5 Cara Menyusun Resolusi Tahun Baru Agar Tercapai dan Anti Gagal

6 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Resolusi tahunan sering kali gagal karena berbagai faktor. Cara menyusun resolusi tahun baru yang tepat wajib kamu ketahui agar segala keinginan tersebut dapat tercapai sesuai dengan target.

Di momen menyambut tahun baru 2021, sebagian besar dari kita umumnya menyusun resolusi sebagai pengharapan dan target yang ingin dicapai.

Sayangnya, tidak sedikit pula yang resolusinya terabaikan dan gagal sejak trimester awal tahun. kalau sudah begini, waktu satu tahun terasa hampa dilalui karena tidak ada pencapaian yang diraih.

Padahal, setiap waktu sangat berharga untuk pengembangan diri di masa depan.

Misalnya seperti memajukan karir, kondisi finansial, hubungan pribadi, hubungan sosial, hingga hubungan keluarga, serta kemampuan dii untuk menguasai kemampuan baru, dan lainnya.

Agar segala keinginanmu tercapai, ketahui dulu cara menyusun resolusi tahun baru.

(Baca Juga: 7 Syarat Terbaru Naik Pesawat saat Libur Akhir Tahun dari Pemerintah)

Cara Menyusun Resolusi Tahun Baru

Berikut ini beberapa tips dan cara menyusun resolusi tahun baru yang bisa kamu terapkan agar resolusi tercapai, dan anti gagal.

1. Mulai dari Target Kecil

Cara menyusun resolusi tahun baru yang pertama adalah mulai memilih resolusi dengan target terkecil.

Tak usah muluk-muluk memilih target yang besar seperti menargetkan jumlah tabungan yang terlampau tinggi sementara besaran gaji yang didapat masih rendah.

Cukup pilih hal-hal kecil yang mudah diraih namun tetap mendatangkan kebaikan untukmu.

Misalnya mulai menerapkan kebiasaan olahraga teratur jalan kaki, mengurangi makan gorengan secara bertahap, atau menyisihkan uang 5 sampai 10 persen dari gaji untuk ditabung.

2. Pilih Resolusi yang Realistis

Hampir sama dengan poin cara menyusun resolusi tahun baru yang pertama, kamu juga harus memilih resolusi yang realistis alias masuk akal. Sesuaikan keinginan dengan kondisimu saat ini.

Misalnya memilih target penurunan berat badan secara bertahap dan dengan cara yang sehat, alih-alih ingin langsing dalam waktu yang singkat dengan cara apapun.

Dengan memilih hal yang realistis, kamu juga akan terhindar dari ekspektasi yang terlalu tinggi.

Dengan begitu, rasa sakit hati pun bisa diminimalisir kedatangannya jika keinginan tersebut terhalang oleh suatu hal atau bahkan terancam gagal di tengah jalan.

3. Sertakan Harapan yang Spesifik

Selain itu, cara menyusun resolusi tahun baru lainnya adalah menyertakan harapan atau keinginan yang spesifik serta bisa diukur dengan angka.

Misalnya, pilihlah resolusi seperti “Saya ingin dalam waktu 3 bulan masa pembelajaran, saya bisa menguasai kemampuan baru yang mendukung jenjang karir”, alih-alih hanya sekadar berharap “Saya ingin menguasai hal baru di tahun ini”.

Atau bisa juga seperti “Saya ingin memiliki tabungan Rp30 juta sampai Rp50 juta yang terkumpul akhir tahun ini untuk DP rumah”, alih-alih hanya berharap memiliki rumah baru tahun ini.

Buat segala resolusi tahun baru yang bisa ditargetkan berdasarkan waktu atau angka, sehingga kamu memiliki tenggat waktu atau deadline untuk memacu semangat mengejar target.

Dengan begitu, kamu akan disiplin menjalani setiap proses untuk mewujudkan resolusi tahun baru tersebut.

4. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Untuk memudahkanmu memilih resolusi yang tepat dan mudah tercapai, kamu juga harus menerapkan cara menyusun resolusi tahun baru yang satu ini.

Pilihlah resolusi dengan target yang sesuai dengan kebutuhan terlebih dulu. Susun berdasarkan tingkat kebutuhan yang paling penting. Seperti bidang kesehatan, keuangan, bisnis, karir, dan lain sebagainya.

Misalnya jika kamu ingin fokus menjaga kesehatan, maka pilih resolusi yang berkaitan dengan hal-hal kesehatan.

Begitu pula jika kamu ingin fokus meraih kesempatan promosi tahunan di kantor, maka susun resolusi dan langkah yang berkaitan dengan kemampuan manajemen waktu yang baik, dan meningkatkan kemampuan bekerja.

Jika kondisi keuanganmu masih terbatas atau biasa-biasa saja, resolusi yang berkaitan dengan hal-hal hiburan (seperti agenda traveling ke luar kota atau ke luar negeri) mungkin sebaiknya disingkarkan dulu dari daftar resolusi terdarurat.

Pilihlah resolusi yang membantumu mengembangkan diri secara maksimal. Sebab bagaimanapun juga, setiap orang pasti ingin menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

5. Jaga Semangat dan Komitmen

Resolusi sering kali hanya menjadi rencana semata atau bahkan gagal total akibat semangat yang kendor di awal tahun.

Maka dari itu, menjaga semangat dan komitmen yang mantap adalah cara menyusun resolusi tahun baru yang terpenting.

Kamu pasti akan menemui hambatan dapat proses pencapaian resolusi tahun baru. Mulai dari rasa malas, godaan dan gangguan dari pihak luar, atau minimnya dukungan dari orang terdekat.

Akan tetapi, selalu ingat dengan dampak manis yang akan kamu dapatkan jika berhasil merealisasikan resolusi ini. Tentu hal ini akan membuatmu tetap semangat melaluinya.

Itu dia beberapa cara menyusun resolusi tahun baru yang bisa diterapkan agar semuanya tak hanya menjadi rencana omong kosong belaka.

(Baca Juga: 9 Jenis Kuliner Khas Tahun Baru di Berbagai Negara)

Contoh Resolusi Tahun Baru yang Sederhana Namun Penting Diraih

Tahun 2020 memberikan banyak pelajaran baru bagi kita semua. Bagaimana tidak, masa pandemi Covid-19 membuat segala hal berubah dengan cepat. Kita pun dituntut untuk beradaptasi dengan hal-hal baru.

Berikut beberapa contoh resolusi tahun baru yang relateable dengan kondisi saat ini. Mungkin beberapa di antaranya bisa menjadi pilihanmu.

Menerapkan gaya hidup sehat

Di masa pandemi ini, menerapkan gaya hidup sehat sangat penting, namun kadang sulit dilakukan secara konsisten.

Biaya kesehatan yang mahal membuatmu harus menghargai nikmat sehat lebih baik lagi.

Antisipasi segala kemungkinan penyakit dengan makan makanan bergizi, olahraga ringan setidaknya 3 kali seminggu, menghindari stres, serta menerapkan protokol kesehatan di luar rumah.

Menggali kemampuan baru

Resolusi yang berkaitan dengan pengembangan diri demi karir yang lebih baik wajib dimasukkan setiap tahunnya.

Dengan begitu, kamu akan tumbuh menjadi manusia yang produktif sesuai perkembangan zaman. Tetapkan target untuk menguasai kemampuan baru.

Misalnya mempelajari perkembangan dunia digital, belajar mengoperasikan sistem atau aplikasi tertentu, belajar strategi penyelesaian masalah bisnis, dan lain sebagainya.

Belajar merintis usaha

Lagi-lagi karena masalah pandemi, sebagian orang kehilangan kesempatan bekerja karena terkena PHK massal. Maka dari itu, tak mengherankan jika banyak orang yang merintis usaha mandiri.

Kamu juga harus meningkatkan kesadaran untuk belajar membangun usaha. Sebab tidak ada yang dapat menjamin karir di perusahaan akan selalu berjaya seumur hidupmu.

Selain itu, usaha sendiri juga bisa menambah pendapatanmu atau malah berpotensi menjadi sumber penghasilan yang besar jika dikembangkan dengan baik.

Jangan ragu untuk memulai, karena dunia bisnis terlalu dinamis untuk orang yang selalu berdalih “menunggu momen yang tepat”.

Mulai berinvestasi

Selain merintis usaha, kamu juga bisa mulai belajar investasi. Kurangi sifat konsumtifmu, dan fokus lah pada pengembangan harta yang dimiliki.

Hal ini sangat penting untuk memberikan jaminan kondisi finansial yang baik di masa depan. Pilih aset atau cara investasi yang sesuai dengan keinginanmu.

Misalnya menanam saham atau reksadana, membeli barang investasi seperti emas atau produk properti seperti rumah, ruko, tanah kosong dan lainnya.

Berinvestasi tidak harus dimulai dengan anggaran yang besar, tetapkan dulu niat dan kemauan belajar investasi.

Pastikan juga kamu memiliki dana darurat yang cukup sebelum memulai investasi, ya.

Jaga hubungan baik dengan orang terdekat

Terakhir, kamu juga bisa memilih resolusi sederhana seperti menjaga hubungan baik dengan orang terdekat maupun rekan di mana saja.

Masa pandemi membuat waktu untuk bertemu orang lain menjadi sangat terbatas. Makanya, hargai setiap momen kebersamaan (baik saat bertemu langsung atau lewat alat komunikasi) dengan baik.

Tak hanya berbagi kasih sayang dan semangat untuk melalui keseharian, menjaga hubungan baik dengan siapapun juga bisa menjaga jaringan (networking) yang mendatangkan peluang dan kesempatan bagus di masa depan.

Misalnya hal-hal yang berkaitan dengan karir, pengembangan bisnis, dan lain-lain.

Itu dia beberapa contoh resolusi yang bisa kamu pilih di tahun 2021 ini. Jadi, sudah menetapkan susunan resolusi tahun barumu, belum?

Capai Resolusi dengan Dukungan Asuransi

Lengkapi cara menyusun resolusi tahun baru dengan dukungan jaminan kesehatan yang diberikan asuransi terbaik.

Dengan memiliki asuransi, kamu terjamin dari biaya layanan kesehatan. Sehingga saat terjadi risiko di masa depan, kamu tak perlu memusingkan masalah biaya untuk mendapat perawatan terbaik.

Kamu bisa mendapatkan rekomendasi asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan profil finansial melalui CekAja.com.

Jadi, memilih produk asuransi dengan premi terjangkau jadi lebih mudah. Proses pengajuan juga sangat sederhana, semua dilakukan lewat sistem online canggih.

Yuk, miliki asuransi terbaik untukmu dan keluarga. Bandingkan dan ajukan hanya lewat CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah