8 Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Stasiun TV dan Fakta Menariknya

10 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Sebagian di antara kamu mungkin penasaran, sebenarnya apa saja sih jurusan kuliah yang bisa bekerja di stasiun TV? Pasalnya, seringkali terdengar kalau jurusan kuliah yang bisa bekerja di stasiun TV hanya Broadcasting dan Ilmu Komunikasi saja.

Padahal, ada banyak sekali jurusan yang bisa dijadikan pilihan, jika kamu ingin bekerja di stasiun TV. Mulai dari Ilmu Komunikasi, Multimedia hingga Fotografi.

Semua jurusan tersebut, tentunya sangat dibutuhkan di hampir semua stasiun TV. Maka dari itu, buat kamu yang memiliki keterampilan, minat dan bakat di salah satu jurusan tersebut, bisa langsung memfokuskannya agar nanti dapat bekerja di stasiun TV.

Namun selain itu, ada beberapa jurusan lainnya yang juga bisa kamu pilih jika ingin bekerja di stasiun TV. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Fakta Menarik Bekerja di Stasiun TV

Hal pertama yang perlu kamu ketahui sebelum membahas lebih jauh tentang jurusan kuliah yang bisa bekerja di stasiun TV, yaitu fakta menarik bekerja di stasiun TV.

Sebagian besar orang mungkin berpikir, kalau bekerja di stasiun TV itu menyenangkan. Sebab, kamu akan mengurus program-program seru dan bertemu banyak artis ternama.

Padahal, ketika bekerja di stasiun TV ada banyak hal yang harus kamu korbankan, seperti misalnya waktu istirahat, bermain dan lain sebagainya.

Selain itu, masih banyak hal lainnya yang perlu kamu ketahui, dan semuanya akan dijelaskan secara lengkap di fakta menarik bekerja di stasiun TV berikut ini.

Waktu kerja yang tidak pasti

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau bekerja di TV kamu harus mengorbankan banyak hal, salah satunya adalah waktu, baik itu waktu istirahat ataupun bermain.

Pasalnya, waktu kerja di TV tidak pasti. Kamu bisa saja bekerja layaknya pegawai kantoran biasa, yaitu 8 jam atau bahkan bekerja 24 jam yang mengharuskanmu menginap di kantor.

Bagi orang-orang yang tidak passion di bidang ini, mungkin akan merasa sangat terbebani dengan waktu kerja tersebut.

Sebab, kamu dituntut untuk selalu siap bekerja kapan saja, baik itu di pagi hari, siang hari maupun malam dan dini hari.

(Baca Juga: 8 Pilihan Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan)

Harus selalu siap siaga

Selain siap siaga dengan waktu kerja yang tidak pasti, kamu juga harus siap apabila diberi kerjaan tiba-tiba.

Sebagai contoh, kamu bekerja sebagai reporter dan masuk ke dalam divisi news salah satu stasiun televisi swasta.

Maka sudah seharusnya kamu mengerti situasi, di mana kamu bisa saja diberikan tugas mendadak untuk liputan besok pagi.

Biasanya, kamu baru diinfokan pada malam harinya, atau bahkan di hari yang sama tepatnya dini hari, sekitar pukul 05.00 WIB.

Tidak hanya itu, kesiapan dan dedikasimu pun akan teruji, ketika kamu mendapat kabar ada kejadian mendadak yang bisa dijadikan breaking news.

Ketika hal itu terjadi, maka kamu sudah pasti harus datang ke lokasi kejadian untuk liputan, baik itu di waktu bekerja maupun waktu libur, yang seharusnya menjadi waktu untuk kamu istirahat.

Gaji setiap stasiun TV berbeda

Melihat waktu dan beban kerja yang dijelaskan di pembahasan sebelumnya, kamu mungkin menyangka kalau gaji karyawan stasiun TV besar.

Namun nyatanya, gaji setiap stasiun TV berbeda-beda, layaknya perusahaan pada umumnya. Ada stasiun TV yang menggaji para karyawannya dengan upah yang “lebih layak”, namun ada pula stasiun TV yang masih menggaji karyawannya dengan upah yang minim, atau tidak sesuai dengan kerja keras yang diberikan.

Hal ini mungkin jadi pertimbangan sebagian besar orang. Tetapi, jika kamu passion di bidang ini dan terlanjur masuk ke dalamnya, maka kamu sudah seharusnya mengerti dan menerimanya, karena gaji yang diberikan pasti sudah sesuai kesepakatan.

Apalagi industri media di Indonesia sendiri belum begitu maju, seperti industri negara-negara lainnya. Jadi, semua pilihan dan keputusan balik lagi kepadamu.

Sering kali bekerja dengan artis ternama

Fakta menarik bekerja di stasiun TV yang berikutnya, yaitu kamu akan sering bertemu dan bekerja dengan artis ternama.

Seperti misalnya kamu bekerja di program musik, maka kamu sudah pasti akan bertemu dengan para penyanyi ternama dan berbakat, seperti Tiara Andini, Isyana Sarasvati, Afgan, Raisa dan lain sebagainya.

Bagi masyarakat awam, ini mungkin hal yang sangat diinginkan. Tetapi kamu bisa dengan mudah bertemu banyak artis, yang mungkin satu di antaranya adalah idolamu.

Merasa sangat senang apabila program yang dijalankan sukses

Fakta menarik yang terakhir dari bekerja di stasiun TV, yaitu kamu akan merasa sangat senang apabila program yang kamu jalankan bersama tim, berhasil dan sukses besar.

Kamu mungkin ingat dengan salah satu program sahur di sebuah TV swasta, yang berhasil memikat perhatian para penonton.

Program acara tersebut bisa dikatakan sangat booming pada saat itu, karena berhasil menghibur dan mengundang gelak tawa jutaan penduduk Indonesia, yang menonton program tersebut di tengah santap sahur.

Coba bayangkan, jika kamu salah satu kru program acara tersebut, sudah pasti kamu akan sangat senang karena program yang kamu jalankan sukses besar, dan disenangi banyak masyarakat.

Dengan demikian, semua kerja kerasmu dan tim selama ini terbayar, karena program yang dijalankan selama ini dicintai banyak masyarakat.

Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Stasiun TV

Bagaimana, setelah mengetahui beberapa fakta menarik di pembahasan sebelumnya, apakah kamu masih ingin bekerja di stasiun TV? atau justru kamu semakin tertarik? Eits, tunggu dulu.

Ada baiknya kamu persiapkan semuanya terlebih dahulu dengan baik, mulai dari hal-hal dasar terkait pertelevisian yang bisa kamu dapatkan di bangku kuliah.

Maka dari itu, jika kamu benar-benar ini bekerja di stasiun TV, sebaiknya kamu ketahui dulu minat dan bakatmu, lalu cari tahu apa saja jurusan kuliah yang bisa bekerja di stasiun TV.

Nah, untuk memudahkanmu mencari informasi tersebut, di bawah ini CekAja.com akan mengulas 10 jurusan kuliah yang bisa bekerja di stasiun TV, yang di antaranya yaitu:

1. Ilmu Komunikasi

Di urutan pertama ada Ilmu Komunikasi, sebagai jurusan kuliah yang bisa bekerja di stasiun TV. Hal tersebut dikarenakan, jurusan ini akan banyak belajar tentang cara menyampaikan pesan dan berita yang baik, efektif, juga efisien.

Tidak hanya itu, kamu pun akan belajar tentang jurnalistik, penyiaran, periklanan, manajemen komunikasi, fotografi, editing video dan lain sebagainya.

Menariknya, dengan kuliah di jurusan ilmu komunikasi, kamu tidak hanya bisa bekerja di stasiun TV saja, tetapi kamu juga bisa bekerja sebagai penyiar radio, marketing, MC maupun kru di event organizer.

Jika ingin bekerja di stasiun TV, kamu pun dituntut untuk memiliki portofolio yang menunjukkan bahwa dirimu memiliki kemampuan atau skill di atas rata-rata, agar bisa diterima di stasiun TV impianmu dan mengalahkan sainganmu yang lainnya.

2. Televisi dan Film

Jurusan kuliah yang bisa bekerja di stasiun TV berikutnya, yaitu jurusan Televisi dan Film. Sesuai dengan namanya, jurusan ini sudah pasti akan banyak mengulik tentang dunia pertelevisian dan film.

Saat ini, sudah banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta yang memiliki jurusan ini. Kamu bisa memilihnya, dan kamu juga berkesempatan untuk mencoba semua divisi, sebelum memilih bagian mana yang paling kamu suka dan sesuai dengan minat dan bakat.

Seperti misalnya kamu sudah dengan film, maka kamu bisa memilihnya dan kamu akan banyak belajar tentang proses pembuatan film, mulai dari pra produksi, produksi hingga pasca produksi.

3. Jurnalistik

Jurnalistik nyatanya juga menjadi salah satu jurusan kuliah yang bisa bekerja di stasiun TV. Bagaimana tidak, jika masuk jurusan ini kamu akan memiliki peluang kerja di stasiun TV yang cukup besar.

Kamu bisa masuk ke divisi news dan bekerja sebagai jurnalis. Ketika terjun ke profesi tersebut, nantinya kamu akan terlatih dan terbiasanya untuk menyatakan pendapat yang berimbang, serta menyajikan berita yang sesuai dengan data dan fakta.

Tetapi ada satu hal yang harus kamu raih dan pertahankan, yaitu kemampuan dalam membaca berita, menyampaikan suatu pendapat berdasarkan fakta dan data pasti, serta harus menjaga nilai yang baik selama perkuliahan.

4. Multimedia

Selain tiga jurusan di atas, kamu juga bisa masuk ke jurusan Multimedia. Jurusan kuliah yang bisa bekerja di stasiun TV ini, bisa kamu temukan di banyak perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.

Jika kamu masuk ke jurusan ini, nantinya kamu akan mendapatkan segudang materi beragam, mulai dari komputer, media interaktif, hingga ilmu tentang televisi dan film.

Meski semua materi yang diberikan hanya dasarnya saja, namun setidaknya kamu sudah kenal dengan semua materi tersebut.

Sehingga, ketika terjun ke media dan bekerja di stasiun TV, maka kamu sudah memiliki dasar ilmunya, dan tinggal mengasahnya agar semakin berkembang.

5. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Posisi kelima ditempati oleh jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Jika melihat prospek kerjanya, jurusan ini sebenarnya bisa bekerja dimana saja, baik itu di agency, televisi dan lain sebagainya.

Tetapi jika passion mu terletak pada desain, dan kamu sangat ingin bekerja di televisi, maka Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah jurusan yang tepat untukmu.

Pasalnya, di jurusan ini sisi kreatifmu akan sangat diasah, melalui penggabungan desain tradisional dengan teknologi.

Tidak hanya itu, kamu di jurusan ini pun kamu akan belajar banyak tentang desain, media interaktif, web desain, fotografi dan animasi.

Dengan banyaknya materi yang dipelajari, maka kamu sudah mengetahui banyak hal dan menguasai beberapa keterampilan yang dibutuhkan di industri kreatif dan media, seperti televisi.

6. Desain Grafis

Jika berbicara tentang jurusan ini, mungkin pikiranmu akan langsung terbesit “oh membuat logo”. Padahal pekerjaan jurusan satu ini tidak hanya itu. Kamu yang masuk jurusan desain grafis juga bisa bekerja di televisi.

Sehingga, tidak heran apabila desain grafis menjadi salah satu jurusan kuliah yang bisa bekerja di stasiun TV.

Ketika berhasil masuk dan bekerja di stasiun TV, kamu biasanya akan diberi tugas untuk membuat bumper suatu program acara.

Namun, tidak menutup kemungkinan kamu juga akan diberi tugas lainnya yang masih berkaitan dengan desain.

Dan jika kamu tertarik dengan bidang ini, kini sudah banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan desain grafis dengan akreditasi terbaik, baik negeri maupun swasta.

Kamu bisa memilih satu di antaranya yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu. Namun satu yang pasti, ketika masuk ke jurusan ini, kamu diharuskan untuk aktif dan selalu mengasah keterampilan yang dimiliki.

Karena ketika ingin melamar pekerjaan di stasiun TV, kamu akan diminta untuk memberikan portofolio desain atau karya yang pernah kamu buat selama ini. Jadi, persiapkan dengan baik, ya!

7. Animasi

Kamu suka mengulik dan berkutat dengan animasi? Eits, tunggu dulu! Siapa tahu itu adalah passion-mu.

Jika iya, kamu bisa mengasahnya lebih dalam dan berlatih lebih keras. Sebab, animasi merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan di era digital saat ini.

Ya, hampir semua perusahaan yang bergerak di industri kreatif maupun media membutuhkan seorang animator, tidak terkecuali stasiun TV.

Maka dari itu, kamu bisa memfokuskan hobi tersebut, dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan jurusan animasi. Apalagi, animasi juga menjadi jurusan kuliah yang bisa bekerja di stasiun TV.

Meskipun tidak selalu membuat animasi, namun kamu akan mendapatkan keterampilan tambahan perihal editing, apabila kamu bergabung dengan divisi editing di stasiun TV.

8. Fotografi

Jurusan kuliah yang bisa bekerja di stasiun TV terakhir, yaitu Fotografi. Sebenarnya, tanpa masuk ke jurusan fotografi pun, sudah banyak jurusan lain yang juga memiliki mata kuliah fotografi.

Namun, jika masuk ke jurusan ini, materi kuliah yang kamu dapatkan akan lebih lengkap dan beragam, seperti misalnya materi tentang foto produk, photo story, kamera dan lain sebagainya.

Dengan demikian, keterampilanmu dalam membidik objek pun akan semakin terasah dan baik. Jika bekerja di stasiun TV pun, kamu bisa mengemban tugas sebagai kameramen.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Universitas Indonesia Jurusan Saintek dan Soshum)

Nah, beberapa informasi terkait jurusan kuliah yang bisa bekerja di stasiun TV, sudah kamu ketahui dengan lengkap di pembahasan sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, kamu pun sudah tahu berbagai fakta menarik, yang mungkin akan membuatmu semakin tertarik bekerja di stasiun TV.

Jika begitu, maka sejak saat ini kamu bisa mulai mencari tahu apa hobi dan passion-mu. Apabila kamu suka dan memiliki bakat menggambar serta mengoperasikan software desain, maka kamu bisa melanjutkan pendidikan ke jurusan desain, baik itu desain grafis maupun DKV.

Tetapi sebelum melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, kamu perlu mempersiapkan dana pendidikannya terlebih dahulu.

Sebab, untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan mengambil jurusan desain, biaya yang dibutuhkan cukup besar. Sehingga, kamu benar-benar diharuskan untuk memiliki tabungan dana pendidikan.

Apabila kamu saat ini belum memiliki tabungan pendidikan dan baru ingin membuatnya, namun bingung menentukan jenis tabungan apa yang tepat, jangan khawatir!

Kamu bisa langsung saja mengajukannya secara online melalui CekAja.com. Di sana, tersedia produk tabungan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Kamu cukup mengisi formulir online yang diberikan secara lengkap, kemudian nantinya CekAja.com akan merekomendasikan produk tabungan yang sesuai dengan data yang kamu berikan.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Apalagi, proses pengajuannya pun cepat, mudah dan aman, karena CekAja.com juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu tunggu apalagi, yuk ajukan sekarang juga!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani