8 Manfaat Ceker Ayam yang Baik untuk Tubuh

Mungkin sebagian orang sering menganggap bahwa ceker ayam merupakan salah satu produk yang tidak dapat diolah maupun dinikmati. Padahal, manfaat ceker ayam cukup baik bagi kesehatan lho.

Patut diakui bahwa tidak semua orang suka mengkonsumsi ceker ayam. Meski begitu, tak jarang pula orang yang menjadikan ceker ayam itu sendiri menjadi salah satu makanan favorit mereka.

Tak hanya direbus untuk diambil kaldunya, bahkan ceker ayam juga bisa diolah menjadi hidangan yang lezat nan menggiurkan lho.

(Baca Juga: 7 Manfaat Protein Bagi Tubuh)

Terlepas dari cita rasanya yang dianggap nikmat untuk sebagian orang, ternyata manfaat ceker ayam juga sangat baik bagi kesehatan.

Kamu termasuk penggemar ceker ayam? Maka, beruntunglah! Sebab, kamu mungkin saja bisa mendapatkan sejumlah manfaat yang akan kita bahas berikut ini. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Kandungan Ceker Ayam

Sebelum kita membahas tentang manfaat ceker ayam, alangkah lebih baiknya apabila kita turut mengetahui tentang kandungan yang terdapat di dalam ceker ayam itu sendiri.

Dilansir dari situs hellosehat.com, berikut sejumlah kandungan yang terdapat di dalam ceker ayam, yaitu adalah:

  • Mineral, seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor, yang sangat memiliki peran penting dalam mendukung sirkulasi darah yang sehat, kepadatan dan kesehatan tulang, kesehatan saraf, kesehatan jantung, serta kesehatan pencernaan.
  • Glukosamin, yang dapat mendukung kekuatan sendiri dan mencegah terjadinya penyakit radang sendi atau nyeri sendi.
  • Kondroitin sulfat, yang bermanfaat dalam mendukung kesehatan sendi, serta mendukung respon peradangan, kesehatan jantung, dan kesehatan kulit.
  • Asam hialuronat, yang merupakan senyawa untuk mendukung kesehatan jaringan, seperti peremajaan sel dan kekuatan sel kulit.
  • Kolagen, yang dalam membantu dalam menjaga kesehatan kulit, memperkuat struktur pembuluh darah, memperkuat struktur tulang, serta melindungi lapisan saluran cerna.

Manfaat Ceker Ayam

Setelah mengetahui tentang sejumlah kandungan yang terdapat di dalam ceker ayam, sekarang saatnya kita mengetahui lebih lanjut lagi mengenai manfaat ceker ayam itu sendiri.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat ceker ayam yang sangat baik bagi tubuh, yaitu adalah:

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Seperti yang telah sedikit disinggung sebelumnya, salah satu manfaat ceker ayam adalah untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk meningkatkan elastisitas, kepadatan, serta kelembaban kulit.

Dilansir dari situs sehatq.com, terdapat studi yang dilakukan terhadap 105 wanita selama 6 bulan, yang mana menunjukan bahwa rutin mengkonsumsi ceker ayam ternyata dapat mengurangi selulit dan kerutan. Hal tersebut disebabkan dari kandungan kolagen yang terdapat di dalam jenis makanan satu ini.

Di sisi lain, terdapat pula studi yang menyebutkan bahwa menjaga asupan kolagen juga dapat memberikan efek jangka pendek dan panjang yang menjanjikan untuk penyembuhan luka.

Tak hanya itu, kandungan kolagen yang terdapat di dalam ceker ayam nyatanya juga dapat membantu dalam mencegah penuaan kulit lho.

Dikutip dari situs doktersehat.com, kandungan kolagen pada ceker ayam hampir mirip dengan yang terdapat di buah-buahan dan sayuran berdaun hijau yang banyak mengandung vitamin C.

2. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Manfaat ceker ayam selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Perlu diketahui bahwa asupan makanan yang mengandung kolagen, fosfor, dan kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh, guna menjaga kesehatan gigi.

Dikarenakan hal itulah, mengkonsumsi ceker ayam beserta kaldunya yang terbuat dari rebusan ceker ayam tersebut sangat baik dalam membantu proses pembentukan gigi pada anak.

Tak hanya itu, manfaat ceker ayam bahkan juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan gusi lho. Umumnya, masalah gusi dapat terjadi akibat kesehatan gigi yang kurang baik.

Akan tetapi di beberapa kasus, masalah gusi juga bisa timbul karena kurangnya asupan nutrisi bergizi yang masuk ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi ceker ayam.

Sebab, ceker ayam mengandung nutrisi seperti zat gelatin, asam amino, dan kolagen, yang merupakan zat untuk meningkatkan kesehatan gusi.

3. Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat ceker ayam selanjutnya adalah untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan kandungan mineral yang terdapat di dalamnya, seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor.

Nah, mineral-mineral ini memiliki peran penting dalam mendukung dalam menjaga kesehatan sirkulasi darah dan meningkatkan kepadatan serta kesehatan tulang.

Tak hanya itu, kandungan mineral yang terdapat di dalam ceker ayam bahkan juga bisa membantu dalam menjaga kesehatan saraf, jantung, hingga pencernaan lho.

Semua mineral tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun kesehatan sekaligus mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit.

4. Mengurangi Nyeri Sendi

Manfaat ceker ayam selanjutnya adalah untuk mengurangi nyeri sendi, yang mana disebabkan oleh kandungan kolagen yang terdapat di dalamnya.

Dilansir dari sehatq.com, penelitian mengungkapkan bahwa kolagen memiliki kemampuan dalam merangsang regenerasi jaringan untuk mengurangi gejala osteoarthritis (radang sendi).

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 191 orang dengan osteoarthritis lutut, menemukan bahwa mengkonsumsi kolagen dari tulang rawan ayam yang dilakukan sesuai anjuran harian ternyata bisa membantu dalam mengurangi nyeri dan kekakuan secara signifikan.

5. Mencegah Kerapuhan Tulang

Seiring bertambahnya usia, tentu jumlah kalsium pada tubuh juga akan turut mengalami penurunan, sehingga sel menjadi lebih sulit untuk beregenerasi.

Nah, salah satu manfaat ceker ayam dalam hal ini adalah untuk mencegah terjadinya kerapuhan pada tulang.

Hal tersebut disebabkan dari kandungan kalsium yang terdapat di dalam jenis makanan satu ini. Disarankan untuk mengkonsumsi ceker ayam secara teratur untuk mendapatkan sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain kalsium, kamu bahkan juga bisa mendapatkan protein dan kolagen yang sangat berguna untuk membantu menguatkan sendi serta mencegah terjadinya kerapuhan tulang seiring bertambahnya usia. Risiko penyakit osteoporosis dan pengeroposan tulang pun bisa diminimalisasikan.

6. Meningkatkan Hormon Testosteron

Manfaat ceker ayam selanjutnya adalah untuk meningkatkan hormon testosteron untuk pria. Dengan mengkonsumsi ceker ayam, dipercaya bisa memenuhi setidaknya ⅓ kebutuhan seng tubuh untuk setiap porsinya.

Selain itu, lemak baik yang terdapat di dalam ceker ayam juga dinilai mampu membantu dalam meningkatkan kinerja kelenjar dalam tubuh.

Hal tersebut dikarenakan, sejumlah kelenjar kelenjar di dalam tubuh bekerja dengan bantuan dari lemak sehat.

Kandungan kolagen yang terdapat di dalamnya juga menjaga suplai sel darah merah menuju titik pusat kendali hormonal, termasuk di sistem saraf dan beberapa kelenjar di tubuh.

7. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat ceker ayam selanjutnya adalah untuk mempercepat penyembuhan luka. Perlu diketahui bahwa jenis makanan satu ini mengandung albumin dan kolagen yang dapat membantu dalam mempercepat proses penyembuhan luka.

Tak hanya itu, kedua kandungan ini bahkan juga memiliki kemampuan untuk membantu mengatasi serta mendorong percepatan proses penggantian sel yang rusak lho.

8. Meredakan Hipertensi

Nah, manfaat ceker ayam yang akan kita bahas terakhir di dalam kesempatan kali ini adalah, perannya dalam meredakan hipertensi.

Dibandingkan dengan dada ayam, ceker ayam ternyata dianggap memiliki kandungan kolagen yang lebih banyak.

Sehingga, hal tersebut juga membuat ceker ayam memiliki manfaat dalam membantu meredakan hipertensi, yaitu dengan menurunkan kadar enzim renin.

Enzim renin itu sendiri merupakan enzim yang berfungsi dalam meningkatkan tekanan darah dalam tubuh seseorang.

Untuk bisa mendapatkan manfaat ceker ayam satu ini, kamu hanya perlu mengolahnya menjadi sup yang lezat.

Akan tetapi, usahakan untuk tidak menggunakan garam secara berlebihan, karena kandungan natrium di dalamnya justru bisa memicu tekanan darah tinggi.

Bahaya Mengkonsumsi Ceker Ayam Berlebihan

Dibalik manfaatnya, ternyata ceker ayam juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan lho. Sebab, faktanya, ceker ayam juga mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi, apalagi jika ditutupi oleh kulit ayam secara penuh.

Nah, lemak jenuh yang tinggi ini justru bisa memicu peningkatan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, yang mana apabila dibiarkan, kadar kolesterol ini dapat menyumbat pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otot jantung.

Akibatnya, kamu berisiko terkena penyakit jantung. Dilansir dari hellosehat.com, 100 gram ceker ayam ternyata mengandung lemak jenuh sebesar 3,9 gram atau setara dengan 20 persen kebutuhan lemak jenuh per hari orang dewasa pada umumnya.

Tak hanya itu, 100 gram ceker ayam bahkan juga mengandung kolesterol sebanyak 84 mg atau sebesar 28 persen dari kebutuhan kolesterol per hari orang dewasa pada umumnya.

Oleh karena itu, walaupun ceker ayam memiliki sejumlah manfaat yang sangat baik bagi tubuh, usahakan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Selain mengkonsumsi ceker ayam yang cukup guna mendapatkan manfaatnya, jangan lupa juga untuk melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

(Baca Juga: Lebih Sehat Salmon atau Tuna untuk Tubuh?)

Sebab, hadirnya asuransi kesehatan bisa memberikan keringanan terkait biaya rumah sakit dan pengobatan yang kerap mahal dari tahun ke tahun.

Dengan begitu, kamu tetap bisa mendapatkan fasilitas kesehatan yang mumpuni namun dengan biaya yang lebih hemat.

Lantas, bagaimana jika belum memiliki asuransi kesehatan? Segera ajukan saja di CekAja.com!

Di sini, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi.

Tak hanya itu, seluruh pendaftaran juga dilakukan melalui online, sehingga proses pengajuan menjadi lebih cepat dan mudah.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kesehatan di CekAja.com dan nikmatilah sederet manfaatnya!