8 Fungsi NFC Smartphone beserta Cara Menggunakannya

Bagi masyarakat awam yang belum terlalu paham teknologi, mungkin masih tidak tahu mengenai fungsi NFC smartphone dan cara menggunakannya. Lalu, bagaimana dengan kamu?

Advertisement

Di zaman modern seperti sekarang, sudah hal lumrah bagi para produsen teknologi khususnya smartphone, meluncurkan berbagai fitur handal untuk kemudahan hidup penggunanya.

Pada smartphone keluaran terbaru ataupun smartphone kelas menengah ke atas, rata-rata kini telah menggunakan fitur NFC.

Nah, buat kamu yang belum tahu atau masih terdengar asing mengenai fitur NFC smartphone, mendingan cek dulu deh ulasan CekAja pada artikel yang satu ini.

Apa itu Fitur NFC?

Sebelum masuk ke pembahasan utama, yakni mengenai fungsi NFC smartphone sekaligus cara menggunakannya, CekAja bakal terlebih dulu menjelaskan sedikit tentang fitur NFC itu sendiri.

Near-Field Communication atau disingkat NFC, merupakan sebuah fitur komunikasi yang fungsinya hampir serupa dengan Wi-Fi maupun Bluetooth.

Hanya saja, pada implementasinya, fitur NFC sendiri memanfaatkan sistem RFID atau Radio Frequency Identification.

Singkatnya, fitur NFC pada smartphone ini dapat digunakan untuk bertukar data dengan smartphone yang juga memiliki fitur NFC dalam komunikasi jarak dekat.

Banyak produsen ponsel pintar, terutama pada kelas mid-end dan high-end, sekarang ini telah menggunakan NFC sebagai fitur standar mereka.

Jenis NFC yang rata-rata dipakai adalah NFC tag pasif dan NFC tag.

Cara kerjanya sendiri melalui sistem transmisi sinyal radio berbasis antena, yang lebih pendek dibandingkan gelombang sinyal operator.

(Baca Juga: 5 Handphone Paling Laris di Indonesia)

Beragam Fungsi NFC Smartphone

Nah, untuk mengetahui apa saja fungsi NFC smartphone, yuk langsung saja dicek ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Cek dan Top Up Saldo e-Money

Fungsi NFC smartphone yang pertama adalah bisa digunakan untuk mengecek dan top up saldo e-money. Baik pengecekan saldo maupun top up melalui NFC termasuk yang gampang.

Untuk pengecekannya, kamu hanya perlu menempelkan kartu e-money pada bagian belakang ponsel, lalu buka aplikasi pengecekan saldo seperti E-Money Info, BNI Tap Cash, dan Flazz BCA.

Begitupun saat kamu akan melakukan top up. Di mana, caranya juga hampir serupa yakni dengan menempelkan kartu e-money pada bagian belakang ponsel, lalu akses aplikasi pengisian saldo secara online, seperti Tokopedia dan Bukalapak.

2. Lebih Mudah Terkoneksi ke Wi-Fi

Selanjutnya yang termasuk dalam fungsi NFC smartphone adalah penggunaannya jauh lebih mudah, terutama jika ingin disambungkan ke jaringan internet.

Dengan fitur NFC, beberapa tempat seperti hotel dan restoran yang menyediakan Wi-Fi porter, bisa langsung kamu akses tanpa perlu meminta kata sandi dari Wi-Fi tersebut.

Cukup tempelkan saja ponsel pintarmu yang telah tersedia fitur NFC, lalu koneksi internet secara otomatis akan langsung tersambung.

3. Melakukan Transaksi Tanpa Kartu

Mau transaksi belanja lebih enggak ribet tanpa perlu membawa kartu debit ataupun kredit? Ya, caranya dengan memanfaatkan fungsi NFC smartphone.

Adanya fitur NFC ini bisa memudahkan kamu untuk melakukan transaksi cukup bermodalkan hp saja. Mengapa?

Pasalnya, fitur NFC sendiri sudah terintegrasi dengan berbagai layanan perbankan, sehingga kamu pun dapat menyelesaikan transaksi tanpa kartu ataupun uang tunai.

Nah, caranya sendiri juga cukup mudah, bahkan hampir mirip dengan saat kamu akan mengisi saldo e-money.

Di mana, kamu hanya perlu menempelkan smartphone yang telah tersedia fitur NFC ke perangkat transaksi.

4. Mengakses Aplikasi dan Informasi Produk Secara Otomatis

Fungsi NFC smartphone yang berikutnya adalah dapat digunakan untuk mengakses aplikasi dan informasi produk secara otomatis.

Misalnya seperti saat kamu ingin menyalakan music player. Di mana, kamu hanya perlu mendekatkan ponsel dengan NFC tag, lalu musik akan terputar dengan sendirinya.

Begitupun saat kamu ingin mengetahui informasi suatu produk secara lengkap.

Cukup tempelkan saja hp ke area yang memiliki sensor NFC pada poster produk, maka secara otomatis seluruh informasi mengenai produk tersebut bisa kamu baca.

5. Mengisi Daya Ponsel

Fungsi NFC smartphone yang satu ini tentu saja yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Apalagi bagi mereka yang punya mobilitas tinggi terhadap penggunaan gadget.

Adanya NFC pada sejumlah ponsel pintar, diketahui dapat digunakan untuk pengisian daya.

Namun, fungsinya sendiri tentu saja baru bisa dicoba setelah dipadukan dengan pemakaian wireless charger.

6. Transfer Data

Selain dapat digunakan untuk mengisi daya ponsel, fitur NFC pun bisa kamu pakai untuk mengirim data, baik ke sesama smartphone, laptop, printer, kamera DSLR, hingga TV.

Adanya fitur ini tentu saja akan memudahkan kamu, terutama jika ingin mengirimkan file dan foto ke sesama pengguna gadget, tanpa harus menghidupkan Bluetooth terlebih dulu.

Untuk penggunaan NFC pada TV, biasanya memang terdapat beberapa merk yang telah menyediakan TV dengan fitur NFC pada remote-nya. Sehingga bisa disambungkan ke smartphone ber-NFC pula sebagai mirroring.

(Baca Juga: 9 Hp Murah Terbaik untuk Belajar Online)

7. Bertukar Nomor Telepon

Tanpa perlu repot mengetikkan nomor lagi, kamu sudah bisa memanfaatkan fungsi NFC smartphone yang satu ini.

Adanya fitur NFC, memungkinkan kamu untuk bertukar kontak ke sesama pengguna ponsel, hanya dengan mendekatkan kedua ponsel yang telah dilengkapi fitur NFC tersebut. Gimana, praktis kan?

8. Sebagai Kunci Keamanan

Fungsi NFC smartphone yang terakhir adalah sebagai kunci keamanan rumah, apartemen, kantor, maupun mobil.

Adanya fitur NFC ini, akan memudahkan kamu untuk membuka kunci hanya dengan menempelkan ponsel pintarmu ke sensor yang tersedia. Sehingga, tidak diperlukan lagi penggunaan kartu atau kunci fisik.

Tingkan Keamanan Fitur NFC Smartphone

Soal keamanannya, fitur NFC sendiri termasuk yang aman, karena sudah melewati berbagai pengujian berskala internasional.

Bahkan, fitur tersebut juga memiliki sertifikasi khusus ketika melakukan pengunduhan data melalui Trusted Service Manager alias TSM. Sehingga, semua data yang dipunya oleh konsumen sudah pasti akan terlindungi.

Lalu, Bagaimana Cara Menggunakan Fitur NFC?

Terlepas dari fungsi NFC smartphone tadi, mungkin saja beberapa diantara kita masih belum tahu mengenai cara penggunaannya.

Nah, untuk bisa mencoba fitur ini, yang pasti kamu harus tahu dulu apakah ponsel pintar yang dimiliki sudah dilengkapi dengan fitur NFC atau tidak.

Jika ada, maka kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah penggunaannya di bawah ini:

  • Akses menu “Setting” pada smartphone
  • Pilih fitur “Connections”
  • Pada fitur tersebut, kamu akan menemukan pilihan menu “NFC”, lalu geser ke posisi “ON”

Setelah NFC aktif, maka kamu dapat langsung menggunakannya untuk berbagai kebutuhan, seperti pengisian saldo e-money.

Cara Menggunakan NFC untuk Isi Saldo e-Money

  • Tempelkan kartu e-money yang dipunya pada bagian belakang ponsel
  • Buka aplikasi pengisian saldo e-monet seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee
  • Pilih menu “Top Up”, lalu tentukan jumlah saldo yang akan di top up
  • Klik bayar, untuk menyelesaikan transaksi

Mau Beli Smartphone Berfitur NFC?

Nah, itu dia informasi mengenai fungsi NFC smartphone hingga cara menggunakannya.

Kalau kamu tertarik untuk menggunakan fitur NFC, pastikan bahwa ponsel yang dipakai telah mendukung fitur tersebut ya.

Beberapa ponsel yang telah memiliki fitur NFC diantaranya Samsung Galaxy S20 Plus, Xiaomi Redmi Note 9, Vivo X50 Pro, iPhone 11 Pro Max, serta Xiaomi Mi Note 10.

Ponsel tersebut bisa kamu beli secara online ataupun offline dengan menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksinya.

Pemakaian kartu kredit tentu saja lebih hemat, karena dilengkapi dengan fitur cicilan 0 persen. Pilihan kartu kredit terbaik bisa langsung kamu lihat di CekAja.com.

CekAja memiliki beragam produk kartu kredit terbaik dari mitra ternama. Kamu dapat membandingkan sekaligus mengajukan kartu kredit di CekAja secara online.

Yuk, tunggu apalagi? Langsung cek produknya di CekAja.com, dan ajukan kapanpun saat kamu membutuhkannya.

Advertisement