9 Manfaat Sauna Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Hati-hati untuk Penderita Jantung

Kamu harus tau, ada banyak manfaat sauna bagi kesehatan dan kecantikan yang bisa kamu nikmati, sambil memanjakan diri melepas penat.

Manfaat sauna dianggap hampir sama dengan berolahraga, karena sama-sama meningkatkan produksi keringat. Sehingga bisa melancarkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan membuat persendian rileks.

Apa itu Sauna?

Istilah sauna berasal dari Bahasa Finlandia kuno yang merujuk kepada pemandian tradisional Finlandia.

Sauna merupakan suatu ruangan kecil yang dirancang agar pengguna dapat menikmati aktivitas mandi uap, atau pemanasan tubuh, baik secara basah ataupun kering.

Sauna tertua di Finlandia dibuat dari lubang yang digali di lereng di tanah dan digunakan sebagai tempat tinggal di musim dingin.

(Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan dan Kesehatan)

Pada umumnya, sauna biasa ditemukan di pusat kecantikan dan kebugaran. Adapun dua jenis sauna, yaitu sauna konvensional dan sauna yang menggunakan infra merah.

Sauna konvensional menggunakan pemanas ruangan untuk memanaskan udara. Sedangkan, sauna infra merah menggunakan energi cahaya untuk memanaskan suhu tubuh tanpa meningkatkan suhu udara.

Suhu dalam ruang sauna yang bisa mencapai 90,5 derajat Celcius, sehingga suhu kulit meningkat menjadi sekitar 40 derajat Celcius dalam beberapa menit saja.

Karena suhu yang panas, sauna bisa membuat tubuh berkeringat, melebarkan pembuluh darah, melancarkan sirkulasi darah, dan membuat tubuh menjadi rileks.

Sebuah riset yang dilakukan di Finlandia menemukan bahwa orang yang melakukan sauna memiliki risiko kematian yang lebih rendah.

Manfaat Sauna Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Membersihkan Pori-Pori

Manfaat sauna untuk kecantikan pertama, selain membantu membersihkan kotoran dan minyak di tubuh ternyata membersihkan pori-pori dan kelenjar menjadi lebih bersih.

Sebab, ketika tubuh berkeringat saat sauna, tubuh akan mengalami detoksifikasi dengan membuka pori-pori kulit dan mengeluarkan kotoran yang ada di dalamnya.

Karena kotoran dan racun sudah diangkat dari tubuh kita, kulit kamu pun akan lebih sehat dan bebas dari jerawat dan komedo.

2. Melembabkan Kulit

Manfaat sauna untuk kecantikan kedua, ketika sauna sirkulasi darah dan produksi keringat kita meningkat secara drastis.

Hal tersebut akan meningkatkan sirkulasi darah karena tubuh berusaha untuk menjaga suhu tubuh agar kembali normal. Proses ini juga akan membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, sirkulasi darah yang meningkat akan mengalirkan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke kulit dan permukaan kulit.

Dengan begitu, kulit pun akan semakin sehat dan terjaga kelembabannya!

3. Mencegah Penuaan Kulit

Manfaat sauna untuk kecantikan ketiga, yaitu membantu produksi kolagen. Kulit pada dasarnya terdiri dari kolagen.

Kolagen adalah protein yang komposisinya lebih dari 80% dari komposisi keseluruhan kulit. Kolagen sangatlah penting untuk menjaga kekuatan dan kelenturan jaringan dan organ tubuh.

Dengan melakukan sauna, produksi kolagen akan meningkat dan akan membuang sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit mati yang terbuang akan digantikan dengan sel-sel kulit yang lebih baru dan sehat. Sehingga, kulit akan semakin halus, cerah, dan awet muda.

4. Menutrisi Rambut

Manfaat sauna untuk kecantikan selanjutnya, yaitu bisa mengaktifkan kelenjar sebaceous yang dapat membantu menjaga kelembaban rambut.

Dengan begitu, zat yang berfungsi sebagai moisturizer rambut alami tadi pun akan dikeluarkan, sehingga rambut lebih sehat dan tampak indah.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat sauna untuk kesehatan pertama, yaitu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga untuk jangka panjang sangatlah baik untuk kesehatan jantung.

Panas yang diterima selama sesi sauna ini bisa mengurangi kakunya pembuluh darah hingga mengurangi risiko penyakit jantung hingga demensia.

Sebuah riset menunjukkan bahwa pria yang melakukan sauna 4-7 kali dalam seminggu risiko mengalami tekanan darah tinggi menurun hingga 50 persen dibandingkan dengan pria yang hanya melakukan sauna seminggu sekali.

6. Meredakan Nyeri Otot

Manfaat sauna untuk kesehatan kedua, bisa membantu mengurangi nyeri otot, memperbaiki gerakan sendi, dan meredakan nyeri radang sendi karena meningkatnya sirkulasi darah.

7. Memperkuat Sistem Imun

Manfaat sauna untuk kesehatan ketiga, pas sekali di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan kamu memperkuat sistem imun tubuh.

Ketika sauna, tubuh kamu akan memproduksi sel darah putih lebih cepat yang berguna untuk melawan infeksi, serta kuman seperti bakteri dan virus. Sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit.

8. Menghilangkan Stress

Manfaat sauna untuk kesehatan lainnya, bisa meningkatkan sirkulasi darah, serta melepaskan hormon endorfin yang memberikan efek senang dan bahagia.

Tentu sangat berguna untuk kamu yang sedang penat bekerja dan ingin mencari relaksasi.

9. Menurunkan risiko penyakit Alzheimer

Manfaat sauna untuk kesehatan terakhir, bisa menurunkan risiko terserang demensia dan Alzheimer.

Dalam sebuah studi dari Finlandia, para peneliti menemukan bahwa orang yang gemar bersauna ria mengalami penurunan risiko terserang demensia dan Alzheimer.

Studi itu diikuti oleh 2.315 pria sehat berusia 42-60 tahun. Namun, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk membuktikan manfaat sauna dalam mencegah penyakit demensia maupun Alzheimer.

Sauna Dapat Menurunkan Berat Badan, Hoaks!

Melansir dari SehatQ, banyak asumsi berkembang bahwa manfaat sauna bisa untuk menurunkan berat badan. Padahal, itu konsep yang salah kaprah.

Ketika seseorang mengikuti sesi sauna, tidak ada pergerakan otot. Artinya, tidak ada gerakan-gerakan yang menyebabkan berat badan turun.

Keringat yang dikeluarkan sepanjang sesi sauna hanya cairan yang dikeluarkan tubuh karena panas di ruangan sauna. Itu sebabnya selepas sesi sauna, sebaiknya segera mengonsumsi cairan untuk rehidrasi tubuh.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Sauna

Sauna aman dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kondisi kesehatan normal serta memiliki tubuh yang fit.

Sauna juga cukup aman dilakukan oleh penderita penyakit jantung koroner yang stabil, jika tidak dilakukan terlalu lama.

Namun, sauna tidak dianjurkan untuk pasien dengan angina yang tidak stabil, gangguan irama jantung, tekanan darah yang tidak terkontrol, kelainan katup jantung, serta pasien gagal jantung tingkat lanjut.

Jika kamu berminat untuk melakukan sauna, perhatikan rambu-rambu berikut ini dahulu:

  • Jika melakukan sauna lebih dari 20 menit, minum air putih setidaknya 2 gelas sebelum dan sesudah sauna, untuk mencegah dehidrasi.
  • Bila saat melakukan sauna kamu merasa sakit atau kurang fit, segera sudahi sauna.
  • Dinginkan tubuh secara bertahap usai melakukan sauna, jangan langsung disiram air dingin.
  • Sebelum dan setelah sauna, jangan mengonsumsi minuman beralkohol serta obat-obatan yang dapat membuat tubuh panas, atau obat yang dapat berdampak kepada produksi keringat.
  • Untuk kamu yang baru pertama kali menggunakan sauna, disarankan untuk membatasi waktu penggunaan sauna hingga 15 menit. Setelah beberapa kali melakukan sauna dan tubuh sudah terbiasa dengan suhu di ruang sauna, maka sesi sauna bisa ditingkatkan menjadi 30 menit.

Sauna memang memiliki manfaat untuk kesehatan jantung pada orang yang sehat, namun untuk penderita penyakit jantung diharuskan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mencoba sauna.

(Baca Juga: Asuransi Kesehatan Premi Terjangkau Terbaik)

Menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh tentunya tidak bisa menjamin dijauhkan dari segala risiko kesehatan di masa depan.

Kamu tetap perlu jaminan perlindungan kesehatan seperti asuransi kesehatan untuk membantu kamu di kondisi tidak terduga nantinya.

CekAja.com bisa membantu kamu dalam memilih produk asuransi yang tepat.

Sebab, hanya di CekAja.com kamu bisa membandingkan dahulu dan memilih produk asuransi terbaik dari berbagai mitra asuransi ternama di Indonesia.

Yuk, segera ajukan asuransi kesehatan terbaikmu melalui CekAja.com!