5 Kesalahan Yang Bikin Orang Sulit Finansial, Wajib Dihindari!

Kadang tak disadari, melakukan beberapa kesalahan yang bikin orang sulit finansial. Penting mulai dari sekarang untuk melakukan beragam pertimbangan sebelum mengambil keputusan, daripada hidup dalam kondisi keuangan yang tak menentu.

Di masa pandemi seperti sekarang ini sedikit banyak telah mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. terutama masalah finansial. Ada banyak yang mengeluhkan tentang pemasukan yang sedikit.

Tak sedikit pula yang bahkan tak ada pemasukan sama sekali. Kesulitan ekonomi yang tak terduga semacam ini membuat banyak orang kesusahan.

Maka dari itu kita perlu melihat kembali bagaimana perencanaan keuangan kita. Jangan sampai ada kesalahan yang bikin orang sulit finansial. 

Mengatur finansial memang tidak mudah tapi demi menghindari kesalahan yang bikin orang sulit finansial kita harus terus belajar. Nah kali ini kita akan berikan informasi 5 kesalahan yang bikin orang sulit finansial.

Mungkin terlihat sedikit terlambat untuk saat ini tapi bukankah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali? Yuk simak terus artikel 5 kesalahan yang bikin orang sulit finansial sampai akhir ya!

(Baca Juga: Pinjaman Untuk Para Alumni Kartu Prakerja yang Sudah Berwirausaha)

5 Kesalahan Yang Bikin Orang Sulit Finansial

Belajar bagaimana mengatur finansial tentu ada banyak manfaatnya bagi kita terutama di masa depan. Di jaman susah seperti ini mengatur finansial adalah penting agar kita tidak terjebak dalam lingkaran hutang juga.

Ketika kita juga tak sadar bahwa beberapa perilaku kita ternyata adalah sebuah kesalahan maka kita bisa kesulitan mengelola finansial. Maka dari itu memulai untuk belajar mengelola keuangan adalah penting.

Pastikan kalau kita tidak akan melakukan kesalahan yang bikin orang sulit finansial nantinya. Jadi kali ini kita belajar menyadari apakah kita melakukan tindakan yang disebut sebagai kesalahan yang bikin orang sulit finansial. 

Ada 5 kesalahan yang bikin orang sulit finansial yang sering kita jumpai antara lain:

1. Abai Tentang Investasi dan Masa Depan

Kesalahan yang bikin orang sulit finansial yang pertama adalah terlalu mengabaikan tentang investasi atau masa depan. Karena masa depan tidak ada yang tahu sebaiknya kita mempersiapkan segala sesuatunya lebih dulu dari sekarang.

Rencana keuangan masa sekarang yang bagus juga menentukan bagaimana kondisi keuangan masa depan. Kita bisa sisihkan sedikit dana untuk investasi masa depan seperti menabung tiap bulannya.

Kita juga harus siapkan dana darurat agar suatu saat terjadi apa-apa dengan kita maka kita tidak akan merusak keuangan di masa depan.

2. Gaya Hidup dan Gengsi Berlebihan

Kesalahan yang bikin orang sulit finansial yang kedua adalah masalah gengsi dan gaya hidup yang berlebihan. Kalau gaya hidup dan gengsi kita berlebihan ini akan mengakibatkan kita tak bisa mengelola keuangan dengan baik.

Gaya hidup berlebihan membuat kita ingin dianggap mapan dan mampu. Keinginan memberikan kesan tersebut kepada orang lain bisa berbahaya bagi keuangan kita karena kita bisa membeli barang-barang mewah yang mahal hanya untuk dianggap mapan oleh orang lain.

Kita juga bisa terjerat dengan hutang akibat gengsi dan gaya hidup yang boros ini. Baiknya sadarkan diri kita untuk selalu membeli barang yang kita mampu dan kita butuhkan saja. 

3. Boros

Keinginan untuk berbelanja terus-menerus tanpa memperhatikan apakah kita butuh atau tidak akan barang itu bisa menjadi sebuah kesalahan yang bikin orang sulit finansial. Sikap impulsif yang selalu ingin berbelanja terus membuat keuangan kita sangat tidak sehat loh.

Apalagi jika ada diskon dan promo yang diberikan. hindari sikap boros seperti ini yang nantinya bisa membuat kita menyesal. Kesalahan yang bikin orang sulit finansial ini sudah banyak terjadi di kalangan masyarakat. Akhirnya mereka yang terlalu boros akan menderita kemiskinan di akhir.

4.Lingkungan Tak Selaras dengan Kemampuan Finansial

Jika kita tinggal yang lingkungannya tidak sesuai dengan kondisi finansial kita maka kita bisa kesulitan mengelola keuangan kita. Karena lingkungan akan sangat berpengaruh bagi gaya hidup dan gengsi kita.

Maka jika kita tidak tegas untuk tidak mengikuti gaya hidup berlebihan itu kita akan tetap kesusahan untuk tetap mengikuti apa yang tetangga atau orang lain lakukan dengan gaya hidupnya.

Misalnya saja terlalu sering mengikuti mereka yang membeli barang-barang mewah bisa membuat kondisi keuangan kita sulit. Sadari kemampuan finansial kita kalau kita tidak mampu tidak harus memaksakan diri untuk membeli apa yang mereka beli. 

5. Tidak Punya Tujuan atau Prioritas

Kesalahan yang bikin orang sulit finansial selanjutnya adalah tidak punya tujuan atau prioritas. Tanpa tujuan keuangan kita tak akan mempunyai motivasi untuk menyisihkan uang atau menabung.

Saat tak ada tujuan keuangan, pemasukan yang kita terima bisa habis tapi tak jelas ke arah mana. Jika kita punya tujuan misalnya ingin beli rumah sendiri maka secara tidak langsung kita akan termotivasi untuk menabung.

Selalu prioritaskan apa yang sedang menjadi tujuan keuangan kita. Jadi kita bisa menghindari mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak penting.

Nah itu dia 5 kesalahan yang bikin orang sulit finansial yang sering kita temui. Dari informasi yang kita berikan ini semoga kita bisa belajar serta mencegah bagaimana kesalahan itu agar tidak terjadi.

Ini dibutuhkan agar finansial kita bisa tetap stabil di masa sekarang maupun di masa datang. 

Menyadari akan pentingnya kondisi keuangan yang baik, asuransi juga menjadi salah satu kebutuhan kita dimasa sekarang ini. Terlebih asuransi kesehatan, karena kita tahu biaya kesehatan saat ini semakin hari semakin mahal.

(Baca Juga: Pilihan Pinjaman Online Legal Diawasi OJK)

Nah, dengan adanya asuransi kesehatan, maka jika suatu saat kita atau salah satu anggota keluarga ada yang sakit, maka kita bisa lebih tenang, karena ada asuransi kesehatan yang mengcover soal biaya. Dan ini tentu akan membuat kondisi keuangan kita lebih stabil.

Ada banyak cara untuk kita bisa mendapatkan asuransi kesehatan terbaik, salah satunya adalah melalui CekAja.com. Melalui CekAja.com kita bisa memilih dan mendapatkan asuransi kesehatan yang sesuai dengan kita, mulai dari premi yang terjangkau, hingga pelayanan yang diterima di banyak rumah sakit.

Jadi, tunggu apalagi? Dapatkan segera asuransi kesehatanmu melalui CekAja.com.