9 Jenis Kuliner Khas Tahun Baru di Berbagai Negara

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Pergantian tahun menuju 2021 hanya tinggal menunggu hari, kira-kira apa saja sih kuliner khas tahun baru di berbagai negara?

Walaupun perayaan tahun baru kali ini terasa sedikit berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena pandemi virus Corona Covid-19 yang masih mewabah di hampir seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia, bukan berarti kamu tak bisa bersenang-senang.

Kamu tetap bisa kok merayakan tahun baru di rumah bersama keluarga dengan disertai oleh beragam kuliner yang lezat nan menggiurkan.

(Baca Juga: 14 Tradisi Natal di Berbagai Negara)

Nah, apabila kamu hingga saat ini masih bingung memilih hidangan kuliner yang akan disajikan, siapa tahu pembahasan kali ini bisa dijadikan inspirasi.

Sebab, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa kuliner khas tahun baru di berbagai negara. Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Kuliner Khas Tahun Baru di Berbagai Negara

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa kuliner khas tahun baru di berbagai negara, yaitu adalah:

1. Hoppin ‘John – Amerika Serikat

Kuliner khas tahun baru di berbagai negara yang pertama akan kita bahas datang dari negara Paman Sam, yang bernama Hoppin ‘John.

Pada dasarnya, Hoppin ‘John itu sendiri merupakan hidangan nasi yang disertai dengan tumisan daging, bisa itu berupa daging babi, sapi, atau ayam cincang, kemudian ditambah dengan kacang hitam dan sayuran.

Dilansir dari kumparan.com yang turut mengutip dari CNN, penggunaan kacang hitam di dalam sebuah hidangan melambangkan koin, sayuran sebagai warna mata uang, sedangkan jagung memiliki arti emas.

Sehingga, hidangan khas asal Amerika Serikat ini memiliki pengertian sebagai makanan pembawa harapan baik di tahun baru.

Berdasarkan sejarah, resep Hoppin ‘John pertama kali muncul pada tahun 1847 di dalam “The Carolina Housewife” karya Sarah Rutledge, yang kemudian ditafsirkan berulang kali oleh koki rumah maupun koki profesional.

2. Buah Anggur – Spanyol

Kuliner khas tahun baru di berbagai negara yang selanjutnya akan kita bahas berasal dari negara Spanyol.

Dilansir dari merdeka.com yang turut mengutip dari Travel and Leisure, setiap tahunnya, masyarakat lokal dari Kota Madrid, Barcelona, dan kota-kota lainnya yang ada di Spanyol merayakan tahun baru dengan bersuka ria di lapangan utama sembari menyantap buah anggur.

Masih berdasarkan sumber dari merdeka.com, menjelang detik-detik tahun baru, masyarakat akan melahap hingga 12 buah anggur lho.

Sebab, menurut kepercayaan masyarakat sekitar, menyantap 12 buah anggur dapat diartikan sebagai 12 bulan yang manis sepanjang tahun.

Tradisi ini mulai populer pada tahun 1990, ketika sekelompok petani anggur ingin menjual dagangan buah anggur mereka yang kelebihan stok pada masa-masa panen baik.

3. Tamale – Meksiko

Kuliner khas tahun baru di berbagai negara selanjutnya datang dari Meksiko dengan hidangannya yang diberi nama Tamale.

Tamale itu sendiri merupakan adonan jagung yang diisi oleh daging dan keju. Sekilas, tampilannya mirip seperti lepet jagung.

Akan tetapi, rasa dari Tamale ini lebih didominasi dengan asin dan gurih yang ditimbulkan dari daging dan keju yang menjadi isiannya.

Walaupun bahan-bahan untuk membuat Tamale ini mudah ditemukan, namun masyarakat Meksiko justru memiliki kebiasaan untuk menyantap nya di malam tahun baru.

Tak hanya hadir sebagai salah satu kuliner khas tahun baru di berbagai negara, Tamale juga kerap dijadikan sebagai buah tangan.

4. Ikan Herring – Polandia

Ikan Herring dari Polandia juga termasuk ke dalam jajaran kuliner khas tahun baru di berbagai negara yang sedang kita bahas saat ini.

Alasan masyarakat Polandia untuk menyantap ikan ini mungkin terdengar sedikit unik, yaitu dikarenakan sisik ikan Herring yang berwarna keperakan layaknya seperti uang logam perak.

Sehingga, menyantap ikan herring dapat melambangkan kekayaan dan kemakmuran di tahun baru.

Di Eropa Barat, ikan herring juga menjadi lambang dari harapan untuk tahun baru dengan rezeki yang melimpah. Unik banget ya!

5. Toshiko Soba – Jepang

Jika membahas tentang deretan kuliner khas tahun baru di berbagai negara, maka kita tidak boleh melewatkan hidangan khas dari negara Jepang.

Sebab, negara yang dikenal dengan bunga Sakuranya ini memang menjadi juara dari gudangnya makanan lezat yang turut digemari oleh para turis dari mancanegara.

Uniknya lagi, ternyata masyarakat Jepang juga memiliki menu khusus yang hanya disantap di akhir tahun saja lho, yaitu Toshikoshi Soba, atau dapat diartikan sebagai Soba ‘pergantian tahun’.

Orang-orang Jepang percaya bahwa dengan menyantap hidangan ini, maka bisa membawa berkah kesehatan dan umur panjang.

Selain Toshiko Soba, Kagami Mochi juga menjadi salah satu kuliner khas tahun baru di berbagai negara yang ada di Jepang.

Di malam tahun baru, kue dengan tekstur kenyal ini disusun menjadi tiga tingkat dan dihias dengan potongan buah jeruk di atasnya.

6. 12 Buah Berbentuk Bulat – Filipina

Satu lagi kuliner khas tahun baru di berbagai negara yang tak boleh terlupakan, yaitu 12 buah berbentuk bulat dari negara Filipina.

Masyarakat Filipina percaya bahwa benda-benda berbentuk bulat bisa dijadikan sebagai pertanda keberuntungan, karena bentuknya yang mirip dengan uang koin.

Nah, di malam tahun baru, mereka akan mengenakan baju bermotif polkadot dan memajang berbagai benda-benda berbentuk bulat.

Tak hanya itu, mereka bahkan juga menyajikan berbagai jenis buah-buah berbentuk bulat dan 12 jenis buah yang juga berbentuk bulat.

12 jenis buah ini merupakan simbol dari 12 bulan yang ‘berbuah’ kemakmuran untuk tahun yang akan datang.

7. Oliebollen – Belanda

Selama ini, makanan khas Belanda yang mungkin paling familiar adalah pancake dan poffertjes. Akan tetapi, sebenarnya hidangan Belanda bukan hanya itu saja lho.

Setiap malam tahun baru, masyarakat lokal Belanda memiliki kebiasaan untuk menyantap Oliebollen, yaitu donut yang tidak memiliki bolongan di tengahnya.

Untuk menambah cita rasanya menjadi semakin lezat, hidangan ini turut dicampurkan dengan kismis ke dalam adonannya dan taburan gula bubuk di bagian luarnya.

8. Kransekage – Denmark

Kuliner khas tahun baru di berbagai negara selanjutnya datang dari negara Denmark, dengan hidangannya yang bernama Kransekage.

Kransekage itu sendiri merupakan salah satu jenis kue khas Skandinavia yang memiliki bentuk bulat dan disajikan dengan menumpuknya sebanyak delapan belas tingkat.

Masyarakat Denmark seringkali menjadikan hidangan lezat satu ini sebagai camilan ketika mendengarkan pidato tahun baru sang ratu ‘Queen Margrethe’ di TV.

9. Cotechino con Lenticchie – Italia

Nah, kuliner khas tahun baru di berbagai negara yang akan kita bahas terakhir berasal dari negara Italia, yang diberi nama Cotechino Con Lenticchie.

Hidangan ini terdiri dari potongan sosis yang disajikan bersamaan dengan kacang lentil. Di Italia itu sendiri, kacang lentil melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran.

Oleh karena itu, masyarakat Italika percaya dengan menyantap hidangan ini, maka mereka akan mendapatkan keberuntungan melimpah di tahun depan.

Jadi, itulah beberapa kuliner khas tahun baru di berbagai negara yang mungkin bisa kamu jadikan inspirasi untuk menyiapkan hidangan di malam tahun baru nanti.

Apakah kamu sudah menentukan hidangan apakah yang akan kamu siapkan di malam tahun baru? Jika sudah, tentunya kamu sudah harus mulai membeli bahan-bahan yang dibutuhkan dari sekarang.

(Baca Juga: Libur Panjang Akhir Tahun di Pangkas)

Nah, agar transaksi belanja kamu dalam membeli berbagai bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menyiapkan hidangan tahun baru bisa menjadi lebih hemat, jangan lupa untuk menggunakan kartu kredit sebagai salah satu metode pembayarannya.

Sebab, menjelang akhir tahun, banyak sekali jenis-jenis kartu kredit yang mulai menawarkan promo dan diskon menarik yang bisa membuat transaksi kamu menjadi jauh lebih hemat.

Belum memiliki kartu kredit? Segera ajukan saja di CekAja.com. Di sini, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

Tak hanya itu, seluruh proses pengajuan juga bisa dilakukan secara online lho, sehingga kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu keluar rumah.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit pilihanmu hanya di CekAja.com dan wujudkan tahun baru menyenangkan bersama keluarga di rumah.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha