11 Makanan Khas Bandung Paling Populer dan Lokasi Mencicipinya

Travelling ke Bandung, tak lengkap jika tidak mencicipi kulinernya. Nah, bila kamu tengah berada di Bandung, ini dia rekomendasi makanan khas Bandung paling populer dan lokasi untuk mencobanya.

Bandung atau dikenal pula dengan sebutan Kota Kembang, menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat, terutama yang tinggal di kota padat penduduk seperti Jakarta.

Berada di Bandung dinilai mampu menjadi self-healing dari penatnya pekerjaan sehari-hari.

Kota yang cenderung sejuk ini, menawarkan beragam tempat wisata alam yang menarik, begitupun dengan kulinernya.

Kulineran di Bandung sembari menikmati pemandangan sudut kota, bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu menghabiskan masa liburan.

Rekomendasi Makanan Khas Bandung Paling Populer

Nah, buat kamu yang hobinya kulineran, jangan sampai ketinggalan deh untuk mencicipi beragam makanan khas Bandung paling populer, berikut ini.

1. Batagor Bandung

Makanan khas Bandung paling populer yang pertama dan pasti sudah enggak asing lagi di lidah orang Indonesia adalah batagor.

Buat yang belum tahu, batagor sendiri merupakan singkatan dari bakso dan tahu goreng. Adonannya menggunakan tepung tapioka yang dibalut dengan kulit pangsit.

Biasanya, batagor dihidangkan bersama baluran bumbu kacang yang terasa gurih dan pedas. Tambahan toppingnya bisa berupa mentimun atau acar.

Untuk menikmati seporsi batagor lezat, CekAja merekomendasikan kamu agar mencicipinya di salah satu tempat makan populer yakni Batagor Serayu.

Lokasi: Jalan Serayu No. 2, Cihapit, Kecamatan Bandung

Kisaran Harga: Rp12-Rp17 ribu

(Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Bandung Paling Banyak Dikunjungi)

2. Mie Kocok

Berikutnya makanan khas Bandung paling populer yang bisa kamu cicipi kala berkunjung ke kota tersebut adalah mie kocok.

Dinamakan mie kocok, konon katanya karena proses pengolahannya, yaitu dengan mengocok mie bersama topingannya seperti tauge, dalam wadah dan sembari dicelupkan ke air panas hingga layu.

Mie kocok termasuk makanan yang dicari kehadirannya, karena memadukan cita rasa kuah kaldu sapi dan taburan bumbu segar seperti irisan seledri, daun bawang, hingga jeruk nipis. Isiannya bisa berupa kikil, bakso, bahkan babat sapi.

Salah satu kedai yang menawarkan mie kocok enak dan dikenal sebagai kuliner mie kocok legendaris yakni Kedai Mie Kocok Persib.

Lokasi: Jalan Jendral Ahmad Yani No.262, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung

Kisaran Harga: Rp23 ribu/porsi

3. Surabi

Pecinta makanan manis wajib banget nih mencoba surabi. Salah satu makanan khas Bandung paling populer ini, terbuat dari adonan tepung beras yang dimasak dalam tungku.

Beragam toping manisnya tentu saja akan membuat kamu ketagihan lagi dan lagi untuk mencobanya. Bahkan, di beberapa kedai, surabi dijual dengan tambahan toping asin lho.

Nah, salah satu tempat makan surabi yang sudah terkenal sejak dulu dan selalu ramai dikunjungi saat weekend adalah Waroeng Setiabudhi Surabi dan Baso Kampung.

Lokasi: Jalan Dr. Setiabudi Nomor 175, Gegerkalong

Kisaran Harga: Rp5-17 ribu

4. Tahu Susu Lembang

Jangan ngaku pecinta tahu kalau belum mencicipi makanan khas Bandung paling populer yang satu ini. Namanya Tahu Susu Lembang.

Tahu susu ini sebetulnya hampir serupa dengan tahu normalnya.

Terbuat dari kacang kedelai, namun diberi tambahan bahan berupa susu murni untuk menghasilkan tekstur yang lembut, crunchy, serta padat.

Untuk membelinya, kamu bisa langsung berkunjung ke gerai tahu susu di kawasan Lembang.

Lokasi: Jalan Raya Lembang Nomor 177, Jayagiri, Kabupaten Bandung Barat

Kisaran Harga: Rp15-Rp30 ribu

5. Pisang Bolen

Makanan khas Bandung paling populer yang berikutnya adalah pisang bolen.

Paduan bahan utamanya yakni pisang, yang melebur dengan tambahan toping keju hingga cokelat, membuatnya kian lezat disantap sebagai teman cemilan.

Di beberapa tempat yang menjual pisang bolen, kamu juga dapat mencoba varian yang mana isian utamanya bukan pisang, melainkan peuyeum, apel, bahkan durian.

Salah satu toko oleh-oleh yang menjual pisang bolen ini adalah Kartika Sari. Kamu bisa mengunjungi beberapa alamat Kartika Sari yang tersebar di kawasan Buah Batu, Dago, Kebon Kawung, sampai Ujung Berung.

Lokasi: Jalan Buah Batu No. 165 A

Kisaran Harga: Rp53-Rp70 ribu

6. Seblak

Apa jadinya ya jika kerupuk basah, macaroni kering, dan mie dimasak bersama? Ya, bagi beberapa orang, makanan yang dikenal dengan sebutan seblak ini sangat menggiurkan.

Makanan khas Bandung paling populer itu cenderung bercita rasa gurih dan pedas, karena memadukan rempah-rempah tradisional.

Ditambah lagi, kamu bisa memesan telur, sosis, sampai ceker ayam, untuk menambah kelezatannya.

Nah, untuk mencoba seblak, kamu bisa mendatangi Warung Seblak Oces yang bisa dibilang juga sebagai pelopor seblak basah.

Lokasi: Jalan Purnawarman Nomor 22, Babakan Ciamis

Kisaran Harga: Rp8-Rp12 ribu

7. Nasi Timbel

Makanan khas Bandung paling populer yang selanjutnya adalah nasi timbel.

Makanan ini terbuat dari beras bagolo atau beras merah yang dimasak dengan menggunakan bungkusan daun pisang.

Dalam seporsinya, nasi timbel biasa dihidangkan dengan tambahan ayam goreng, tempe, tahu, lalapan, serta sambal.

Salah satu restoran yang bisa kamu datangi untuk mencicipi seporsi nasi timbel adalah Nasi Timbel Bawean. Di sana, terdapat dua pilihan menu nasi, yakni nasi putih dan nasi merah.

Lokasi: Jalan Bawean No.3 Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung

Kisaran Harga: Rp23 ribu

(Baca Juga: 5 Hotel untuk Staycation di Bandung)

8. Peuyeum

Inilah makanan khas Bandung paling populer yang eksistensinya masih bertahan hingga saat ini.

Peuyuem atau yang biasa sering disamakan pula dengan tape singkong, adalah makanan yang terbuat dari olahan fermentasi singkong dengan jumlah kadar air yang jauh lebih sedikit, sehingga tahan lama.

Peuyuem sendiri bisa langsung kamu santap atau dimasak kembali sebagai bahan dasar untuk cemilan favorit.

Untuk membelinya, kamu dapat mengunjungi sentranya langsung yang berada di Desa Citatah.

Lokasi: Desa Citatah, Jalan Bandung-Cianjur, Kabupaten Bandung Barat

Kisaran Harga: Rp15 ribu/kilogram

9. Karedok

Sudah pernah coba karedok belum? Makanan khas Bandung paling populer yang satu ini memang paling cocok dimakan saat kamu menjalani diet.

Sebab, isiannya menggunakan aneka sayuran mentah seperti tauge, mentimun, kacang panjang, kol, serta kemangi.

Nah, untuk membuat cita rasanya kian lezat, karedok pun biasa dihidangkan dengan baluran saus kacang.

Kamu bisa menyantap seporsi karedok lezat di rumah makan legendaris yakni Warung Lotek Cihapit Bu Siti.

Lokasi: Jalan Cihapit Nomor 6, Kecamatan Bandung Wetan

Kisaran Harga: Rp18 ribu

10. Bandros

Salah satu makanan khas Bandung paling populer yang berikut ini biasa disantap kala pagi ataupun sore hari sebagai teman cemilan.

Terbuat dari olahan tepung beras, kelapa parut, santan, serta daun suji, bandros terkenal akan cita rasanya yang gurih dengan bentukan mirip seperti kue pukis.

Biasanya, bandros disajikan dengan tambahan gula pasir halus agar rasanya kian manis dan lezat.

Selain menggunakan gula pasir, ada pula bandros yang dijual dengan toping cokelat, keju, sampai green tea.

Aneka rasa bandros tersebut bisa kamu cicipi di kedai Bandros Cowboy Cisangkuy.

Lokasi: Jalan Cisangkuy Nomor 56, Citarum, Kota Bandung

Kisaran Harga: Rp8-Rp45 ribu

11. Es Goyobod

Puas berkeliling mencicipi makanan khas Bandung paling populer, lalu kamu bisa mencoba segelas es goyobod untuk menyegarkan tenggorokan.

Minuman bersantan ini biasa dihidangkan dalam bentuk es serut dengan tambahan toping seperti roti tawar, alpukat, irisan kelapa, kolang kaling, tape singkong, dan sirup merah serta gula cair sebagai pemanisnya.

Untuk mencicipi segarnya es goyobod, salah satu tempat yang banyak direkomendasikan adalah Es Goyobod Kliningan.

Lokasi: Jalan Kliningan Nomor B9, Buah Batu, Bandung

Kisaran Harga: Rp3 ribu/porsi

Nah, itu dia beberapa makanan khas Bandung paling populer lengkap dengan lokasi untuk mencicipinya.

Saat travelling ke Bandung atau kota lainnya di Indonesia, mendingan sih gunakan kartu kredit untuk transaksi dalam skala besar.

Dengan kartu kredit, kamu berkesempatan mendapatkan diskon atau cashback saat membeli tiket pesawat atau transportasi hingga booking hotel.

Belum Punya Kartu Kredit?

Kalau belum punya kartu kredit, kamu bisa kok mengajukannya terlebih dulu di CekAja.com. Beragam produk kartu kredit di CekAja bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun bujetmu.

Seluruh proses pengajuan ataupun membandingkannya terlebih dulu, dapat dilakukan secara online lho, sehingga kamu enggak perlu repot lagi mendatangi kantor CekAja ataupun bank.

Yuk, tunggu apalagi? Langsung saja cek produk kartu kredit terbaik versi kamu, dan apply kapanpun saat dibutuhkan hanya di CekAja.com.