7 Ide Bisnis Kuliner Saat Tahun Baru yang Sederhana dan Menguntungkan

Tahun baru segera tiba! Itu saatnya untuk merealisasikan semua rencana ide bisnis kuliner saat tahun baru yang selama ini terpendam.

Pariwara

Tahun baru memang dikenal sebagai momen spesial. Namun, itu juga menjadi pintu bagi semua ide bisnis kuliner saat tahun baru dimulai.

Pasalnya, tahun baru merupakan waktu yang tepat untuk memulai kembali semua rencana dan tujuan hidup yang belum terealisasikan di tahun sebelumnya.

Maka dari itu, agar momen tahun baru terasa lebih bermakna, kamu bisa merayakannya bersama orang-orang tersayang, sambil menjalankan ide bisnis yang sudah disusun sebelumnya.

Tetapi, jika kamu baru memiliki keinginan dan belum tahu ingin menjalankan bisnis apa, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa ide bisnis saat tahun baru yang menguntungkan.

Dan pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan memberikan sederet ide bisnis kuliner saat tahun baru, yang nantinya akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Ide Bisnis Kuliner Saat Tahun Baru

Jika berbicara tentang ide bisnis kuliner saat tahun baru, sebenarnya ada banyak sekali ide yang bisa dicoba.

Dan apabila melihat momen tahun-tahun sebelumnya, biasanya akan banyak sekali muncul penjual kuliner ringan, seperti jagung bakar, sosis bakar, jagung susu keju dan lain sebagainya.

Nah, itu semua bisa kamu jadikan ide bisnis kuliner saat tahun baru. Namun selain itu, masih banyak lagi ide bisnis kuliner saat tahun baru lainnya, yang akan akan CekAja.com berikan dan ulas secara lengkap sebagai berikut.

1. Bisnis jagung bakar

Ide bisnis kuliner saat tahun baru yang bisa kamu coba pertama, yaitu bisnis jagung bakar. Seperti yang diketahui, jagung bakar merupakan salah satu makanan yang wajib ada saat perayaan tahun baru.

Selain bisa dibuat sendiri, jagung bakar juga bisa dibeli dengan mudah di pinggir jalan. Pasalnya, makanan sederhana satu ini sudah seperti primadona, karena selalu ada yang menjajakannya di pinggir jalan.

Kamu pun bisa memanfaatkan peluang ini dengan ikut berjualan jagung bakar. Dengan modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang menggiurkan.

Apalagi jika kamu menjualnya pada saat malam tahun baru, maka omzet yang bisa kamu dapatkan jauh lebih besar dari yang seharusnya.

Tetapi sebelum mulai berjualan, pastikan terlebih dahulu kalau jagung yang digunakan adalah jagung manis.

Selain itu untuk menarik minat pembeli, kamu juga bisa menghadirkan inovasi baru dalam segi rasa, yang populer dan banyak disukai anak muda.

(Baca Juga: Bisnis Kuliner yang Viral saat Pandemi)

2. Bisnis jagung susu keju (jasuke)

Masih dalam lingkup ‘jagung’, ide bisnis kuliner saat tahun baru yang berikutnya adalah jagung susu keju (jasuke).

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu jasuke? Ini merupakan jenis camilan yang disukai oleh hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Hal tersebut dikarenakan, jasuke memiliki cita rasa manis dan gurih yang bisa kamu rasakan dalam satu kali suapan.

Rasa manis tersebut, tentunya berasal dari jagung dan susu kental manis yang digunakan. Sementara, rasa gurih berasal dari mentega dan parutan keju yang tersebar di bagian atas jagung.

Sama seperti jagung bakar, bisnis jagung susu keju juga tidak membutuhkan modal yang sangat besar.

Sebab, kamu hanya membutuhkan beberapa bahan sederhana untuk membuatnya, seperti jagung manis, mentega, susu kental manis dan keju.

3. Bisnis telur gulung

Telur gulung merupakan salah satu makanan camilan yang mudah dibuat. Meski begitu, namun peminat makanan satu ini sangat banyak.

Hal tersebut karena, telur gulung dijual dengan harga yang sangat terjangkau, enak dan bikin lidah “ketagihan”.

Kamu mungkin satu dari sekian banyak orang yang suka dengan makanan satu ini. Daripada harus membelinya terus-menerus, akan lebih baik jika kamu membuka bisnis telur gulung sendiri.

Mengingat tahun baru segera tiba, kamu bisa menjadikan telur gulung sebagai ide bisnis kuliner saat tahun baru yang menjanjikan.

Kamu bisa membuat varian baru telur gulung, agar menarik perhatian calon konsumen. Seperti misalnya telur gulung bihun, telur gulung sosis, telur gulung bakso, telur gulung mayonaise, telur gulung mozzarella dan lain sebagainya.

Telur gulung sendiri biasa dijajakan di gerobak pinggir jalan, seperti di depan sekolah dasar (SD) dan pintu masuk stasiun KRL.

Jika ingin mencoba ide bisnis yang satu ini, kamu bisa menggunakan lokasi jualan tersebut, ataupun lokasi lainnya yang ramai pengunjung.

4. Bisnis sosis bakar

Selain telur gulung, sosis bakar juga menjadi ide bisnis kuliner saat tahun baru yang patut diperhitungkan.

Bagaimana tidak, sosis bakar pasalnya menawarkan kelezatan yang sudah tidak bisa diragukan, meskipun hanya dipanggang begitu saja tanpa menggunakan bumbu apapun.

Coba bayangkan jika sosis bakar diolah menggunakan bahan-bahan lainnya, seperti sambal dan berbagai varian saus barbeque, pasti rasanya akan semakin lezat.

Belum lagi tambahan topping di atasnya, seperti bumbu saus keju asin, saus white mushroom, saus tomat, saus sambal, atau saus bulgogi khas Korea yang membuat cita rasa sosis bakar semakin “nendang”.

Dengan begitu, peminat sosis bakar akan semakin tertarik untuk mencoba. Bahkan, tidak menutup kemungkinan jika konsumen baru yang lainnya pun ikut mencoba produk sosis bakar milikmu.

Maka dari itu, sosis bakar bisa menjadi ide bisnis kuliner saat tahun baru yang wajib dicoba. Karena selain menguntungkan, bisnis sosis bakar juga tahan lama dan tidak mengenal “musiman”.

5. Bisnis kue kering

Siapa sangka, kalau kue kering ternyata menjadi salah satu ide bisnis kuliner saat tahun baru yang bisa membawa untung banyak.

Setelah makan yang asin, pedas dan gurih, kamu mungkin butuh sesuatu yang manis untuk kembali menetralkan lidah. Nah kue kering adalah salah satu pilihan yang tepat.

Jika kamu memiliki keahlian membuat kue kering, maka kamu bisa memanfaatkannya sebagai ide bisnis kuliner saat tahun baru.

Kamu bisa menjajakannya seperti biasa dalam bentuk box, atau kamu juga bisa menjualnya dengan cara yang lebih unik, yaitu membuat hampers kue kering.

Yang mana, hampers ini bisa dijadikan sebagai hadiah atau bentuk ucapan selamat tahun baru kepada orang-orang terkasih.

Apabila kamu memiliki niat dan tekad yang kuat untuk menjalankan bisnis ini, maka kamu bisa mulai mengumpulkan modal untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan.

Setelah itu, kamu bisa mulai menjualnya ke teman-teman terdekat, tetangga, ke sejumlah kelompok arisan, hingga mempromosikan dan membuka preorder secara online melalui media sosial.

6. Bisnis ayam bakar

Menu primadona lainnya, yang juga wajib ada saat malam tahun baru adalah ayaman bakar. Ini merupakan menu penyelamat, bagi kamu yang kurang suka dengan daging merah atau seafood.

Apalagi ayam sendiri terbilang universal, karena bisa dimakan oleh semua usia, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Cara mengolah ayam bakar pun tidak sulit, sehingga kamu bisa menjadikannya sebagai ide bisnis kuliner saat tahun baru.

Apabila kamu bisa meracik bumbu yang sangat lezat dan berbeda dari bumbu ayam bakar lainnya, maka itu akan menjadi ciri khas ayam bakar milikmu.

Dan jika kamu benar-benar menjalankan bisnis ini dengan serius, serta selalu menghadirkan cita rasa yang konsisten, konsumen pun dipastikan akan selalu datang.

7. Bisnis katering

Ide bisnis kuliner saat tahun baru yang terakhir, yaitu bisnis katering. Ide bisnis yang satu ini mungkin akan membutuhkan modal yang lebih besar, namun keuntungan yang didapat pun tidak main-main apabila dilakukan dengan tekun.

Bisnis katering biasanya dicari dan diminati, oleh orang-orang yang ingin merayakan malam tahun baru tanpa ingin repot.

Sehingga, mereka akan mencari katering terbaik yang memiliki berbagai menu untuk barbeque-an.

Nah, hal tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai ide bisnis kuliner saat tahun baru. Untuk bisa memulainya, kamu bisa membentuk tim terlebih dahulu.

Setelah itu, mengumpulkan modal untuk membeli semua bahan yang dibutuhkan, lalu menentukan target pasar.

Jika tiga hal dasar tersebut sudah terencana dan tersusun dengan baik, maka selanjutnya kamu bisa langsung menyusun hal kecil lainnya dan mulai menjalankannya.

Apabila bisnis katering dilakukan dengan tekun dan ulet, maka keuntungan pun bisa didapat dalam waktu yang cepat.

(Baca Juga: Daftar Ide Bisnis Hari Kemerdekaan)

Dapatkan Dana Untuk Modal Bisnis Kuliner Melalui CekAja.com

Di pembahasan sebelumnya, kamu sudah mengetahui beberapa ide bisnis kuliner saat tahun baru.

Semua ide bisnis tersebut pada dasarnya tidak memiliki proses pembuatan yang rumit, dan hanya membutuhkan bahan-bahan yang mudah didapat.

Jika kamu tertarik dengan salah satu ide bisnis di atas, kamu bisa mulai merencanakan dan mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan, salah satunya yaitu modal.

Kamu bisa menggunakan tabungan atau dana yang kamu miliki saat ini. Tetapi jika dana yang kamu miliki ternyata belum mencukupi, jangan khawatir. Sebab, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai melalui CekAja.com.

Di sana, kamu bisa mengajukan pinjaman dengan nominal sesuai kebutuhan. Apalagi, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan pinjaman melalui CekAja.com sekarang juga dan raih kesuksesan bisnis yang cemerlang!

Pariwara