8 Ide Bisnis Rice Bowl Kekinian yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Ingin membangun bisnis namun masih bingung dalam menentukan peluang yang menjanjikan? Ide bisnis rice bowl kekinian yang akan kita bahas kali ini mungkin bisa dijadikan sebagai inspirasi.

Seiring dengan persaingan bisnis yang semakin ketat, para pelaku usaha seakan berlomba-lomba untuk menciptakan sesuatu yang berbeda, guna menarik minat masyarakat secara luas.

Nah, salah satu ide bisnis yang sepertinya sedang banyak diminati oleh pasar adalah rice bowl. Bagaimana tidak? Di tengah kesibukan masyarakat dari berbagai aktivitas, rice bowl justru hadir sebagai pilihan makanan yang praktis dan mengenyangkan.

Tak hanya itu, saat ini juga sudah banyak dijumpai rice bowl yang dijual dengan harga relatif terjangkau.

Bisa memenuhi kebutuhan perut, ramah kantong, dan bisa disantap dimanapun dan kapanpun, membuat rice bowl dinilai menjadi salah satu ide bisnis yang menjanjikan.

Sesuai dengan namanya, rice bowl itu sendiri merupakan bisnis kuliner yang memiliki ciri khas kemasan dalam bentuk paper cup atau box kecil yang sangat praktis.

(Baca Juga: 7 Ide Bisnis Kuliner Saat Tahun Baru)

Sehingga, untuk para pelanggan yang membelinya, mereka tak perlu repot untuk mencari piring lagi untuk menyantapnya.

Selain itu, umumnya rice bowl juga sudah disajikan dengan nasi beserta lauknya yang terletak di dalam satu wadah siap makan.

Melihat beberapa keunggulan yang baru saja disebutkan, tak ada salahnya apabila kamu mencoba peruntungan dalam menjalankan bisnis rice bowl untuk mendapatkan keuntungan ataupun penghasilan tambahan.

Bagi kamu ingin membangun bisnis namun masih belum menemukan peluang yang tepat, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa ide bisnis rice bowl kekinian yang mungkin bisa dicoba. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Ide Bisnis Rice Bowl Kekinian

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa ide bisnis rice bowl kekinian yang bisa dijadikan inspirasi, yaitu adalah:

1. Sabo

Ide bisnis rice bowl kekinian yang pertama akan kita bahas adalah Sabo, yang merupakan kepanjangan dari ‘Sapi Balado’.

Mengusung menu masakan tradisional, Sabo membuat daging sapi terasa lebih lezat dengan campuran bumbu sambal balado yang melimpah dengan rasa pedasnya yang menggiurkan.

Dikarenakan hal itulah, ide bisnis rice bowl kekinian satu ini sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia yang sebagian besar menyukai pedas.

Tak hanya daging sapi yang empuk, di dalam satu paket rice bowl juga turut disajikan bayam cryspy yang renyah.

Meskipun memiliki menu utama sapi balado, namun di sini kamu juga bisa menjumpai menu makanan lainnya lho, seperti ayam geprek atau daging sapi balado yang disajikan di dalam roti panggang.

Instagram: @sabosabioy

2. Nona Judes

Ide bisnis rice bowl kekinian selanjutnya yang bisa dijadikan inspirasi adalah Nona Judes, yang didirikan oleh aktris cantik Tanah Air, Prilly Latuconsina.

Di sini, kamu bisa memilih paket rice bowl isi lengkap dengan hanya mengeluarkan uang sebesar Rp25 ribu saja lho.

Nah, salah satu menu yang jadi best seller dan wajib kamu coba adalah paket rice bowl dengan isian nasi putih, cumi kecombrang, dan kentang mustofa.

Dengan porsi yang tidak terlalu banyak ataupun terlalu dikit, cumi yang dimasak dengan tingkat kematangan sempurna, hingga bumbu kecombrang yang segar dan pedas dijamin membuat siapun menjadi ketagihan.

Selain isi yang baru saja disebutkan tadi, ide rice bowl kekinian satu ini juga turut dilengkapi dengan potongan kentang yang garing dan gurih. Pokoknya sangat cocok dijadikan sebagai menu makan siang yang ramah kantong.

Instagram: @nonajudesss

3. Eatlah

Eatlah memang merupakan salah satu ide bisnis rice bowl kekinian yang sepertinya begitu digemari oleh masyarakat, terutama untuk para generasi muda.

Nah, Eatlah ini juga merupakan salah satu pelopor dari viralnya menu ayam saus asin di ibukota lho.

Akan tetapi, selain Salted Egg Chicken Rice yang menjadi salah satu menu andalannya, di sini kamu juga bisa menjumpai menu-menu rice bowl lezat lainnya, seperti Brown Butter Chicken Rice, Sambal Chicken Rice, hingga menu nasi bersama Dori.

Ketika melakukan pemesanan, kamu juga bisa memilih ukuran box yang diinginkan, baik itu ukuran reguler atau ukuran large. Sehingga, tak ada lagi alasan belum kenyang karena porsi yang dianggap kecil.

Untuk kemasannya, Eatlah menyajikan setiap jenis makanan menggunakan box kotak berwarna cokelat yang menggambarkan kesederhanaan sekaligus ramah lingkungan.

Jadi, kamu bisa memakannya dimanapun dan kapanpun dan langsung membuangnya, benar-benar sangat praktis!

Instagram: @eatlahjkt

4. Mangkok Ku

Mangkok Ku merupakan salah satu ide bisnis rice bowl kekinian yang didirikan oleh dua anak presiden RI, Mas Gibran dan Mas Kaesang.

Tak tanggung-tanggung, kedua putra dari Presiden Joko Widodo ini bahkan juga berkolaborasi dengan Chef Arnold dan Randy Julius Kartadinata untuk dapat menciptakan hidangan yang super lezat dan mengenyangkan.

Mengusung tagline ‘Bersih, Merakyat, Nikmat Nyata’, mereka berempat membuat konsep rice bowl kualitas terbaik dengan cita rasa khas Indonesia.

Terbilang memiliki harga cukup terjangkau, ide bisnis rice bowl kekinian satu ini membanderol semangkuk nasi yang disertai dengan lauk pauk mulai dari Rp19 ribu saja sampai dengan Rp54 ribu.

Instagram: @mangkokku_id

5. Dapur Asix

Ide bisnis rice bowl kekinian yang bisa kamu jadikan inspirasi selanjutnya adalah Dapur Asix, yang merupakan tempat makan 24 jam dengan 18 sajian rice bowlnya yang menggugah selera.

Uniknya, seluruh menu-menu di sini menghadirkan masakan rumahan khas Indonesia yang begitu cocok di lidah lho.

Sehingga, kamu tak perlu pusing lagi untuk mencari menu favorit ketika memesan. Sebut saja seperti paru mercon, lidah cabe ijo, jengkol balado, pare nenek, teri, kacang, hingga cakalang pete.

Tak hanya itu, di dalam satu porsi rice bowl juga turut dilengkapi dengan telur mata sapi, timun, dan sambal.

Dengan rasa yang begitu lezat dan paket rice bowl yang lengkap nan mengenyangkan, harganya sudah pasti juga ramah di kantong, yaitu mulai dari Rp22 ribu sampai dengan Rp35 ibu saja.

Instagram: @dapurasix

6. Hey, TuBo!

Hey, Tubo! Merupakan salah satu ide bisnis rice bowl kekinian yang terletak kawasan perkantoran. Sehingga, tak heran apabila banyak karyawan yang menjadikan kuliner satu ini sebagai menu andalan makan siang mereka.

Salah satu menu yang menjadi best seller adalah nasi, sliced beef tongue, telur mata sapi, dan truffle oil yang disajikan terpisah ke dalam tabung kecil.

Dagingnya yang empuk dengan tingkat kematangan sempurna tentunya membuat siapapun menjadi ketagihan.

Dengan isian yang lengkap dan mengenyangkan, paket rice bowl Hey, Tubo! Juga dibanderol dengan harga yang relatif murah, yakni mulai dari Rp39 ribu sampai dengan Rp55 ribu, tergantung menu yang kamu pilih.

Bagi kamu yang malas keluar kantor, ide bisnis rice bowl kekinian satu ini juga bisa dipesan melalui GoFood maupun GrabFood.

Instagram: @heytubo

7. Rawon Bar

Pernahkah kamu melihat ide bisnis rice bowl kekinian yang menjadikan rawon sebagai menu andalannya?

Jika dilihat secara umum, jarang terjadi rice bowl yang menyajikan lauk berbentuk kuah. Namun, itulah yang membuat Rawon Bar menjadi begitu unik.

Sesuai dengan namanya, Rawon Bar menyajikan makanan berkuah hitam dengan cita rasa khas tradisional Indonesia.

Tak hanya dalam bentuk kuah saja, di sini kamu bahkan juga bisa memesan menu rawon kering lho. Ada pula nasi goreng rawon hingga rawon telur asin!

Wah, jadi penasaran kira-kira rasanya bagaimana ya? Satu paket rice bowl di Rawon Bar bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp39 ribu.

Instagram: @rawonbar

8. Sunny FatDay

Nah, ide bisnis rice bowl kekinian yang terakhir akan kita bahas dan bisa kamu jadikan inspirasi adalah Sunny FatDay, yang memiliki deretan menu andalan yang bisa kamu pilih.

Mulai dari Chicken Sambal Matah, Pork Sambal Matah, Truffle Gyudon, hingga Salted Egg, semuanya ada di sini.

Uniknya lagi, di dalam satu paket rice bowl kamu tak hanya mendapatkan nasi dan lauk pauk yang kaya bumbu saja, melainkan juga tambahan sayur buncis segar yang bisa memenuhi kandungan gizi di dalamnya.

Dapat dipesan melalui GoFood atau GrabFood, rice bowl Sunny FatDay bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp36 ribu sampai dengan Rp45 ribu.

Instagram: @sunnyfatday

Butuh Modal Usaha? Ajukan Saja Pinjaman di CekAja.com!

Jadi, itulah beberapa ide bisnis rice bowl kekinian yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam membangun bisnismu.

Akan tetapi, tentu setiap bisnis harus membutuhkan modal dalam menjalankannya, bukan? Nah, jika saat ini kamu sedang kebingungan dalam mencari modal, kamu bisa lho mengajukan pinjaman di CekAja.com.

(Baca Juga: 10 Ide Usaha Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga)

Di sini, kamu bisa memilih jumlah pinjaman sesuai kebutuhan sekaligus tenor dan cicilan yang dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial.

Tak hanya itu, seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online dengan pencairan dana yang hanya memakan waktu beberapa hari saja.

Melalui CekAja.com, kamu tak perlu khawatir lagi dengan modal usaha. Yuk, segera bangun usaha impianmu bersama CekAja.com!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha