Cara Kumpulkan Uang 100 Juta dalam Setahun, Bisa Permudah Rencana Nikah!

Kira-kira ada gak sih cara kumpulkan uang 100 juta dalam setahun? Jawabannya ada! Buat kamu yang penasaran, kali ini CekAja akan memberikan cara kumpulkan uang 100 juta dalam setahun paling efektif khusus untuk kamu. Yuk, simak!

Cara Kumpulkan Uang 100 Juta dalam Setahun, Bisa Permudah Rencana Nikah!

Kegunaan Uang 100 Juta

Berbicara soal cara kumpulkan uang 100 juta dalam setahun, sebenarnya ini bukan hal yang mustahil, karena ini bisa dilakukan dengan ringan dan tanpa beban, terutama jika kamu memiliki goals yang kuat.

Seperti contohnya kamu ingin menikah. Maka cara kumpulkan uang 100 juta ini akan lebih mudah dilakukan, karena niat yang kamu miliki kuat untuk bisa mewujudkan rencana menikah tersebut.

Tetapi selain untuk menikah, kegunaan mengumpulkan uang 100 juta ini juga cukup banyak, di antaranya yaitu:

  • Untuk berinvestasi
  • Membeli atau membangun rumah
  • Membeli kendaraan
  • Membangun bisnis
  • Melanjutkan pendidikan
  • Traveling ke pulau, kota, atau negara impian
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Bank Terbaik di Indonesia untuk Menabung)

Cara Kumpulkan Uang 100 Juta

Seperti yang dijanjikan sebelumnya, kali ini CekAja akan memberikan informasi seputar cara kumpulkan uang 100 juta.

Yang mana, cara kumpulkan uang 100 juta ini pada dasarnya cukup banyak yang perlu dilakukan. Maka dari itu, untuk memudahkanmu mengumpulkan uang 100 juta tersebut dalam satu tahun, di bawah ini CekAja telah merangkum beberapa di antaranya, yaitu:

1. Membuat target

Cara kumpulkan uang 100 juta yang pertama, yaitu membuat target. Maksudnya begini, ketika kamu memiliki tujuan yang jelas dan kuat dalam mengumpulkan uang 100 juta, maka kamu otomatis akan membuat target.

Seperti contohnya, kamu menargetkan uang 100 juta terkumpul dalam 1 tahun. Nah dalam kurun waktu tersebut, kamu perlu membuat aturan yang jelas, seperti berapa persen uang dari penghasilan yang akan kamu tabung per bulannya.

Jika hal tersebut kamu lakukan dengan konsisten, maka bisa dipastikan target mengumpulkan uang 100 juta dapat tercapai.

Tetapi ingat, dalam kurun waktu tersebut akan ada banyak hal terjadi, yang dapat menggoyahkan niat dan konsistensimu dalam mengumpulkan uang 100 juta. Jadi siap-sap kencangkan niatmu, ya!

2. Membuat anggaran keuangan

Selain membuat target, kamu juga perlu membuat anggaran keuangan. Salah satu cara kumpulkan uang 100 juta ini penting dilakukan, agar nantinya kamu bisa memantau apa saja pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui seberapa banyak uang yang sudah terkumpul sampai saat ini, dalam mencapai target uang 100 juta.

Intinya, cara kumpulkan uang 100 juta ini dapat membantu kamu meminimalisir pemborosan, dan menjadikan tujuan keuanganmu sebagai prioritas.

3. Menyisihkan penghasilan bukan menyisakan

Cara selanjutnya yang perlu kamu lakukan dalam mengumpulkan uang 100 juta, yaitu menyisihkan penghasilan, bukan menyisakannya.

Itu merupakan dua hal yang jelas berbeda. Jika kamu menyisihkannya, maka kamu memisahkan sebagian uang untuk tabungan 100 juta di awal kamu menerima gaji.

Sementara jika menyisakannya, maka kamu menggunakan uang gaji terlebih dahulu untuk berbagai keperluan, atau foya-foya kehidupan yang kurang penting. Apabila ada sisa, maka kamu baru memasukkannya ke dalam tabungan 100 juta.

Bagaimana, terlihat jelas bukan perbedaannya? Maka dari itu, jika kamu ingin uang 100 juta terkumpul cepat sesuai target, maka kamu bisa menyisihkan penghasilan di awal untuk tabungan tersebut.

4. Bekerja sampingan

Di urutan keempat, yaitu bekerja sampingan. Ini adalah salah satu cara kumpulkan uang 100 juta yang perlu kamu lakukan untuk mendapat penghasilan tambahan, apabila gaji yang dimiliki saat ini tak mencukupi.

Nah dalam memilih pekerjaan sampingan (freelance) pun, kamu tak bisa sembarangan. Sebab, kamu perlu menyesuaikannya dengan minat, skill, serta waktu luang yang dimiliki.

Selain itu, yang utama adalah kamu perlu menyesuaikan gaji yang ditawarkan dengan kebutuhan uang tambahan saat ini.

Apabila gaji yang ditawarkan masih belum mencukupi kebutuhan, maka kamu bisa mencari pekerjaan sampingan lain yang sekiranya menawarkan gaji yang lebih besar.

5. Melakukan investasi

Kamu pernah menyangka gak sih, kalau investasi adalah salah satu cara kumpulkan uang 100 juta yang bisa dilakukan.

Meski cukup berisiko, namun jika kamu melakukannya dengan teliti, waspada dan benar, maka tak menutup kemungkinan kamu akan mendapat keuntungan yang besar.

Tetapi, hal tersebut perlu kamu lakukan dengan strategi yang tepat. Karena jika berinvestasi, kamu harus selalu melakukan analisa terhadap perusahaan yang kamu beli sahamnya dalam segala aspek.

Itupun kalau kamu melakukan investasi saham. Jika kamu berinvestasi di instrumen lain, seperti crypto dan lain sebagainya, maka kamu perlu melakukan analisa rutin pada instrumen tersebut, agar bisa melakukan langkah terbaik untuk mendapat keuntungan.

6. Memangkas pengeluaran yang tidak perlu

Memangkas pengeluaran yang tidak perlu, nyatanya menjadi bagian dari cara kumpulkan uang 100 juta dalam satu tahun yang tak boleh dilewatkan.

Bagaimana tidak, memangkas pengeluaran yang kurang penting adalah kunci utama kamu bisa menabung lebih banyak uang, dan mempercepat proses terkumpulnya uang 100 juta.

Adapun maksud dan contoh dari memangkas pengeluaran yang tidak perlu, yaitu dengan mengurangi nongkrong di coffee shop atau restoran, belanja baju setiap bulan, atau membeli hal-hal lain yang kurang penting.

Karena sejatinya, dengan memangkas hal-hal semacam itu kamu bisa memiliki banyak sisa uang gaji, yang dapat dialokasikan ke tabungan uang 100 juta. Dengan begitu, target terkumpulnya uang 100 juta pun menjadi lebih cepat dari yang seharusnya.

7. Berkomitmen

Cara kumpulkan uang 100 juta yang bisa kamu lakukan terakhir, yaitu dengan berkomitmen. Ya, untuk bisa mencapai target ini, kamu perlu memiliki komitmen yang kuat.

Karena jika tidak, bisa saja di pertengahan proses menabung kamu akan goyah dengan hal-hal yang dahulunya menjadi kebiasaan, seperti nongkrong, belanja hal-hal yang tidak perlu, atau uang tersebut digunakan untuk berbagai hal konsumtif lainnya.

Jadi, untuk bisa mencapai target uang 100 juta dalam setahun, kamu perlu berjanji dengan dirimu sendiri, kalau kamu akan menuntaskannya dengan baik dan sesuai rencana.

Kamu juga harus berjanji kalau segala rintangan yang akan terjadi nantinya, tak akan mengganggu komitmen kamu dalam mengumpulkan uang 100 juta.

(Baca Juga: Tips Menabung untuk Modal Nikah)

Itulah beberapa cara kumpulkan uang 100 juta, yang sudah kamu ketahui secara lengkap ulasannya di pembahasan sebelumnya.

Bagaimana, dari semua cara yang diberikan tersebut, apakah kamu merasa terbantu dan termotivasi dalam mengumpulkan uang 100 juta?

Jika iya, maka kamu perlu mengumpulkan niat terlebih dahulu, lalu membuat perencanaan dengan matang dari awal.

Untuk susunan perencanaannya sendiri, kamu bisa mengikuti cara-cara yang CekAja berikan di pembahasan sebelumnya.

Apabila semua rencana itu sudah tersusun dengan baik dan benar, maka kamu bisa mulai membuat rekening tabungan, untuk menyimpan semua uang yang dikumpulkan.

Nah di era yang sudah serba digital saat ini, membuat rekening tabungan pun sangat mudah, karena bisa secara online, salah satunya melalui situs perbandingan terpercaya, yaitu CekAja.com.

Di sana, proses pengajuannya berlangsung sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah tercatat dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!