Tips Menabung untuk Modal Nikah Bareng Pacar, Meski Gaji UMR!

Terhalang dana, padahal mau nikah cepat? Yuk, intip tips menabung untuk modal nikah, yang bisa kamu lakukan bareng pacar, meski gajimu standar UMR! Yuk, simak tipsnya di sini!

Pariwara

Pasalnya, menikah bukanlah hal main-main, karena semua membutuhkan banyak pengeluaran, yang nominalnya tidak sedikit.

Apa Saja Persiapan untuk Menikah?

Tidak hanya menyiapkan persiapan saat acara atau pada hari H saja, persiapan menikah juga harus kamu lakukan, bahkan jauh sebelum hari pernikahan tiba, dan persiapan tersebut butuh modal dan biaya.

Kira-kira apa saja, persiapan yang harus kamu lakukan? Berikut informasinya:

  • Persiapan kesehatan (pre-marital check-up)
  • Persiapan lamaran sebelum pernikahan
  • Persiapan konsep pernikahan
  • Mahar
  • Seserahan
  • Sewa gedung
  • Katering
  • Jumlah undangan
  • Rias pengantin
  • Pakaian pengantin
  • Dokumentasi pernikahan

(Baca Juga: 15 Gedung Pernikahan di Jakarta dan Harga Sewa)

Terlebih, pernikahan yang sakral dan mencukupi meski sederhana, tentu menjadi impian bagi banyak pasangan.

Tidak perlu mewah yang penting sederhana, kamu dan pacar bisa kok mengumpulkan modal nikah, dengan tips menabung untuk modal nikah berikut ini.

Bahkan, dengan gaji pas-pasan, seperti standar UMR, kamu bisa kumpulkan dana untuk modal nikah, dalam waktu dua tahun!

Yuk, buat kamu yang sudah pengin cepat-cepat nikah, bisa intip tips menabung untuk modal nikah berikut ini!

Tips Menabung untuk Modal Nikah

1. Memiliki Target Tabungan dan Komitmen

Tips menabung untuk modal nikah, meski gaji UMR yang pertama adalah, kamu dan pacar harus memiliki target tabungan.

Jangan sampai, kamu tidak memiliki target tabungan, untuk modal nikah! Karena, menabung dengan sistem seperti itu, akan membuat kamu merasa kurang puas.

Kamu bisa menargetkan tabungan modal nikah, misalnya Rp50 juta dalam dua tahun. Catat nominal tersebut, agar kamu terpacu untuk selalu menabung, hingga mencapai nominal sekian.

2. Membuat Rincian Anggaran Pernikahan

Tips menabung untuk modal nikah selanjutnya adalah membuat rincian anggaran pernikahan. Pasalnya, kita tak pernah tahu, total semua pengeluaran, jika tidak tahu rinciannya.

Hal tersebut juga dibuat, agar kamu tidak terlewat mana mengeluarkan yang dibutuhkan untuk persiapan pernikahanmu.

Jika kamu tidak tahu berapa standar anggaran tiap kebutuhan, kamu bisa survei anggaran pernikahan, mulai dari sekarang.

Seperti berapa biaya sewa gedung, dekorasi, catering, rias pengantin, dan lainnya. Bahkan, untuk jumlah undangan, kamu juga harus tetapkan dan masukan di catatan anggaran pernikahanmu.

Jangan sampai, jumlah undangan yang kamu catat berapa, yang datang berapa. ika hal tersebut terjadi, maka kamu pengeluaranmu bisa minus.

3. Memperbaiki dan Mengubah Gaya Hidup

Nah, dalam menjalankan tips menabung untuk modal nikah, alangkah baiknya, kamu siap untuk mulai memperbaiki gaya hidup yang baru.

Itu artinya, kamu sudah siap untuk selalu hidup hemat, pacaran tidak perlu mewah, jangan banyak belanja yang tidak penting, dan kurangi hedon!

Bahkan, dalam menjalankan gaya hidup baru ini, kamu juga bisa menurunkan standar hidupmu.

Misalnya, ganti kost yang tadinya ber-AC, jadi kost biasa saja dan yang dekat dengan kantor, jika sering naik taxi mungkin biasakan untuk naik busway atau angkot.

4. Menyisihkan 20% Dana dari Gaji

Berapa kira-kira dana yang harus disisihkan setiap bulannya, agar tips menabung untuk modal nikah berhasil?

Nah, dengan komitmen dan kekonsistenan, kamu bisa sisihkan setidaknya 20% dari gaji UMR kamu, setiap bulannya, selama dua tahun.

Sebut saja gajimu setiap bulannya adalah Rp4,2 juta (UMR Jakarta), disisihkan 20%, lalu hasilnya dikalikan selama dua tahun.

  • 20% x Rp4.200.000 = Rp840.000
  • Selama satu bulan, tabunganmu dan pacar= Rp840.000 x 2= Rp1.680.000
  • Disisihkan selama waktu 2 tahun= Rp1.680.000 x 24 bulan= Rp40.320.000

Nah, meski belum mencapai target mu di awal, misalnya Rp50 juta, setidaknya tabungan mu di tabungan ini sudah bisa mencukupi beberapa kebutuhan.

Sisanya, kamu bisa dapatkan dari dana lain, misalnya THR, atau penghasilan sampingan.

5. Bawa Bekal saat Bekerja

Agar tidak boros selama melakukan tips menabung untuk modal nikah, kamu harus bisa tahan untuk tidak jajan.

Kamu bisa membawa bekal, sehingga uang jajanmu, bisa ditabung di celengan, untuk menambah tabungan utama.

6. Berangkat Bareng Pacar ke Tempat Kerja

Sama halnya membawa bekal dan tidak jajan, kamu juga harus irit dalam hal transportasi. Pasalnya, menggunakan transportasi umum agar irit, memang bisa jadi salah satu tips menabung untuk modal nikah, namun akan lebih baik, kalau kamu berangkat bareng pacar ke kantor.

Sehingga, uang transport bisa dialihkan ke tabungan celengan.

7. Menggunakan Jasa Dekorasi/Rias Pengantin/Catering/Dokumentasi milik Teman

Tips menabung untuk modal menikah selanjutnya adalah dengan memasukan beberapa anggaran seperti dekorasi, rias pengantin, catering, dan dokumentasi, yang jasanya milik temanmu.

Biasanya, jika kamu kenal dekat dengan pemilik dekorasi, rias pengantin dan lain-lain, biaya yang ditawarkan lebih murah, atau bisa dibilang “harga teman”.

Hal ini, juga bisa membuat semangat kamu dalam menabung, menjadi lebih giat.

8. Cari Lokasi Pacaran Hemat

Meski kamu disarankan harus irit, bukan berarti kamu tidak boleh pergi kencan dengan pacarmu. Namun, agar lebih memangkas pengeluaran pacaran, ada baiknya, cari lokasi pacaran yang hemat!

Nah, kamu bisa pacaran hemat dengan pasangan, dengan memasak dan makan bareng pasangan di rumah. Jadi, kamu tidak perlu ke restoran mahal deh.

Selain itu, hindari juga kebiasaan nonton film di bioskop. Kamu bisa sewa DVD dan nonton di rumah. Nggak cuma hemat, tapi model pacaran ini juga nggak kalah romantisnya!

9. Memiliki Rekening Khusus Dana Modal Nikah

Tips menabung untuk modal nikah, yang mungkin sering dilakukan banyak pasangan masa kini, adalah memiliki rekening khusus dana modal nikah.

Nah, seperti yang sudah dibahas, jika target tabungan kalian butuhkan sudah diketahui, langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuka tabungan khusus untuk dana pernikahan.

(Baca Juga: Tips Cari Vendor Catering Pernikahan Budget Minim di Jakarta)

Jangan asal pilih, kamu dan pasangan harus bisa memilih produk tabungan atau rekening yang sesuai dengan kebutuhan pernikahan.

Pastikan, jangan samakan rekening gaji dengan dana pernikahan, karena hal tersebut akan membuat dana tercampur dan membuat kalian , bisa memakai uang tersebut tanpa sadar.

Tidak hanya itu, memiliki rekening tabungan khusus, juga bisa membantu kamu untuk selalu mengingatkan, bahwa ada sebuah komitmen dan tujuan awal kalian menabung.

Nah, daripada repot, mending kamu buka tabungan khusus untuk modal nikah, melalui CekAja.com, agar jenis tabungan yang kamu butuhkan, bisa didapatkan dengan tepat!

Ajukan Tabungan Terbaik untuk Modal Nikah, Melalui CekAja.com!

CekAja.com sendiri, merupakan sebuah situs perbandingan finansial, yang bisa membantu kamu, untuk menemukan produk finansial mana, yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Ada banyak produk finansial, yang bisa kamu dapatkan di CekAja.com, mulai dari kartu kredit, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, pinjaman dana, KTA, hingga tabungan.

Nah, tabungan ini, bisa jadi produk finansial, yang bisa membantu kamu, untuk menggapai impianmu dalam menyimpan dana dengan aman dan terpercaya, untuk modal menikah nanti!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan produk tabungan terbaik pilihanmu, untuk modal nikah, hanya di CekAja.com!

Pariwara