Menabung 10 Juta Setahun, Bisa Tidak ya?

Kamu pernah kepikiran enggak untuk mencoba menabung 10 juta setahun? Bisa atau enggak sih? Tentu saja bisa! Mau tahu caranya? Cek di sini selengkapnya.

Menabung 10 Juta Setahun, Bisa Tidak ya?

‘Selama masih muda, gencarkanlah menabung’. Kalimat tersebut memang benar adanya. Ya, masa muda adalah pilihan yang tepat untuk memupuk pundi-pundi keuangan kamu.

Dengan begitu, ketika memasuki waktu pensiun, kamu enggak perlu lagi mikirin urusan finansial yang seret.

Nah, kalaulah resolusi kamu saat ini adalah menabung 10 juta setahun, tentu saja bisa diwujudkan segera asalkan konsisten.

Lantas, Bagaimana si Caranya Menabung 10 Juta Setahun?

Berikut ini sederet caranya, yuk langsung terapkan ya!

1. Tetapkan Target

Apapun yang dilakukan dalam hidup seenggaknya harus ada target. Begitupun saat kamu ingin menabung 10 juta setahun.

Goals itu bisa saja dicapai, asalkan kamu sudah punya targetnya. Target di sini lebih tepat diartikan sebagai jadwal rutin kamu dalam menyisihkan uang alias menabung.

Nah, untuk bisa menabung 10 juta setahun, mungkin kamu bisa terapkan target mingguan atau bahkan bulanan.

Untuk target mingguan sendiri, karena tujuan kamu menabung adalah untuk mengumpulkan dana hingga 10 juta, maka besaran nominal uang yang harus disisihkan per minggu adalah Rp250 ribu.

Sedangkan, jika kamu ingin langsung mengakumulasikannya secara bulanan, maka setidaknya uang yang harus kamu simpan dalam rekening tabungan adalah sebesar Rp900 ribu hingga Rp1 juta per bulan.

(Baca Juga: 7 Cara Kumpulkan Uan 100 Juta dalam Setahun)

2. Say No to Pengeluaran Berlebih

Hal tersulit dari menabung 10 juta setahun tak lain adalah tergiur untuk foya-foya atau lebih memilih untuk membesarkan pos pengeluaran.

Padahal, dari banyaknya metode menabung yang dibagikan pakar financial educator, menjelaskan bahwa pos pengeluaran tidak boleh melebihi dari apa yang telah ditentukan.

Idealnya untuk pengeluaran adalah sebesar 30 persen, merujuk pada aturan 50-30-20.

Itu berarti, 50 persen untuk memenuhi kebutuhan, 20 persen untuk menabung ataupun invetasi, dan 30 persen untuk keinginan seperti hang out, liburan, dan belanja.

3. Sisihkan Uang Belanja ke Tabungan

Selanjutnya dari cara menabung 10 juta setahun adalah dengan menerapkan prinisp ‘sisihkan uang’. Seberapapun sisa uang yang kamu gunakan baiknya disimpan kembali dalam celengan.

Metode ini terbukti efektif selama kamu gak perhitungan. Ingat saja, bahwa uang yang kamu tabungkan saat ini, nantinya juga akan dinikmati kembali jika sudah memenuhi target.

Oiya, untuk besaran nominal yang disisihkan dari uang belanja, sebenarnya enggak ada aturan yang berarti. Namun, idealnya sih pecahan Rp10 ribu, Rp20 ribu, atau bahkan Rp30 ribu per hari.

4. Terapkan Metode ’52 Angka untuk 52 Minggu’

Cara menabung 10 juta yang satu ini sebetulnya telah banyak dibahas, seperti di laman BeautyJournal.id dan Akurat.co.

Mengutip dari dua laman tersebut, diketahui bahwa metode ’52 angka untuk 52 minggu’ ini rupanya dibuat oleh salah satu financial educator di official akun Instagram mereka yaitu @gatherich.

Jadi intinya, metode ’52 angka untuk 52 minggu’ ini dibuat dalam bentuk tabel produktif yang berisi besaran nominal yang harus kamu keluarkan tiap minggu untuk menabung.

Besaran nominalnya sendiri berbeda-beda, dan bisa kamu sesuaikan sendiri dengan keinginan kamu.

Bahkan, dalam tabel tersebut juga didapat angka Rp0 jika kamu memang belum bisa menabung untuk di waktu tertentu.

Oiya, tabel ’52 angka untuk 52 minggu’ ini bisa kamu cetak dalam bentuk hardcopy dan tempel di dinding kamar tidur ataupun celengan ya.

Jangan lupa untuk mencoret tiap angka yang sudah kamu tabung di waktu tersebut.

5. Jangan Gabungkan Rekening Tabungan dan Rekening Harian

Salah satu kesalahan terbesar saat menabung 10 juta setahun adalah dengan mencampurkan rekening tabungan dan rekening harian.

Padahal, cara tersebut sangat tidak dianjurkan. Mengapa demikian? Karena yang ada justru kamu akan sulit untuk menabung, akibat uang yang tersimpan dalam rekening harian terpakai.

Belum lagi kalau kamu tergoda untuk mengambil uang yang ada dalam satu rekening yang sama. Bisa-bisa keinginan untuk memiliki tabungan 10 juta dalam setahun ambyar.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Tentunya dengan memiliki rekening terpisah.

Artinya, yang harus kamu lakukan saat ini adalah dengan membuat kembali rekening baru yang khusus untuk menabung saja.

Dengan memiliki rekening tabungan, kondisi keuangan kamu pun otomatis akan lebih baik, terlebih jika kamu lebih memilih untuk memprioritaskan tabungan dibandingkan pengeluaran harian.

6. Alternatif Lain, Fitur Automatic Debit

Jika sudah memiliki rekening tabungan khusus, selanjutnya kamu bisa meminta pada pihak bank untuk mengaktifkan fitur automatic debit pada rekening yang kamu miliki itu.

Adanya fitur automatic debit tentu saja akan memudahkan kamu untuk mencapai goals, yakni menabung 10 juta setahun.
Dengan fitur ini, kamu juga gak perlu perhitungan lagi perihal nominal yang harus ditabung per bulannya.
Sebab, fitur automatic debit otomatis akan membuat uang dalam rekening terpotong rutin setiap bulan dan dialihkan ke tabungan.

Fitur ini pun memungkinkan kamu untuk tidak mengganggu gugat uang dalam rekening tabungan, karena adanya ketentuan jangka waktu pengambilannya.

7. The Power of Uang Receh

‘Sedikit-dikit jadi bukit’, itulah ungkapan yang tepat dikatakan jika kamu giat mengumpulkan uang receh dalam celengan.

Enggak seberapa memang nominalnya, tapi kalau kamu lakukan secara rutin, bukan tak mungkin menjadi besar nilainya.

Namun tetap ya, metode menabung uang receh ini harus dibarengi dengan metode penyisihan uang ke rekening tabungan, agar cepat mencapai tujuan awal kamu, yakni menabung 10 juta setahun.

(Baca Juga: 11 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dengan Side Job)

8. Jangan Gedein Gengsi

Terkadang, di lingkup pertemanan ada saja orang yang ingin terlihat bergaya selayaknya orang yang mampu menghabiskan banyak uang. Inilah yang kita sebut sebagai terlalu meninggikan gengsi.

Kebiasaan seperti itu sebaiknya dihindari, jika kamu ingin merdeka secara finansial.

Terlalu mengutamakan gengsi hanya karena ingin dipandang orang lain, justru bisa menjadi boomerang bagi kondisi keuangan kamu.

Nasihat ini juga sama berlakunya saat kamu ingin mencapai goals menabung 10 juta setahun.

Ingat, lebih baik dikenal sebagai orang yang bijak dalam keuangan ketimbang menjadi melarat karena menghambur-hamburkan uang.

9. Manfaatkan Bonus Tahunan

Impian untuk menabung 10 juta setahun dapat dengan mudah terwujud jika kamu pun memanfaatkan bonus tahunan atau THR yang didapat.

Bonus tahunan ini nominalnya sama dengan satu kali gaji bulanan kamu. Jika ditotalkan antara gajian rutin dan THR, mungkin saat itu juga isi rekening kamu bisa mencapai angka double digit.

Nah, total pendapatan yang diterima itu sebagiannya bisa kamu sisihkan ke rekening tabungan. Idealnya sih sekitar 30 persen ya.

10. Konsisten is a Must!

Tak lain tak bukan jika kamu ingin mencoba cara menabung 10 juta setahun adalah dengan menjadi orang yang konsisten.

Ini mungkin terdengar gampang, tapi sebenarnya sangat sulit terlebih jika kamu mudah goyah.

Makanya, untuk menjadi orang yang konsisten dalam menabung 10 juta setahun, kamu harus mendisiplinkan diri sendiri.

Bukan dengan kata-kata motivasi, tapi ‘bergerak’ dan terapkan metode menabung yang telah CekAja jelaskan di atas.

Mau Nabung dengan Bunga 4% per Tahun?

Nah, itu dia sederet cara menabung 10 juta setahun. Untuk kamu yang memilih menabung di perbankan, bisa mencoba produk tabungan yang tersedia di CekAja.com.

Bekerjasama dengan Bank HSBC, CekAja menyediakan produk tabungan terbaik untuk aset investasi kamu di masa depan. Besaran bunganya hingga 4 persen per tahun.

Jika tertarik, kamu bisa langsung akses halaman utama CekAja.com dan pilih fitur ‘Investasi & Tabungan’, yang tersedia di menu ‘Asuransi & Tabungan’.

Selain itu, kamu pun dapat mendaftar produk tabungannya langsung dengan klik tabel pengajuan di bawah ini. Yuk, cobain!