Cara Gadai Barang Tanpa Bunga di Pegadaian, Ternyata Mudah Kok!

Cara gadai barang tanpa bunga di Pegadaian memang sepertinya patut untuk CekAja bahas di artikel kali ini. Pasalnya, tak sedikit dari masyarakat yang merasa terbantu atas program gadai tersebut.

Pandemi Covid-19 di Indonesia masih terjadi bahkan terhitung sudah satu tahun sejak kasus awal diumumkan. Pandemi ini enggak hanya melumpuhkan sektor kesehatan saja, namun juga keuangan nasional.

Banyak perusahaan yang mau tak mau harus gulung tikar, karena ketidakmampuannya untuk bertahan di tengah arus pandemi yang menghantam kondisi finansial nasional maupun global.

Dari kejadian itulah, muncul tren pemotongan gaji karyawan sampai pemutusan hubungan kerja, atau yang biasa kita kenal dengan sebutan PHK.

Dampak pemotongan gaji ataupun PHK bisa dibilang bukan perihal sepele. Bahkan tak sedikit dari masyarakat Indonesia yang mengalami keterpurukan terutama dari segi finansial.

Dan akhirnya untuk mengatasi kondisi seperti itu, banyak orang yang mencoba alternatif lain untuk mendapatkan kucuran dana, salah satunya dengan mengajukan pinjaman.

Mengajukan pinjaman dapat dilakukan di lembaga pembiayaan seperti bank, layanan fintech, sampai Pegadaian.

Nah, Pegadaian sendiri membuka sebuah program untuk membantu meringankan beban masyarakat yang mengalami keterpurukan finansial di masa pandemi Covid-19, namanya Program Gadai Peduli.

Sekilas Tentang Program Gadai Peduli

Sebelum kita membahas topik utama dari artikel ini, yaitu mengenai cara gadai barang tanpa bunga di Pegadaian, maka ada baiknya untuk kamu mengetahui sedikit tentang Program Gadai Peduli tersebut.

Gadai Peduli adalah sebuah program yang diluncurkan oleh PT Pegadaian pada Mei 2020 lalu, untuk semua kalangan masyarakat Indonesia yang membutuhkan pinjaman tanpa bunga.

Meski tanpa bunga, pinjaman ini tetap membutuhkan jaminan tertentu, di mana hanya nasabah barulah yang dapat mengajukannya dengan limit kurang dari Rp1 juta.

(Baca Juga: 4 Bank BUMN yang Turunkan Bunga Kredit)

Program Gadai Peduli Diperpanjang hingga Juni 2021

Sebelumnya, Program Gadai Peduli sendiri telah diluncurkan oleh pihak Pegadaian pada Mei 2020 hingga akhir Desember tahun lalu.

Nah, di tahun 2021 sendiri, program ini rencananya akan kembali ada dan berlangsung hingga Juni mendatang.

Di mana, masyarakat dapat mengajukan pinjaman tanpa bunga untuk semua kalangan, dengan syarat menyertakan barang jaminan.

Lebih dari 2,82 Juta Orang Memanfaatkan Program Gadai Peduli

Karena menawarkan cara gadai barang tanpa bunga, alhasil hingga Desember 2020 lalu, PT Pegadaian menerima setidaknya lebih dari 2,82 juta nasabah lewat program Gadai Peduli ini.

Dari total nasabah yang memanfaatkan program tersebut, didapatlah total pasti dari pinjaman yang disalurkan, yakni sebesar Rp1,85 triliun dengan rata-rata pinjaman Rp686 ribu.

Siapa yang Dapat Mengakses Program Gadai Peduli?

Perihal ‘siapa yang dapat mengakses’ Program Gadai Peduli dari Pegadaian sendiri, sebetulnya bisa dibilang hampir semua kalangan masyarakat dapat mengakses program tersebut.

Dari informasi yang CekAja himpun melalui situs resmi Pegadaian, program pinjaman tanpa bunga ini dapat diajukan oleh semua kalangan masyarakat, tak terkecuali mahasiswa, ibu rumah tangga, hingga buruh, dengan syarat menyertakan barang jaminan tertentu.

Bukan hanya itu saja, Program Gadai Peduli sendiri umumnya berlaku bagi nasabah baru dengan ketentuan pinjaman hanya sampai Rp1 juta.

Sementara untuk ketentuan masa tenor kreditnya, Pegadaian juga menetapkan aturan tersendiri di mana nasabah diberi waktu melunasi pinjaman mereka maksimal 90 hari.

Syarat dan Cara Gadai Barang Tanpa Bunga di Pegadaian

Syarat dan cara gadai barang tanpa bunga di Pegadaian umumnya tidak sesulit seperti saat kamu mengajukan pinjaman ke bank.

Untuk mempermudah kamu memahami tentang kedua poin tersebut, maka CekAja akan membahasnya secara satu-persatu, lewat ulasan di bawah ini.

(Baca Juga: Cara Dapatkan Bantuan Utang untuk UMKM)

1. Syarat Gadai Barang Tanpa Bunga di Pegadaian

Nah, seperti program pinjaman pada umumnya, untuk mencoba Program Gadai Peduli tanpa bunga dari Pegadain pun, tentu saja kamu harus memenuhi sederet syarat yang diberlakukan.

Mengutip dari laman Kontan, berikut ini beberapa syarat yang berlaku pada Program Gadai Peduli:

  • Setiap keluarga hanya dapat mengakses satu transaksi dari pogram Gadai Peduli.
  • Tiap nasabah wajib melunasi kredit, dengan terlebih dulu memilih masa tenornya di mana maksimal pelunasan adalah 90 hari.
  • Program Gadai Peduli berlaku untuk semua kalangan masyarakat, termasuk pula ibu rumah tangga, mahasiswa, ataupun buruh.
  • Tiap nasabah wajib menyertakan barang jaminan tertentu ketika mengajukan pinjaman melalui Program Gadai Peduli.
  • Program ini berlaku untuk nasabah baru dengan limit pinjaman hingga Rp1 juta.

2. Cara Gadai Barang Tanpa Bunga di Pegadaian

Setelah membahas syarat, berikutnya yang akan CekAja paparkan dan mungkin pembahasannya sudah kamu tunggu-tunggu sedari tadi adalah mengenai cara gadai barang tanpa bunga di Pegadaian.

Nah nyatanya, cara gadai barang tanpa bunga di Pegadaian tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Malahan kamu enggak perlu membawa banyak dokumen untuk bisa mencoba program gadai tersebut.

Dan berikut ini cara gadai barang tanpa bunga di Pegadaian, seperti yang CekAja kutip dari berbagai sumber:

  • Mendatangi langsung outlet Pegadaian terdekat dengan domisili tinggal
  • Membawa barang jaminan
  • Melampirkan fotocopy KTP dan Kartu Keluarga
  • Mengisi formulir pendaftaran yang telah disiapkan pihak Pegadaian

Nah, itu dia informasi mengenai serba-serbi program Gadai Peduli, serta cara gadai barang tanpa bunga di Pegadaian.

Selain lewat Pegadaian, kamu juga bisa kok mendapatkan pinjaman dana tunai untuk kebutuhan darurat lewat CekAja.com.

Pinjam Dana di CekAja? Kenapa Tidak!

Sebagai salah satu fintech perbandingan terbaik di Indonesia, CekAja sudah membantu jutaan masyarakat Indonesia yang ingin mendapatkan dana tunai sesuai dengan profil keuangan mereka.

Pinjaman dana di CekAja.com tersedia dalam bentuk KTA maupun P2P Lending.

Jika membutuhkan dana dengan jumlah yang besar, maka produk pinjaman yang tepat untuk diajukan adalah Kredit Tanpa Agunan alias KTA.

KTA CekAja terdiri dari berbagai produk pinjaman dari mitra bank terpercaya, seperti Standard Chartered Bank, Amar Bank, Permata Bank, dan masih banyak lagi bank terpercaya lainnya.

KTA CekAja termasuk yang menetapkan ketentuan suku bunga rendah, yakni mulai dari 0,65 persen.

Prosedur pengajuannya juga praktis, bahkan seluruh prosesnya dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja karena CekAja memberlakukan sistem online.

Sementara menyoal pencairan dananya, CekAja.com menjamin bahwa pencairan dana nasabah bakal diproses secara cepat, bahkan hanya dalam waktu satu minggu saja.

Gimana, banyak kan keuntungan dari produk kredit tanpa agunan di CekAja.com?

Jadi, yuk langsung ajukan produk KTA dari CekAja sekarang juga, dan nikmati manfaatnya untuk berbagai kebutuhanmu.