Modal Ventura: Pengertian, Jenis, dan Manfaat Untuk Mengembangkan Perusahaan

Memiliki bisnis dan perusahaan sendiri tentu sangat menyenangkan, dan menjadi impian bagi setiap orang dengan jiwa enterpreneur. Namun tak semua orang bisa memiliki perusahaan sendiri.

Advertisement

Dalam dunia bisnis ada banyak cara untuk mendapatkan modal usaha. Salah satunya adalah dengan cara pembiayaan.

Modal ini nantinya akan digunakan untuk menjalankan bisnis dan mendukung operasional. Salah satu jenis modal yang bisa dipakai adalah modal ventura.

Jadi di tulisan ini kita akan membahas mengenai modal ventura, mulai dari pengertiannya, jenisnya sampai manfaatnya. Nah kalau kamu sedang bingung mencari modal usaha, mengetahui tentang modal ventura ini bisa juga menjadi referensi yang bagus.

Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini!

(Baca Juga: Pilihan Usaha Pertanian Minim Modal)

Modal Ventura: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

Pengertian Modal Ventura

Apa sih yang dimaksud dengan modal ventura? Jadi modal ventura adalah alat pembiayaan bagi perusahaan dan sarana investasi bagi investor dalam bentuk saham untuk jangka waktu yang telah ditentukan.

Dengan kata lain, ini adalah cara bagi perusahaan untuk menerima uang dalam jangka pendek dan bagi investor untuk menumbuhkan kekayaan dalam jangka panjang. Investasi ini bentuknya bisa uang tunai yang yang diberikan ke suatu perusahaan dan perusahaan itu nantinya akan memberikan saham kepada pemodal itu.

Investasi seperti ini resikonya cukup tinggi. Tapi dibalik resiko yang tinggi, keuntungan yang didapat bisa lebih dari ekspektasi. Biasanya modal ventura ini berasal dari investor yang sudah mapan atau bisa juga dari institusi yang mengumpulkan dana untuk tujuan investasi.

Perusahaan yang menerima biasanya adalah perusahaan startup atau rintisan.

Jenis-jenis Modal Ventura

Sedangkan untuk jenisnya, modal ventura memiliki beberapa kategori. Jenis modal ventura ini dibedakan berdasarkan cara memberi bantuan, kepemilikan dan cara pengumpulan dana. Berdasarkan cara memberikan bantuannya ada dua jenis yaitu:

  • Single tier approach: perusahaan mengumpulkan dana dan mengelolanya agar bisa diinvestasikan ke perusahaan pasang usaha dalam bentuk modal
  • Two tier approach: ada dua perusahaan yang mengumpulkan dana dengan dua fungsi masing-masing. Satu sebagai penyedia modal dan satu lagi pengelola modal

Lalu berdasarkan cara pengumpulan dananya, modal ventura dibagi menjadi :

  • Leverage venture capital: berasal dari perusahaan penyedia modal yang dikumpulkan dalam bentuk pinjaman dari macam-macam bank
  • Equity venture capital: berasal dari perusahaan penyedia modal dan itu sebagian besar modal sendiri

Sedangkan berdasarkan kepemilikan, modal ventura dibagi menjadi:

  • Private venture capital company: perusahaan ini belum go public dan belum menjual saham di bursa efek
  • Public venture capital company: perusahaan sudah go public serta menjual saham di bursa efek
  • Bank affiliate venture capital company: perusahaan yang didirikan oleh beberapa bank yang bertujuan khusus untuk modal ventura
  • Conglomerate venture capital: ini adalah perusahaan yang berdiri dari beberapa perusahaan lain

Manfaat Modal Ventura

Selanjutnya kita akan membahas tentang manfaat dari modal ventura. Ada beberapa manfaat yang positif bagi sebuah perusahaan ketika mendapatkan modal ventura. Manfaatnya antara lain:

1. Keahlian Bisnis

Selain dukungan finansial, memperoleh pembiayaan modal ventura bisa memberikan sumber bimbingan dan konsultasi yang berharga bagi pemula atau bisnis muda.

Ini dapat membantu berbagai keputusan bisnis, termasuk manajemen keuangan dan manajemen sumber daya manusia. Membuat keputusan yang lebih baik di bidang utama ini dapat menjadi sangat penting saat bisnis berkembang.

2. Sumber Daya Tambahan

Di sejumlah bidang kritis, termasuk masalah hukum, perpajakan, dan personalia, perusahaan VC dapat memberikan dukungan aktif, yang lebih penting lagi pada tahap kunci dalam pertumbuhan perusahaan.

Pertumbuhan yang lebih cepat dan kesuksesan yang lebih besar adalah dua manfaat utama yang potensial.

3. Koneksi

Pemodal ventura biasanya terhubung dengan baik dalam komunitas bisnis. Memanfaatkan koneksi ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi perusahaan penerima modal ventura.

Tidak ada kewajiban untuk pembayaran kembali. Tidak ada kewajiban untuk membayar kembali investor pemodal ventura jika startup gagal atau ditutup.

Karenanya, pendanaan modal ventura sangat penting untuk pemula. Modal ventura tidak membuat startup berhutang dan menambah beban untuk membayar kembali seperti halnya dengan pinjaman bank.

4. Mudah Ditemukan

Sangat mudah untuk menemukan dan memanfaatkan modal ventura dalam beberapa menit, terutama investor karena mereka didokumentasikan di berbagai direktori.

Ini mengurangi waktu, tenaga dan uang yang terlibat dalam mencari pendanaan usaha. Seseorang dapat menemukan modal ventura dengan cepat dan efisien. 

5. Publisitas & Eksposur yang Meningkat

Sebagian besar perusahaan modal ventura memiliki grup Humas dan kontak media, dan merupakan kepentingan terbaik mereka untuk mendapatkan eksposur untuk perusahaan startup atau rintisan.

Sering disamakan bisa menambah kredibilitas yang besar pada sebuah startup, terutama bagi para pendiri yang belum membangun perusahaan sukses lainnya.

Publisitas yang meningkat bisa membuat calon karyawan, pelanggan, mitra, dan perusahaan modal ventura tertarik untuk menggalang dana.

Nah itu dia pembahasan mengenai modal ventura mencakup pengertiannya, jenisnya sampai manfaatnya. Modal ventura ini memang bagus bagi perusahaan startup tapi sayang banyak yang kurang cakap dalam mengelola modal ini.

Akhirnya banyak perusahaan startup yang tidak berhasil. Semoga artikel mengenai modal ventura kali ini bisa menambah wawasan kita semua ya!

(Baca Juga: Referensi Dana Usaha Modal Ventura )

Karena tak semua orang memiliki modal untuk membuat perusahaan. Padahal modal adalah salah satu keharusan yang dimiliki oleh seorang pengusaha yang ingin mendirikan perusahaan.

Tak hanya modal ventura, jika kita menginginkan tambahan modal, kita bisa mencoba mengajukan KTA pada bank. Karena saat ini hampir semua bank memiliki produk pinjaman berupa KTA.

Misalnya saja KTA Cekaja yang mencoba menawarkan dana tunai pada masyarakat dengan bunga yang ringan. Selain itu, tak mewajibkan menyertakan agunan, dan prosesnya terbilang cepat.

Jadi untuk tambahan modal mendirikan dan menjalankan perusahaan, tentu saja KTA sangat membantu. Dan pengajuan melalui CekAja.com dapat dilakukan secara online.

Tahapan mendaftar melalui CekAja.com dan setelah syarat pengajuan pinjaman uang yang diperlukan telah lengkap, kemudian pihak bank akan melakukan proses verifikasi dengan mempertimbangkan beberapa hal.

Pertimbangan ini didasarkan pada kemampuan finiansial pemohon. Tujuannya untuk menghindari kredit macet si pemohon tersebut.

Jadi, apalagi yang membuat ragu? Semua proses di CekAja.com aman dan diawasi oleh BI dan juga OJK, tak perlu ragu lagi mengajukan KTA Cekaja.

Advertisement