7 Manfaat Tidur Tanpa Busana selain Meningkatkan Kualitas Tidur

Tahukah kamu, kalau ternyata ada begitu banyak manfaat tidur tanpa busana? Ya, tidur telanjang rupanya tak hanya membuat kualitas tidur seseorang jadi lebih membaik saja.

Namun lebih dari itu, tidur tanpa busana juga dipercaya bisa mencegah penuaan dini dan hal-hal lainnya yang akan CekAja bahas lebih detil lewat artikel ini.

Beredar Mitos Kalau Tidur Tanpa Busana Bisa Diganggu Makhluk Halus

Di Indonesia sendiri, tidur tanpa busana bisa dibilang adalah sesuatu yang masih jarang dilakukan.

Hal ini kemungkinan karena berbagai mitos menyeramkan yang berhubungan dengan makhluk ghaib, yang tentu saja masih banyak beredar di masyarakat.

Konon, orang zaman dulu percaya jika tidur tanpa busana, khususnya para kaum hawa bisa diganggu atau bahkan disetubuhi oleh makhluk tak kasat mata yang menyeramkan yakni Genderuwo.

Mahkluk ini diyakini punya perawakan tinggi besar dengan mata merah dan taring.

Sebagian orang juga percaya apabila Genderuwo tidak hanya semata-mata ingin memenuhi nafsu birahinya saja ketika mengganggu wanita.

Namun lebih dari itu, alasan sosok ini menyetubuhi wanita yang tidur tanpa busana adalah karena ingin menambah kesaktian pada dirinya. Hihh, benar-benar menyeramkan ya!

Tapi terlepas dari mitos tersebut, justru ada banyak manfaat tidur tanpa busana untuk kesehatan.

Bahkan, sekelas Jake Gyllenhaal yang merupakan artis hollywood saja terang-terangan mengaku jika ia lebih suka tidur tanpa busana lho.

(Baca Juga: 5 Bahaya Tidur Menggunakan Lampu Terang)

Manfaat Tidur Tanpa Busana untuk Kesehatan

Biar kamu tertarik untuk mencoba kebiasaan baik ini, berikut CekAja rangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat tidur tanpa busana. Yuk, disimak bersama!

1. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat tidur tanpa busana yang pertama tentu saja untuk meningkatkan kualitas tidur.

Seseorang yang bisa menjaga kualitas tidurnya, diyakini akan merasakan ketenangan dalam dirinya, sekaligus membuat tubuh menjadi tampak lebih bugar saat bangun.

Selain mengurangi kebiasaan begadang, cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik adalah dengan tidur telanjang dalam ruangan bersuhu 15,6 derajat hingga 19 derajat Celsius.

Cara ini terbukti ampuh terlebih untuk yang sering mengalami imsonia.

Sebab, tidur telanjang bisa membuat suhu dalam tubuh tetap rendah, sehingga kamu pun bisa beristirahat dengan nyenyak.

2. Bantu menyehatkan organ reproduksi

Pada wanita, salah satu manfaat tidur tanpa busana adalah untuk menjaga kesehatan vagina.

Organ reproduksi yang satu ini punya suhu jauh lebih hangat dan lembab, sehingga kemungkinan untuk menjadi sarang pertumbuhan jamur dan bakteri sangat besar.

Nah untuk mencegahnya, terutama agar vagina tidak mengalami infeksi ragi atau infeksi jamur adalah dengan membiarkan vagina dalam keadaan bebas bernapas.

Caranya? Tentu saja dengan tidur tanpa busana selama tidak dalam masa menstruasi. Sehingga vagina bisa menikmati sirkulasi udara yang baik.

3. Efektif turunkan berat badan

Siapa sangka, kalau manfaat tidur tanpa busana yang satu ini bisa bantu turunkan berat badan? Ya meskipun enggak secara total dari pengaruh tidur telanjang, namun cara ini dianggap cukup efektif untuk menurunkan hormon stres (hormon kortisol)

Menurut sebuah penelitian, hormon kortisol bisa mempengaruhi berat badan.

Seseorang yang punya kadar kortisol yang melampaui batas normal, dapat mengalami kegendutan sekaligus mengalami perut buncit akibat lemak yang bertumpuk di perut, ketimbang area tubuh lainnya.

Sehingga untuk mengatasi kondisi seperti itu, bisa dilakukan dengan cara tidur tanpa busana yang dapat membuat suhu tubuh tetap normal, dan saat bangun di pagi hari pun, kamu akan merasa jauh lebih bahagia tanpa adanya rasa kecemasan.

Agar efek dari cara ini lebih maksimal, kamu bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan bergizi serta mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Salah satunya dengan menghindari konsumsi alkohol dan beralih ke rutin melakukan olahraga.

4. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat tidur tanpa busana yang keempat adalah untuk menjaga kesehatan kulit, terutama pada bagian organ reproduksi dan ketiak yang seringnya dibalut pakaian.

Dengan tidur telanjang, berarti kamu turut mencegah bagian tubuh seperti yang sudah disebutkan tadi dari penyakit kulit.

Penyakit ini sangat rentan menyerang area tubuh yang lembab, dan berpotensi menjadi tempat berkembangnya bakteri maupun jamur.

5. Menjaga kualitas sperma

Tidak hanya berdampak untuk wanita saja, nyatanya manfaat tidur tanpa busana juga sangat baik untuk pria lho.

Ya, karena seperti yang kita tahu, setiap harinya baik wanita maupun pria tentu saja mengenakan celana dalam bahkan dalam waktu lama.

Padahal ini sangat tidak dianjurkan terutama bagi pria, yang mana nantinya akan mempengaruhi kualitas sperma.

Menggunakan celana dalam yang ketat, bisa membuat produksi sperma menurun, karena suhu di area vital tersebut terus mengalami peningkatan.

Normalnya, suhu di sekitar testikel haruslah di bawah 36,6 derajat Celsius.

Untuk menjaga suhu di area tersebut tetap normal, selain menggunakan celana longgar, para pria bisa mencoba tidur telanjang agar jumlah sperma yang diproduksi jauh lebih meningkat.

6. Menjaga kualitas hubungan pasangan

Manfaat tidur tanpa busana yang satu ini akan sangat maksimal hasilnya jika kamu sudah memiliki pasangan ya.

Menurut beberapa penelitian yang dilansir dalam laman kesehatan, tidur tanpa sehelai pakaian bersama pasangan bisa meningkatkan kontak kulit ke kulit, sehingga intensitas seks yang dilakukan jauh lebih aktif.

Tidak hanya itu saja, manfaat tidur tanpa busana bagi pasangan juga diyakini bisa membuat hormon oksitosin, atau lebih populer dengan sebutan hormon cinta ini meningkat dalam tubuh.

Hormon oksitosin sendiri adalah hormon yang berpengaruh terhadap tingkah laku manusia. Hormon ini berada di hipotolamus otak.

Pada wanita, hormon oksitosin bisa membuat proses kelahiran menjadi lebih mudah, karena sistem kerjanya yang merangsang rahim untuk melakukan kontraksi.

Selain itu, hormon ini juga diyakini bisa membantu produksi air susu meningkat pasca melahirkan.

(Baca Juga: Ini Cara Menghilangkan Ngorok saat Tidur)

7. Mencegah penuaan dini

Manfaat tidur tanpa busana yang terakhir adalah mencegah penuaan dini.

Bagi wanita, menjaga kesehatan kulit wajah merupakan hal mutlak yang harus dilakukan. Sehingga wajah akan tetap tampak muda meski nantinya sudah menginjak usia 25 tahun ke atas.

Selain rutin menggunakan produk anti-aging dan menerapkan pola hidup sehat, ada cara singkat lainnya yang bisa dilakukan agar terhindar dari penuaan dini, yaitu tidur tanpa busana.

Dengan menerapkan cara ini, suhu tubuh akan tetap berada di bawah 21 derajat Celsius, sehingga hormon melatonin bisa diproduksi secara normal.

Hormon ini diproduksi dalam kelenjar pineal otak, yang seringnya disebut pula sebagai hormon tidur.

Selain membuat kualitas tidur menjadi lebih baik, hormon melatonin juga memiliki efek antioksidan yang bagus untuk cegah penuaan dini.

Tips Tidur Tanpa Busana

Itu tadi sederet manfaat tidur tanpa busana. Apabila kamu ingin memulai kebiasaan ini, bisa mencobanya secara perlahan, yakni dengan tidur hanya menggunakan pakaian dalam tanpa baju.

Kemudian, agar aktivitas tidur yang dilakukan jauh lebih nyenyak, cobalah mengganti sprei dengan yang lembut, dan gunakan selimut tebal berbahan wol agar suhu tubuh tetap seimbang.

Apabila suhu dalam kamar dirasa sangat dingin, atur kembali suhunya dengan ketentuan ideal yakni diantara 22 hingga 25 derajat Celsius.

Jangan melebihi dari ketentuan, agar manfaat tidur tanpa busana bisa jauh lebih maksimal kamu rasakan.

Selain mencoba kebiasaan baru tersebut, setidaknya kamu juga mesti mengimbangi kesehatan diri dengan pola hidup yang benar sekaligus memiliki asuransi.

Adanya asuransi kesehatan diyakini bisa menjaga seseorang dari risiko penyakit dan kecelakaan diri yang biasanya terjadi secara mendadak tanpa kita ketahui.

Tidak cuma itu, dengan memiliki asuransi kamu juga bisa meminimalisir ongkos medis yang kadang kala mahal.

Lantas, dimana bisa mengajukan asuransi kesehatan yang terpecaya?

Tentu saja di CekAja.com, yang punya sederet produk asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi terbaik seperti Asuransi Cigna, Asuransi Ciputra Life dan PFI Mega Life.

Sebelum mengajukan, kamu bisa membandingkan terlebih dulu mana produk asuransi yang paling sesuai kebutuhanmu.

Sehingga cakupan manfaatnya bisa kamu nikmati secara maksimal.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk asuransi kesehatan, kamu bisa langsung akses laman utama CekAja.com.

Yuk, ajukan sekarang juga dan dapatkan berbagai manfaatnya untuk kehidupanmu, hingga masa mendatang.