5 Jenis Plastik Ramah Lingkungan yang Mudah Terurai, Apa Saja?

Tahukah kamu, kalau ternyata ada beberapa jenis plastik ramah lingkungan, yang bisa kamu gunakan untuk mengganti pemakaian kantong plastik pada umumnya. Karena seperti yang diketahui, plastik adalah salah satu benda penyumbang pencemaran lingkungan paling besar.

Plastik yang dibuang sembarangan, dapat mencemari tanah, air bahkan udara. Contohnya plastik yang ada di tanah, ia memiliki waktu penguraian yang sangat lama.

Kemudian plastik yang hanyut di lautan, secara langsung dapat mencemari biota laut. Sementara plastik yang dibakar, akan langsung mengeluarkan zat kimia berbahaya, untuk siapapun yang menghirupnya.

Maka dari itu, penggunaan plastik sebagai wadah untuk menyimpan dan membawa barang-barang sudah sangat dikurangi.

Sebagai gantinya, kamu dan masyarakat lainnya bisa menggunakan beberapa jenis plastik ramah lingkungan yang ada.

Jika kamu belum tahu apa saja jenis plastik ramah lingkungan tersebut, pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Kelebihan Plastik Ramah Lingkungan

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis plastik ramah lingkungan, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu sejumlah kelebihan plastik ramah lingkungan.

Yang mana, kelebihan dari plastik ramah lingkungan ini ada sangat banyak, di antaranya yaitu:

  • Proses penguraiannya tidak memakan waktu lama seperti plastik tradisional, khususnya untuk jenis bioplastik dan biodegradable
  • Plastik jenis bioplastik dapat dipakai sebagai kompos
  • Plastik eco dapat digunakan kembali dalam jangka waktu lama
  • Plastik ramah lingkungan menghasilkan karbondioksida saat dibakar.

(Baca Juga: Kemasan Ramah Lingkungan)

Jenis Plastik Ramah Lingkungan

Berbicara tentang jenis plastik ramah lingkungan, sebenarnya ada banyak sekali jenisnya yang bisa dimanfaatkan.

Namun, untuk memudahkanmu mengetahui dan memahami setiap jenis plastik ramah lingkukan tersebut, di bawah ini CekAja.com telah merangkum lima di antaranya yang akan diulas sebagai berikut.

1. Plastik biodegradable

Jenis plastik ramah lingkungan yang pertama, yaitu plastik biodegradable. Buat kamu yang belum tahu, ini merupakan jenis plastik yang mudah terurai.

Hal tersebut karena, plastik ramah lingkungan yang satu ini terbuat dari bahan petrokimia tradisional, serta bahan tambahan lainnya, yang membuat sampahnya menjadi lebih mudah terurai.

Nah, bahan tambahan itulah yang membuat plastik biodegradable ini dapat terurai oleh sinar (photodegradable), dan oksigen (oxydegradable).

2. Plastik eco

Berikutnya ada plastik eco, yang juga menjadi salah satu jenis plastik ramah lingkungan, yang bisa digunakan.

Bagaimana tidak, pasalnya jenis plastik yang satu ini dibuat dari proses daur ulang bahan-bahan plastik yang berasal dari petrokimia, untuk digunakan kembali.

Plastik yang didaur ulang tersebut, tentu tidak diproduksi menjadi produk yang sama, karena akan diproduksi menjadi plastik dengan kualitas yang lebih rendah.

Produk-produk yang terbuat dari plastik eco pun, umumnya bukan jenis produk sekali pakai, melainkan produk yang bisa digunakan beberapa kali untuk jangka waktu yang lama.

3. Bioplastik

Sebagai jenis plastik ramah lingkungan, bioplastik terbuat dari bahan-bahan alami, seperti jamur dan jagung. Maka dari itu, hasil produksi plastik ini diberi nama polylactic acid (PLA).

Dilihat dari tampilannya, PLA memiliki ciri menyerupai polyethylene dan polypropylene, yang merupakan jenis plastik dari bahan petrokimia.

4. Oxo-biodegradable

Di urutan keempat ada oxo-biodegradable. Jika kamu baru mengetahuinya, ini adalah jenis plastik ramah lingkungan yang ditujukan untuk terurai di lanskap terbuka atau permukaan laut.

Jadi, Symphony selaku produsen terbesar dari produk oxo-biodegradable di Inggris, tidak memproduksi jenis plastik ini untuk terdegradasi di tempat pembuangan sampah, maupun tenggelam di lautan.

Karena, oxo-biodegradable mengandung zat penstabil, yang membuat plastik menjadi lebih bermanfaat dan tahan lama, bahkan hingga 18 bulan lamanya.

Tetapi, waktu yang dibutuhkan untuk plastik ini terurai sejatinya sangat beragam, karena menyesuaikan dengan suhu lingkungan, baik itu hangat, dingin, lembap dan lain sebagainya.

5. Plastik kompos

Jenis plastik ramah lingkungan yang terakhir, yaitu plastik kompos. Sebagai salah satu jenis plastik yang banyak dijadikan pilihan, plastik kompos ternyata tidak dirancang untuk jangka waktu yang lama.

Satu hal yang menarik dari jenis plastik ini, yaitu plastik kompos hanya bisa terurai secara alami di lingkungan pengomposan industri, dan ditujukan agar dibuang di lingkungan tersebut.

Jenis Kantong Lain Pengganti Kantong Plastik

Beberapa jenis plastik ramah lingkungan, memang sudah kamu ketahui informasinya secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Tetapi, rasanya seperti kurang lengkap, apabila kamu belum mengetahui jenis kantong lain yang bisa digunakan sebagai pengganti kantong plastik.

Karena, jenis pengganti kantong plastik yang lebih ramah lingkungan ada sangat banyak. Jika kamu ingin tahu apa saja jenis kantong tersebut, yuk langsung simak ulasan berikut ini.

Kantong kain

Jenis kantong pertama yang bisa digunakan sebagai pengganti kantong plastik, yaitu kantong kain.

Jenis kantong satu ini, umumnya terbuat dari serat kapas, sehingga bisa dicuci dan digunakan berulang kali tanpa merusak ekosistem alam.

Kantong kain ini pun, bisa kamu temukan dengan mudah di minimarket atau swalayan. Apalagi, harga yang ditawarkan untuk satu kantong kain cukup murah, yaitu mulai dari Rp5 ribu.

Dengan harga tersebut, kamu bisa membeli beberapa buah kantong kain untuk digunakan bergantian, dan dijadikan persediaan ketika kamu belanja dalam jumlah yang besar.

Kantong kertas

Selain menggunakan kantong kain, kamu juga bisa menggunakan kantong kertas sebagai pengganti kantong plastik, loh.

Hal itu karena, kantong kertas lebih ramah lingkungan dan lebih mudah terurai. Selain itu, kantong kertas juga banyak dimanfaatkan oleh industri makanan, sebagai wadah untuk membawa makanan.

Tetapi perlu diketahui, kalau kantong kertas ini tidak bisa dipakai untuk membawa barang belanjaan yang terlalu berat dan basah, karena mudah rusak.

Oleh karena itu, jika ingin menggunakan kantong kertas, sebaiknya barang belanjaan yang dibawa tidak terlalu banyak, agar aman ketika dipakai.

Tas anyaman

Buat kamu pecinta tas anyaman, bisa loh menggunakan tas ini sebagai tas belanja sehari-harimu.

Selain memiliki tampilan yang unik dan menarik, tas anyaman juga memiliki struktur yang kuat, sehingga aman digunakan untuk membawa barang belanjaan dalam jumlah besar.

Bahan yang digunakan untuk membuat tas anyaman pun sangat beragam, di antaranya ada yang terbuat dari rotan, bambu, hingga daun pandan.

Jika tertarik dengan tas belanja yang satu ini, kamu bisa membelinya di pasar tradisional maupun di tempat kerajinan tas lainnya dengan harga yang terjangkau.

Kardus

Kardus memang tidak termasuk ke dalam kategori kantong, namun kardus bisa digunakan untuk membawa barang belanjaan dalam jumlah banyak, maupun barang yang berukuran besar.

Dalam hal ini, kardus terbilang ramah lingkungan, karena bisa digunakan berulang kali tanpa merusak ekosistem.

Namun sayangnya, kardus mudah rusak apabila terkena benda tajam, maupun terkena tetesan air.

Jadi jika ingin menggunakan kardus sebagai wadah untuk menyimpan barang, sebaiknya gunakan dengan baik dan hati-hati.

(Baca Juga: Ide Hadiah Ramah Lingkungan)

Beberapa informasi seputar jenis plastik ramah lingkungan, sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Tetapi tidak hanya jenis plastik ramah lingkungan saja, kamu juga sudah mengetahui jenis kantong lainnya yang bisa digunakan untuk mengganti kantong plastik.

Dari sekian banyak jenis kantong tersebut, ada beberapa kantong yang bisa ditemukan dan dibeli dengan mudah di minimarket, supermarket maupun e-commerce.

Karena harga kantong-kantong itu sangat terjangkau, maka kamu bisa membelinya dalam jumlah banyak sebagai persediaan.

Namun agar proses pembelian kantong semakin praktis dan hemat, kamu bisa membelinya menggunakan kartu kredit.

Sebab, kartu kredit seringkali memberikan promo belanja menarik yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback maupun rewards point.

Maka dari itu, buat kamu yang ingin mendapatkan promo belanja tersebut, namun belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit khusus belanja, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga!