7 Manfaat Protein bagi Tubuh, dari Memberi Energi Hingga Membentuk Antibodi

Terdapat segudang manfaat protein bagi tubuh yang sangat baik untuk kesehatan. Jangan sepelekan asupan makanan yang mengandung protein. Yuk, simak berbagai manfaatnya berikut ini.

Tubuh membutuhkan asupan nutrisi seimbang yang terdiri dari berbagai zat-zat penting. Seperti karbohidrat, lemak, aneka vitamin, termasuk protein.

Nutrisi seimbang akan memberikan energi, mendukung pertumbuhan tubuh, serta mendukung sistem kekebalan tubuh sehingga kesehatan pun terjaga.

Protein menjadi salah satu zat terpenting yang dibutuhkan tubuh. Setiap harinya, kebutuhan protein harus tercukupi.

Setiap kandungan protein yang masuk ke tubuh akan dipecah oleh sistem pencernaan menjadi asam amino.

Asam amino sendiri dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tubuh dan menjaga fungsi tubuh lainnya.

Kebutuhan Protein Harian

Sebelum membahas manfaat protein bagi tubuh, ada baiknya jika kamu mengetahui kebutuhan protein harian pada manusia.

Kebutuhan protein harian setiap orang berbeda-beda, tergantung dengan usia dan kondisi kesehatannya.

Di lansir dari Alodokter, setidaknya protein dibutuhkan 1,2 gram sampai 1,5 gram per kilogram berat badan per hari.

Jadi, jika kamu memiliki bobot tubuh 50 kg, maka protein yang dibutuhkan adalah sekitar 60 gram sampai 75 gram per hari.

Berikut daftar kebutuhan protein harian berdasarkan usia seseorang.

  • Balita: 10 gram per hari
  • Anak usia 6 tahun sampai 12 tahun: 19 gram sampai 34 gram per hari
  • Remaja pria 52 gram per hari
  • Remaja wanita: 46 gram per hari
  • Pria dewasa 56 gram per hari
  • Wanita dewasa 46 gram per hari
  • Wanita hamil/menyusui: kebutuhan protein ditingkatkan 70 gram per hari

(Baca Juga: Lebih Sehat Tuna atau Salmon untuk Tubuh? Ini Jawabannya!)

Manfaat Protein bagi Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat protein bagi tubuh yang sangat penting untuk kesehatan.

1. Memberikan Energi

Manfaat protein bagi tubuh yang pertama adalah protein memberikan energi. Dalam setiap gramnya, terkandung 4 kalori yang diolah dan disimpan oleh tubuh menjadi energi cadangan.

Sedangkan energi utama yang digunakan lebih dulu oleh tubuh berasal dari lemak dan karbohidrat. Saat kamu berpuasa, energi dari protein lah yang digunakan.

2. Membangun Jaringan Tubuh

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu manfaat protein bagi tubuh yakni membantu proses pembangunan jaringan berbagai organ dan komponen tubuh.

Mulai dari jaringan otot, tulang, paru-paru, jantung, otak, rambut, dan lain-lain.

Saat ada jaringan yang rusak, maka protein segera diolah oleh tubuh untuk memperbaikinya.

Pada ibu hamil, ibu menyusui, dan orang yang sakit, kebutuhan dan pengolahan protein akan dilakukan lebih ekstra untuk membentuk jaringan baru.

3. Membentuk Antibodi Pelawan Infeksi

manfaat protein bagi tubuh lainnya yakni membentuk immunoglobulin atau antibodi yang berperan melawan infeksi dari virus maupun bakteri penyebab penyakit.

Setiap ada virus dan bakteri yang menyerang kekebalan tubuh, tubuh akan memroduksi antibodi untuk menangkalnya.

Setiap jenis antibodi ini tersimpan dan siap diproduksi lagi saat virus atau bakteri tersebut kembali menyerang. Makanya, protein sangat penting untuk menjaga kesehatan masa kini maupun masa depan.

4. Membentuk Enzim dan Hormon

Selain membentuk jaringan baru serta antibodi, manfaat protein bagi tubuh juga membantu pembentukan enzim dan hormon.

Enzim berperan dalam berbagai proses penting seperti penghancuran racun, pencernaan makanan, penyaluran nutrisi makanan, dan lain-lain.

Sedangkan hormon dibutuhkan untuk mengatur proses biologis antara sel, jaringan, dan organ.

Misalnya dalam proses masuknya gula ke dalam sel, pengatur suasana hati, membantu proses pencernaan, dan lain sebagainya.

5. Menyeimbangkan Kadar Cairan Tubuh

Kemudian, manfaat protein bagi tubuh selanjutnya yakni menyeimbangkan kadar cairan tubuh dengan menarik dan menahan air.

Hal ini sangat penting agar tubuh dapat menyimpan darah dengan jumlah yang pas di bagian pembuluh darah. Sehingga tidak ada pembengkakan di beberapa bagian tubuh.

(Baca Juga: 10 Jenis Sayuran Tinggi Protein yang Dibutuhkan oleh Tubuh)

6. Menyeimbangkan pH Tubuh

Selain cairan, kadar pH atau asam dan basa di dalam tubuh juga akan diseimbangkan oleh protein. Kadar pH yang bisa dikatakan seimbang (netral) yakni di angka 7 sampai 7,4.

Manfaat protein bagi tubuh yang satu ini sangat penting untuk kesehatanmu. Sebab, dengan pH yang seimbang, maka bakteri jahat yang tidak aktif akan dibuang oleh tubuh.

Selain itu, pH tubuh yang seimbang juga turut menyeimbangkan kadar oksigen dan memperlancar proses persebaran oksigen ke semua jaringan.

7. Membantu Pengangkutan Nutrisi

Setiap nutrisi yang kita dapatkan dari berbagai makanan (seperti gula, mineral, vitamin, zat besi, dan oksigen) akan diangkut oleh protein dan didistribusikan ke berbagai sel tubuh melalui aliran darah.

Selain itu, manfaat protein bagi tubuh juga akan membantu proses penyimpanan nutrisi tersebut. Sehingga saat sewaktu-waktu zat gizi itu dibutuhkan, maka masih terdapat cadangan yang tersedia.

Sumber Protein Terbaik

Itulah beberapa manfaat protein bagi tubuh yang sangat penting untuk kesehatan. Lalu, makanan apa saja sih yang menjadi sumber protein terbaik dengan kandungan protein yang tinggi?

Sebenarnya kamu bisa melengkapi kebutuhan protein harian dari sumber hewani seperti seafood (ikan, cumi-cumi, udang, kerang, dan lain-lain), daging ayam, daging sapi, atau telur.

Selain itu, protein dari sumber nabati juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi kacang-kacangan (kedelai, almond, atau kacang polong), gandum, brokoli, susu, keju, dan yogurt.

Jaga Pola Makan Bergizi dan Miliki Asuransi

Bagaimanapun juga, menjaga kesehatan sudah seharusnya kita lakukan guna menjadi pribadi yang senantiasa produktif dan dapat menikmati hidup dengan baik.

Penuhi kebutuhan harian protein, dan jangan melebihi kadar protein yang diperlukan, agar efek samping atau gangguan kesehatan tidak terjadi.

Jaga pola makan teratur dengan kandungan gizi tinggi, lalu lakukan olahraga rutin setidaknya tiga kali seminggu.

Di masa pandemi ini, kamu juga harus menjaga kebersihan diri dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus dan bakteri. Sehingga tubuh terhindar dari serangan berbagai penyakit.

Selain itu, miliki asuransi untuk menjamin layanan kesehatan jika terjadi risiko di masa depan.

Dengan memiliki asuransi, kamu akan mendapat layanan terbaik dari klinik dan rumah sakit pilihan di seluruh Indonesia.

Untuk perbandingan dan pengajuan asuransi kesehatan dari berbagai merk, kamu bisa melakukannya lewat CekAja.com.

CekAja.com adalah media pembanding produk finansial terpercaya, sehingga kamu bisa mendapat rekomendasi asuransi terbaik dengan premi terjangkau.

Proses pengajuan asuransi kesehatan di CekAja.com juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengisi formulir pengajuan online, melengkapi beberapa dokumen, dan membayar premi bulan pertama.

Selanjutnya, petugas kamu akan memproses lebih lanjut ke perusahaan penyedia asuransi yang dituju. Jika semua syarat terpenuhi, kartu asuransi kesehatan siap pakai akan langsung dikirimkan ke alamatmu.

Bagaimana? Sangat mudah, kan?

Penasaran dengan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu? Langsung saja cek perbandingannya, dan ajukan secara mudah via CekAja.com!