11 Kota Tertua di Indonesia, Bisa Jadi Destinasi Liburan!

Sebenarnya, Indonesia sendiri baru berusia 75 tahun. Namun, ternyata di dalamnya terdapat kota tertua di Indonesia, yang usianya sudah mencapai ribuan tahun, hingga dijuluki sebagai kota tertua di Indonesia.

Kok bisa? Sebab sejatinya peradaban di nusantara telah berusia sangat tua sejak era Kerajaan Kutai Kartanegara, pada abad ke tiga. Setelah itu, permukiman dan perdagangan pun berkembang pesat sampai akhirnya menjadi sebuah kota.

Tidak sedikit juga loh kota yang telah hilang dihapus sejarah. Ternyata, kota-kota di Indonesia ini ada yang berumur ratusan bahkan ribuan tahun!

Kota apa saja ya? yuk, simak ulasan berikut.

Urutan Kota Tertua di Indonesia

Berikut CekAja.com merangkum kota mana sajakah yang sampai mendapat julukan kota tertua di Indonesia:

1. Palembang

Kota tertua di Indonesia pertama, diduduki oleh Palembang. Kota pempek ini didirikan pada 16 Juni 682 Masehi, seperti yang tertulis di sebuah prasasti Kedukan Bukit.

Keberadaan prasasti tersebut juga mengukuhkan posisi Palembang sebagai kota tertua di Indonesia. Ya, saat ini Palembang berusia sudah berusia 1334 tahun.

Kota ini memiliki luas wilayah 358,55 km ²[4] yang dihuni 1,8 juta orang dengan kepadatan penduduk 4.800 per km ².

Palembang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Selatan dan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan.

Kota yang dijuluki ‘Venesia dari Timur’ ini dulunya adalah pusat dari Kerajaan Sriwijaya yang merupakan kekuatan maritim terbesar di Asia Tenggara.

(Baca Juga: Destinasi Wisata Sejarah)

2. Salatiga

Kota tertua di Indonesia kedua, ada di tanah Jawa yaitu Kota Salatiga yang berada di Jawa Tengah. Kota ini sudah ada sejak 750 masehi.

Hari jadi Kota Salatiga sendiri ditetapkan oleh Peraturan Daerah Tingkat II Kota Salatiga Nomor 15 Tahun 1995 pada tanggal 24 Juli 750, berarti saat ini Kota Salatiga berusia 1267 tahun.

Prasasti Plumpungan dijadikan dasar asal usul Kota Salatiga. Dari prasasti itu membuktikan Salatiga menjadi kota tertua di Indonesia.

3. Malang

Kota tertua di Indonesia ketiga yaitu Kota Malang, karena diperkirakan ada sejak tahun 760 Masehi dan berawal dari peninggalan prasasti Dinoyo diperkirakan sudah ada sejak 1 Margasira 682 saka (28 November 760).

Berarti, saat ini Kota Malang diperkirakan berusia 1255 tahun dan didirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan.

Kota Malang terletak di dataran tinggi seluas 145,28 km2. Ini yang membuat kota Malang selalu terasa sejuk, Malang juga dijuluki sebagai “Paris van Oost-Java” atau “Kota Paris di bagian Timur Pulau Jawa”.

4. Kediri

Kota tertua di Indonesia selanjutnya dari Jawa Timur yaitu Kota Kediri. Kediri sudah berdiri sejak tahun 879 Masehi, menjadi kota tertua di Nusantara karena berusia 1138 tahun.

Luas wilayah Kota Kediri adalah 63,40 km ² atau (6.340 ha) dan merupakan kota sedang di Provinsi Jawa Timur.

Kota Kediri juga dikenal sebagai pusat perdagangan gula dan rokok terbesar di Indonesia.

Selain itu, kini Pare kecamatan dari Kabupaten Kediri dikenal sebagai Kampung Inggris yang menarik banyak pendatang dari seluruh Indonesia untuk belajar bahasa disana.

5. Magelang

Magelang juga menjadi kota tertua di Indonesia karena berdiri sejak 11 April 907 Masehi, tahun 2021 ini usia kota Magelang sudah mencapai 1115 tahun.

Magelang adalah kota kecil yang menawan, terletak di Provinsi Jawa Tengah. Ketika Inggris memerintah kota ini di abad ke-18, Magelang dipilih menjadi pusat pemerintahan untuk kabupaten.

Saat itu Mas Ngabehi Danukromo diangkat menjadi bupati pertama yang mempelopori pengembangan kota Magelang dengan membangun alun-alun kota, masjid, dan kantor bupati.

Pada tahun 1818 kota ini juga pernah menjadi ibukota Kabupaten Kedu. Kini, Kota Magelang dikenal sebagai lokasi keberadaan Candi Borobudur yang terkenal hingga ke mancanegara.

6. Banda Aceh

Banda Aceh yang merupakan ibu kota dari Kesultanan Aceh Darussalam ini juga menjadi kota tertua di Indonesia, karena berdiri sejak 12 April 1205 Masehi.

Sebelum Kesultanan Aceh Darussalam, Banda Aceh menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Indra Purba dan Indra Purwa. Hingga saat ini Banda Aceh akan berusia 816 tahun.

7. Surabaya

Kota pahlawan ini juga termasuk kota tertua di Indonesia, sebab lahir sejak tanggal 31 Mei 1293, kini Kota Surabaya berusia 728 tahun!

Kota ini sangat legendaris dan sudah jadi pelabuhan yang ramai sejak masa Kerajaan Majapahit, terbentuk kota ketika momen di mana Raden Wijaya (raja pertama Majapahit) meraih kemenangan atas pasukan Mongol yang datang menyerang Jawa.

Hari kemenangan itulah yang dijadikan hari jadi Kota Surabaya. Kota ini tumbuh besar terutama semenjak dikuasai Hindia Belanda karena pelabuhannya yang begitu ramai.

8. Probolinggo

Probolinggo yang terletak di kawasan tepi pantai di Provinsi Jawa Timur ini termasuk sebagai kota tertua di Indonesia, sebab lahir pada tanggal 4 September 1359, dan kini sudah berusia 662 tahun.

Dulu, Probolinggo hanya berbentuk desa kecil di muara sungai Banger dan kini terkenal karena wisata Gunung Bromo.

9. Kota Cirebon

Kota Udang ini juga menjadi salah satu kota tertua di Indonesia, sebab lahir pada tanggal 31 Desember 1388, dan kini sudah berusia 633 tahun.

Sebagai kota di daerah pesisir, Cirebon berawal dari sebuah desa dan pelabuhan kecil bernama Muara Jati. Desa ini kemudian berkembang jadi kota di masa kerajaan Sunda Galuh.

10. Kota Bogor

Kerajaan Sunda beribukota di Pajajaran yang diyakini berpusat di Bogor. Lahir pada tanggal 3 Juni 1482, menjadikan Kota Bogor sebagai salah satu kota tertua di Indonesia.

2021 ini, Kota Bogor akan berusia 539 tahun. Hari jadi Kota Bogor bertepatan dengan penobatan Prabu Siliwangi sebagai raja di Pajajaran. Dahulu saat zaman Belanda, Kota Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg.

11. Kota Jakarta

Terakhir, ibukota Indonesia yang menjadi pusat perekonomian dan pemerintahan ini ternyata menjadi kota tertua di Indonesia.

Awalnya kota ini berawal dari pelabuhan bernama Sunda Kelapa, daerah kekuasaan Kerajaan Sunda. Pada tanggal 22 Juni 1527, Sunda Kelapa berhasil direbut dari tangan Portugis oleh Fatahillah.

Kota ini kemudian disebut dengan nama Jayakarta, berganti menjadi Batavia sampai akhirnya dinamai Jakarta setelah Indonesia merdeka.

2021 ini, Jakarta akan berusia 494 tahun dan memiliki sejarah panjang yang berarti bagi bangsa Indonesia.

Nah itu dia, beberapa ulasan mengenai kota tertua di Indonesia. Kota tempat tinggalmu jadi salah satu diantaranya nggak nih?

Untuk kamu yang hobi travelling, tentu saja akan menjadi hal yang menyenangkan jika bisa berkunjung ke deretan kota tertua di Indonesia ini yang bersejarah.

(Baca Juga: Cara Apply Asuransi Perjalanan Sinarmas)

Eits, tapi sebelum bepergian, kamu sudah memastikan perlindungan dari berbagai risiko selama perjalananmu belum?

Masih banyak wisatawan yang belum sadar betapa pentingnya membuat asuransi perjalanan terlebih jika kondisi kesehatan menurun, kecelakaan, atau konflik saat berwisata, apalagi di tengah kondisi wabah virus Covid-19 saat ini.

Jika ingin mengajukan asuransi perjalanan, jangan lupa membandingan produk asuransi perjalanan yang bakal digunakan ya. Nah, kemudahan ini ditawarkan oleh CekAja.com.

Beberapa pilihan asuransi perjalanan terbaik yang bisa kamu beli yakni AXA Mandiri dan Asuransi Sinarmas. Kamu bisa mendapatkan salah satu diantara produk tersebut lewat CekAja.com.

Melalui CekAja.com, kamu bisa memiliki produk asuransi perjalanan dengan premi mulai dari Rp25 ribu, serta polis terbit hanya dalam hitungan menit.

Yuk, ajukan asuransi perjalanan di CekAja.com sekarang juga dan nikmati beragam manfaatnya untuk masa liburanmu!