10 Manfaat Teripang untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang Diketahui!

Berbentuk unik, kenyal dan berduri, siapa sangka bahwa manfaat teripang untuk kesehatan dan kecantikan, sangat banyak. Bahkan, hewan laut yang satu ini, kabarnya bisa cegah penyakit kanker!

Apa Itu Teripang?

Teripang atau timun laut ini merupakan hewan laut, yang tidak memiliki tulang belakang, atau tergolong dalam hewan invertebrata.

Teripang yang bentuknya hampir sama dengan ulat ini, bukan hanya bisa dikonsumsi sebagai makanan, tapi juga pengobatan dan kecantikan.

Kandungan Teripang

  • 14 gram protein
  • 1 gram lemak
  • Vitamin A
  • B2 (riboflavin)
  • B3 (niacin)
  • Kalsium
  • Magnesium.
  • Cairan coelomic, senyawa kimia yang fungsinya serupa sel darah putih manusia.
  • Chondroitin sulphate, yakni senyawa yang ada dalam tulang rawan manusia.
  • Squalene, senyawa yang digunakan dalam memproduksi steroid.
  • Asam palmitat
  • Asam stearat
  • Asam linoleat, adalah jenis-jenis asam lemak yang merupakan antioksidan.

Bahkan, saking istimewanya, teripang memiliki harga yang cukup tinggi, yakni sekitar Rp50 juta per kilo (kurs dollar April 2020).

Hal tersebut dikarenakan hewan ini sulit dicari. Bahkan, beberapa orang rela bertaruh nyawa dan menyelam untuk mendapatkan hewan laut ini.

Tidak hanya satu, sekiranya terdapat sekitar 1.250 jenis teripang di dunia. Yang membuat teripang menjadi mahal lainnya adalah, hewan ini menjadi hidangan kelas menengah di China.

(Baca Juga: Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan)

Semakin banyak duri yang ada di teripang tersebut, maka harga hewan bernutrisi tinggi ini, juga akan semakin mahal.

Dengan harga semahal itu, kira-kira apa saja sih manfaat teripang untuk kesehatan dan kecantikan? Yuk, langsung intip saja rangkuman berikut ini!

10 Manfaat Teripang untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker

Manfaat teripang untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Pasalnya, teripang disebut mengandung komponen yang dianggap dapat melawan tumor dan kanker.

Sebut saja seperti kandungan desholothurin A dan lainnya. Nah, Bahan aktif anti tumor tersebut disebut mampu bekerja, untuk menghambat proses pertumbuhan sel kanker.

Jadi, bagi kamu yang memiliki gejala tumor atau kanker yang masih berada di stadium rendah, bisa mengkonsumsi hewan laut ini.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat teripang untuk kesehatan yang selanjutnya adalah bisa meningkatkan imunitas tubuh, terlebih untuk jenis Teripang emas.

Hal tersebut, dikarenakan teripang emas, Memiliki kandungan asam amino, yang mampu melindungi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Mengatasi Nyeri Sendi

Kamu memiliki masalah nyeri sendi? Hewan laut teripang, bisa jadi solusi masalah penyakit nyeri sendi, yang sering kamu alami.

Hal tersebut, dikarenakan teripang memiliki kandungan kondroitin sulfat. Kandungan tersebut, berfungsi sebagai pelumas sendi, sehingga bisa membantu mengatasi nyeri pada sendi.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat teripang untuk kesehatan yang berikutnya adalah bisa bantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Pasalnya, teripang, terutama teripang emas merupakan bahan makanan yang mengandung lemak sehat. Sehingga, disebut mampu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

Terlebih, kadar kolesterol yang berlebih di dalam tubuh, bisa menjadi sumber awal berbagai timbulnya penyakit yang muncul, dan serius.

Sebut saja seperti stroke dan jantung. Jadi, teripang ini, juga bisa dibilang sebagai obat penyakit berat.

5. Bantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Jenis teripang emas, dikenal mengandung zat kolagen. Nah kolagen inilah yang membuat manfaat teripang untuk kesehatan dan kecantikan bisa dirasakan.

Pasalnya, kolagen sendiri merupakan zat pembentuk lapisan kulit, serta asam lemak tak jenuh, yang bermanfaat untuk menumbuhkan jaringan tubuh saat terluka.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa teripang ini tidak bisa mempercepat penyembuhan luka luar saja, tetapi juga bisa untuk mengobati luka di dalam tubuh.

Sebut saja seperti infeksi pada usus atau lambung. Namun, buat kamu yang mungkin tidak suka mengkonsumsi teripang langsung, Kamu bisa dikonsumsi dalam bentuk tablet atau dioleskan sebagai salep pada luka.

6. Memperbaiki Fungsi Ginjal

Manfaat teripang untuk kesehatan yang tak kalah istimewa adalah bisa memperbaiki fungsi ginjal.

Seperti yang dikutip dari Health Line, sebuah penelitian membuktikan bahwa, hewan laut ini mampu mengontrol tingkat oksidasi, yang bisa berpotensi mengganggu kinerja ginjal.

Nah, buat kamu para pasien penderita gangguan fungsi ginjal, bisa mengkonsumsi teripang.

Bahkan, jika kamu hanya ingin sekedar menjaga fungsi ginjal, juga bisa mengkonsumsi makanan yang terbuat teripang, agar bekerja sebagaimana mestinya.

7. Menurunkan Tekanan Darah/Hipertensi

Manfaat teripang untuk kesehatan, yang berikutnya adalah bisa menurunkan tekanan darah atau hipertensi. Namun, manfaat teripang yang satu ini, juga masih diperlukan penelitian mendalam.

8. Mengatasi Penyakit Kulit Akibat Jamur dan Bakteri

Kamu memiliki masalah penyakit kulit, yang disebabkan jamur dan bakteri? Kamu perlu tahu, bahwa manfaat teripang untuk kesehatan berikutnya ini, bisa sebagai antimikroba dan antijamur.

Ada sebuah penelitian, menemukan bahwa ekstrak teripang mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Sebut saja seperti Escherichia coli, Salmonella typhi, atau Staphylococcus aureus.

Selain itu, dilansir dari laman klikdokter, hasil penelitian lain terkait teripang, juga mengatakan bahwa hewan laut ini mampu melawan Candida albicans, jamur penyebab berbagai infeksi di tubuh.

Selain itu, seperti yang diketahui, bahwa teripang juga mengandung protein dan kolagen. Maka, banyak pula yang memanfaatkan teripang untuk bahan baku obat kesehatan kulit.

9. Sebagai Bahan Baku Pembuatan Kosmetik

Tahukah kamu, bahwa ada tujuh jenis teripang, yang memiliki nilai ekonomis tinggi untuk kecantikan.

Jenis teripang tersebut diantaranya adalah teripang pasir, teripang hitam, teripang cokelat, teripang merah, teripang koro, teripang nanas, dan teripang gamat.

Nah, dari ketujuh jenis teripang tersebut, disebut mengandung zat yang menjadi faktor regenerasi sel.

Sehingga, zat-zat tersebut dapat merangsang regenerasi atau pemulihan sel dan jaringan tubuh yang rusak.

Maka dari itu, teripang banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik kecantikan.

10. Sebagai Obat Kuat

Manfaat teripang untuk kesehatan yang terakhir adalah bisa digunakan sebagai obat kuat. Bagi kamu yang baru tahu, ternyata teripang biasa diolah menjadi obat kuat.

Bahkan, hewan yang bernafas dengan anus ini, diekspor dari Indonesia ke Australia hingga China untuk dimanfaatkan, dengan harga teripang yang cukup mahal, yakni US$ 45 per kilogram (kg) atau sekitar Rp 585.000 (kurs Rp 13.000).

(Baca Juga: 8 Manfaat Ikan Manyung)

Nah, itu dia beberapa informasi tentang manfaat teripang untuk kesehatan. Adapun, jika kamu ingin coba mengkonsumsi teripang, kamu bisa membelinya di pasar ikan.

Ada 2 Jenis Teripang yang Dijual di Pasaran

Setidaknya, kamu akan menemukan dua jenis teripang, yang biasa dijual di pasaran. Yakni teripang kering dan teripang basah.

Untuk yang teripang kering, mungkin akan lebih mudah ditemukan di pasaran, ketimbang teripang basah, karena proses pemasaran yang sulit.

Nah, untuk proses pengolahannya, teripang biasa diproses dengan pembakaran dan perendaman, yang membutuhkan waktu lama, hingga beberapa hari.

Jika kamu menemukan di pasar jenis teripang kering, dan ingin mengkonsumsinya, maka perlu direndam terlebih dahulu, agar lembut kembali.

Dengan proses pengolahan yang lama, mungkin hal tersebut juga, yang membuat harga teripang menjadi mahal.

Bagaimana? Mau coba mengkonsumsi teripang dan rasakan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan tubuh?

Beli Teripang Kering di Toko Online dengan Kartu Kredit

Saat ini, banyak toko online yang menjual teripang kering, karena lebih mudah dikirim. Sehingga, kamu tidak perlu repot ke pasar laut, untuk mendapatkan teripang.

Ada banyak pilihan toko online atau e-commerce yang menjual teripang kering. Namun, karena harganya yang mahal, kamu bisa membeli dengan kartu kredit, agar bisa mendapat berbagai promo menarik.

Mulai dari diskon, cashback, hingga rewards. Tapi, bagaimana kalau belum punya kartu kredit?

Jangan khawatir, kamu bisa mengajukan kartu kredit dengan mudah, praktis dan cepat, secara online melalui CekAja.com!

Di CekAja.com, tersedia banyak produk kartu kredit terbaik dari berbagai bank, di Indonesia yang bisa kamu pilih.

Kamu juga bisa bebas memilih produk kartu kredit, yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu!

Kapan lagi, bisa mengajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, semudah di CekAja.com? Yuk, segera ajukan kartu kredit di CekAja.com!