yang dibatasi juga membuat area gunung tidak akan ramai sesak.

Bandingkan jika kamu mengunjungi tempat rekreasi tertutup ber-AC seperti mall atau hotel, sirkulasi udara yang terbatas meningkatkan risiko penularan Covid-19.

Dapat memanfaatkan momen liburan sekaligus meditasi

Selain membuat hati senang, momen liburan ke gunung juga bisa kamu manfaatkan untuk meditasi atau refleksi diri.

Ketenangan pikiran juga menjadi kunci dari kesehatan yang terjaga. Maka dari itu, maksimalkan momen liburanmu saat pergi ke gunung, baik untuk mendaki maupun sekadar berwisata.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan

Ada berbagai kegiatan seru di gunung yang bisa membuat liburan makin asyik.

Mulai dari mendaki, tracking jarak dekat, piknik, berkemah, dan lain sebagainya. Banyaknya pilihan dijamin bikin kamu enggak akan bosan, justru liburan jadi berkesan.

(Baca Juga: 10 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula di Pulau Jawa)

Gunung yang Buka saat Liburan Akhir Tahun

Setiap gunung yang buka saat liburan akhir tahun memiliki kebijakan masing-masing selama masa pandemi ini.

Beberapa persyaratan perlu dipatuhi pengunjung, agar meminimalisir risiko penularan virus.

Berikut ini beberapa gunung yang buka saat liburan akhir tahun di Indonesia.

1. Gunung Lawu

Gunung yang buka saat liburan akhir tahun yang pertama adalah Gunung Lawu di Jawa Tengah.

Gunung dengan ketinggian 3.265 mdpl ini memiliki empat pintu masuk, namun baru satu pintu saja yang resmi dibuka. Yakni pintu Cemoro Sewu di Magetan.

Sedangkan untuk pembukaan pintu masuk dari Cemoro Sewu di Jawa Timur, pintu Cemoro Kandang dan Candi Cetho di Karanganyar, Jawa Tengah, masih akan diinfokan lebih lanjut.

Sebab pengelola mengaku membutuhkan waktu untuk berdiskusi dengan seluruh pengelola pintu masuk area gunung.

Pihak pengelola Gunung Lawu menerapkan protokol kesehatan yang ketat, pembatasan jumlah pendaki, dan penyediaan fasilitas wastafel untuk cuci tangan di beberapa spot di jalur pendakian.

2. Gunung Gede Pangrango

Kedua, ada Gunung Gede Pangrango di Cianjur, Jawa Barat, yang buka sampai tanggal 27 Desember 2020.

Sedangkan tanggal 28 Desember 2020 sampai 31 Januari 2021, gunung ditutup untuk masa pemulihan ekosistem.

Pembatasan jumlah pengunjung khususnya bagi pendaki diberlakukan. Hingga 27 Desember nanti, pengelola hanya menerima total 4800 orang pendaki.

Dari kuota tersebut, sudah ada 1700 pendaki yang mendaftar untuk masa pendakian hingga pertengahan bulan Desember ini.

Sejauh ini, jumlah pendaki di Gunung Gede Pangrango memang mengalami penurunan. Rata-rata, setiap harinya hanya ada sekitar 100-an orang pendaki yang datang. Jadi, wilayah ini terbilang sepi.

Untuk kamu yang mau mendaki gunung ini, kamu wajib melakukan pendaftaran online terlebih dulu lewat situs www.booking.gedepangrango.org.

Setelah mendaftar, pendaki juga harus menyertakan surat keterangan sehat dari dokter yang nantinya ditunjukkan ke pihak pengelola gunung saat memasuki area pendakian.

Ada tiga pintu masuk untuk pendakian, yakni pintu masuk Gunung Putri, pintu Cibodas, dan pintu Selabintana. Info lebih lanjut, bisa kamu lihat melalui akun Instagram @tn_gedepangrango

3. Gunung Slamet

Gunung yang buka saat liburan akhir tahun selanjutnya adalah Slamet di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak tanggal 22 Desember 2020 lalu, pengelola memperbarui syarat kunjungan pendaki.

Yakni bagi pendaki yang berasal dari daerah luar Jawa Tengah wajib menunjukkan surat keterangan rapid test antigen dengan hasil negatif.

Sedangkan untuk pendaki dari area Jawa Tengah harus menyertakan surat keterangan sehat dari Puskesmas atau dokter.

Selain itu, pendaki juga wajib menerapkan protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Pintu masuk Gunung Slamet yang dibuka adalah dari jalur Bambangan dan jalur Gunung Malang.

4. Gunung Raung

Gunung Raung di Banyuwangi juga kembali dibuka per 25 Desember 2020 ini untuk pendaki. Di masa new normal, beberapa persyaratan wajib kamu patuhi.

Di antaranya semua pendaki harus menggunakan jasa tour guide,mendaftar di Sekretariat Pendakian setempat, menyertakan dokumen identitas diri (fotokopi KTP/Paspor), serta menyertakan surat keterangan sehat atau hasil negatif dari rapid test.

Selain itu, pastikan kamu membawa perlengkapan mendaki yang lengkap, guna mengantisipasi segala kemungkinan buruk selama pendakian.

Sebab curah hujan tinggi dan cuaca buruk lebih berpotensi terjadi saat akhir tahun.

5. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani di Lombok juga masuk ke daftar gunung yang buka saat liburan akhir tahun untuk pendakian, yakni hingga 31 Desember 2020.

Namun, seluruh pendaki wajib check out dari area pendakian paling lambat 2 Januari 2021. Sebab pada 1 Januari 2021 hingga 31 Maret 2021, Gunung Rinjani akan ditutup untuk pemulihan ekosistem.

Sedangkan untuk lokasi rekreasi wisata seperti beberapa air terjun di sekitaran Gunung Rinjani ditutup sejak 18 Desember 2020 lalu.

Penutupan ini juga dilakukan karena adanya perkiraan terjadinya cuaca ekstrem di Lombok. Seperti angin kencang, banjir, dan hujan lebat.

Sehingga pengelola perlu mengambil langkah pencegahan dari risiko pendaki atau wisatawan yang bisa saja hilang atau tertimpa kecelakaan.

(Baca Juga: 10 Merk Sendal Gunung Terbaik yang Awet dan Nyaman Dipakai)

6. Gunung Prau

Gunung Prau yang berlokasi di Wonosobo, Jawa Tengah, juga bisa kamu kunjungi karena ini merupakan gunung yang buka saat liburan akhir tahun.

Dengan penerapan protokol kesehatan, pengunjung yang ingin datang untuk mendaki atau sekadar berwisata masih bisa datang berkunjung hingga tanggal 2 Januari 2021.

Sedangkan selama tiga bulan setelahnya (3 Januari 2021 sampai 4 Maret 2021), gunung Prau akan ditutup untuk pemulihan ekosistem.

7. Gunung Ciremai

Di daerah Jalaksana, Jawa Barat, ada Gunung Ciremai yang merupakan gunung yang buka saat liburan akhir tahun, baik untuk pendaki maupun wisatawan.

Di sini, kamu bisa sekadar berkemah atau menikmati suasana gunung, serta melakukan off road dengan mobil jeep.

Namun untuk pendaki wajib melakukan pendaftaran online via situs bit.ly/PendakiCiremai, menerapkan protokol kesehatan, dan menyertakan surat keterangan rapid test hasil negatif (khusus pendaki dari luar Kuningan, Indramayu, Cirebin, dan Majalengka).

Selain itu, pendaki harus mengikuti pengecekan kesehatan oleh tim medis Gunung Ciremai pada hari H pendakian, mulai pukul 07.00 WIB sampai 10.30 WIB di base camp.

Perturan ini berlaku bagi semua pendaki yang masuk dari semua pintu, mulai dari pintu di jalur Linggajati, Linggasana, dan Palutungan.

Sedangkan untuk pintu dari jalur Apuy masih ditutup hingga waktu yang belum ditentukan.

8. Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing

Dua gunung di Wonosobo, Jawa Tengah, yang bersebelahan ini adalah gunung yang buka saat liburan akhir tahun yang bisa dikunjungi tanpa harus menyertakan surat hasil rapid test.

Namun, pastikan kamu mendaki gunung dalam kondisi fisik yang sehat serta menerapkan protokol kesehatan. Setidaknya, setiap pendaki wajib membawa 2 masker selama pendakian.

Selain itu, pendaki harus melakukan registrasi dengan menyertakan fotokopi KTP, membawa tenda yang cukup. Sebab satu tenda dengan kapasitas 4 orang hanya boleh dihuni maksimal 2 orang saja.

Jalur masuk yang biasa dipilih untuk Gunung Sindoro adalah jalur Alang-alang Sewu, dan jalur di Dusun Lamuk Kalikajar untuk pintu masuk Gunung Sumbing.

Itulah daftar gunung yang buka saat liburan akhir tahun. Jaga selalu kondisi kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan, dan pastikan kamu memiliki perlindungan asuransi.

Produk asuransi kesehatan kini makin mudah diajukan lewat fintech seperti CekAja. Kami akan membantumu membandingkan produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan.

Premi dijamin terjangkau, dengan nilai uang pertanggungan menarik dan jumlah rumah sakit rekanan yang tersebar luas di Indonesia.

Jadi, jika terjadi risiko saat liburan akhir tahun, kamu tak perlu khawatir dengan jaminan layanan kesehatan.

Proses pengajuan asuransi kesehatan via CekAja sangat mudah, hanya perlu mengisi formulir online dan membayar premi bulan pertama.

Kartu asuransi siap pakai kemudian akan dikirimkan langsung ke alamat tempat tinggalmu.

Kurangi kekhawatiran soal risiko kesehatan dengan memiliki asuransi yang bisa bandingkan dan diajukan lewat CekAja!

Advertisement