Cara Cek Usia Pemakaian Hp, Gampang Banget!

3 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Mengetahui cara cek usia pemakaian hp bagi sebagian orang mungkin menjadi hal yang perlu diketahui. Terlebih, jika kamu ingin membeli hp second dari pemakaian aktif orang lain.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui usia pemakaian hp, khususnya kamu pengguna Android.

Meski begitu, masih banyak orang yang memilih untuk melihat kotak hp atau kwitansi pembelian untuk mengecek tanggal pembelian hp.

Tentu melakukan hal tersebut sangat memakan waktu, karena kamu harus mencari kotak atau pun kwitansinya terlebih dahulu yang mungkin sudah hilang atau tidak tahu sudah disimpan dimana.

Untuk mengatasi hal tersebut, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan memberikan tips cara cek usia pemakaian hp khusus untuk kamu. Yuk, simak bersama-sama!

Cara Cek Usia Pemakaian Hp

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sejatinya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek usia pemakaian hp. Di antaranya melalui dial phone dan menggunakan aplikasi, seperti yang dijelaskan berikut ini, yaitu:

1. Melalui Dial Phone

Cara cek usia pemakaian hp yang bisa kamu lakukan pertama adalah menggunakan dial phone. Cara ini bisa dilakukan oleh semua pengguna hp Android. Untuk itu, berikut tahapan yang perlu kamu lakukan, yaitu:

  • Buka menu telepon di hp Android milikmu
  • Kemudian ketik dan masukkan kode rahasia *#12580*369#
  • Setelah itu, akan muncul informasi dari hp mu yang berisi BL, AP, CP, CSC, RF Call, dan HW Rev
  • Lihat bagian RF Call, karena di sana tercantum tanggal, bulan dan tahun pertama kali hp android mu digunakan.

2. Melalui Aplikasi Tambahan

Cara cek usia pemakaian hp yang bisa kamu lakukan selanjutnya, yaitu melalui aplikasi tambahan.

Kamu perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi yang bernama INFO SAM oleh vndnguyen di PlayStore. Untuk bisa melihat usia pemakaian hp, lakukan beberapa tahapan sebagai berikut:

  • Unduh dan install aplikasi yang bernama INFO SAM oleh vndnguyen
  • Buka aplikasi tersebut, kemudian pilih bagian Android
  • Setelah itu, kamu akan melihat beberapa informasi, salah satunya adalah tahun keluaran hp Android milik mu di bagian build date

Cara cek usia pemakaian hp yang satu ini memang sedikit memakan storage, koneksi internet dan waktu, sebab kamu perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

Nah, beberapa cara di atas memang diperuntukkan untuk pengguna hp Android. Namun, untuk kamu pengguna iPhone jangan bersedih.

Kamu bisa melihat limited warranty atau keterangan garansi hp sebagai patokan, untuk mengetahui usia pemakaian hp mu. Berikut cara untuk mengetahui limited warranty, yaitu:

  • Buka menu setting atau pengaturan, kemudian pilih bagian general
  • Setelah itu, pilih bagian about
  • Kemudian kamu akan melihat limited warranty dibawah serial number

Dengan cara di atas, setidaknya kamu mengetahui kapan pertama kali kamu membeli dan memiliki hp mu beserta usia pemakaiannya.

(Baca Juga: Cara Cek Usia dan Nomor Kartu Indosat IM3)

Ciri-ciri Hp Sudah Kadaluwarsa

Tidak hanya cara cek usia pemakaian hp saja yang perlu kamu ketahui, tetapi kamu juga perlu mengenal tanda atau ciri-ciri dari hp yang sudah kadaluwarsa.

Jika melihat kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar bermain hp, maka tidak heran jika waktu yang dihabiskan untuk bermain hp dan beraktivitas di media sosial rata-rata 8,6 jam per hari, seperti yang dilansir kompasiana.com.

Tentu hal tersebut akan membuat hp lebih cepat rusak karena pemakaiannya yang berlebihan. Survey Customer Technology Association yang dilakukan pada 2014 juga mengatakan bahwa rata-rata smartphone bertahan hingga usia 4,7 tahun. Meski pada umumnya, produk elektronik mampu bertahan hingga 5 tahun.

Namun, jika melihat heavy user di Indonesia, seperti pengguna yang setiap harinya menghabiskan waktu berjam-jam untuk berselancar di dunia maya ataupun gamers, tidak menutup kemungkinan smartphone-nya akan lebih cepat rusak sebelum waktu kadaluwarsanya.

Untuk itu, ada beberapa ciri-ciri hp yang sudah kadaluwarsa yang perlu kamu ketahui dan perhatikan, di antaranya yaitu:

  • Layar sentuh atau touchscreen sudah lambat untuk merespon
  • Baterai hp cepat habis
  • Hp atau smartphone mu kerap kali hang atau mati dengan sendirinya
  • Memory card sudah penuh
  • Speaker hp sudah rusak dan sulit mendengar suara apapun saat menggunakan headset
  • Ketika menelepon atau video call, lawan bicara tidak mendengar suara apapun
  • Kekuatan koneksi internet semakin menurun

Jika kamu mendapatkan beberapa ciri tersebut pada hp atau smartphone mu, maka sudah pasti smartphone mu sudah masuk ke dalam waktu kadaluwarsa dan perlu diganti dengan unit yang baru.

Kamu bisa menggantinya dengan hp keluaran terbaru, tentunya dengan fitur terbaru dan kualitas yang lebih canggih. Hanya saja, kamu perlu mengeluarkan kocek lebih untuk bisa mendapatkan hp terbaru.

Kamu bisa membelinya di counter hp ataupun secara online melalui e-commerce. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran apabila uang tunai yang kamu miliki belum mencukupi.

Kamu tidak perlu khawatir jika belum mempunyai kartu kredit. Kamu bisa melakukan perbandingan dan mengajukannya dengan mudah dan proses yang cepat hanya di CekAja.com. Yuk, ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani