Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Hati – Hati, Tidur Pakai Lampu Bisa Bikin Kamu Tambah Gemuk Lo!

by Gito on 11 Juni, 2019

Tidur dengan kondisi cahaya minimal memiliki banyak sekali manfaat. Selain bisa membuat kualitas tidur menjadi lebih baik, kamu yang tidur tanpa cahaya juga bisa membantu menurunkan risiko depresi.

kurang tidur_asuransi kesehatan - CekAja.com

Memang, tidur dengan lampu menyala ataupun mati tergantung kebiasaan masing-masing orang. Namun penelitian terbaru dari Journal of American Medical Association (JAMA) Internal Medicine menyebutkan bahwa tidur dengan kondisi lampu menyala membawa dampak yang kurang baik bagi tubuh.

Bahkan dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa tidur dengan cahaya yang menyala dalam kamar bisa membuat berat badan kamu bertambah. Hal itu disebabkan karena cahaya yang biasanya berasal dari televisi, lampu pijar ataupun ponsel mampu mengurangi produksi melatonin.

Padahal melatonin berguna untuk meregulasi fungsi biologis tubuh. JIka hormon melatonin kamu terproduksi dengan baik,maka beberapa penyakit yang mungkin ada didalam tubuh dapat di non-aktikan.

Selain itu, dengan adanya cahaya saat tidur juga dapat mengganggu ritme sirkadian juga pola makan. Sirkadian merupakan irama yang dikendalikan oleh jam biologis tubuh, adanya cahaya bisa menjadi gangguan ritme sirkadian karena cahaya menjadi salah satu acuan jam biologis tubuhmu.

Yang pada akhirnya dapat mempengaruhi sistem metabolisme tubuh, sehingga efek jangka panjangnya dapat mengakibatkan obesitas. Tidur dengan kondisi lampu mati juga bukanlah sesuatu yang buruk untuk dilakukan.

Bahaya Tidur Dengan Cahaya

Ada banyak hal positif yang dapat diambil dengan mematikan lampu saat tidur. Nah berikut merupakan beberapa efek lain jika kamu masih menyalakan lampu saat tidur, simak yuk!

(Baca juga: Risiko Kesehatan Akibat Kurang Tidur dan Kelebihan Tidur)
Kanker Payudara

Apa hubungannya antara kanker payudara dengan tidur terang benderang? Ya, studi mengatakan bahwa tidur dengan adanya cahaya membuat tubuh kita kebingungan untuk mengatur fungsi sel.

Alhasil saat malam hari dimana tubuh seharusnya membuat penekan tumor yang tebal, karena adanya cahaya hasilnya menjadi tipis.

Bahkan jika tubuh terus mengalami “kebingungan”, bisa membuat tumor menjadi lebih buruk. Disamping itu, saat tubuh kekurangan hormon melatonin, tubuh tidak bisa memerangi sel kanker.

Kesuburan Wanita

Tidur dengan kondisi lampu menyala ternyata juga mempengaruhi tingkat kesuburan wanita. Berdasarkan riset yang ditelurkan oleh Epidemiology, wanita yang memiliki jam kerja malam hari memiliki sirkuit menstruasi yang bermasalah.

Penelitian tersebut melibatkan 71 ribu lebih wanita yang bekerja dalam shift malam. Akhirnya hasil penelitian mengungkapkan bahwa gangguan yang disebabkan cahaya dan siklus tidur juga bangun yang tidak teratur mempengaruhi kesuburan kaum hawa.

(Baca juga: 5 Syarat Mendapatkan Tidur yang Berkualitas)
Diabetes Tipe 2

Hasil penelitian yang dikeluarkan oleh Jurnal Chronobiology International menjelaskan bahwa orang dengan diabetes mendapatkan paparan cahaya yang lebih terang selama empat jam sebelum tidur.

Paparan cahaya ini termasuk yang didapatkan dari televisi dan handphone, karena alat elektronik tersebut telah terbukti dapat lebih menekan hormon melatonin daripada sumber cahaya lain.

Tekanan Darah Tinggi

Tidur dengan kondisi lampu kamar menyala juga bisa memicu tekanan darah tinggi lo. Jadi kamu yang selama ini suka dengan cahaya saat beristirahat, mulailah merubah kebiasaan tersebut.

Karena siapa yang tidak ingin sehat? Hampir semua dari kita menginginkan tubuh yang selalu bugar bukan. Oleh karena itu, mulailah dari tidur. Tidur yang sehat akan membuat semuanya menjadi sehat.

Kamu juga bisa melindungi kesehatan kamu dengan membeli produk asuransi kesehatan. Akses CekAja.com dan temukan produk asuransi yang cocok untuk kamu.

Tentang Penulis

Jurnalis, penyuka musik britpop, sangat suka dengan dendeng kering.