8 Manfaat Senam Hamil yang Baik untuk Kesehatan Ibu dan Janin

Siapa sangka, kalau ternyata manfaat senam hamil nyata adanya, dan bisa dirasakan sejak awal kehamilan hingga setelah melahirkan. Namun tentu saja, semua manfaat tersebut baru akan didapat, apabila senam hamil dilakukan secara rutin dengan gerakan yang benar.

Sebagian ibu hamil yang belum pernah melakukan senam hamil mungkin akan berpikir, “apakah aman melakukan senam selama kehamilan?” atau mungkin “apakah gerakan yang dilakukan tidak membahayakan janin?”, jawabannya adalah tentu saja aman dilakukan.

Sebab, semua gerakan senam disesuaikan dengan kebutuhan. Apalagi, senam hamil ini sebenarnya ditujukan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan janin, baik selama kehamilan maupun setelah melahirkan.

Jadi, melakukan senam hamil adalah sebuah keharusan. Karena selain meningkatkan kesehatan, ada banyak lagi manfaat senam hamil yang bisa dirasakan, yang di antara akan diulas secara lengkap pada artikel kali ini. Simak bersama-sama, yuk!

Pentingnya Melakukan Senam Hamil

Hal pertama yang perlu diketahui, sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat senam hamil, yaitu pentingnya melakukan senam hamil.

Sebagai wanita yang sedang mengandung, senam hamil penting dilakukan untuk membuat ibu tetap bergerak, melalui olahraga ringan.

Senam hamil sendiri ditujukan untuk menjaga tubuh sang ibu, agar tetap sehat dan bugar selama kehamilan.

Tidak hanya itu, melakukan senam hamil juga dapat membantu sang ibu, beradaptasi dengan perubahan bentuk tubuh dan berat badan.

Untuk gerakannya sendiri, senam hamil tidak menggunakan gerakan-gerakan ekstrem yang membahayakan ibu dan janin. Melainkan menggunakan gerakan yang aman dan mudah dilakukan.

Jika dilakukan secara rutin, senam hamil dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh, yang nantinya akan digunakan dalam menghadapi persalinan.

Kamu selaku ibu hamil bisa memilih, untuk melakukan senam hamil sendiri di rumah, atau mengikuti kelas senam.

Jika memilih senam hamil di rumah, kamu tentu harus mengetahui apa saja gerakan-gerakan yang dilakukan, atau menonton video tutorial senam hamil yang benar.

Tetapi jika kamu belum tertarik untuk mengikuti senam hamil, maka kamu bisa melakukan olahraga ringan lainnya, seperti berenang, berjalan, maupun yoga selama kurang lebih 20 – 30 menit.

(Baca Juga: 7 Gerakan Senam Hamil)

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Senam Hamil

Sebenarnya, sebelum memulai senam hamil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya yaitu:

  • Melakukan konsultasi dengan dokter kandungan
  • Memastikan instruktur senam hamil sudah berpengalaman dan dapat dipercaya
  • Menggunakan pakaian senam yang nyaman, mampu menyerap keringat dan tidak terlalu tebal
  • Awali senam hamil dengan gerakan dan intensitas yang ringan
  • Kemudian mulai dengan gerakan pemanasan terlebih dahulu, lalu akhiri dengan proses pendinginan
  • Selama senam hamil, pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dengan baik
  • Hindari gerakan memutar dan membalikkan badan dengan cepat, mengingat sulit untuk ibu hamil menjaga keseimbangan badan selama masa kehamilan
  • Hindari melakukan senam hamil di ruangan bersuhu panas
  • Tahan dan kencangkan otot perut, pada saat gerakan mengangkat lutut, untuk mencegah risiko cedera pada punggung bawah dan sendi panggul
  • Ketahui kondisi dan kemampuan tubuh, jika merasa kurang fit, pusing, sesak napas atau kelelahan, itu tandanya kamu dan janin kurang mendapat cukup oksigen
  • Senam hamil bisa dilakukan selama 15-30 menit sehari.

Manfaat Senam Hamil

Setelah mengetahui sekilas informasi tentang pentingnya melakukan senam hamil, beserta hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan senam, maka kini saat yang tepat untuk kamu mengetahui, apa saja manfaat senam hamil yang diberikan.

Karena pada dasarnya, manfaat senam hamil yang bisa dirasakan ibu dan janin sangat banyak, baik untuk selama kehamilan, saat melahirkan hingga setelah melahirkan.

Untuk tahu lebih jelas apa saja manfaat senam hamil tersebut, di bawah ini CekAja.com telah merangkum beberapa manfaat tersebut, yang di antaranya yaitu:

1. Mengurangi risiko komplikasi

Manfaat senam hamil yang pertama, yaitu mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan.

Karena, ada beberapa risiko komplikasi yang umum terjadi pada ibu hamil selama masa kehamilan, di antaranya yaitu diabetes gestasional dan preeklampsia.

Nah jika senam hamil dilakukan secara rutin, setidaknya tiga kali dalam seminggu, maka risiko komplikasi tersebut dapat menurun.

Tidak hanya itu, rutin melakukan senam hamil juga dapat menurunkan risiko ibu melahirkan melalui operasi caesar.

2. Menambah energi dalam tubuh

Salah satu manfaat senam hamil yang paling terasa, yaitu energi dalam tubuh semakin meningkat.

Kamu bisa merasakannya ketika sedang melakukan aktivitas sehari-hari. Yang mana, kamu tidak akan mudah lelah seperti biasanya.

Kemudian, senam hamil pun tidak hanya meningkatkan energi, tetapi juga kebugaran tubuh. Ditambah, otot-otot tubuh pun ikut terbentuk, dari rutinitas melakukan senam hamil.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Ingin kualitas tidur mu semakin meningkat? Yuk, melakukan senam hamil! Pasalnya, manfaat senam hamil yang satu ini bisa langsung dirasakan, sesaat setelah melakukan senam.

Bagaimana tidak, senam membuat tubuh menjadi cepat lelah. Sehingga, hal tersebut membuat ibu hamil tidur lebih nyenyak di malam hari, akibat kelelahan melakukan senam di pagi hari atau sore harinya.

4. Menjaga tekanan darah stabil

Di urutan keempat ada menjaga kestabilan tekanan darah. Ketika rutin melakukan senam hamil, kamu dapat menjaga tekanan darah agar selalu dalam kondisi stabil.

Oleh karena itu, buat kamu yang memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya melakukan senam hamil secara rutin, untuk menjaga kestabilan tekanan darah.

Namun disamping itu, kamu juga perlu mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan gizi, untuk mengimbangi olahraga yang dilakukan.

5. Meredakan stres dan membangkitkan mood

Selain empat manfaat di atas, senam hamil juga dapat meredakan stres dan membangkitkan mood.

Manfaat senam hamil yang satu ini, sepertinya menjadi manfaat yang sangat ingin didapatkan oleh para ibu hamil, untuk mengatur emosi dan suasana hati.

Karena seperti yang diketahui, ibu hamil biasanya lebih sensitif dan mudah stres. Sehingga, untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil bisa melakukan senam hamil.

Sebab dengan melakukan senam hamil, kadar hormon endorfin dan serotonin dalam tubuh akan semakin meningkat.

Dengan begitu, kadar stres sang ibu pun akan menurun, dan suasana hati akan lebih membaik dari sebelumnya.

6. Mengurangi rasa tidak nyaman saat hamil

Selama kehamilan, kamu mungkin sering merasa tidak nyaman pada beberapa bagian tubuh, seperti misalnya perut kembung, nyeri punggung dan lain sebagainya.

Tetapi tahukah kamu, kalau ternyata semua masalah itu bisa diatasi dengan senam hamil. Sebab, senam dapat membuat tubuh lebih aktif bergerak, yang berdampak pada lancarnya peredaran dalam tubuh.

Selain itu, senam hamil juga akan memperkuat otot-otot tubuh, yang nantinya dapat meminimalisir rasa nyeri yang sering muncul selama masa kehamilan.

7. Melancarkan proses persalinan

Apakah kamu pernah mengira, kalau senam hamil mampu melancarkan proses persalinan? Sebagian orang mungkin berkata iya, dan sebagian lainnya tidak.

Tapi faktanya, melakukan senam hamil secara rutin dapat melancarkan proses persalinan. Tentunya, melahirkan menjadi lebih mudah dan cepat.

Manfaat senam hamil yang satu ini pun, ternyata ada dalam sebuah riset kecil yang mengatakan, kalau wanita hamil yang mengikuti kelas senam hamil sebanyak tiga kali dalam seminggu, mampu melalui proses persalinan lebih cepat, dibandingkan wanita hamil yang tidak mengikuti kelas senam hamil.

Itu artinya, senam hamil sangat mempengaruhi kelancaran proses persalinan. Jadi intinya, melakukan senam hamil secara rutin selama kehamilan sangat penting.

8. Mempercepat proses pemulihan

Selain melancarkan proses persalinan, senam hamil juga dapat mempercepat proses pemulihan.

Ini bisa dibilang sebagai manfaat senam hamil yang paling menarik, karena mampu memulihkan tubuh ibu melahirkan dengan cepat.

Manfaat ini tentunya bisa dirasakan, apabila senam hamil rutin dilakukan. Sebab, itu dapat membuat semua otot tubuh menjadi lebih kuat.

Dan apabila otot-otot tersebut sudah terlatih sejak awal kehamilan, maka nantinya kamu pun akan lebih cepat pulih setelah melahirkan.

(Baca Juga: Cara Ibu Hamil Tetap Sehat di Tengah Pandemi)

Itulah beberapa informasi seputar senam hamil, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Tidak hanya informasi seputar pentingnya melakukan senam hamil, tetapi kamu juga sudah tahu apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai senam hamil, serta manfaat senam hamil bagi ibu dan janin.

Nah untuk manfaatnya sendiri, semuanya bisa didapat apabila senam hamil dilakukan secara rutin.

Meski begitu, namun pastikan kalau setiap gerakan senam hamil dilakukan dengan baik, sesuai arahannya.

Karena jika gerakan yang dilakukan salah, itu hanya akan meningkatkan risiko cedera di beberapa bagian tubuh, yang tentu akan membahayakan kondisi ibu dan janin.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, lakukan gerakan senam hamil sebaik mungkin, dan lindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila nantinya selama senam hamil terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kamu bisa langsung memeriksanya ke dokter terkait, tanpa perlu khawatir dengan besarnya biaya pengobatan yang harus dibayar, karena sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Untuk itu, buat kamu yang belum melindungi diri dengan asuransi kesehatan, yuk segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com sekarang juga!