10 Keuntungan dan Kerugian Bisnis MLM yang Wajib Diketahui Sebelum Bergabung

8 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Buat kamu yang tertarik dengan bisnis MLM, sebaiknya ketahui dulu keuntungan dan kerugian bisnis MLM, sebelum memutuskan bergabung. Pasalnya, di masyarakat sendiri bisnis MLM memiliki stereotip buruk yang sudah sangat melekat.

Banyak dari masyarakat yang menilai, kalau MLM adalah bisnis penipuan. Hal tersebut karena, banyak bisnis MLM yang dijumpai hanya menawarkan segala keuntungan menggiurkan, yang ternyata omong kosong.

Belum lagi skema piramida yang diterapkan bisnis ini, di mana anggotanya harus merekrut lebih banyak anggota baru, alih-alih menjual produk.

Tentunya dengan dalih tersebut, para calon anggota baru harus membeli sejumlah produknya terlebih dahulu, dengan harga yang cukup mahal.

Namun selain hal-hal buruk yang berkembang di masyarakat itu, bisnis MLM juga membawa sejumlah keuntungan.

Jika ingin tahu apa saja keuntungan dan kerugian bisnis MLM secara lengkap, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Apa Itu Bisnis MLM?

Sebelum membahas lebih jauh tentang keuntungan dan kerugian bisnis MLM, hal pertama yang wajib kamu ketahui adalah definisi, dan informasi dasar seputar bisnis MLM itu sendiri.

Hampir seluruh masyarakat mungkin sudah sering mendengar bisnis MLM. Meski begitu, namun apakah mereka tahu apa definisi sebenarnya dari bisnis MLM? Kalau belum, yuk berkenalan!

Bisnis Multi Level Marketing, atau yang dikenal dengan sebutan MLM ini merupakan sebuah model bisnis, yang di mana anggotanya akan mendapatkan komisi dari penjualan produk, serta orang-orang yang berhasil direkrut.

MLM sendiri, pada dasarnya tidak hanya ada dan berkembang di Indonesia. Di negara-negara maju seperti Amerika Serikat pun, bisnis MLM sudah sangat populer.

Namun bedanya, kebanyakan MLM di Indonesia tidak mengandalkan produk sebagai sumber pendapatan dan bonusnya.

Melainkan, pendapatan dan bonus tersebut didapat dari seberapa banyak orang-orang yang berhasil di prospek, untuk bergabung ke dalam mata rantai bisnis MLM.

(Baca Juga: 4 Cara Memilih Bisnis MLM yang Baik)

Sebagai contoh, kamu berhasil merekrut 10 orang untuk bergabung ke MLM, dan mendapatkan komisi.

Kemudian, 10 orang itu harus merekrut banyak orang juga, untuk bisa mendapatkan komisi yang besar.

Aktivitas merekrut anggota tersebut, bisa dibilang hal yang wajib dilakukan oleh anggota baru, untuk mendapatkan komisi dan bonus.

Sementara itu, produk hanya digunakan sebagai pelengkap, untuk menambah pendapatan. Tetapi perlu diketahui, tidak semua MLM seperti itu.

Ada beberapa perusahaan MLM, yang juga memberikan bonus ke para anggotanya, karena berhasil menjual produk.

Hanya saja, masih banyak masyarakat yang meragukan bisnis MLM ini. Tentunya karena sistem perekrutan yang meragukan, akibat iming-iming bonus yang tidak masuk akal.

Adapun beberapa jenis bonus yang sering disebut oleh anggota MLM untuk merekrut anggota baru, yaitu pendapatan yang besar dan berlipat ganda, kemudian hadiah kapal pesiar, dan hadiah mewah lainnya yang bisa didapat jika mereka mencapai target.

Tips Memilih Bisnis MLM

Selain keuntungan dan kerugian bisnis MLM, satu hal yang tak kalah penting untuk kamu ketahui, yaitu tips memilih bisnis MLM.

Jadi, sebelum memilih dan memutuskan bergabung ke suatu bisnis MLM, ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal berikut ini, yaitu:

  • Pastikan perusahaan MLM tersebut memiliki Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL) yang menempel pada produk dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Tentunya pastikan bisnis MLM memiliki produk yang dijual, baik itu buku, sabun, komputer, kosmetik dan lain sebagainya
  • Ketahui dan perhitungkan keuntungan yang didapat perusahaan MLM tersebut.

Keuntungan dan Kerugian Bisnis MLM

Nah, jika informasi dasar seputar bisnis MLM dan tips memilihnya, sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui keuntungan dan kerugian bisnis MLM.

Untuk kerugiannya, mungkin di awal pembahasan sudah sedikit dibahas. Namun, untuk tahu lebih jelasnya, yuk langsung simak ulasan berikut ini.

1. Keuntungan Bisnis MLM

Dalam pembahasan keuntungan dan kerugian bisnis MLM, CekAja.com akan membahasnya menjadi dua bagian.

Dan bagian pertama yang akan dibahas, yaitu keuntungan. Meski informasi yang beredar seputar MLM lebih banyak kerugiannya, namun ternyata keuntungan yang diberikan pun tak kalah banyak, di antaranya yaitu:

Waktu kerja yang fleksibel

Keuntungan bisnis MLM yang pertama, yaitu waktu kerja yang fleksibel. Jika bergabung dengan bisnis ini, kamu diberikan kebebasan waktu bekerja.

Tidak seperti kerja kantoran, yang mengharuskan mu masuk jam 09.00 WIB dan pulang jam 18.00 WIB.

Di bisnis ini, kamu bebas bekerja di pagi hari saja, siang hari, sore hari, maupun malam hari, yang bisa kamu sesuaikan dengan aktivitas lainnya.

Kerja sekali dan mendapat untung berlipat ganda

Selain waktu kerja yang fleksibel, di bisnis ini, sekali kerja kamu sudah bisa mendapat keuntungan yang besar.

Ini bisa dibilang merupakan keuntungan bisnis MLM, yang paling diketahui banyak orang. Cara untuk mendapatkannya pun gampang-gampang susah, karena kamu harus mengajak banyak orang, untuk bergabung bersama ke bisnis MLM ini.

Sebagai contoh kamu berhasil merekrut 10 orang, maka nantinya kamu akan mendapat komisi, karena telah berhasil merekrut 10 orang itu untuk bergabung ke MLM mu.

Kemudian, sebut saja 10 orang tersebut adalah kloter A. Maka A juga harus berhasil merekrut B, B berhasil merekrut C, dan seterusnya.

Dengan sistem tersebut, maka kamu yang hanya merekrut kloter A, tetap akan mendapat komisi besar dari keberhasilan merekrut orang-orang yang sudah bergabung. Bagaimana, gampang-gampang susah, bukan?

Meski komisi didapat dari merekrut anggota baru, namun kamu tetap harus menjual produk MLM yang kamu miliki. Anggap saja, ini merupakan media untuk merekrut anggota baru.

Modal yang dibutuhkan sedikit

Salah satu keuntungan paling menarik, dari bisnis MLM adalah kamu tidak membutuhkan modal besar.

Karena biasanya, kamu hanya memerlukan modal sekitar Rp2 juta, untuk bisa bergabung ke bisnis MLM, kemudian merekrut anggota baru dan menjual produk-produknya.

Apabila kamu berhasil merekrut banyak anggota baru, dan menjual produknya dengan baik, maka kamu akan mendapatkan keuntungan besar, yang bisa menutup modal Rp2 juta kamu sebelumnya.

Memperoleh ilmu baru

Keuntungan bisnis MLM berikutnya yang bisa kamu dapatkan, yaitu ilmu dan keterampilan baru di dunia profesional.

Sebab jika bergabung dengan bisnis ini, kamu akan belajar banyak hal, mulai dari cara berkomunikasi yang baik dengan pelanggan, kemampuan negosiasi, kemampuan memperluas relasi dari berbagai kalangan dan latar belakang, hingga belajar bagaimana cara berjualan yang benar.

Tidak perlu stok barang dan memiliki gudang

Siapa sih di antara kamu yang ingin berbisnis, tetapi tidak ingin mengeluarkan biaya, bahkan memberikan ruang di rumah untuk gudang stok produk bisnis? Sepertinya banyak.

Jika itu adalah keinginan mu, sepertinya bisnis MLM ini cocok untuk kamu. Hal tersebut dikarenakan, bisnis MLM memungkinkan mu untuk langsung memesan produk yang diinginkan pelanggan ke perusahaan.

Sehingga, kamu tidak perlu stok barang di rumah, dan menyediakan ruang khusus untuk menyimpan semua produk tersebut.

Terlebih, hal itu juga dapat meminimalisir risiko terjadinya kerusakan pada barang selama penyimpanan, maupun barang kadaluarsa, hilang dan lain sebagainya.

Tetapi, apabila kamu ingin memiliki persediaan stok barang di rumah pun tidak masalah, karena bisa saja ada anggota keluarga lainnya, maupun kerabat yang ingin membeli produk MLM dan mendapatkan barangnya langsung.

Tidak perlu melakukan kontrol mutu

Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapat dari bisnis MLM, yaitu kamu tidak perlu melakukan kontrol mutu.

Yang mana, kontrol mutu ini menjadi hal penting untuk dilakukan dalam sebuah bisnis. Nah di MLM ini, kamu tidak perlu melakukan kontrol mutu, karena semuanya dikerjakan oleh perusahaan MLM.

Dengan begitu, untuk pembelian pribadi kamu tinggal terima barang jadi. Sementara untuk pesanan konsumen, barang akan langsung dikirimkan oleh perusahaan MLM.

Tidak harus repot mengirim barang

Keuntungan bisnis MLM yang terakhir, yaitu kamu tidak perlu repot-repot mengirimkan barang.

Seperti yang sudah disebutkan di beberapa pembahasan di atas, kalau barang pesanan konsumen akan langsung dikirim oleh perusahaan MLM.

2. Kerugian Bisnis MLM

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu mengetahui keuntungan bisnis MLM, dalam pembahasan keuntungan dan kerugian MLM, selanjutnya kamu akan mengetahui kerugiannya.

Meski sebagian besar orang sudah tahu beberapa kerugian bisnis MLM, namun untuk lebih lengkapnya akan dijelaskan sebagai berikut.

Terjebak skema piramida

Kerugian bisnis MLM yang pertama, yaitu kamu akan terjebak dalam skema piramida. Skema yang aturannya di Indonesia belum jelas secara hukum ini, secara tidak langsung memaksa para anggota MLM untuk mencari, serta merekrut anggota baru yang lebih banyak.

Sistemnya pun seperti ini, kamu berhasil merekrut A, kemudian A harus berhasil merekrut B, B berhasil merekrut C, dan begitu seterusnya.

Dalam usaha perekrutan ini, biasanya anggota MLM akan menjual produk sebagai dalih perekrutan.

Dan jika anggota MLM berhasil merekrut anggota baru, maka orang tersebut harus membayar biaya masuk anggota baru, juga membeli produk milik MLM, untuk selanjutnya di promosikan kepada calon anggota baru lainnya yang akan direkrut.

Kesulitan mendapat anggota baru

Salah satu kerugian dari bisnis MLM yang paling sering terjadi, yaitu kesulitan mendapat anggota baru.

Hal itu bisa terjadi, karena stereotip masyarakat terhadap bisnis MLM sudah terlanjur buruk. Sehingga, tak jarang ditemukan kasus anggota MLM yang dijauhi teman dan keluarganya, karena takut di prospek untuk bergabung dengan bisnis MLM tersebut.

Dan itu yang menjadi faktor penyebab, sulitnya anggota MLM melakukan perekrutan anggota baru.

Iming-iming mendapat hadiah dan kebebasan menjalankan bisnis

Hayo, siapa di antara kamu yang pernah menjadi korban iming-iming anggota MLM? Kalau pernah, pasti sudah tahu bukan apa saja iming-iming diberikan?

Selain keuntungan yang berlipat ganda, anggota MLM juga biasanya memberikan bayangan hadiah mewah seperti kapal pesiar, dan lain sebagainya kepada orang yang sedang di prospek.

Tentunya, hal itu dilakukan untuk membuat orang tersebut tertarik bergabung dengan bisnis MLM mu, karena sudah dibayang-bayangi dengan besarnya keuntungan yang akan didapatkan.

(Baca Juga: 8 Bisnis yang Laku Setiap Hari)

Itulah beberapa informasi seputar bisnis MLM, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya, mulai dari definisi, tips memilih bisnis MLM, hingga keuntungan dan kerugian bisnis MLM.

Dari semua informasi yang sudah diketahui tersebut, sebagian dari kamu mungkin ada yang tertarik untuk bergabung dengan bisnis MLM, ada pula yang tidak.

Untuk kamu yang tidak tertarik dengan bisnis MLM, dan justru ingin membangun bisnis sendiri tidak masalah.

Asalkan, kamu memiliki modal yang cukup, untuk bisa membangun dan menjalankan bisnis tersebut.

Tetapi apabila modal yang dimiliki pun belum mencukupi, jangan khawatir! Sebab, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai, untuk tambahan modal usaha.

Agar lebih mudah, kamu bisa mengajukan pinjaman tersebut secara online melalui CekAja.com.

Di sana, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai, dengan nominal sesuai kebutuhan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuan di CekAja.com pun mudah, cepat dan aman, karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani