Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan, Beserta Cara Mengolahnya

Tidak hanya buahnya yang berkhasiat, manfaat biji alpukat juga tak kalah istimewa, terlebih untuk kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya dan bagaimana cara mengolahnya? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini.

Jadi, ketika kalian sedang mengonsumsi alpukat, disarankan untuk tidak membuang bijinya. Meski terlihat tak berguna, ternyata biji alpukat yang besar, menyimpan manfaat yang luar biasa.

Karena minim pengetahuan, mungkin sebagian dari kamu hanya bisa memanfaatkan biji alpukat, untuk ditanam kembali agar tumbuh menjadi pohon.

‘Maka dari itu, di sini kamu bisa mengetahui informasi manfaat biji alpukat, agar bisa mengolahnya menjadi bahan yang berguna.

Bagaimana, sudah penasaran dengan apa saja manfaat serta cara pengolahannya? Yuk, langsung saja simak di sini!

Manfaat Biji Alpukat

1. Turunkan Kolesterol

Manfaat biji alpukat yang pertama adalah bisa membantu menurunkan kolesterol. Adapun, di dalam biji alpukat ini, memiliki kandungan antioksidan yang dihasilkan dari senyawa fenolik.

Senyawa tersebut, ada dalam tepung biji alpukat, dan memiliki efek hipolipidemik, yang disebut mampu membantu menurunkan kolesterol.

(Baca Juga: 8 Jenis Alpukat Paling Populer Bercita Rasa Manis)

Selain itu, serat dalam biji alpukat juga bisa membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL), serta menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Bahkan, manfaat biji alpukat ini, sudah pernah diuji pada hewan. Di mana hewan tersebut diberikan tepung biji alpukat, dan hasilnya telah terbukti bisa mengurangi kolesterol total dan kolesterol jahat LDL.

Akan tetapi, terkait manfaat ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan mafaat ini.

2. Cegah Alzheimer atau Cepat Lupa

Manfaat biji alpukat yang selanjutnya adalah, bisa mencegah alzheimer, atau penyakit cepat lupa. Biasanya penyakit biasa ditemukan pada lansia.

Nah, di sini biji alpukat, bersifat antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan otak. Sehingga biji alpukat bisa digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati dan mencegah alzheimer.

Mengapa kandungan antioksidan dalam biji alpukat, sangat berperan untuk cegah penyakit ini? Hal tersebut ditunjukkan pada sebuah penelitian, bahwa ‘stres oksidatif’ bisa merubah komponen otak, sehingga bisa menyebabkan penyakit Alzheimer.

Adapun ‘Stres oksidatif’ bisa menyebabkan ‘serangan’ pada sel-sel otak, yang disebabkan oleh bahan kimia, berupa radikal bebas.

Nah, radikal bebas bisa sebabkan kerusakan oksidatif. Sehingga, di sini otak memerlukan kandungan antioksidan, yang mampu mencegah radikal bebas yang menyebabkan alzheimer.

3. Mengurangi Peradangan

Peradangan menjadi salah satu masalah yang sering dialami manusia. Nah, di sini manfaat biji alpukat bisa menjadi solusi atasi masalah peradangan pada tubuh.

Perlu kamu ketahui, bahwa biji alpukat mengandung senyawa anti inflamasi, yang kuat, bernama prosianidin.

Nah, kandungan tersebut bisa dimanfaatkan untuk membantu, mengurangi risiko terjadinya peradangan kronis.

Contoh saja, peradangan yang sering dialami, seperti radang sendi, hipertensi, hingga penyakit Alzheimer.

4. Bantu Hambat Infeksi Jamur

Manfaat biji alpukat yang tak kalah istimewa adalah bisa bantu menghambat infeksi jamur, di tubuh.

Jika dilihat berdasarkan hasil penelitian biji alpukat, ditemukan bahwa di dalam ekstrak biji alpukat mengandung zat yang bisa membantu, menghambat perkembangan patogen seperti bakteri jamur dan candida.

Selain menghambat infeksi jamur, ekstrak biji alpukat ini, ternyata juga bisa membantu mencegah penyakit demam kuning.

5. Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Tidak hanya untuk kesehatan, manfaat alpukat juga bisa digunakan untuk kecantikan.

Pasalnya, sifat antibakteri yang terkandung dalam biji alpukat, bisa bantu mengatasi masalah jerawat.

Tidak hanya di kulit, efek ini juga berpengaruh ke bagian lain, seperti rambut. Karena biji alpukat juga bisa mengurangi rambut berminyak, dan berketombe.

Nah, buat kamu yang ingin warna kulitnya bagus dan merata, biji alpukat ini juga bisa digunakan, karena baik untuk warna kulit dan kesehatan rambut.

Ada beberapa cara memanfaatkan biji alpukat untuk kecantikan. Sebagai scrub misalnya, campur biji parut dengan kopi bubuk, tambahkan garam laut dan oleskan pada pada kulit sambil diusap dengan lembut.

Khusus manfaat biji alpukat untuk kecantikan, bisa kamu buat menjadi krim jerawat. Caranya, dengan cara mencampurkan parutan biji alpukat, dengan air hangat.

Setelah itu, tambahkan beberapa tetes tea tree oil. Setelah krim jadi, bisa langsung dioleskan pada jerawat. Biarkan selama 4-6 menit.

Untuk rambut, kamu bisa buat ramuan sampo, biji alpukat. Caranya, cukup parut biji alpukat, tambahkan 0,8 liter air, lalu rebus pada suhu rendah selama 30 menit.

Setelah mendidih, saring campuran ini. Jika sudah dingin, bisa langsung diaplikasikan ke rambut ramuan shampo biji alpukat tersebut.

Cara Mengolah dan Mengonsumsi Biji Alpukat

Biji alpukat memiliki banyak komponen, sehingga jika ingin menggunakan untuk ramuan, sebisa mungkin perhatikan bagian-bagiannya.

Karena, menurut penelitian, tidak seluruh benih itu sendiri bisa dijadikan ramuan. Jadi, jangan sembarangan konsumsi atau pakai ya.

Untuk cara pengolahan biji alpukat sendiri, memerlukan proses, mulai dari mengeringkannya dalam oven, pada suhu tinggi selama beberapa jam.

Selanjutnya, biji yang sudah kering bisa langsung dihaluskan, hingga berbentuk bubuk.

Nah, bubuk inilah yang bisa dikonsumsi, dan dikemas dalam bentuk suplemen. Suplemen biji alpukat ini juga bisa dijual bebas.

Meski bebas dijual, namun perlu diketahui bahwa jangan berlebih dalam mengonsumsinya.

Pasalnya, ramuan biji alpukat ini belum diketahui keamanannya pada manusia, sehingga tidak boleh berlebihan.

Pasalnya, penelitian yang pernah dilakukan, ramuan biji alpukat ini, bisa berbahaya bagi tikus dalam dosis sangat tinggi.

(Baca Juga: 3 Cara Cepat Mematangkan Alpukat Secara Merata)

Nah itu dia beberapa informasi terkait manfaat biji alpukat, beserta cara pengolahannya, yang belum diketahui banyak orang.

Jadi, setelah ini disarankan jangan langsung buang biji alpukat ya! Karena banyak yang belum tahu terkait informasi ini dan repot untuk mengolahnya, maka kamu bisa memproduksinya dengan jumlah besar, untuk dijual loh!

Dengan begitu, kamu jadi bisa membuka peluang bisnis, sekaligus mengajak orang lain untuk hidup sehat dari biji alpukat.

Jika berniat untuk bisnis, kamu bisa beli alat pengolah biji alpukat, yang lebih canggih. Sehingga proses produksinya bisa lebih cepat dan banyak.

Adapun jika kamu membutuhkan dana tambahan untuk modal usaha, bisa ajukan pinjaman KTA di CekAja.com secara online.

CekAja.com juga menjadi salah satu fintech terbesar di Indonesia, yang menyediakan banyak produk pinjaman KTA, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Jadi, segera pilih dan ajukan pinjaman KTA terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com, sekarang juga!