8 Manfaat Arang Aktif untuk Kesehatan Tubuh beserta Efek Sampingnya

6 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Sebagian besar orang, mungkin lebih mengetahui manfaat arang aktif atau charcoal sebagai pemutih gigi. Namun nyatanya, masih banyak manfaat lainnya dari arang aktif, yang belum diketahui.

8 Manfaat Arang Aktif untuk Kesehatan Tubuh beserta Efek Sampingnya

Meski begitu, arang aktif beberapa waktu yang lalu sempat menjadi tren, karena memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh.

Sampai akhirnya, arang aktif atau charcoal dijadikan sebagai salah satu variasi menu makanan dan minuman.

Sekilas tentang Arang Aktif

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat arang aktif, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu sekilas informasi tentang arang aktif.

Pada dasarnya, arang aktif merupakan bubuk halus berwarna hitam yang terbuat dari beberapa jenis bahan alami.

Beberapa jenis bahan yang digunakan tersebut, di antaranya yaitu arang tulang, biji kelapa, tempurung kelapa, hingga ampas gergaji yang dinilai memiliki berbagai khasiat medis.

Sebelum menjadi arang aktif, arang ini terlebih dahulu “diaktifkan” melalui proses yang menggunakan suhu tinggi, sehingga struktur internal arang mengalami perubahan.

Dilakukannya proses pengaktifan tersebut, membuat arang aktif memiliki segudang manfaat yang baik, yang bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan medis dan estetika.

Hal tersebut dikarenakan, arang aktif mampu mengikat serta menawar racun dalam tubuh. Berbeda dengan arang biasa, yang justru memiliki kandungan beracun untuk tubuh.

Arang aktif yang kerap kali disebut dengan activated charcoal, activated carbon dan karbon aktif ini, tak jarang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai macam produk kebersihan tubuh, seperti pasta gigi dan deodoran.

(Baca Juga: 20 Jenis Tanaman Obat)

Manfaat Arang Aktif

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu mengetahui beberapa informasi dasar terkait arang aktif, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui beberapa manfaat arang aktif yang baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, di bawah ini CekAja.com telah merangkum delapan manfaat arang aktif, yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu, sebagai berikut. Simak bersama-sama, yuk!

1. Memutihkan Gigi

Manfaat arang aktif yang pertama adalah memutihkan gigi. Meski belum diketahui dengan jelas dan teruji secara ilmiah, namun arang aktif diklaim mampu menyerap plak serta zat lainnya yang dapat menimbulkan noda pada gigi.

Terlebih, banyak masyarakat yang juga percaya dengan manfaat arang aktif yang satu ini. Pasalnya, banyak produk pasta gigi yang kini menggunakan arang aktif sebagai bahan campuran pembuatannya.

Hal tersebut dikarenakan, arang aktif dipercaya mampu membuat gigi menjadi lebih putih. Namun sebuah penelitian mengatakan kalau penggunaan pasta gigi arang aktif secara berlebihan, dapat membuat enamel gigi menjadi rusak dan membuat gigi menjadi lebih kuning.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kamu menggunakan pasta gigi arang aktif secukupnya saja.

2. Menangani Risiko Keracunan

Manfaat arang aktif yang berikutnya adalah mampu menangani risiko keracunan. Yang mana, arang aktif akan bekerja dengan cara mengikat racun, atau zat kimia berbahaya lainnya di dalam tubuh.

Racun tersebut nantinya akan dikeluarkan melalui feses, karena tidak bisa dicerna oleh sistem pencernaan tubuh.

Manfaat arang aktif yang satu ini sebenarnya sudah digunakan sejak lama. Hanya saja, tidak semua jenis keracunan bisa diatasi dengan arang aktif, seperti misalnya keracunan zat alkali, zat asam yang kuat, zat besi, bensin, logam berat, alkohol dan cairan pembersih.

3. Mengatasi Diare

Siapa sangka, kalau arang aktif ternyata bisa mengatasi penyakit diare. Manfaat arang aktif yang satu ini sudah terbukti, pada sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Current Medical Research and Opinion.

Studi tersebut mengatakan bahwa arang aktif memiliki kemampuan, untuk melawan bakteri serta obat pemicu diare, dengan cara menyerap dan mengikatnya.

Meski begitu, kamu tetap saja tidak bisa menggunakan arang aktif untuk mengatasi diare, layaknya mengkonsumsi obat diare biasa.

Sebab, arang aktif dapat menimbulkan beberapa efek samping. Sehingga, kamu tidak bisa sembarangan mengkonsumsinya.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Selanjutnya, kamu juga bisa menikmati manfaat arang aktif untuk menjaga kesehatan kulit. Di mana, arang aktif seringkali dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat masker wajah, karena dinilai mampu membuat kulit wajah menjadi lebih sehat, cerah dan bebas jerawat.

Selain itu, arang aktif juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih dan mengangkat semua kotoran yang menempel di wajah, hingga ke partikel terkecil yang dapat menyumbat pori-pori.

Bagi kamu yang ingin membuat masker arang aktif, cara yang harus dilakukan pun sangat mudah.

Kamu hanya perlu mencampurkan bubuk arang aktif dan dua sendok teh gel lidah buaya ke dalam wadah, lalu aduk hingga tercampur rata.

Setelah itu, oleskan campuran arang aktif dan lidah buaya tersebut ke seluruh bagian wajah yang berjerawat.

Jika sudah, diamkan beberapa saat dan bilas menggunakan air mengalir hingga bersih. Bagaimana, sangat mudah bukan?

5. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Manfaat arang aktif yang kelima, yaitu untuk meningkatkan fungsi ginjal. Seperti yang diketahui, ginjal memiliki fungsi yang baik untuk tubuh, karena menjadi penyaring limbah yang masuk ke dalam tubuh.

Namun, jika ginjal mengalami gangguan atau masalah, kinerja ginjal tentu akan menurun dan proses penyaringan menjadi terhambat. Salah satunya, yaitu berdampak pada penyaringan limbah urea.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan arang aktif yang dipercaya memiliki manfaat dapat menyerap dan menghilangkan urea, serta racun lainnya di dalam tubuh. Dengan kata lain, arang aktif dapat mengurangi jumlah zat sisa yang harus disaring ginjal.

6. Mengobati Bau Badan

Selain lima manfaat di atas, nyatanya arang aktif juga memiliki manfaat dalam mengobati bau badan. Terlihat dari banyaknya produk deodoran, yang memiliki kandungan activated charcoal atau arang aktif.

Hal itu karena, charcoal dipercaya mampu menyerap bau tidak sedap yang ada disekitar tubuh, termasuk bau ketiak.

Selain itu, charcoal juga diolah dalam bentuk pil, yang jika dikonsumsi dapat membuang secara maksimal racun dan toksin penyebab bau badan di dalam tubuh.

7. Pereda Perut Kembung

Kamu juga bisa merasakan manfaat arang aktif untuk meredakan perut kembung. Manfaat yang satu ini sudah terbukti, karena sebuah penelitian yang terdapat pada American Journal of Gastroenterology membuktikan, bahwa arang aktif nyatanya mampu mengikat zat-zat yang dapat menghasilkan gas berlebih dalam sistem pencernaan.

Yang mana, zat-zat tersebut biasanya bersumber dari makanan dan minuman sehari-hari yang kamu konsumsi.

Nah, untuk mengobati perut kembung, kamu bisa minum satu butir norit dan air putih sebanyak mungkin. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses pembuangan cairan serta gas berlebih yang ada di dalam tubuh.

8. Menurunkan Kolesterol

Manfaat arang aktif yang terakhir adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Terlihat dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan hasil bahwa mengkonsumsi 4-32 gram arang aktif dapat menurunkan sejumlah kadar kolesterol dalam darah.

Kadar kolesterol dalam darah yang menurun tersebut, sudah termasuk kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL).

Selain itu, kolesterol serta asam empedu yang mengandung kolesterol di usus juga dapat ditarik oleh arang aktif.

Sehingga, kadar kolesterol di dalam tubuh menjadi berkurang, karena arang aktif dapat mencegah tubuh menyerap kolesterol berlebih.

Efek Samping Penggunaan Arang Aktif

Meski manfaat arang aktif sangat banyak, namun ternyata ada beberapa efek samping yang dapat muncul dari penggunaan arang aktif itu sendiri, seperti:

  • Rasa mual dan muntah
  • Sembelit
  • Warna feses menjadi hitam
  • Arang aktif berisiko masuk ke paru-paru
  • Dehidrasi
  • Terhambatnya saluran pencernaan
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: 10 Daftar Tanaman Obat Kanker)

Namun, semua efek samping tersebut tidak terjadi secara bersamaan dalam satu waktu. Semua tergantung dengan kondisi tubuh.

Apabila tubuh berada dalam keadaan sehat, maka efek samping yang ditimbulkan tidak langsung.

Tetapi, apabila tubuh berada dalam keadaan kurang sehat, maka bisa saja kamu langsung merasakan efek sampingnya.

Dan tidak menutup kemungkinan, efek samping yang kamu dapatkan lebih parah dan membahayakan kesehatanmu.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan arang aktif, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu kondisi tubuhmu dengan baik.

Pasalnya, jika sudah terkena efek samping yang membahayakan kesehatan, kamu tentu harus mengobatinya ke dokter dan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Tetapi, besarnya biaya tidak menjadi masalah apabila kamu memiliki asuransi kesehatan. Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Maka dari itu, untuk bisa mendapatkan semua jaminan tersebut, kamu harus memiliki asuransi kesehatan terlebih dahulu.

Seperti yang diketahui, saat ini tersedia banyak perusahaan yang menyediakan layanan asuransi kesehatan terbaik, salah satunya CekAja.com.

Yang mana, CekAja.com sebagai perusahaan financial technology menyediakan banyak produk asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, dengan mengajukan asuransi kesehatan di CekAja.com, kamu juga akan mendapatkan pelayanan yang mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani