Daftar Kota dengan Letak Tertinggi di Dunia

5 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Nyata adanya. Itulah definisi yang tepat untuk menggambarkan sederet kota dengan letak tertinggi di dunia ini. Meski kadar oksigennya rendah, namun kota-kota tersebut tak pernah sepi penduduk.

Selain Indonesia, ternyata di belahan negara lain ada pula wilayah yang dijuluki sebagai kota dengan letak tertinggi di dunia.

Letaknya yang jauh dari dataran rendah dan condong di ketinggian ribuan meter di atas permukaan laut, enggak membuat kota-kota tersebut sepi penduduk.

Malahan, manusia yang hidup di sana telah ada sejak puluhan tahun yang lalu, walaupun kadar oksigennya terbilang rendah.

Penasaran akan kota-kota dengan letak tertinggi di dunia tersebut? Berikut ini CekAja rangkum informasinya dari berbagai sumber.

Deretan Kota dengan Letak Tertinggi di Dunia

1. Potosi, Bolivia

Berjarak 431 km dari Bolivia, Potosi dikenal sebagai salah satu kota dengan letak tertinggi di dunia. Ketinggiannya bisa mencapai 4.090 meter dari permukaan laut.

Kota dengan jumlah penduduk lebih dari 240 ribu orang ini, merupakan kota pertambangan yang kaya akan biji peraknya.

Bahkan saking melimpahnya sumber daya alam di Potosi, kota ini dijuluki sebagai salah satu kota terbesar di wilayah Amerika.

Selain menyuguhkan hasil tambang, Kota Potosi pun memiliki pesona alam yang sangat menakjubkan. Salah satunya adalah Laguna Hijau Potosi.

Ini adalah danau air asin berwarna zamrud yang paling bagus di dunia. Uniknya saat musim dingin, Laguna Hijau ini juga turut membeku yang membuatnya tampak seperti kristal.

(Baca Juga: 11 Kota dengan Letak Tertinggi di Indonesia)

2. Juliaca, Peru

Terletak di Tenggara Peru, Juliaca merupakan ibu kota Provinsi San Roman, Puno. Kota ini memiliki jumlah populasi yang cukup padat, yakni sekitar 276 ribu jiwa.

Kota Juliaca disebut sebagai kota dengan letak tertinggi di dunia, karena posisinya berada di 3.825 meter di atas permukaan laut. Suhunya sekitar 7 derajat Celsius.

Selain sebagai pusat perdagangan, Juliaca juga terkenal memiliki beberapa objek wisata menawan, seperti Capachica Peninsula, Templo de La Merced, dan Isla Tikonata.

Nah, kalau kamu tertarik berkunjung ke kota ini, sebaiknya membawa lebih banyak pakaian hangat untuk menghindari kondisi kedinginan atau bahkan hipotermia.

3. Quito, Ekuador

Beralih dari Peru, mari kita menyambangi Kota Quito, yang merupakan ibu kota dari Republik Ekuador.

Quito termasuk kota dengan letak tertinggi di dunia, yaitu 2.850 meter di atas permukaan laut.

Bisa dibilang suhu udara di Quito ini termasuk yang paling dingin, sekitar 9 derajat Celsius.

Sehingga, wisatawan yang baru berkunjung ke kota tersebut pasti akan mengalami “mabuk” udara.

Jika berkunjung ke Quito, maka kamu wajib mendatangi beberapa tempat bersejarah seperti Basilica del Voto Nacional, La Plaza Grande, dan Teatro Sucre.

Terus, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen tersebut.

4. Mina Pirquitas, Argentina

Selanjutnya kota dengan letak tertinggi di dunia adalah Mina Pirquitas. Ini adalah kota yang terletak di Provinsi Jujuy, Argentina, dengan rata-rata ketinggian 4.340 meter.

Karena letaknya yang sangat tinggi, kota ini menjadi kota dengan letak paling tinggi di Argentina. Bahkan, suhu udara di Mina Pirquitas bisa mencapai -2 derajat Celsius.

Untuk pelesiran, sepertinya kota ini kurang cocok buat kamu kunjungi, terlebih karena lokasi Mina Pirquitas sendiri yang merupakan pertambangan kota.

5. Bogota, Kolombia

Bogota merupakan ibu kota Kolombia, dan termasuk kota dengan letak tertinggi di dunia yang mencapai 2.625 meter di atas permukaan laut.

Di Bogota, suhu udaranya terlebih saat malam hari bisa mencapai 9 derajat Celsius. Jadi, kalau berkunjung ke sana, pastikan kamu enggak “salah kostum” ya.

Terus, saat plesiran ke Bogota pun, setidaknya kamu mesti paham akan komunikasi dasar dengan bahasa Spanyol.

Apalagi jika kamu wisatawan muslim, sebaiknya kenali dulu perbedaan pembacaan jenis-jenis daging yang akan dikonsumsi.

6. Shigatse, Tibet

Di wilayah otonomi Tibet juga terdapat kota dengan letak tertinggi di dunia, yaitu Shigatse. Ketinggian kota ini mencapai 3.840 meter dengan suhu harian rata-rata 16 derajat Celsius.

Shigatse merupakan kota yang diapit oleh dua sungai sekaligus, yakni Sungai Yarlung Tsangpo dan Sungai Nyang. Kota ini rencananya akan menjadi daerah pengembangan ekonomi Tibet.

7. La Rinconada, Peru

Ngomongin kota dengan letak tertinggi di dunia enggak afdal rasanya, kalau tidak memasukkan Kota La Rinconada ke dalam daftar ini.

Terletak di Distrik Ananea, Provinsi San Antonio de Putina, Peru, La Rinconada merupakan sebuah kota yang juga dikenal sebagai kamp penambangan emas.

Ketinggian kota ini mencapai 5.100 meter di atas laut dengan suhu udara harian -4 derajat Celsius.

Bisa dibilang La Rinconada adalah salah satu kota yang rasanya enggak layak untuk dihuni manusia.

Sebab, selain suhu udaranya yang ekstrem, kota ini juga memiliki infrastruktur yang buruk, meski perekonomian utamanya adalah tambang emas.

8. Dolpa, Nepal

Letak Kota Dolpa yang berada di ketinggian 4.358 meter di atas permukaan laut, menjadikannya sebagai salah satu kota dengan letak tertinggi di dunia. Kota ini dihuni oleh 36.700 orang.

Kota Dolpa terkenal akan tradisinya, yaitu mengonsumsi teh dan berkemah. Disini pula, terdapat spesies tak biasa yang dijadikan bahan obat, yakni yarchagumba.

Yarchagumba adalah kombinasi antara jamur dan ulat. Tumbuhan ini hanya hidup di dataran tinggi saja seperti wilayah Dolpa.

9. Apartaderos, Venezuela

Kota Apartaderos merupakan kota kecil Andes yang berada di Venezuela.

Suhu di kota ini terbilang cukup dingin yakni 9 derajat Celsius, karena letaknya di ketinggian 3.505 di atas permukaan laut.

Perekonomian Apartaderos sepenuhnya dijalankan oleh sektor pariwisata.

Kota yang menjadi tempat bertemunya tiga aliran sungai di lembah Andes ini, memiliki beragam hotel, restoran hingga toko souvenir yang bisa didatangi oleh wisatawan.

10. Karzok, India

Terakhir, kota dengan letak tertinggi di dunia adalah Karzok.

Berada diantara negara bagian Jammu dan Kashmir, Karzok termasuk kota paling tinggi di India, dengan ketinggian mencapai 4.572 meter di atas laut.

Kota ini memiliki jumlah penduduk yang sangat sedikit, di mana pada 2011 lalu, Karzok hanya berjumlah 1.291 jiwa.

(Baca Juga: 6 Negara Terbersih di Dunia)

Nah, itu dia daftar kota dengan letak tertinggi di dunia. Bisa plesiran ke beberapa kota tersebut pasti sangat menyenangkan, apalagi kalau kamu senang dengan cuaca dingin.

Sayangnya karen pandemi global ini, niat buat travelling mesti ditahan-tahan dulu ya.

Tapi, enggak ada salahnya lho untuk mengumpulkan duit dari sekarang.

Jadi, saat wabah virus Corona hilang, kamu bisa langsung memesan tiket pesawat dan mengunjungi kota tertinggi di dunia tersebut.

Satu hal lagi yang enggak boleh dilupakan saat travelling adalah kartu kredit. Dengan kartu kredit, kamu bisa menikmati layanan executive lounge dari maskapai sampai potongan harga tiket penerbangan.

Terus, kamu juga bisa menggunakan kartu kredit ini untuk bertransaksi di luar negeri. Gimana, menarik kan?

Ajukan Kartu Kredit Lebih Praktis dengan CekAja

Gak perlu mengajukan di bank. Karena kini, kamu bisa mencoba layanan apply kartu kredit secara online lewat CekAja.com.

Lewat CekAja, kamu enggak cuma bisa mengajukan namun juga membandingkan seluruh produk kartu kredit yang ada. Sehingga, keuntungan yang didapat pasti lebih maksimal.

Yuk, tunggu apalagi?

Akses laman CekAja sekarang juga, dan apply kartu kredit pertamamu di sini, untuk dapatkan beragam promo terbaru.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri