Hal yang Tidak Boleh Dibeli Pakai Kartu Kredit, Jangan Nekat Membayarnya

Ternyata ada loh hal yang tidak boleh dibeli pakai kartu kredit. Padahal kita mungkin sempat berpikir bahwa kartu kredit bisa menjadi satu solusi ampuh untuk semua transaksi dan pembelian.

Memiliki kartu kredit sudah pasti membuat sebagian besar orang akan menggampangkan untuk membeli ini dan itu. Apalagi jika ditambah dengan promo yang menarik seperti diskon, cashback sampai cicilan 0%.

Siapa sih yang tidak tergiur dengan promo seperti itu? Sebenarnya penggunaan kartu kredit adalah untuk memudahkan transaksi yang kita lakukan sehingga kita tidak lagi membawa uang tunai banyak.

Membawa uang tunai dengan jumlah banyak juga memiliki resiko. Jadi untuk itulah kartu kredit ini. Tetapi ada banyak orang yang mengatakan kalau kartu kredit malah bikin kantong bolong.

Nah loh bagaimana dengan itu? Tentu bisa benar bisa tidak. Kalau kita membeli semua kebutuhan pakai kartu kredit pasti bikin kantong bolong.

(Baca Juga: Cara dan Syarat Pembuatan Kartu Kredit)

Maka ada hal yang tidak bisa, atau lebih tepatnya tidak boleh dibeli pakai kartu kredit. Apa saja sih hal yang tidak boleh dibeli pakai kartu kredit ini? Simak terus artikel ini ya!

Hal Yang Tidak Boleh Dibeli Pakai Kartu Kredit

Tidak semua kebutuhan kita harus menggesek kartu kredit. Mengingat kartu kredit akan memberikan bunga yang tinggi saat kita membayar tagihannya.

Jadi kita harus pintar-pintar untuk mengatur mana yang boleh dan tidak boleh dibeli pakai kartu kredit. Berikut ini hal yang tidak boleh dibeli pakai kartu kredit antara lain:

1. Kebutuhan pokok rumah tangga

Kebutuhan pokok rumah tangga - Hal Yang Tidak Boleh Dibeli Pakai Kartu Kredit

Hal yang tidak boleh dibeli pakai kartu kredit yang pertama adalah barang-barang kebutuhan pokok rumah tangga. Misalnya kita belanja bulanan di supermarket atau minimarket hindari pakai kartu kredit.

Begitu juga saat membayar tagihan listrik, air, dan internet. Kebutuhan-kebutuhan ini bisa dialokasikan dari gaji bulanan kita.

Alokasikan sekitar 30% untuk kebutuhan bulanan dan sekitar 5% untuk anggaran hiburan. Jadi tetap ingat ya pakai saja uang dari gaji bulanan kalau hanya untuk membeli kebutuhan pokok daripada kita pusing membayar tagihan plus bunga yang tinggi.

2. Bayar hutang

Bayar hutang - Hal Yang Tidak Boleh Dibeli Pakai Kartu Kredit

Hal yang tidak boleh dibeli pakai kartu kredit selanjutnya adalah untuk membayar hutang lain. Contohnya kita pakai kartu kredit untuk membayar cicilan kredit kendaraan bermotor, kredit tanpa agunan, kredit multiguna dan segala jenis kredit yang kita punya.

Jangan pernah berpikir untuk membayar cicilan kredit itu memakai kartu kredit meski di saat darurat. Kenapa?

Karena nantinya kita tetap akan kena tagihan kartu kredit dengan bunga yang tinggi. Bisa-bisa bukannya tenang tapi malah semakin kacau.

Membayar hutang cicilan bisa dialokasikan sekitar 20% dari gaji bulanan kita. Jangan sampai kita “gali lubang tutup lubang” dengan kartu kredit ya!

3. Barang diskon

Barang diskon - Hal Yang Tidak Boleh Dibeli Pakai Kartu Kredit

Melihat baju, sepatu, tas yang diskon pasti kita ingin membelinya. Ada baiknya barang-barang ini menjadi hal yang tidak boleh dibeli pakai kartu kredit.

Jatuhnya kita sendiri yang akan rugi. Bayangkan saja kita akan membeli baju diskon seharga Rp 250 ribu tapi pakai kartu kredit. Bukankah nanti kita harus bayar tagihan kartu kredit ditambah bunganya?

Masih mau beli barang diskon pakai kartu kredit?

4. Pembayaran nominal kecil

Pembayaran nominal kecil - Hal Yang Tidak Boleh Dibeli Pakai Kartu Kredit

Hal yang tidak boleh dibeli pakai kartu kredit selanjutnya adalah melakukan pembayaran yang nominalnya kecil. Kalau kamu hanya akan beli secangkir kopi di kafe seharga Rp 20.000 lebih baik bayar tunai saja.

Memakai kartu kredit untuk bayar hal-hal kecil seperti ini tidak sebanding dengan tagihan utang plus bunga kartu kredit loh. Maka dari itu kita perlu sekali mengontrol keinginan-keinginan yang sebenarnya tidak begitu perlu. Apalagi kalau hanya untuk memenuhi gaya hidup.

5. Tiket yang terlalu mahal

Tiket yang terlalu mahal - Hal Yang Tidak Boleh Dibeli Pakai Kartu Kredit

Biasanya kita membeli tiket untuk hiburan, pesawat atau hotel memakai kartu kredit. Hal ini sah-sah saja asalkan kita yakin itu adalah harga yang murah dan kita bisa membayar tagihannya.

Hal yang tidak boleh dibeli pakai kartu kredit adalah tiket yang harganya terlalu mahal. Misalnya saja kita beli tiket konser seharga Rp 20 juta pasti nanti cicilannya sangat besar tiap bulannya.

Kalau kita tidak sanggup mencicilnya lebih baik batalkan saja menonton konser seharga Rp 20 juta kan?

6. Retail Therapy

Retail Therapy - Hal Yang Tidak Boleh Dibeli Pakai Kartu Kredit

Wanita biasanya memiliki kebiasaan berbelanja hanya untuk menyenangkan diri. Barang-barang yang dibeli juga biasanya tidak penting.

Pastikan ini menjadi hal yang tidak boleh dibeli pakai kartu kredit karena nantinya kita bisa bingung sendiri kenapa tagihan bulanan kartu kredit membengkak.

7. Tagihan berobat

Tagihan berobat - Hal Yang Tidak Boleh Dibeli Pakai Kartu Kredit

Tagihan berobat menjadi salah satu hal yang tidak boleh dibeli pakai kartu kredit. Mungkin tidak membeli tapi membayar tagihan berobat memakai kartu kredit juga tidak dianjurkan karena bunga dan utang pokoknya yang besar.

Ada alternatif lain untuk mengcover hal semacam ini yaitu dengan membeli asuransi kesehatan yang bisa mengcover segala penyakit berikut pengobatannya.

Nah itu dia beberapa hal yang tidak boleh dibeli pakai kartu kredit yang perlu kita perhatikan. Karena kartu kredit sejatinya kita berhutang.

(Baca Juga: Asuransi Kesehatan Terbaik dengan Premi Terjangkau)

Maka pastikan memakainya dengan bijak dan perhitungkan kemampuan kita untuk membayar kembali hutangnya. Jadi pastikan memakai kartu kredit dengan benar ya!

Dan untuk biaya pengobatan, memang benar jika membeli asuransi lebih bijak ketimbang membayar biaya pengobatan menggunakan kartu kredit.

Jadi, inilah saatnya kita memiliki asuransi kesehatan untuk diri kita dan juga keluarga. Karena keluarga adalah satu faktor penting yang harus dijaga dalam hidup kita.

Untuk memilih asuransi, kita bisa dengan mudah memilih dan membandingkan asuransi terbaik yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kita di CekAja.com.

CekAja.com bekerjasama dengan agen asuransi terbaik di kelasnya dan juga secara resmi diawasi oleh OJK. Jadi sudah tak diragukan lagi keamanannya.

Selain itu, proses pendaftaran yang dilakukan secara online pun semakin memudahkan kita. Jadi, tak perlu ragu lagi, apply asuransi kesehatanmu dan dapatkan premi terbaik melalui CekAja.com.