15 Inspirasi Nama Bayi Laki-Laki dengan Awalan Muhammad yang Jarang Digunakan

Inspirasi nama bayi laki-laki dengan awalan Muhammad biasanya banyak dicari para orang tua untuk memberikan nama dengan kesan islam. Berikut rekomendasi beserta artinya.

15 Inspirasi Nama Bayi Laki-Laki dengan Awalan Muhammad yang Jarang Digunakan

Kamu mungkin pernah mendengar ungkapan “Nama adalah doa”. Anak yang diberikan nama dengan arti yang baik, maka kehidupannya diharapkan juga akan sebaik namanya.

Inilah yang menyebabkan para orang tua sangat berhati-hati memilih nama untuk bayinya yang akan lahir.

Setiap orang tua memiliki pengharapan yang berbeda untuk nama bayi. Ada yang memilih nama-nama yang berkaitan dengan tokoh terkenal, nama dengan kata dari bahasa tertentu, ataupun nama tokoh penting dalam agama.

Fakta Menarik Nama Bayi Berawalan Muhammad

Buat para kaum muslim, inspirasi nama bayi laki-laki dengan awalan Muhammad menjadi salah satu pilihan nama yang banyak dicari.

Dalam Bahasa Arab, arti nama Muhammad sendiri adalah ‘Yang terpuji’.

Hal ini tidak terlepas dari tokoh Nabi Muhammad SAW yang memiliki peran penting dalam penyebaran ajaran agama islam. Nabi Muhammad SAW juga menjadi rasul yang sangat diteladani umat muslim.

Para bayi yang diberi nama Muhammad diharapkan bisa meneladani ajaran agama islam sekaligus amalan mulia dari Nabi Muhammad SAW.

Pemberian nama Muhammad juga dimaksudkan untuk selalu mengingat kebaikan nabi dan rasul.

Sehingga para orang tua akan lebih mudah mengenalkan tokoh Nabi Muhammad SAW pada generasi penerusnya.

Selain mengandung tokoh inspiratif yang sangat berpengaruh, nama Muhammad juga ternyata memiliki fakta menarik, lho.

Berdasarkan catatan dari The Columbia Encyclopedia edisi ke-enam yang dirilis tahun 2000, nama Muhammad adalah nama yang paling sering digunakan pada penamaan bayi di dunia.

Pada tahun itu, setidaknya ada 150 juta laki-laki yang memiliki nama Muhammad, baik yang letaknya di awal nama maupun di tengah dan di akhir nama.

Di Indonesia sendiri, nama Muhammad umumnya diletakkan sebagai awalan. Kemudian, diikuti dengan nama tengah dan akhir sebagai nama panggilan.

(Baca Juga: 10 Etika Menjenguk Bayi Baru Lahir di Masa Pandemi)

Tips Memilih Nama Bayi

Buat kamu yang baru saja ingin mencari nama untuk bayi, rasa bingung menentukan pilihan nama pasti pernah dirasakan.

Untuk mempermudahmu, simak tips memilih nama bayi berikut ini.

Ketahui Arti Nama

Sebelum mengambil nama, pastikan kamu mengecek arti nama tersebut. Misalnya dengan mencari tahu arti nama dari bahasa negara tertentu, atau mengecek tokoh inspiratif yang memiliki nama yang sama.

Pilih Nama Sesuai dengan Karakter

Bayi yang belum lahir memang belum bisa diketahui karakternya. Tapi, kamu bisa menyesuaikannya dengan karakter orang tua atau kejadian tak terlupakan yang terjadi selama bayi dikandung oleh ibu.

Misalnya, jika orang tua menyukai musik, maka nama anak yang pilih bisa diambil dari kata yang puitis dan terkesan romantis.

Sedangkan jika misalnya saat di dalam kandungan bayi selalu aktif atau terlihat tersenyum saat dilakukan USG 4D, kamu bisa memilih nama dengan arti yang berkaitan dengan dua kata sifat itu.

Cari di Berbagai Sumber

Mencari nama bayi laki-laki maupun perempuan kini semakin mudah. Banyak pilihan nama yang bisa kamu dapatkan selain hanya mencari via buku nama bayi.

Kamu bisa mencari di berbagai sumber, seperti blog online yang memberikan rekomendasi nama, media online, maupun di media sosial (misalnya Pinterest).

Berbagai referensi nama, mulai dari nama dari kata yang indah hingga nama tokoh terkenal bisa didapatkan sesuai dengan keinginanmu.

Jika kamu menginginkan nama berkesan religius seperti inspirasi nama bayi laki-laki dengan awalan Muhammad, kamu juga bisa mencari nama tambahan lainnya di kitab suci.

(Baca Juga: 8 Merek Bubur Bayi Instan Terbaik dengan Komposisi Bergizi)

Inspirasi Nama Bayi Laki-Laki dengan Awalan Muhammad

Berikut ini daftar inspirasi nama bayi laki-laki dengan awalan Muhammad yang bisa kamu jadikan referensi dalam memberikan nama si buah hati.

1. Muhammad Arsalan

Kata Arsalan diambil dari Bahasa Arab yang berarti pemberani, tidak takut pada hal apapun. Memiliki sifat seperti predator sekelas singa.

2. Muhammad Arkanza

Arkanza berarti ‘harta mulia yang tersembunyi’. Ini bisa dianalogikan untuk anak yang diibaratkan sebagai harta terpenting di dunia bagi orang tuanya.

3. Muhammad Bilal

Inspirasi nama bayi laki-laki dengan awalan Muhammad yang kedua adalah Bilal. Nama Bilal diambil dari nama salah seorang pendamping Nabi Muhammad SAW, yang juga berarti ‘air’ dalam Bahasa Arab.

4. Muhammad Danish

Jangan salah sangka, kata Danish yang terkesan kebarat-baratan sebenarnya memiliki arti yang bagus untuk nama bayi laki-laki. Kata Danish berarti ‘pengetahuan dan bijak’.

5. Muhammad Elfathan

Nama Elfathan terdengar estetik dan jarang digunakan banyak orang. Arti dari Elfathan sendiri adalah ‘Kemenangan yang berasal dari Allah’.

6. Muhammad Faizan

Faizan adalah inspirasi nama bayi laki-laki dengan awalan Muhammad dengan arti yang bagus. Yakni berarti ‘Karunia yang besar, dan murah hati’.

7. Muhammad Kamran

Kamran dalam Bahasa Persia memiliki arti ‘Kesuksesan, Berkat, dan Keberuntungan’.

8. Muhammad Nadeem

Dalam Bahasa Arab, nama Nadeem artinya adalah ‘Seorang teman atau pendamping’.

9. Muhammad Rafaeyza

Kata Rafaeyza juga cocok dijadikan inspirasi nama bayi laki-laki dengan awalan Muhammad.

Artinya sangat merepresentasikan harapan bagi bayi laki-laki yang baru lahir, yakni ‘Seseorang dengan derajat yang tinggi dan sukses’.

10. Muhammad Sakha

Kemudian, ada nama Sakha yang berarti ‘Kesejahteraan’. Nama ini pas banget dipilih sebagai pengharapan bagi bayi laki-laki yang akan menerima rezeki berlimpah, hingga menjadikan dirinya sejahtera.

11. Muhammad Shayan

Inspirasi nama bayi laki-laki dengan awalan Muhammad lainnya adalah dengan menambahkan kata Shayan yang berasal dari nama Persia. Artinya yaitu ‘sesuatu yang berharga, layak, dan pantas’.

12. Muhammad Zeeshan

Masih dalam Bahasa Persia, kata Zeeshan pada nama seseorang juga memiliki arti yang tak kalah baik. Zeeshan berarti ‘seseorang yang bermartabat, serta dihormati’.

13. Muhammad Zain

Walau nama Zain terbilang mulai mainstream, namun inspirasi nama bayi laki-laki dengan awalan Muhammad yang satu ini memiliki arti yang bagus.

Zain diartikan sebagai ‘paras cantik atau tampan’ dalam Bahasa Arab.

14. Muhammad Zayan

Sedagkan kata Zayan yang mirip dengan Zain memiliki arti yang hampir mirip. Zayan artinya adalah ‘seseorang yang membuat hal indah’.

Jadi, hal yang dilakukannya akan berbuah suatu keindahan.

15. Muhammad Zahir/Zahran

Inspirasi nama bayi laki-laki dengan awalan Muhammad yang terakhir dan masih jarang digunakan adalah Zahir dan Zahran.

Keduanya memiliki arti yang sama, yakni ‘sesuatu yang berseri’. Kata ini juga bisa diartikan sebagai sesuatu yang indah, cantik, atau tampan.

Itulah inspirasi nama bayi laki-laki dengan awalan Muhammad yang direkomendasikan untukmu. Kira-kira, nama mana yang kamu pilih?

Selain menyiapkan nama bayi, pastikan para orang tua menyicil kebutuhan bayi baru lahir. Belanja apa saja kini makin untung dengan promo kartu kredit.

Untuk membandingkan produk kartu kredit dan mengajukannya, kamu bisa melakukan lewat sistem online di CekAja.com.

Kami akan memberikan rekomendasi kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhanmu. Cicilan dijamin ringan, dan suku bunga yang kompetitif.

Yuk, cek jenis kartu kredit yang cocok untukmu dan ajukan sekarang juga!