8 Manfaat Slip Gaji beserta Contohnya

Sebagai pemula dalam dunia kerja, mungkin kamu belum mengetahui lebih dalam mengenai manfaat slip gaji. Untuk itu, CekAja hadirkan artikel yang khusus mengulas tentang manfaat slip gaji beserta contohnya berikut ini.

8 Manfaat Slip Gaji beserta Contohnya

Ketika memasuki dunia kerja, selain menerima gaji, kamu pun akan mengenal istilah slip gaji. Istilah ini juga harus dipahami oleh tiap karyawan, sebab manfaatnya bukan hanya untuk dibidang kerja saja.

Slip gaji biasanya mesti diberikan oleh perusahaan kepada setiap karyawan mereka. Namun dalam prakteknya sendiri, ada perusahaan tertentu yang tidak memberikan bukti slip gaji kepada karyawan.

Lantas, kita sebagai karyawan pasti bertanya-tanya bukan akan pentingnya slip gaji? Nah, untuk memahami hal itu, yuk langsung beralih ke poin di bawah ini.

Perlukah Slip Gaji Diberikan kepada Karyawan?

Mengutip dari laman Sleekr, nyatanya memang terdapat aturan dari pemerintah mengenai slip gaji lho.

Aturan yang dikeluarkan ini berupa UU Ketenagakerjaan dan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Jika berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan, memang tidak terdapat pernyataan yang mewajibkan suatu perusahaan untuk memberi slip gaji pada karyawannya.

Namun, dalam aturan tersebut, pemerintah hanya mengatur perihal jam kerja, hari libur, cuti, dan lainnya.

Sedangkan, pada Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, dijelaskan bahwa memang setiap pengusaha atau perusahaan wajib memberikan slip gaji sebagai bukti pada tiap karyawannya.

Di dalam slip gaji ini akan tertera rincian nominal bersih yang diterima oleh karyawan setiap kali waktunya gajian.

Perusahaan yang tidak memberikan slip gaji kemungkinan hanya mengandalkan aturan UU Ketenagakerjaan saja.

Tapi sebetulnya, karyawan yang tidak mendapat slip gaji bisa saja menanyakan hal tersebut kepada perusahaan.

Karena sejatinya, memang slip gaji berhak diberikan perusahan untuk berbagai keperluan karyawannya, termasuk pula keperluan diluar pekerjaan.

Manfaat Slip Gaji bagi Karyawan

Seperti yang dikutip dari banyak sumber, berikut ini CekAja paparkan beberapa manfaat slip gaji bagi karyawan. Yuk, langsung simak informasinya.

1. Menunjukan rincian gaji yang didapat

Manfaat slip gaji yang pertama adalah untuk menunjukkan besaran rincian gaji yang diterima setiap bulannya.

Hal ini penting untuk kamu pahami, apalagi kita tahu bahwa tiap karyawan mendapatkan gaji yang tak sama, sebab beberapa pertimbangan dari pihak perusahaan itu sendiri.

Nah, dengan adanya slip gaji ini, kamu bisa mengetahui seberapa besar gaji yang diterima dan apa saja komponen yang masuk dalam perincian gaji.

Mengutip dari laman Glints yang juga mengambil data dari Planday, dikatakan bahwa umumnya ada tiga bagian yang harus masuk dalam slip gaji, yaitu:

  • Rincian mengenai jumlah gaji pokok
  • Rincian mengenai besaran pajak, potongan, dan kontribusi
  • Rincian mengenai jumlah gaji bersih yang diterima

2. Digunakan untuk KPR

Tertarik membeli rumah idaman lewat Kredit Kepemilikan Rumah alias KPR? Nah, untuk pengajuan KPR sendiri, biasanya ada beberapa dokumen yang diminta oleh pihak, salah satunya adalah slip gaji.

Manfaat slip gaji dalam hal ini adalah untuk digunakan saat mengajukan KPR. Hampir semua bank di Indonesia, baik yang milik pemerintah atau swasta, memberlakukan slip gaji sebagai salah satu syarat pengajuannya.

Slip gaji yang diminta pihak bank biasanya slip gaji selama 3 hingga 6 bulan terakhir, dengan status pekerjaan sebagai karyawan tetap atau masa kerja di perusahaan telah mencapai satu tahun kerja.

Dari bukti slip gaji inilah, bank dapat menganalisa kemampuan bayarmu dalam melunasi cicilan KPR.

Idealnya sih, besaran gaji yang tertera dalam bukti slip gaji mesti 3 kali lipat dari nominal cicilan yang diambil, atau besaran cicilan yang diambil tidak boleh lebih dari sepertiga nominal gaji.

(Baca Juga: Ini Cara Membuat Surat Perjanjian Jual Beli)

3. Digunakan untuk kredit kendaraan

Manfaat slip gaji yang berikutnya dan hampir serupa dengan maksud di poin kedua adalah slip gaji bisa digunakan saat kamu ingin kredit kendaraan.

Perusahaan kredit biasanya akan meminta beberapa dokumen penunjang, seperti KTP, NPWP, hingga slip gaji 3 bulan terakhir. Tujuannya tak lain untuk mengetahui kemampuan bayar debiturnya dalam melunasi cicilan.

Tidak hanya itu saja, adanya slip gaji pun menjadi pertimbangan bagi perusahaan kredit apakah debitur layak atau tidak, guna menghindari kredit macet nantinya.

4. Digunakan untuk kredit elektronik

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, manfaat slip gaji lainnya bagi karyawan adalah bisa digunakan saat ingin membeli perangkat elektronik namun dengan sistem cicilan.

Bukti slip gaji biasanya akan diberikan ketika calon pembeli mengurus syarat administrasi. Dari slip gaji ini, layanan penyedia kredit bakal mempertimbangkan kemampuan bayarmu dalam melunasi cicilan.

Selain itu, slip gaji pula dijadikan tolak ukur mengenai seberapa lama masa tenor yang bisa kamu pilih saat akan melakukan kredit perangkat elektronik.

5. Digunakan untuk pengajuan KTA

Pengajuan KTA di bank atau lembaga pembiayaan lainnya juga menggunakan slip gaji. Nah, manfaat slip gaji untuk hal yang satu ini tak lain sebagai pertimbangan bagi bank ketika memberikan kredit bagi debitur.

Bank tentu tak mau mengambil risiko dengan memberikan kredit pada debitur yang sulit membayar cicilannya atau mengalami kredit macet.

Oleh karena itu, biasanya bank atau lembaga pembiayaan akan sangat berhati-hati dalam menilai kemampuan finansial calon debitur mereka.

Ketika melihat bukti slip gaji, bank akan langsung berfokus pada besaran pendapatan yang diterima oleh calon debitur setiap bulannya.

Apabila pendapatan yang diterima masih sesuai atau bisa menutupi besaran nominal pinjaman yang diambil, maka pihak bank otomatis akan melanjutkan pengajuanmu ke tahap verifikasi dan pencairan dana.

6. Digunakan untuk pengajuan kartu kredit

Selain digunakan untuk pengajuan KPR, kredit kendaraan, elektronik, hingga kredit tanpa agunan, slip gaji juga dimanfaatkan untuk mengajukan kartu kredit di bank.

Pengajuan kartu kredit dengan slip gaji ini nantinya akan dijadikan penentu oleh pihak bank mengenai kelayakan nasabahnya, terutama dari segi kondisi finansial mereka.

Tidak hanya itu saja, jumlah limit yang tersedia setiap bulannya dalam kartu kredit yang dimiliki pun biasanya berdasarkan besaran gaji bersih yang tertera dalam slip gaji pengguna.

7. Dilampirkan saat interview kerja

Manfaat slip gaji yang selanjutnya adalah untuk dilampirkan saat interview kerja. Nah, saat kamu interview kerja di perusahaan yang baru, biasanya pihak mereka akan bertanya mengenai besaran gaji yang diminta.

Sehingga, slip gaji di perusahaan lama lah yang bakal digunakan oleh perusahaan tempatmu interview untuk menentukan besaran gaji yang diterima sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki.

8. Untuk pertimbangan kebijakan perusahaan

Manfaat slip gaji yang terakhir adalah untuk pertimbangan kebijakan perusahaan.

Artinya, dari slip gajilah nantinya perusahaan dapat merevisi atau menambah kebijakan mereka, yang mengarah pada besaran gaji dan tunjangan yang layak bagi karyawan.

Format Slip Gaji

Format slip gaji umumnya berbeda-beda untuk tiap perusahaan. Namun, salah satu format yang bisa CekAja jadikan contoh mengutip dari laman LinovHR, diantaranya seperti:

  • Tertera nama perusahaan
  • Di bawah nama perusahaan terdapat penjelasan berupa kerahasiaan dokumen
  • Tanggal pembayaran, penjelasan sub departemen karyawan, serta data diri karyawan
  • Besaran gaji dan jumlah potongan yang didapat oleh karyawan
  • Keterangan mengenai pembayaran gaji

(Baca Juga: 7 Manfaat LinkedIn untuk Pengembangan Karir)

Contoh Slip Gaji

Dan berikut contoh slip gaji secara umum:

Nah, itu dia informasi mengenai manfaat slip gaji hingga contohnya. Dari slip gaji yang dipunya ini, tentu kamu bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan ya.

Jadi, kalau dibilang berhak atau tidaknya karyawan menanyakan slip gajinya, tentu berhak kok.

Mau Ajukan Kartu Kredit untuk Berbagai Keperluan?

Nah, buat kamu yang sudah bekerja dan memang telah memiliki penghasilan tetap yang mapan, boleh banget untuk memiliki kartu kredit sebagai salah satu alat transaksi utama.

Dengan kartu kredit, kamu bisa mendapatkan beragam penawaran menarik seperti diskon hingga cashback di merchant yang menjadi rekanan dari bank penerbit kartu kredit tersebut.

Untuk pilihan kartu kreditnya, kamu dapat langsung membandingkan jenisnya di CekAja.com, dan ajukan segera untuk menikmati beragam manfaatnya.

Yuk, langsung klik tabel di bawah ini atau akses laman utama CekAja untuk tahu informasi lengkap mengenai produk kartu kredit yang tersedia.