10 Ide Bisnis Gorengan Kekinian Modal Minim Omzet Jutaan

7 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Bingung mau bisnis kuliner apa, yang cocok dengan kesukaan orang Indonesia? Sepertinya, ide bisnis gorengan kekinian, bisa dijadikan pilihan tepat!

Terlebih, bisnis gorengan kekinian, juga tidak memerlukan banyak modal. Karena, bahan-bahan yang digunakan, termasuk bahan-bahan pokok yang terjangkau, seperti tepung terigu, minyak goreng, dan jenis gorengannya.

Bukannya yang jual gorengan sudah banyak? Maka dari itu, kamu bisa pilih ide bisnis gorengan kekinian modal minim, yang unik dan berbeda, berikut ini.

Tips Buka Bisnis Gorengan Kekinian

Namun, sebelum bahas terkait ide bisnis gorengan kekinian, yuk intip dulu beberapa hal yang patut kamu ketahui, sebelum merintis bisnis gorengan kekinian berikut ini.

Pasalnya, bukan gorengan biasa, kamu harus pintar-pintar memasarkan bisnis baru ini, kepada masyarakat Indonesia, di berbagai kalangan.

(Baca Juga: 5 Ide Usaha Kue Kekinian Mulai dari Roti Kukus Srikaya hingga Sweet Potato Bread!)

Tujuannya, agar jajanan kaki lima ini menjadi makanan favorit. Yuk, langsung saja intip tipsnya berikut ini:

  • Memiliki Modal Usaha

Tips bangun bisnis gorengan kekinian, yang pertama tentu kamu harus punya modal usaha. Sebesar atau sekecil apapun bisnis gorengan mu, kamu pasti butuh modal.

Tidak hanya memikirkan modal untuk membeli bahan-bahan makana nya saja, karena kamu tidak boleh melupakan modal untuk bayar sewa tempat, peralatan, hingga gaji karyawan.

  • Memilih Lokasi yang Strategis

Meski cuma gorengan, kamu juga perlu memilih dan menentukan lokasi jualan yang strategis. Pilihannya, kamu bisa lokasi seperti di dekat pasar, di pinggir jalan, di area wisata, di area perkantoran atau pabrik, di halaman minimarket, hingga di dalam mall.

  • Pilih dan Gunakan Alat dan Bahan Berkualitas

Pemilihan bahan dan alat yang bagus, bisa membuat bisnis gorengan mu juga jadi berkualitas.

Selain berkualitas, pastikan segala proses produksinya, dilakukan secara higienis. Misalnya, penggunaan minyak, alat-alat untuk adonan, kemasan gorengan, dan lainnya.

  • Rekrut Karyawan atau SDM yang Ahli

Jika kamu tidak sanggup untuk membangun bisnis gorengan kekinian ini sendiri, maka manfaatkan sumber daya manusia yang ada.

Namun, tidak asal pilih, karena kamu harus cari karyawan atau SDM yang ahli di bidangnya, seperti memasak dan tentunya bisa diandalkan. Karena, tidak hanya ahli memasak, kamu juga perlu karyawan yang rajin, disiplin, jujur, ramah, dan lainnya.

  • Membuat Surat Perizinan Usaha

Bukan berarti bisnismu termasuk bisnis skala kecil, kamu tidak membuat izin usaha. Nyatanya, perizinan usaha sangat penting dibuat, untuk mendukung langkah bisnis Anda selanjutnya.

Sehingga, kamu bisa menuntaskan urusan pajak secara mudah. Selain itu, perizinan usaha juga bisa membantu kamu agar lebih mudah mendapatkan kredit usaha, ketika kamu mengajukan pinjaman ke bank.

  • Menentukan Target Pasar dan Penjualan

Tips membangun bisnis gorengan kekinian, juga harus memiliki target pasar dan penjualan, meski gorengan merupakan salah satu makanan, yang bisa menjangkau semua pasar.

Namun, kamu juga harus menentukan target penjualan, seperti dalam sehari kamu harus bisa menjual berapa buah gorengan. Jadi kamu bisa menghitung omzet harian yang masuk.

  • Promosi Bisnis dengan Cara Modern Seperti di Sosmed

Rasa yang enak saja tidak cukup, jika kamu tidak memasarkan produk kamu sendiri. Cobalah untuk promosikan bisnismu melalui sosial media, seperti Instagram, Facebook, Youtube, atau Whatsapp.

Agar konsumen tertarik, bisa berikan diskon atau promo lainnya, agar mereka bisa mengetahui produk bisnismu terlebih dahulu.

  • Melakukan Proses Promosi Konvensional

Selain promosi melalui sosmed, tidak ada salahnya kamu promosikan bisnismu, dengan cara konvensional, seperti promosi dari rumah ke rumah.

Membagikan tester ke tetangga, membagikan brosur, buka booth di pinggir jalan, keliling perumahan, dan lainnya.

  • Buat Konsep Kemasan yang Unik dan Menarik

Meski hanya gorengan, tidak ada salahnya kamu mendesain kemasan yang unik dan menarik. Justru karena jenis makanannya hanya gorengan, kamu harus bisa memikat konsumen dari hal lainnya, seperti kemasan.

Kemasan yang menarik, juga bisa memikat konsumen, karena akan membuat persepsinya tentang produk mu, lebih berkualitas dan higienis, ketimbang hanya pakai kertas koran atau kertas minyak.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait tips bangun bisnis gorengan kekinian. Lantas, bagaimana dengan ide bisnis gorengan kekinian, yang kira-kira memiliki prospek keuntungan besar?

Yuk, langsung saja intip deretan ide bisnis gorengan kekinian, modal minim omzet hingga jutaan, berikut ini.

Ide Bisnis Gorengan Kekinian

1. Tahu Crispy

Ide bisnis gorengan kekinian yang pertama ada tahu crispy. Selain hanya membutuhkan modal kecil, bisnis tahu crispy juga sangat mudah dibuat.

Pasalnya, kamu tidak harus membutuhkan banyak peralatan dan bahan baku. Kamu hanya membutuhkan peralatan dapur umum, dan bahan baku utama yakni tahu putih.

Untuk lebih menariknya, gorengan tahu crispy ini bisa kamu inovasikan, misalnya seperti ditambah bubuk rasa-rasa, isian, kuah.

2. Pisang Nugget

Ide bisnis gorengan kekinian ini bukan sekadar kekinian, tapi juga sedikit mewah, karena memiliki banyak varian rasa.

Seperti pisang goreng, tekstur pisang nugget lebih mirip seperti nugget ayam, yang diberi topping.

Toppingnya pun bisa kamu variasikan sesuai keinginan konsumen. Misalnya sediakan topping rasa umum, seperti selai cokelat, keju, vanila, stroberi, green tea, dan topping yang lebih variatif lagi seperti rasa oreo, nutella, tobleron, red velvet, dan lainnya.

3. Jamur Crispy

Selain pisang dan tahu, jamur juga bisa dijadikan sebagai bahan utama gorengan kekinian, yakni dibuat jamur crispy. Ide bisnis gorengan kekinian jamur crispy juga tak kalah difavoritkan orang Indonesia.

Sama seperti tahu, kamu bisa variasikan rasa jamur melalui bumbu berbentuk bubuk. Seperti bumbu balado, jagung bakar, ayam bakar, asin, pedas, dan lainnya.

Di sini, jenis jamur yang bisa digunakan adalah jenis jamur tiram putih dan enoki. Setelah itu, disuwir dan dimasukan ke tepung terigu berbumbu, selanjutnya digoreng sampai renyah.

4. Hotang

Bukan makanan Jepang, hotang ini adalah kepanjangan dari hotdog kentang. Ya, ide bisnis gorengan kekinian hotang, juga menjadi salah satu gorengan kekinian, yang difavoritkan masyarakat Indonesia, terutama anak muda.

Mudah dibuat dan rasanya enak, membuat hotang mudah dijual. Kamu hanya membutuhkan tusuk sate tebal, sosis, tepung terigu, dan kentang goreng.

Agar lebih menarik dan tampah enak, kamu juga bisa tambahkan keju mozarella di dalamnya. Agar ketika digigit, hotang mengeluarkn keju leleh yang menyatu di mulut.

5. Cireng

Ide bisnis gorengan kekinian yang berikutnya ini mungkin tidak kekinian, tapi kamu bisa tambahkan inovasi, agar lebih berbeda dari cireng biasanya.

Misalnya, cireng bumbu rujak, cireng isian, cireng kuah, cireng pedas, dan lainnya. Terlebih, modal bisnis cireng tak terlalu besar. Sehingga bisa dijadikan bisnis gorengan pemula.

6. Tahu Bulat

Ide bisnis gorengan kekinian selanjutnya adalah tahu bulat. Bentuknya yang unik karena bulat sempurna, membuat penggemar tahu bulat, tak ada habisnya.

Terlebih kini, sudah banyak penjual tahu bulat, dengan sistem jualan di mobil bak terbuka.

Penjualan dengan cara seperti itu, juga bagus, namun cukup memiliki banyak risiko. Seperti tak bisa mengakses jalan besar, makanan tidak higienis, hingga ruang gerak terbatas.

Namun, kamu bisa pilih sistem jualan di gerobak, booth, atau via online. Intinya masih ada banyak cara, tinggal kamu saja yang menyesuaikan budget usahamu.

7. Tempe Mendoan

Paling difavoritkan orang Indonesia, tempe seakan tidak ada habisnya, untuk dibuat berbagai macam jenis masakan atau jajanan, seperti dijadikan ide bisnis gorengan kekinian tempe mendoan bumbu rujak.

Biasanya, tempe mendoan hanya dimakan menggunakan kecap, nah di sini kamu bisa inovasikan tempe mendoan, agar lebih menarik dan berbeda dari mendoan lainnya.

8. Kentang Goreng

Bukan kentang goreng biasa seperti kentang goreng, yang ada di restoran cepat saji, kentang goreng di sini lebih konvensional dan fresh.

Ide bisnis gorengan kekinian berikut ini, bisa kamu coba, yakni kentang goreng rasa-rasa. Kamu bisa tambahkan topping bumbu balado, jagung bakar, bubuk cabe, bahkan hingga bumbu kacang.

Biasanya, tidak hanya kentang, kamu bisa mix dengan gorengan lainnya. Jika kamu memiliki inovasi lain tentang rasa dan sistem memasak, bisa lebih unik lagi.

9. Cimol

Buat kamu yang suka cimol dan kangen cimol yang ada di sekolah SD, sepertinya bisa inovasikan ide bisnis gorengan kekinian dari cimol.

Misalnya, cimol isi, cimol rasa-rasa, cimol warna-warni, dan lainnya. Bahan baku cimol dan proses pembuatannya juga sangat mudah kok.

10. Bola Ubi

Ide bisnis gorengan kekinian yang terakhir adalah bola ubi. Jajanan manis yang sering ditemukan di tukang gorengan ini, juga bisa dijadikan bisnis kekinian, yang lebih disukai generasi milenial.

Kamu bisa inovasikan bola ubi, misal dengan tambahan bahan baku lain. Seperti tepung organik, tepung talas, rasa, isian, bentuk yang lebih menarik, hingga cara pengolahannya.

(Baca Juga: 8 Ide Bisnis Rice Bowl Kekinian)

Nah, itu dia beberapa informasi terkait ide bisnis gorengan kekinian beserta tips bangun bisnis gorengan, baik untuk pemula atau pebisnis profesional.

Adapun yang paling penting, dari membangun usaha adalah ketersediaan modal. Apapun bisnisnya, jika ada modal, pasti bisa direalisasikan.

Jadi, sudahkah kamu memiliki modal yang cukup untuk bangun bisnis gorengan kekinian?

Jika belum, tak perlu khawatir, karena kamu bisa dapatkan tambahan modal usaha, melalui CekAja.com.

CekAja.com sendiri menyediakan banyak produk pinjaman online, dari berbagai perusahaan p2p lending ternama di Indonesia, dan pastinya aman, terpercaya, dan telah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan.

Bagaimana? Sudah siap bangun bisnis gorengan kekinian? Yuk, langsung saja ajukan pinjaman modal usaha, sesuai dengan kebutuhanmu, hanya di CekAja.com!