11 Manfaat Sorgum untuk Kesehatan, Penderita Diabetes Wajib Coba!

Manfaat sorgum untuk kesehatan, ternyata baik untuk penderita diabetes. Karena, selain kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, kandungan sorgum juga rendah gula.

Oleh karena itu, pelaku diet dan penderita diabetes seringkali menjadikan sorgum sebagai alternatif pengganti beras untuk kebutuhan karbo dalam tubuh.

Biji sorgum memiliki kandungan karbohidrat tinggi sehingga bisa juga dimanfaatkan sebagai makanan pokok.

Di Indonesia banyak yang belum mengenali tanaman jenis ini, lho! Padahal, sorgum merupakan salah satu biji-bijian yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Budidaya tanaman sorgum ternyata memiliki biaya perawatan yang cenderung mudah dan terjangkau, sehingga banyak diminati petani.

Selain itu, sorgum juga memiliki tingkat produktivitas yang tinggi, tanaman ini bisa dipanen hingga lebih dari satu kali. Tentu, hal ini sangat menguntungkan petani.

Apa itu Sorgum?

Sorgum merupakan jenis biji-bijian sereal yang berasal dari Afrika. Sorgum serumpun dengan padi, jagung dan gandum, ia masuk dalam keluarga rumput Poaceae.

Sorgum dibudidayakan di daerah beriklim panas dan kering. Saat ini sekitar 80% area pertanaman sorgum berada di wilayah Afrika dan Asia.

(Baca Juga: Risiko Finansial Kalau Menderita Diabetes)

Di Indonesia sendiri, sorgum sudah lama dikenal oleh petani khususnya di Jawa, NTB dan NTT.

Di Jawa sorgum dikenal dengan nama Cantel, sering ditanam oleh petani sebagai tanaman sela atau tumpang sari dengan tanaman lainnya.

Budidaya, penelitian, dan pengembangan tanaman sorgum di Indonesia masih sangat terbatas, bahkan nama tanaman ini belum begitu populer di masyarakat.

Padahal sorgum memiliki potensi besar untuk dapat dibudidayakan secara komersial karena memiliki daya adaptasi luas, produktivitas tinggi, input relatif lebih sedikit, tahan terhadap hama dan penyakit tanaman, serta lebih toleran kondisi marjinal (kekeringan, salinitas dan lahan masam).

Sorgum berbentuk kecil, bulat, dan berwarna putih atau kuning, ada juga varietasnya yang berwarna merah, coklat, hitam, atau ungu. Salah satu spesies sorgum yang paling populer adalah Sorghum Bicolor.

Jenis tanaman ini bisa dimasak layaknya quinoa atau nasi, digiling menjadi tepung lalu dijadikan campuran kue, bahkan diolah menjadi popcorn atau sirup.

Manfaat Sorgum Bagi Kesehatan

Setelah mengenali jenis tanaman ini, yuk simak berbagai manfaat sorgum untuk kamu konsumsi sehari-hari:

1. Mengontrol Diabetes

Manfaat sorgum untuk kesehatan untuk para penderita diabetes, sebab sorgum memiliki enzim yang dapat menghambat penyerapan pati oleh tubuh, membantu mengatur insulin dan dapat mengatur kadar glukosa dalam tubuh.

Oleh karena itu, penderita diabetes tidak akan mengalami peningkatan kadar glukosa, sehingga akan mencegah shock diabetes dan komplikasi kesehatan lainnya.

2. Kesehatan Jantung

Manfaat sorgum untuk kesehatan kedua untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol.

Jumlah serat yang diperoleh dari mengkonsumsi sorgum akan membantu tubuh untuk mengikis kolesterol berbahaya (LDL).

Sehingga akan meningkatkan kesehatan jantung dan melindungi tubuh dari kondisi seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

3. Kesehatan Pencernaan

Manfaat sorgum untuk kesehatan lainnya, pasti berpengaruh pada pencernaan.

Sorgum mengandung serat yang berfungsi meningkatkan sistem pencernaan. Satu porsi sorgum mengandung 48% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk mengkonsumsi serat.

Hal ini berarti saluran pencernaan akan menyimpan makanan dan mencerna dengan cepat, sehingga bisa mencegah kram, kembung, sembelit, sakit perut, kelebihan gas, dan diare.

4. Mencegah Kanker

Manfaat sorgum untuk kesehatan tubuh mencegah kanker sebab fitokimia yang ada dalam sorgum memiliki sifat penghambat kanker, terutama kanker saluran pencernaan dan kanker kulit.

Dari hasil studi, rutin mengkonsumsi sorgum dalam jumlah tertentu bisa menurunkan risiko terkena paparan kanker.

5. Membantu Turunkan Berat Badan

Manfaat sorgum untuk kesehatan, membantu turunkan berat badan bagi yang sedang menjalani program diet.

Sorgum memiliki konsentrasi serat makanan yang tinggi jika dibandingkan jenis-jenis tanaman serealia lainnya.

Kandungan serat yang tinggi, membuat tingkat rasa kenyang yang dirasakan menjadi bertahan lebih lama. Sehingga mempengaruhi nafsu makan agar tidak cepat lapar.

Dalam satu porsi sorgum mengandung lebih dari 12 gram atau ikut andil berkontribusi sekitar 48% dari asupan serat yang direkomendasikan setiap hari.

Jadi, mengkonsumsi sorgum secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan kamu.

6. Mencegah Celiac

Manfaat sorgum untuk kesehatan berpengaruh juga pada alergi. Ya, celiac tergolong penyakit baru, namun cukup menyita perhatian dunia.

Penyakit celiac adalah alergi parah terhadap gluten, yang terutama ditemukan dalam produk gandum.

Namun, sorgum dapat dikonsumsi secara aman oleh penderita celiac ini tanpa peradangan yang menyakitkan, mual, dan kerusakan gastrointestinal yang disebabkan oleh gluten.

7. Meningkatkan Energi

Manfaat sorgum untuk kesehatan pasti sekaligus meningkatkan energi dalam tubuh.

Kandungan Niacin (vitamin B3) dalam sorgum merupakan komponen utama yang berfungsi mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan sebagai bahan bakar bagi tubuh.

Sorgum mengandung 28% dari asupan yang direkomendasikan niacin per hari, sehingga dengan mengkonsumsi sorgum dapat memperlancar metabolisme yang akan meningkatkan kestabilan energi dalam tubuh.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat sorgum untuk kesehatan tulang sebab magnesium tinggi yang terdapat dalam sorgum bisa meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

Mineral ini juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan tulang dan mempercepat penyembuhan tulang yang rusak atau mengalami penuaan.

Sehingga, sorgum juga dapat bermanfaat untuk mencegah kondisi seperti osteoporosis dan arthritis.

9. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat sorgum untuk kesehatan dapat membantu meningkatkan perkembangan sel darah merah, dan meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan dalam tubuh.

Kandungan zat besi dan tembaga pada sorgum dapat menghindari anemia.

Zat besi sangat penting untuk perkembangan sel darah merah dan tembaga membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

10. Kaya akan Antioksidan

Manfaat sorgum untuk kesehatan yang terakhir, mampu memperlambat penuaan dini, mengurangi risiko penyakit kanker, jantung, diabetes tipe II, dan berbagai penyakit lainnya.

Saat ini, antioksidan merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, apalagi adanya partikel radikal bebas yang berkeliaran di luar sana.

Dalam tanaman sorgum ternyata mengandung phytochemical yang bermanfaat sebagai antioksidan dalam tubuh.

Sebuah studi mengungkapkan lapisan dedak dari sorgum memiliki jumlah antioksidan yang jauh lebih tinggi dari buah-buahan seperti blueberry dan stroberi lho!

11. Bergizi Tinggi

Secangkir sorgum (192 gram) mengandung banyak nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan harian kamu, diantaranya:

  • Satu cangkir sorgum utuh mengandung 2 gram protein. Jumlah ini memenuhi 43 persen kebutuhn protein harian kamu, sebab idealnya pada wanita, membutuhkan 46 gram protein sedangkan pria, 56 gram.
  • Satu cangkir sorgum utuh mengandung 47 persen zat besi. Jumlah ini memenuhi 55 persen asupan fosfor harian kamu.
  • Sorgum juga merupakan sumber magnesium, kalsium, seng, tembaga, dan kalium yang baik untuk tubuh.
  • Satu cangkir sorgum utuh mengandung 30 persen asupan harian niacin dan thiamin. Kedua vitamin B ini membantu metabolisme dan menyerap karbohidrat serta nutrisi dengan baik.

Cara Lain Menikmati Sorgum

Berikut beberapa cara untuk kamu menikmati sorgum secara optimal:

  • Menjadi tepung giling: Sorgum memiliki rasa netral dan warnanya cerah, sehingga bisa diolah menjadi layaknya tepung bebas gluten untuk menjadi bahan campuran kue, roti bahkan mie.
  • Pengganti nasi atau quinoa: Kamu bisa memasak biji-bijian sorgum utuh sama seperti cara memasak nasi atau quinoa.
  • Popcorn sorgum: Untuk penyuka popcorn, kamu bisa mengganti biji jagung dengan sorgum, lalu tinggal tambahkan bumbu untuk menambah rasa.
  • Sebagai sereal: Seperti biji-bijian sereal lainnya, sorgum juga nikmat jika diolah layaknya sereal, granola bar, dan kue.
  • Sirup sorgum: Sorgum juga biasanya menjadi alternatif madu dan gula untuk ditambahkan ke makanan olahan sebagai pemanis alami.

Nah, itu dia ulasan berbagai manfaat sorgum untuk kesehatan dan cara lain untuk menikmati sorgum.

Jika kamu ingin mencoba sorgum, saat ini sudah banyak produsen yang memproduksinya. Kamu juga bisa memesannya secara online.

Jangan ragu lagi untuk mencoba konsumsi sorgum sebagai alternatif pengganti nasi dan roti ya. Terbukti, sorgum kaya akan nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun, mengkonsumsi makanan sehat tidak bisa menjamin 100% akan terhindar dari berbagai risiko penyakit yang tak terduga.

(Baca Juga: Manfaat Asuransi Kesehatan Bagi Pekerja Milenial)

Kamu juga perlu mengantisipasi segala kemungkinan risiko kesehatan di masa mendatang dengan memiliki asuransi kesehatan.

Apalagi, di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Virus sedang hidup berdampingan dengan manusia dan bisa kapan saja menyerang kamu atau keluarga.

Akan lebih baik jika sedia payung sebelum hujan bukan?

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu akan merasa tenang dan aman sebab adanya jaminan perlindungan dari berbagai risiko kesehatan.

Segera ajukan asuransi kesehatan melalui CekAja.com, kamu akan diberi proses pengajuan yang mudah, cepat dan aman secara online.

Di CekAja.com juga kamu bisa melakukan perbandingan berbagai produk asuransi kesehatan terbaik di Indonesia dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu.

Yuk, segera ajukan asuransi kesehatan terbaikmu di CekAja.com