Ingin Terhindar dari Pinjaman Online Ilegal? Berikut Tipsnya!

Ingin Terhindar dari Pinjaman Online Ilegal Berikut Tipsnya

Saat ini kegiatan maupun melakukan aktivitas apapun semuanya serba digital. Seperti saat ingin melakukan transaksi keuangan khususnya pinjam-meminjam uang dapat dilakukan dengan mudah melalui digital. Sehingga saat ini menjamur penyedia pinjaman online di Indonesia. 

Namun sayangnya, kemudahan dari pinjaman online tersebut menimbulkan banyak masalah yang diakibatkan dari pinjaman online ilegal. Banyak masyarakat Indonesia yang terjebak ingin kabur dari pinjaman online dan mengalami banyak kerugian. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati ketika ingin meminjam melalui pinjaman online. Artikel berikut ini akan memberikanmu tips supaya terhindar dari pinjaman online ilegal.

Tips Agar Terhindar dari Pinjaman Online Ilegal

1. Cek Perusahaan Pinjaman Online di Situs Resmi OJK

Sebelum Anda melakukan transaksi pinjaman online, alangkah baiknya Anda harus mengecek terlebih dahulu legalitas perusahaan pinjol tersebut di situs resmi OJK (ojk.go.id) supaya mengantisipasi ke-legal an pinjol tersebut. Jangan percaya iming-iming aplikasi pinjol tersebut sudah tercantum logo OJK, melainkan Anda harus mengeceknya juga di situs resmi OJK.

2. Memastikan Legalitas dan Alamat Perusahaan Pinjaman Online 

Anda bisa juga melacak legalitas perusahaan pinjaman online tersebut dengan mengecek alamat lengkap kantor pinjol di internet dan mengecek ulasan-ulasan seputar pinjaman online tersebut.

3. Hindari Peminjaman dengan Modal Besar dan Iklan Ajakan Mencolok

Tips untuk terhindar dari pinjaman online ilegal lainnya adalah dengan mengabaikan iklan ajakan untuk meminjam dengan modal yang sangat besar dan iklan ajakan yang mencolok dan tersebar via SMS, WA, Sosial Media yang nantinya mengarahkan Anda ke situs website spam mereka. Jika Anda mendapatkan iklan pinjaman online ilegal tersebut segera laporkan ke pihak berwajib.

Serta, hindari pinjaman dengan modal nominal yang besar. Hal ini dikarenakan semakin besar modal yang Anda ambil tentu saja akan dikenakan biaya bunga yang sangat besar juga. Sehingga perencanaan keuangan Anda dan keluarga Anda malah semakin membebani.