Jenis Obligasi yang Menguntungkan di Indonesia

Bingung mau investasi apa di Indonesia yang menguntungkan? Mengapa tidak coba obligasi? Apa itu obligasi, dan apa saja jenis obligasi yang menguntungkan di Indonesia?

Nah, untuk para pemula, yuk kenali obligasi lebih dalam di sini. Tapi, sebelum mengetahui apa saja jenis obligasi yang menguntungkan di Indonesia, yang bisa kamu pilih, sebaiknya ketahui dulu apa itu obligasi.

Pasalnya, dari banyak jenis investasi di Indonesia, obligasi menjadi salah satu jenis investasi yang belum banyak diketahui atau dipahami oleh masyarakat.

Pengertian Obligasi

Jenis investasi obligasi ini sebenarnya sederhana, obligasi merupakan sebuah instrumen investasi, berupa surat utang negara.

Selain itu, arti obligasi lainnya di dalam pasar modal juga bisa diistilahkan sebagai surat pernyataan hutang penerbit obligasi, terhadap pemegang obligasi.

Singkatnya, penerbit obligasi sendiri merupakan pihak yang berutang, sementara pemegang obligasi adalah pihak yang berpiutang.

Tidak hanya sebuah surat, di dalam obligasi juga dituliskan jatuh tempo pembayaran utang, beserta bunganya (atau kupon). Adapun kupon tersebut, menjadi kewajiban penerbit obligasi, terhadap pemegang obligasi.

(Baca Juga: Apa Itu Obligasi? Kenali Pengertian Hingga Jenisnya)

Perlu kamu ketahui juga, bahwa jangka waktu obligasi yang berlaku di Indonesia, umumnya adalah 1 hingga 10 tahun.

Pembagian obligasi atau surat hutang berdasarkan jangka waktu ini, diterbitkan oleh pemerintah. Adapun, untuk surat hutang yang berjangka waktu 1 hingga 10 tahun disebut Surat Utang Negara (SUN), sedangkan untuk yang di bawah 1 tahun, disebut Surat Perbendaharaan Negara (SPN).

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, di dalam obligasi akan ada 2 pihak, yang saling berkaitan, yakni:

  • Penerbit Obligasi: Pihak yang meminjam atau debitur
  • Pemegang Obligasi: Pihak yang memberi pinjaman atau kreditur.

Tujuan Penerbitan Obligasi

Nah, jika kamu sudah tahu pihak-pihak yang berkaitan dalam obligasi, maka kamu bisa mengetahui tujuan dari adanya penerbitan obligasi di Indonesia ini.

Adapun, tujuannya adalah untuk memungkinkan pihak penerbit obligasi, bisa memperoleh sejumlah dana dari pemegang obligasi, guna pembiayaan investasi jangka panjangnya, dengan sumber dana dari luar perusahaan.

Singkatnya, di sini negara bisa membuat sebuah surat utang, di mana isinya memungkinkan masyarakat untuk meminjamkan uangnya (diinvestasikan), untuk kebutuhan dalam negeri.

Namun, pemegang obligasi (orang yang memberikan dana) nantinya akan diberi keuntungan atau imbalan berupa bunga (kupon), pada periode tertentu.

Selain itu, negara juga akan melunasi pokok utang pada akhir waktu, yang telah ditentukan.

Jenis Obligasi yang Menguntungkan

Jadi, apakah investasi obligasi bisa menguntungkan? Lantas apa saja jenis obligasi yang menguntungkan, yang bisa jadi rekomendasi, para investor?

Obligasi pada dasarnya memang merupakan salah satu investasi, yang memiliki efek pendapatan tetap. Pendapatan tetap ini juga bertujuan untuk memberikan tingkat pertumbuhan nilai investasi, yang relatif stabil, bahkan dengan risiko yang relatif lebih stabil juga.

Obligasi sendiri terdapat beberapa jenis yang diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori, menurut Maxmanroe.com, di antaranya adalah:

1. Berdasarkan Penerbitnya

  • Government Bond atau Treasury Bond

Jenis obligasi yang menguntungkan, berdasarkan penerbitnya yang pertama adalah obligasi Government Bond atau Treasury Bond.

Obligasi jenis ini diterbitkan oleh pemerintah, adapun contoh dari obligasi ini adalah seperti Bank sentral atau Departemen Keuangan.

  • Corporate Bond

Selaunjutnya ada obligasi Corporate Bond, di mana obligasi ini diterbitkan oleh suatu perusahaan.

  • Municipal Bond

Hampir sama dengan Government Bond atau Treasury Bond, jenis obligasi Municipal Bond, merupakan obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah daerah. Adapun tujuannya untuk membiayai proyek tertentu di daerah.

2. Berdasarkan Sistem Pembayaran Bunga

  • Zero Coupon Bonds

Jenis obligasi berdasarkan sistem pembayaran bunga, yang pertama adalah Zero Coupon Bonds, yang merupakan obligasi di mana pada pembayaran bunganya, bisa dilakukan sekaligus pada saat jatuh tempo.

  • Coupon Bonds

Berikutnya ada jenis obligasi yang menguntungkan yakni Coupon Bond. Jenis obligasi ini merupakan obligasi yang pembayaran kuponnya, bisa dilakukan secara periodik. Artinya, bisa disesuaikan dengan ketentuan dari penerbit obligasi.

  • Fixed Coupon Bonds

Selanjutnya, jenis obligasi yang menguntungkan ada Fixed Coupon Bonds, di mana tingkat kupon bunga-nya telah ditetapkan sebelum masa penawaran, tepatnya di pasar perdana.

Selain itu, pembayarannya juga bisa dilakukan secara periodik.

  • Floating Coupon Bonds

Hampir sama dengan yang sebelumnya, jenis obligasi Floating Coupon Bonds yang satu ini, juga, memiliki tingkat kupon bunga yang ditentukan sebelum jangka waktu tertentu. Bahkan, bisa juga obligasi yang mengacu pada suatu ketentuan.

Contohnya, sebut saja seperti Average Time Deposit (ATD).

3. Berdasarkan Jenis dan Karakteristiknya

  • Callable Bond

Jika dilihat berdasarkan jenis dan karakteristiknya, jenis obligasi yang menguntungkan yang pertama ada Callable Bond.

Jenis obligasi ini, merupakan investasi yang hanya bisa ditarik pada saat jatuh tempo.

  • Convertible Bond

Selanjutnya ada jenis obligasi Convertible Bond, di mana obligasi ini bisa diubah menjadi saham, oleh pemegang obligasi.

  • Non-Convertible Bond

Berbeda dengan Convertible, jenis obligasi Non-Convertible, adalah obligasi yang tidak dapat diubah menjadi saham.

  • Euro Bond

Seperti namanya, jenis obligasi ini merupakan obligasi yang diterbitkan di luar negeri, dan menggunakan mata uang asing.

  • Yankee Bond

Jenis obligasi ini diterbitkan dalam bentuk mata uang lokal, sesuai dengan dimana obligasi tersebut ditawarkan.

  • Zero Coupon Bond

Jenis obligasi yang satu ini, merupakan obligasi yang tidak harus membayar bunga, dan bisa dijual dengan diskon.

  • Floating Rate Bond

Yang terakhir ada Floating Rate Bond, di mana obligasi ini menawarkan coupon rate yang berubah-ubah.

Lantas, jenis obligasi apa yang paling menguntungkan, terlebih yang paling banyak dilakukan di Indonesia?

Jenis Obligasi yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ada beberapa kategori dalam 3 jenis obligasi, yang paling banyak digunakan di Indonesia, yakni berdasarkan penerbitnya:

  • Obligasi Pemerintah

Pertama ada obligasi pemerintah, yang dibuat dalam bentuk Surat Utang Negara (SUN), dan tentunya diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Pemerintah, menerbitkan beberapa jenis obligasi: Kupon Tetap (seri FR – Fixed Rate), Kupon Variable (seri VR – Variable Rate) dan obligasi dengan prinsip syariah/Sukuk Negara.

  • Obligasi Korporasi

Jenis obligasi yang kedua ada obligasi korporasi, di mana obligasi ini berupa surat utang, yang diterbitkan oleh Korporasi Indonesia, baik BUMN maupun korporasi lainnya.

Untuk pembagian jenisnya lagi, obligasi ini juga sama seperti obligasi pemerintah, yakni dibagi atas obligasi dengan kupon tetap, obligasi dengan kupon variabel dan obligasi dengan prinsip syariah.

Namun, di dalam obligasi ini, ada obligasi korporasi yang telah di peringkat, dan ada juga obligasi yang tidak di peringkat.

  • Obligasi Ritel

Obligasi yang ketiga ini adalah obligasi ritel, di mana obligasi ini juga diterbitkan oleh Pemerintah, namun bisa dijual kepada individu atau perseorangan, melalui agen penjual, yang tentunya sudah ditunjuk oleh Pemerintah.

Jika kamu pernah mendengar jenis dari obligasi ritel ini, misalnya seperti ORI atau Sukuk Ritel.

Secara umum, obligasi memiliki tingkat pertumbuhan investasi yang stabil. Jika dibandingkan dengan saham, tingkatnya mungkin lebih tinggi, namun obligasi juga memiliki tingkat risiko yang rendah, berbeda dengan saham.

Bagaimana jika dibandingkan dengan deposito? Deposito dinilai atau tergolong investasi yang minim risiko, namun obligasi dinilai lebih menguntungkan.

(Baca Juga: Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia yang Dapat Dipilih Sebagai Sarana Investasi)

Nah, itu dia beberapa informasi terkait obligasi dan jenis obligasi yang menguntungkan di Indonesia. Kamu sendiri, lebih pilih jenis investasi apa? Apakah tertarik dengan investasi obligasi?

Terlebih, kini tren investasi sedang marak dilakukan, demi mengembangkan dana untuk masa depan. Namun, jika kamu masih ragu untuk berinvestasi, dan merasa masih minim pengetahuan, bisa coba untuk menabung terlebih dahulu.

Dengan menabung, kamu bisa menyimpan sebagian penghasilan, untuk masa depan atau kebutuhan penting lainnya. Kamu bisa dapatkan produk tabungan terbaik, melalui CekAja.com.

CekAja.com menawarkan produk-produk tabungan terbaik, yang bisa jadi pilihan. Bahkan, CekAja.com juga menyediakan produk finansial lainnya, seperti pinjaman online, KTA, kartu kredit, hingga asuransi.

Yuk, cek situs CekAja.com, dan temukan tabungan terbaik pilihanmu, dan jadikan masa depanmu, terjamin.