7 Merk Sabun Pembersih Area Kewanitaan Terbaik dan Aman Digunakan

Miss V adalah salah satu bagian tubuh yang semestinya juga dirawat secara rutin. Salah satunya dengan menggunakan produk dari merk sabun pembersih area kewanitaan.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menggunakan Sabun Pembersih Kewanitaan

Namun bukan sembarang merk sabun pembersih area kewanitaan. Sebab, salah menggunakan justru bisa menimbulkan infeksi bakteri maupun infeksi jamur vagina.

Nah mengutip dari laman Klikdokter, sebelum menggunakan sabun pembersih Miss V, ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan terutama menyoal merk sabunnya.

Pertama, cek terlebih dulu bahan yang digunakan dalam produk tersebut. Hal ini tak boleh dianggap sepele, terlebih jika kamu memiliki riwayat iritasi atau alergi terhadap suatu kandungan.

Kedua, pilihlah merk sabun pembersih area kewanitaan yang mengandung bahan alami seperti daun sirih ataupun chamomile.

Produk seperti itu sudah banyak tersedia di pasaran, dan pastinya lebih aman ketimbang produk pembersih yang murni menggunakan bahan kimia.

Ketiga, hindari penggunaan merk sabun pembersih area kewanitaan yang mengandung fragrance atau memiliki aroma kuat. Karena ditakutkan dapat membuat Miss V infeksi bahkan berbau tidak sedap.

Rekomendasi Merk Sabun Pembersih Area Kewanitaan Terbaik

Nah buat kamu yang baru ingin mencoba produk sabun pembersih Miss V, berikut ada tujuh rekomendasinya yang CekAja rangkum lewat informasi di bawah ini.

1. Corine de Farme Body and Intimate Care

Kisaran Harga: Rp89 ribu

Merk sabun pembersih area kewanitaan yang terkenal di Indonesia ini menariknya selain dapat digunakan untuk Miss V, juga bisa dipakai sebagai sabun mandi lho.

Kandungannya yang berbasis natural origin dan tanpa alcohol maupun fragrance, membuat produk ini aman untuk digunakan sekaligus tidak memiliki aroma yang menusuk.

Bahkan berdasarkan review yang didapat dari laman Female Daily, Corine de Farme Body and Intimate Care mampu mengatasi masalah Miss V kering, gatal, dan minim risiko iritasi.

(Baca Juga: 10 Merk Deodorant Terbaik untuk Pria dan Wanita)

2. Lactacyd Feminine Hygiene

Kisaran Harga: Rp70 ribu

Selain Corin de Farme, ada Lactacyd Feminine Hygiene yang juga sering direkomendasikan sebagai merk sabun pembersih area kewanitaan terbaik.

Produk ini mengandung Lactoserum dan Lactic Acid atau asam laktat.

Sebagai informasi, asam laktat adalah jenis obat yang memiliki dua tipe komposisi pada umumnya, yaitu emolien dan keratolytic.

Kedua bahan tersebut berfungsi untuk mengobati kulit gatal, kasar, dan mencegahnya kering.

Selain aman untuk digunakan, penggunaan Lactacyd Feminine Hygiene juga disarankan saat wanita dalam masa siklus menstruasi.

Kamu dapat menggunakan sabun pembersih ini 2 kali dalam seminggu, dengan melarutkannya bersama sedikit air, lalu bersihkan ke area Miss V.

3. Andalan Feminine Care

Kisaran Harga: Rp20 ribu

Bukan hanya populer dengan produk kontrasepsinya, Andalan juga mengeluarkan rangkaian produk sabun pembersih khusus area kewanitaan.

Dengan menggunakan bahan alami seperti sirih, white lily, serta manjakani, Andalan menawarkan tiga produk sabun pembersih kewanitaan yang masing-masingnya diberi nama Fresh Intimate Wash, Natural White Intimate Wash, dan Revitalize Intimate Wash.

Ketiganya sudah teruji secara ginekologis, hipoalergenis, dermatologis, sekaligus halal penggunaan.

4. Sebamed Feminine Intimate Wash

Kisaran Harga: Rp185 ribu

Merk sabun pembersih area kewanitaan yang satu ini memang secara khusus dirancang untuk pemilik kulit sensitif.

Produk ini diklaim dapat menstabilkan kelembaban pada bagian intim dan membuatnya terbebas dari bakteri, alergi, maupun bau tidak sedap yang sering terjadi saat mengalami keputihan.

Kamu dapat menggunakannya bersamaan dengan air hangat dan pastikan untuk membersihkan organ intim dengan arah yang benar, yakni dari depan ke belakang dan bukan sebaliknya.

Sebamed Feminine Intimate Wash ini juga dianjurkan untuk digunakan oleh wanita pada saat dan setelah melahirkan.

5. Good Virtues Co. Feminine Wash

Kisaran Harga: Rp60 ribu

Merk sabun pembersih area kewanitaan yang kelima dalam daftar ini diisi oleh brand ternama asal Malaysia, Good Virtues Co.

Menggunakan kandungan minyak habbatus sauda dan bahan alami lainnya, produk ini diklaim dapat menjaga kesehatan Miss V sekaligus mencegahnya dari berbagai bakteri dan jamur jahat.

(Baca Juga: Ini Dia 11 Merk Masker Kaki Terbaik)

6. Resik V Godokan Sirih

Kisaran Harga: Rp18 ribu

Cari merk sabun pembersih area kewanitaan yang murah namun berkualitas? Resik V jawabannya!

Produk pembersih Miss V dengan kandungan air godokan sirih asli ini dapat digunakan untuk memelihara kebersihan daerah kewanitaan, sekaligus mengurangi aroma tak sedap pada area tersebut.

Kamu dapat memakainya dengan cara menuangkan sedikit air Resik V ke telapak tangan, kemudian usapkan ke daerah kewanitaan dari bagian depan ke belakang dan bilas dengan air bersih.

7. Betadine Feminine Hygiene

Kisaran Harga: Rp27 ribu

Terakhir, merk sabun pembersih area kewanitaan yang CekAja rekomendasikan adalah Betadine Feminine Hygiene.

Mengandung zat Povidone Iodine, produk ini diklaim dapat mencegah terjadinya infeksi sekaligus mengatasi masalah pada organ intim seperti gatal, keputihan, serta bau tak sedap.

Kamu bisa menggunakan Betadine Feminine Hygiene ini 1 sampai 2 kali dalam seminggu atau sesuai dengan dosis maupun petunjuk dari dokter.

Bolehkah Menggunakan Sabun Pembersih Kewanitaan Tiap Hari?

Itu tadi beberapa merk sabun pembersih area kewanitaan yang dinilai bagus dan aman untuk digunakan.

Meski begitu, sabun khusus Miss V ini sangat tidak dianjurkan untuk dipakai secara rutin, karena ditakutkan dapat mengganggu keseimbangan pH pada area tersebut.

Sehingga pemakaian sabun pembersih hanya boleh dilakukan sesekali saja dan cukup digunakan pada bagian terluar Miss V.

Jika anjuran tersebut disepelekan, takutnya organ intim mengalami beberapa masalah kesehatan seperti infeksi vagina, penyakit radang panggul, hingga berisiko terkena penyakit kelamin. Hihh, serem kan!

Lantas, Apa Cara Terbaik untuk Membersihkan Vagina?

Nah rupanya, selain menggunakan produk sabun pembersih, banyak dokter ahli yang menyarankan agar wanita membersihkan organ intimnya hanya dengan air hangat bersih saja.

Kamu cukup usap bagian Miss V menggunakan air hangat dengan arah dari depan ke belakang. Lalu, keringkan menggunakan handuk kering yang bersih agar vagina tidak lembab.

Selain itu, usahakan untuk menggunakan celana dalam berbahan katun dan rutinlah menggantinya dalam sehari.

Bukan hanya merawat daerah kewanitaan saja, kamu juga perlu memberikan perlindungan tambahan untuk tubuh secara menyeluruh dengan asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan terbaik bisa kamu dapatkan di CekAja.com, yang pasti sudah terbukti menguntungkan, terlebih karena cakupan manfaatnya yang dapat diterima di berbagai jaringan rumah sakit.

Tinggal bandingan dan ajukan secara online, kamu sudah dapat menikmati proteksi tambahan dari asuransi kesehatan CekAja.com.