Jurusan Paling Favorit di Universitas Andalas Bidang Saintek dan Soshum

6 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Gagal di SNMPTN 2020? Gak perlu galau, karena masih ada SBMPTN 2020, yang kabarnya akan dilaksanakan pada Juli 2020 mendatang.

Seperti yang diketahui juga, bahwa ada banyak perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia, yang bisa dijadikan pilihan kamu.

Nah, Universitas Andalas (UNAND), bisa dijadikan pertimbangan, karena kabarnya UNAND memiliki peminat yang banyak di SBMPTN 2019 lalu.

Lantas, kira-kira apa saja jurusan paling favorit di Universitas Andalas bidang saintek dan soshum?

Jurusan Paling Favorit di Universitas Andalas Bidang Saintek dan Soshum

Sebelum membahas terkait jurusan paling favorit di Universitas Andalas bidang saintek dan soshum, memang sebagus apa sih Universitas Andalas Padang ini?

Sedikit Informasi Tentang Universitas Andalas

Universitas Andalas, merupakan salah satu PTN di Indonesia, yang terletak di Kota Padang. Universitas Andalas sendiri telah berdiri sejak tanggal 23 Desember 1955.

Untuk soal akreditasi, Universitas Andalas secara institusi, saat ini telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional atau BAN-PT. Diketahui, Universitas Andalas ini juga selalu menjadi rebutan calon mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia, dari tahun ke tahun, termasuk peminat di SBMPTN.

Beberapa jurusan pun selalu menjadi incaran, padahal daya tampung penerimaannya tergolong kecil. Nah, di SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2020 ini, bisa menjadi peluang besar bagi kamu, yang ingin menjadi calon mahasiswa Universitas Andalas.

Jadwal SBMPTN 2020

SBMPTN 2020 sendiri rencananya akan dilaksanakan pada 5-12 Juli 2020, dengan proses pendaftaran mulai dari 2-20 Juni 2020. Awalnya, SBMPTN 2020 akan dilaksanakan sekitar bulan Maret-April 2020, namun karena adanya wabah Covid-19 di Indonesia, membuat pelaksanaan SBMPTN ditunda.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Institute Teknologi Bandung)

Selain Daya Tampung, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Sebelum memilih jurusan, selain melihat daya tampung, penting juga bagi kamu untuk mengetahui jurusan paling favorit di Universitas Andalas bidang saintek dan soshum beserta passing grade-nya.

Mengetahui jurusan paling favorit di Universitas Andalas bidang saintek dan soshum, berarti kamu sama dengan mengetahui jumlah peminat yang mengincar suatu jurusan. Sehingga, kamu bisa mempertimbangkan pilihanmu dari hal tersebut.

Sementara untuk passing grade, digunakan untuk melihat persentase nilai sebagai referensi untuk lolos di program studi tertentu yang ada di Universitas Andalas. Di mana passing grade ini akan terus berubah tiap tahunnya di sebuah PTN, termasuk Universitas Andalas.

Passing grade ini biasanya digunakan untuk menganalisis atau memprediksi nilai terkecil, yang dapat digunakan untuk masuk PTN. Namun, perlu kamu ketahui bahwa kampus PTN sebenarnya tidak pernah mengeluarkan atau menginformasikan soal Passing Grade. Sehingga, passing grade biasanya dikeluarkan dari tempat bimbingan belajar, dan bertujuan hanya untuk memprediksi saja.

 

 

Jurusan Paling Favorit di Universitas Andalas Bidang Saintek dan Soshum

Bagaimana, sudah tak sabar melihat daftar jurusan paling favorit di Universitas Andalas bidang saintek dan soshum, beserta daya tampung dan passing grade-nya? Yuk, langsung saja simak rangkumannya berikut ini:

Jurusan Paling Favorit di Universitas Andalas Bidang Saintek:

1. Farmasi

Farmasi - Jurusan Paling Favorit di Universitas Andalas Bidang Saintek dan Soshum

Daya Tampung SBMPTN 2020: 60

Peminat 2019: 1.443

Passing Grade: 47,80%

Jurusan paling favorit di Universitas Andalas bidang saintek yang pertama adalah jurusan Farmasi. Lengkap dengan status akreditasi A yang dimiliki Jurusan Farmasi, maka kamu tak perlu meragukan lagi kualitas pembelajarannya dan lulusannya.

Terlebih, kini perkembangan ilmu pengobatan di Indonesia maupun di dunia, terus berkembang dan tentunya akan membutuhkan banyak tenaga ahli farmasi, untuk mengembangkannya. Setelah lulus S1 Farmasi, kamu bisa melanjutkan pendidikan profesi, untuk bisa menjadi seorang Apoteker.

2. Pendidikan Dokter

Pendidikan Dokter - Jurusan Paling Favorit di Universitas Andalas Bidang Saintek dan Soshum

Daya Tampung SBMPTN 2020: 100

Peminat 2019: 1.206

Passing Grade: 56,85%

Tidak kalah diminati dari jurusan Farmasi, Pendidikan Dokter ternyata juga menjadi jurusan paling favorit di Universitas Andalas bidang saintek. Terlebih jurusan ini juga menjadi jurusan, yang sangat diidam-idamkan baik bagi para calon mahasiswa, maupun para orang tua.

Dengan mengantongi akreditasi A, jurusan Pendidikan Dokter memang termasuk yang tertinggi di Universitas Andalas. Sehingga, buat kamu yang sangat ingin menjadi mahasiswa kedokteran, kamu harus siap bersaing ketat dengan calon mahasiswa lainnya.

3. Peternakan

Peternakan - Jurusan Paling Favorit di Universitas Andalas Bidang Saintek dan Soshum

Daya Tampung SBMPTN 2020: 170

Peminat 2019: 1.018

Passing Grade: 22,20%

Nah, buat kamu yang menyukai hewan, jurusan ini bisa kamu pilih loh. Terlebih, jurusan peternakan juga sangat banyak peminatnya, dan menjadi jurusan paling favorit di Universitas Andalas bidang saintek selanjutnya.

Jurusan Peternakan Universitas Andalas, juga memiliki tujuan pendidikan, di mana jurusan ini ingin menghasilkan lulusan, yang memiliki kepribadian ilmiah, kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta profesional di bidang peternakan.

4. Ilmu Kesehatan Masyarakat

Ilmu Kesehatan Masyarakat - Jurusan Paling Favorit di Universitas Andalas Bidang Saintek dan Soshum

Daya Tampung SBMPTN 2020: 80

Peminat 2019: 1.017

Passing Grade: 39,60%

Masih berhubungan dengan kesehatan, jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, ternyata juga menjadi jurusan paling favorit di Universitas Andalas bidang saintek. Jadi, selain mempertimbangkan jurusan Farmasi dan Pendidikan Dokter, kamu juga wajib mempertimbangkan jurusan ini.

Pasalnya, jurusan ini belum lama meraih akreditasi A pada 2019 lalu. Sebelumnya, jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat sudah ada sejak tahun 2000, namun masih menjadi bagian dari Fakultas Kedokteran.

Nah, sejak tahun 2012, jurusan ini akhirnya memisahkan diri dari Fakultas Kedokteran, dan mendirikan fakultas sendiri, yaitu Fakultas Kesehatan Masyarakat yang terdiri dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Gizi.

Jurusan Paling Favorit di Universitas Andalas Bidang Soshum:

1. Ilmu Hukum

Ilmu Hukum - Jurusan Paling Favorit di Universitas Andalas Bidang Saintek dan Soshum

Daya Tampung SBMPTN 2020: 200

Peminat 2019: 1.831

Passing Grade: 40,50%

Menjadi jurusan dengan peminat terbanyak di SBMPTN 2019, jurusan Ilmu Hukum memang cocok menjadi jurusan paling favorit di Universitas Andalas bidang soshum, dan wajib menjadi salah satu jurusan pertimbanganmu.

Selain itu, dengan statusnya yang telah terakreditasi A, jurusan Ilmu Hukum juga disebut banyak melahirkan lulusan, yang bekerja di jalur profesi hukum, seperti menjadi hakim, jaksa, pegawai negeri sipil, hingga legal officer di beberapa perusahaan besar.

2. Manajemen

Manajemen - Jurusan Paling Favorit di Universitas Andalas Bidang Saintek dan Soshum

Daya Tampung SBMPTN 2020: 56

Peminat 2019: 1.088

Passing Grade: 45,50%

Tidak hanya di PTN lain, Manajemen ternyata juga menjadi jurusan paling favorit di Universitas Andalas bidang soshum. Pasalnya, jurusan ini memiliki banyak kesempatan atau prospek kerja, yang terbuka bagi para lulusan.

Jurusan Manajemen di UNAND sendiri telah terakreditasi A, tentu saja hal tersebut sangat menuntut kamu, agar bisa berusaha lebih keras agar bisa lulus ujian masuk di jurusan ini. Karena akreditasi, bisa menjadi poin plus saat kamu melamar pekerjaan nanti.

3. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi - Jurusan Paling Favorit di Universitas Andalas Bidang Saintek dan Soshum

Daya Tampung SBMPTN 2020: 40

Peminat 2019: 964

Passing Grade: –

Terkenal dan menjadi jurusan favorit di mana-mana, Ilmu Komunikasi juga masuk ke dalam jurusan paling favorit di Universitas Andalas bidang soshum. Hal tersebut dilihat dari banyaknya peminat SBMPTN pada 2019 silam, yang hampir tembus seribu peminat.

Tidak hanya, kabar baik lain dari jurusan ini adalah yakni pada tahun ajaran 2015/2016, jurusan Ilmu Komunikasi UNAND, resmi membuka empat konsentrasi studi yakni Jurnalistik, Televisi dan Film, Public Relations, dan Manajemen Komunikasi.

Selain memberikan banyak pilihan konsentrasi, keempat konsentrasi tersebut, juga merupakan salah satu upaya dalam mengembangkan mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Unand, agar mempunyai nilai kompetensi yang unggul dibidang masing-masing.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di ITS)

4. Sosiologi

Sosiologi - Jurusan Paling Favorit di Universitas Andalas Bidang Saintek dan Soshum

Daya Tampung SBMPTN 2020: 48

Peminat 2019: 827

Passing Grade: 29,60%

Hampir serupa dengan Ilmu Komunikasi, karena masih dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Sosiologi juga masuk ke dalam jurusan paling favorit di Universitas Andalas bidang soshum berikutnya.

Selain itu, jurusan ini memiliki banyak prospek kerja bagi para lulusan Sosiologi, sehingga mereka bisa dapat bekerja di lembaga-lembaga riset, LSM, media massa, dan juga pada instansi pemerintahan.

Nah itu dia sedikit informasi yang mungkin bermanfaat untuk kamu, terutama bagi para calon mahasiswa, yang ingin masuk ke Universitas Andalas, jalur SBMPTN. Semoga dengan membaca artikel ini, kamu para calon mahasiswa, bisa mempertimbangkan pemilihan jurusan dengan baik.

Tidak hanya mempersiapkan pilihan terkait jurusan yang akan diambil, tentunya penting juga bagi kamu untuk mempersiapkan dana pendidikannya. Seperti yang diketahui, bahwa kondisi finansial setiap individu, pasti berbeda-beda, sehingga kamu harus mempersiapkan betul-betul perencanaan dana pendidikan kamu, mulai dari masuk kuliah hingga lulus.

Namun, demi pendidikan anaknya, orang tua biasanya akan memperjuangkan. Tidak sulit, bahkan kini untuk mendapatkan dana pendidikan sangat mudah, semudah mengajukan pinjaman dana pendidikan melalui CekAja.com.

Yuk, kepoin websitenya, dan langsung ajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhanmu. Karena akan ada banyak penawaran menarik terkait pinjaman dana pendidikan, hanya di CekAja.com!