Kebanjiran? Berikut Asuransi Kendaraan Bermotor yang Siap Mengcover

7 min. membaca Oleh CekAja on

Bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar Indonesia banjir adalah momok menakutkan. Setidaknya sekali dalam setahun mereka harus merasakan kejamnya banjir yang merusak properti, harta benda bahkan menggerus bisnis mereka. Salah satu upaya yang bisa mereka lakukan adalah melindungi properti dan harta bendanya dengan asuransi. Kehadiran asuransi menjamin resiko kerugian yang dialami pemegang polis.

Kendaraan Terendam Banjir? Berikut Asuransi Kendaraan yang Mengcovernya

Salah satu harta benda yang paling terdampak ketika banjir menerjang adalah kendaraan bermotor baik itu mobil maupun sepeda motor. Kendaraan yang terendam banjir dapat mengalami kerusakaan mesin yang membuat mesin mati.

(Baca juga: 7 Tips Bisnis Dealer Mobil Bekas, Gak Perlu Takut Rugi!)

Tanpa asuransi setiap pemilik kendaraan bakal mengeluarkan dana besar untuk proses perbaikannya. Terlebih untuk mobil-mobil lama yang sparepartnya sudah jarang ditemukan dipasaran.

Nah, keberadaan asuransi kendaraan ini dapat mengurangi beban biaya perbaikan atau bahkan menggantinya dengan mobil atau motor baru jika kendaraan hilang terbawa arus banjir.

Apa itu Asuransi Kendaraan?

Mengutip dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) asuransi kendaraan bermotor adalah Asuransi yang memberikan manfaat berupa pemberian ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor yang disebabkan, antara lain: tabrakan, terperosok, perbuatan jahat, pencurian dan kebakaran. Tersedia dua pilihan untuk produk asuransi ini yakni asuransi kendaraan bermotor konvensional dan syariah.

Baik konvensional maupun syariah menawarkan bentuk perlindungan yang sama. Yang membedakan adalah skema pembayaran yang sesuai dengan syariat islam, yakni perusahaan asuransi mengelola dana peserta (dana tabarru) menggunakan akad Wakalah Bil Ujrah.

Sebagai imbalannya, pengelola berhak mendapatkan ujrah atau biaya jasa. Ini sangat berbeda dengan asuransi konvensional yang menempatkan perusahaan asuransi sebagai pemilik dana peserta, sehingga harus membayarkan ganti rugi sepenuhnya ketika peserta mengalami musibah.

Pada asuransi syariah juga ada aturan mengenai pengelolaan dana yang tidak boleh ada unsur perjudian, barang haram, riba serta tindakan yang dianggap melarang hukum Islam lainnya.

Sementara pada asuransi kendaraan konvensional peserta tidak tahu menahu dana yang mereka bayar sebagai premi ini dialokasikan kemana saja.

Asuransi kendaraan bermotor penting dimiliki oleh Anda yang memiliki kendaraan bermotor

dan oleh bank/ perusahaan pembiayaan yang memberikan kredit kepemilikan kendaraan

bermotor. Anda dapat memperoleh asuransi ini melalui:

  • Kantor cabang dari perusahaan asuransi.
  • Agen perusahaan asuransi yang memiliki sertifikat keagenan yang diakui.
  • Situs perusahaan asuransi.
  • Pihak lainnya yang telah bekerjasama dengan perusahaan asuransi.

Jenis-Jenis Asuransi Kendaraan

Di Indonesia ada dua produk asuransi kendaraan yang sering ditawarkan perusahaan asuransi yakni all risk dan total loss only (TLO).

  • Asuransi all risk

Jenis asuransi yang biasa disebut sebagai asuransi komprehensif ini menawarkan pemegang polis perlindungan atas risiko tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir atau terperosok, pencurian, perbuatan jahat, kebakaran, serta tanggung jawab hukum pihak ketiga (Third Party Legal Liability).

Pihak asuransi akan menanggung seluruh kerugian yang dialami pemilik mobil selama hal itu tidak masuk dalam klausul pengecualian. Bahkan untuk kerusakan minor seperti baret dan lecet.

  • Total Loss Only/TLO

Merupakan jenis asuransi mobil yang memberikan manfaat atau jaminan untuk kerugian total saja sesuai dengan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), yaitu perlindungan atas risiko tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir atau terperosok, pencurian, perbuatan jahat, atau kebakaran dengan total kerusakan mobil mencapai 75% lebih. Jadi jika kerusakan belum mencapai 75% maka klaim tidak bisa diajukan.

Asuransi Kendaraan yang Mengcover Banjir

Banjir bukan salah satu manfaat utama yang ditawarkan asuransi all risk maupun TLO, melainkan sebagai manfaat tambahan atau perluasan dari sebuah asuransi kendaraan bermotor. Lantas jenis asuransi apa yang dapat mengcover kendaraan ketika banjir melanda?

Pemilik kendaraan harus menambah perluasan asuransi yang memang dikhususkan untuk mengcover mobil rusak karena banjir atau bencana alam. Biasanya premi tambahan akan dikenakan untuk mendapatkan manfaat perluasan ini. Rata-rata perusahaan asuransi mematok premi tambahan untuk perluasan sebesar 0,3% dari harga polis standar,

Menurut OJK selain menjamin risiko utama, asuransi kendaraan bermotor juga dapat diperluas dengan jaminan tambahan, berupa:

  • Kerugian akibat kerusuhan dan huru-hara, terorisme dan banjir

Inilah jenis perluasan asuransi yang cocok melindungi kendaraan dari resiko banjir. Namun perlu diingat bahwa klaim tidak bisa diajukan ketika pemilik kendaraan dengan sengaja menerjang banjir yang diketahui bakal merusak mobil. Jadi asuransi ini hanya menanggung kendaraan yang tidak sengaja terjebak banjir atau hilang terbawa arus.

Perluasan ini juga melindungi kendaraan akibat resiko yang diakibatkan karena kerusuhan dan huru-hara salah satunya adalah demonstrasi. Namun dengan catatan bukan sengaja digunakan untuk kegiatan demo yang memang sudah berpotensi rusak. Asuransi akan menanggung kerusakan akibat mobil yang tidak sengaja atau terjebak dalam huru hara.

  • Kerugian akibat Kecelakaan diri pengemudi dan penumpang

Termasuk disini adalah kecelakaan tunggal yang tidak disebabkan karena ulah sendiri. Klaim tidak akan bisa diajukan ketika Anda kedapatan melakukan tindakan ilegal selama mengendarai atau menumpang mobil.

  • Tanggung jawab hukum (TJH) terhadap pihak ketiga

Perluasan yang satu ini adalah perlindungan ketika Anda menabrak kendaraan lain. Jadi, semua kerugian yang ditanggung korban akan dibayar oleh asuransi, selain Anda sendiri juga tetap mendapatkan manfaat perlindungan ketika kendaraan rusak akibat tabrakan.

3 Alasan Klaim Mobil Kena Banjir Ditolak

Kini Anda sudah paham kan harus pilih jenis asuransi apa yang tepat untuk melindungi kendaraan yang kena banjir? Namun Anda harus perhatikan detail yang harus dilakukan agar bisa mengajukan klaim mobil yang terkenal banjir. Banyak pemegang polis mendapat penolakan klaim karena mengacuhkan beberapa syarat diantaranya:

1. Tidak Segera Menghubungi Pihak Asuransi

Rata-rata pihak asuransi memberikan waktu hingga 72 jam untuk para pemegang polis melapor dan mengajukan klaim, lewat dari 72 jam maka klaim akan ditolak. Karena itu, setelah mendapati mobil kena banjir sebaiknya langsung hubungi pihak asuransi untuk melakukan pelaporan dan klaim

2. Memperbaiki Sendiri Mobil Kena Banjir

Meskipun Anda adalah seorang mekanik yang cukup paham mesin mobil, sebaiknya hindari memperbaiki mobil sendiri sesaat setelah banjir. Upaya yang bisa dilakukan untuk memperkecil resiko kerusakan adalah menarik mobil dari resiko banjir dan memastikan mesin telah mati.

Selanjutnya biarkan pihak asuransi dan bengkel rekanan yang mengambil alih. Sebab kerusakan yang terjadi akibat penanganan yang salah tidak akan ditanggung oleh asuransi.

3. Tidak Menyiapkan Dokumen Lengkap

Sebelum mengajukan klaim pastikan polis masih dalam keadaan aktif dan tidak ada perubahan pada dokumen terkait yang diperlukan. Buatlah ceklis untuk memudahkan pencarian dokumen agar penggunaan waktu lebih efisien.

Pilihan Asuransi yang Mengcover Banjir

Garda Oto

Garda Oto menawarkan dua jenis perlindungan yakni TLO dan Comprehensive. Garda Oto memiliki layanan Mobile Otocare yang memudahkan pemegang polis melakukan klaim secara online.

Tertanggung juga dapat memilih lokasi survei mobil dan antar jemput kendaraan menuju dan dari bengkel. Garda Oto telah bekerjasama dengan 500 lebih bengkel baik authorized dan bengkel rekanan.

Salah satu keunggulan dari Garda Oto adalah Layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) berupa mobil gendong, derek, dan motor seperti butuh jumper, ban kempes, mogok, hingga kecelakaan dan garansi 6 bulan untuk hasil pengerjaan bengkel. Sehingga tertanggung dapat mengajukan keluhan jika mobil yang telah diperbaiki ternyata performanya belum maksimal.

Sementara untuk perluasan pertanggungan yang disediakan adalah:

  • Kerugian atas Pemogokan, Kerusuhan, Huru Hara
  • Kerugian atas Banjir, Angin Topan, Gempa Bumi, Tsunami, Gunung Meletus, Tanah Longsor (Bencana Alam)
  • Kerugian atas Terorisme & Sabotase

Autocillin

Adira Autocillin juga menghadirkan dua produk perlindungan kendaraan yakni all risk dan TLO. Salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah garansi pekerjaan adalah seumur hidup selama masa pertanggungan plus garansi spare parts asli.

Anda bisa mengajukan keluhan dan perbaikan mobil kembali jika hasil pekerjaan bengkel rekanan tidak sesuai ekspektasi. Adapun fitur Car Progress Monitoring yakni aplikasi yang dapat membantu kita membantu pekerjaan di Bengkel. Anda tidak perlu repot bolak-balik cek hasil pekerjaan, semua bisa dipantau secara online.

Sementara untuk perluasan pertanggungan yang disediakan adalah:

  • Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak keTiga (Third Party Liability/TPL)
  • Kecelakaan Diri (Personal Accident/PA).
  • Angin Topan, Banjir, Badai, Hujan Es dan Tanah Longsor (Typhoon, Storm, Flood, Hail & Landslide).
  • Gempa Bumi, Tsunami dan Letusan Gunung Berapi (Earthquake, Tsunami & Volcanic Eruption).
  • Huru-hara & Kerusuhan (Strike, Riot, and Civil Commotion/SRCC).

Allianz Mobilku

Allianz juga menawarkan produk asuransi kendaraan khususnya mobil yang tersedia dalam tiga paket yaitu MOBILKU ECO, MOBILKU GRAND dan MOBILKU NON PAKET. Salah satu keunggulan yang ditawarkan Allianz adalah Allianz RodA (Road Emergency Assistance) yakni Layanan darurat yang diberikan kepada Tertanggung untuk menyediakan bantuan mekanik dalam mengatasi gangguan kendaraan bermotor sehingga Tertanggung dapat melanjutkan perjalanannya. Apabila dalam waktu 20 menit gangguan yang terjadi tidak dapat ditangani, maka akan dilakukan towing (derek). Salah satu perluasan manfaat yang ditawarkan oleh Allianz Mobilku adalah Perlindungan banjir hingga water hammer

ACA

Asuransi ACA juga menawarkan produk perluasan perlindungan untuk banjir. Sementara ada dua produk yang mereka tawarkan yakni comprehensive dan otomate.

  • COMPREHENSIVE (GABUNGAN)

Jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan atau kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampokan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya.

  • OTOMATE

Otomate Merupakan produk asuransi kendaraan bermotor berkualitas yang dikemas khusus dalam bentuk paket dan disertai dengan fasilitas layanan istimewa berupa mobil pengganti, perbaikan darurat, mobil derek dan lain-lain.

Perluasan perlindungan untuk Banjir, Angin Topan & Gempa Bumi hanya diberikan kepada pemegang polis otomate saja. Salah satu keunggulan dari Otomate ini adalah adanya mobil pengganti jika mobil pemegang polis masih menjalani perbaikan.

Juga ada fasilitas mobil derek dan perbaikan darurat. ACA menambah sempurna fasilitasnya dengan memberikan layanan antar jemput ambulance apabila nasabah mengalami kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa.

Itulah beberapa produk asuransi kendaraan yang memberikan manfaat perluasan untuk banjir. Ketika memilih asuransi kendaraan pastikan hanya membeli polis dari perusahaan yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memiliki agen berlisensi. Pilih jenis asuransi sesuai kebutuhan dan dengan premi yang terjangkau serta sesuai dengan kondisi finansial.

Tentang kami

CekAja

CekAja