Harga Emas Turun, Waktunya Investasi Emas? Simak Selengkapnya!

Harga emas turun? Tenang, kamu tidak perlu panik sampai harus segera menjual instrumen investasi tersebut.

Emas menjadi instrumen investasi yang banyak di cari. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan emas dianggap menjadi investasi yang paling aman.

Selain menjadi investasi paling aman, proses pembelian dan pencairan dana investasi emas cukup mudah. 

Sehingga, jika sewaktu-waktu membutuhkan dana mendesak, emas bisa dengan mudah dicairkan. 

Menjadi investasi yang dianggap paling aman, bagaimana harga emas saat ini? Apakah harga emas turun terus atau harga emas melonjak naik?

Harga Emas Saat Ini

Meski terbilang sebagai investasi emas yang paling aman, emas pernah mengalami penurunan. Meskipun, tidak fluktuatif jenis investasi yang lain.

Berdasarkan data dari harga-emas.org, dibandingkan 3 bulan lalu, harga emas turun pada bulan Juni tahun 2022 ini.

Saat ini, 20 Juni 2022, harga emas di angka Rp878 ribu per gramnya. Sedangkan pada bulan maret, harga emas bisa mencapai Rp950 ribuan.

Tapi tenang, jika dibandingkan dengan bulan Juni 2021, emas di bulan Juni 2022 mengalami kenaikan. Dimana, harga emas di bulan juni 2021 hanya sebesar Rp 827 ribu per gram .

Fluktuasi yang tidak terlalu tajam dan cenderung meningkat inilah,  yang membuat emas dikatakan sebagai salah satu instrumen investasi yang aman.

(Baca Juga: Jenis Emas Batangan untuk Investasi, Berikut Hal yang Wajib Diketahui Investor!)

Penyebab Harga Emas Turun dan Naik

Kamu mungkin penasaran, bagaimana dan apa penyebab dari harga emas turun? Sebenarnya ada beberapa penyebabnya.

1. Penawaran dan Permintaan

Faktor pertama yang bisa menyebabkan harga emas turun adalah penawaran dan permintaan. Faktor satu ini mungkin sedikit banyak bisa dimengerti.

Ketika permintaan emas meningkat, namun penawaran atau stok emas terbatas, maka harga emas akan meningkat.

Namun, jika permintaan emas menurun dan penawaran meningkat atau lebih besar, maka harga emas turun.

Perlu kamu tahu, ketersediaan emas di dunia cukup terbatas. Selain dari hasil pertambangan, emas juga berasal dari daur ulang emas.

2. Ketidakpastian Kondisi Global

Penyebab harga emas turun selanjutnya adalah dari ketidakpastian kondisi global. Naik atau turunnya harga emas dapat dipicu oleh berbagai situasi, seperti krisis, politik, ekonomi, resesi, atau perang.

Salah satu contoh, saat krisis ekonomi di tahun 1998, harga emas menjadi melonjak dengan drastis. Oleh sebab itu, instrumen emas kerap dianggap sebagai penyelamat.

Atau ketika terjadi ketegangan akibat perang, para investor akan berbondong-bongong beralih investasi ke aset yang lebih aman, seperti emas. Pada kondisi tersebut, peminat emas yang tinggi dapat menyebabkan harga emas naik.

Namun, pada situasi biasa, investasi emas akan kurang peminat. Investor lebih banyak memilih jenis instrumen investasi yang lebih berisiko. Dan pada saat ini lah, harga emas turun.

3. Inflasi

Kamu pasti tau, bahwa inflasi menjadi salah satu faktor yang membuat harga suatu barang menjadi naik.

Inflasi ini juga berpengaruh pada harga emas. Ketika inflasi naik, maka harga emas ikut meningkat. Hal ini dikarenakan oleh masyarakat yang enggan untuk menyimpan aset dalam bentuk uang.

Akhirnya, memilih untuk menyimpan aset dalam bentuk investasi emas yang cenderung lebih aman. Banyaknya peminat, maka harga emas akhirnya ikut meningkat.

4. Kebijakan Moneter

Penyebab harga emas turun atau naik bisa dikarenakan oleh kebijakan moneter, yang diambil Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed).

Kebijakan moneter yang dimaksud di sini adalah kebijakan dalam menaikkan atau menurunkan suku bunga.

5. Nilai Tukar Dollar Amerika Serikat

Naik dan turunnya emas dalam negeri akan bergantung dari harga emas internasional, yang dikonversi dari dollar AS menjadi mata uang Rupiah.

Waktu Tebaik investasi emas

Setelah menyimak harga emas saat ini serta penyebab dari harga emas turun, kamu mungkin akan bertanya, kapan waktu terbaik untuk investasi emas? Apakah saat harga emas turun, atau saat harga emas naik?

Jawabannya adalah tergantung dari kesiapan diri kamu. Investasi emas merupakan investasi jangka panjang. Keuntungan dari emas akan lebih terasa ketika jangka panjang.

Tidak perlu menunggu harga emas turun atau naik, jika kamu sudah memiliki uang yang cukup, kamu bisa langsung investasi emas.

Kenaikan emas akan terlihat secara signifikan dalam jangka waktu yang lama, bisa bertahun-tahun. Jadi, kamu bisa memulai investasi emas kapanpun, karena hasil keuntungan bisa dilihat kemudian hari.

Investasi emas bisa dilakukan sesuai dengan anggaran. Kamu bisa beli emas per gram, atau sesuai dengan keinginan.

Emas Gratis dari OneAset

Meski harga emas saat ini sedang turun, namun harga yang dibanderol masih di angka Rp800 ribuan per gramnya.

Tanpa perlu mengeluarkan biaya, kamu bisa dapat hadiah emas 0,02 gram gratis dari OneAset. Bahkan, OneAset juga akan membagikan voucher diskon emas loh!

Cara mendapaktkan hadiah ini cukup mudah, kamu hanya perlu mendaftarkan diri ke OneAset melalui CekAja.

Hanya bermodal pengisian diri dan nomor HP, kamu bisa mendapatkan hadiah emas gratis + voucher diskon emas senilai Rp100 ribu!

Mengenal OneAset

Sebelum mendapatkan emas gratis dari OneAset, kamu sudah tahu belum apa itu OneAset? Untuk yang belum tahu, OneAset merupakan agregator online produk investasi di Indonesia.

Dalam aplikasi ini, kamu akan menemukan berbagai macam jenis produk investasi terbaik di Indonesia.

Jenis – jenis produk investasi yang bisa kamu temukan di OneAset seperti investasi emas, investasi reksadana, saham, obligasi, asuransi, dan masih banyak lagi.

Telah dipercaya lebih dari 1,7 juta pengguna, kamu tidak perlu khawatir lagi soal keamanan produk investasi dalam OneAset.

Pasalnya, produk investasi di dalamnya sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), jadi aman untuk digunakan.

(Baca Juga: Jenis-jenis Emas untuk Investasi, Mana yang Jadi Pilihan Terbaik?)

Cara Dapat Emas Gratis dari OneAset

Setelah mengenal OneAset, kamu pasti penasaran bagaimana cara dapat hadiah emas gratis dari OneAset.

Agar tidak bingung, kamu bisa alur cara berikut ini. Namun, sebelum mengikuti cara ini, kamu bisa liat persyaratan yang dibutuhkan di sini. Perlu dicatat, promo hadiah emas ini hanya berlaku hingga 30 Juni 2022 saja!

  1. Langkah pertama untuk dapat emas gratis dari OneAset adalah klik link berikut ini
  2. Isi semua data diri yang diperlukan
  3. Masukkan nomor HP kamu yang aktif
  4. Masukkan kode OTP, dan selesai!
  5. Untuk cairkan hadiah emas tersebut, install aplikasi OneAset di handphonemu!