Mengenal Aplikasi Telegram dan Cara Menggunakannya, Whatsapp Apa Kabar?

Bukan sedang membahas surat kawat berisi kombinasi kode, yang ditransmisikan oleh alat bernama telegraf. Kali ini, kita akan membahas dan mengenal aplikasi Telegram, alat komunikasi zaman now, yang disebut-sebut sebagai pengganti Whatsapp!

Sebelum mengenal aplikasi Telegram, yang saat ini sudah mulai dilirik, pasti kamu sudah mengenal aplikasi Whatsapp, lebih dulu bukan?

Nah biasanya, pengguna sebuah aplikasi tidak akan beralih, jika aplikasi yang saat ini sedang digunakan, memiliki masalah.

Atau, bisa juga karena ada aplikasi lain, yang lebih baik, aman, dan lebih asik tentunya. Terlebih, belum lama ini, ada banyak informasi yang beredar, tentang pemaksaan Whatsapp kepada penggunanya, untuk menyetujui berbagi akses data ke Facebook.

Dari kebijakan yang dikeluarkan Whatsapp, ternyata menimbulkan banyak reaksi pengguna.

Mulai yang tak mempermasalahkan, dan mengikuti kebijakannya, hingga yang merasa bahwa kebijakan tersebut terlalu berlebihan, dan takut adanya kebocoran data.

Pada akhirnya, ada sebuah aplikasi serupa Whatsapp, bernama Telegram dengan fungsi yang sama atau tidak berbeda jauh, yakni untuk chatting.

(Baca Juga: Kebijakan Baru Whatsapp Bikin Banyak Pengguna Kabur)

Nah, buat kamu yang belum tahu tentang aplikasi ini, yuk kita mengenal aplikasi Telegram lebih dalam.

Mengenal Aplikasi Telegram

Jadi, buat kalian yang belum punya aplikasi yang satu ini, mungkin bisa diinstal sekarang juga, agar lebih mudah mengenalnya.

Telegram sendiri merupakan sebuah aplikasi pesan chatting, yang memungkinkan penggunanya, untuk mengirimkan pesan chatting rahasia, yang dienkripsi end-to-end sebagai keamanan tambahan.

Sama dengan Whatsapp, aplikasi Telegram juga digunakan untuk berbagi gambar, video, mentransfer dokumen, mengirim lokasi dengan mudah.

Bahkan, banyak yang berpendapat, bahwa Telegram bisa menjadi aplikasi alternatif pengganti Whatsapp. Karena, aplikasi Telegram ini, dinilai sangat baik, cepat, ringan, tidak ber-iklan dan yang paling penting, gratis!

Selain itu juga, kini WhatsApp sedang mengalami trouble, karena dibatasi oleh pemerintah. Jadi, apa kamu sudah ada niatan untuk beralih dari Whatsapp ke Telegram?

Keunggulan Aplikasi Telegram

Yuk, demi mengenal aplikasi Telegram lebih dalam lagi, mari simak apa saja keunggulan dari aplikasi chatting ini.

Aplikasi chat Telegram mempunyai berbagai fitur, maka tak heran jika saat ini Telegram telah memiliki banyak pengguna di seluruh dunia.

Tidak hanya itu guys, bahkan kita juga bisa memasukkan beberapa program, agar aplikasi tersebut bisa bekerja sesuai keinginan kita. Bagaimana maksudnya?

Misalnya, kamu ingin menjadikan Telegram sebagai software untuk server pulsa atau software lainnya.

Selain itu, aplikasi tersebut juga berbasis cloud atau teknologi awan. Maksudnya, kamu bisa melakukan berbagai hal, seperti memindahkan percakapan antara smartphone, tablet, web dan bahkan di desktop Anda.

Waw, impresif bukan? Yuk, buat kamu yang ingin coba menggunakan aplikasi ini, bisa mengenal aplikasi Telegram lebih dalam, dengan mengetahui cara menggunakannya.

Cara Menggunakan Aplikasi Telegram

Berikut adalah beberapa cara menggunakan Telegram, yang bisa digunakan di berbagai perangkat :

  • Download atau Install aplikasi Telegram

Pertama, kamu harus download atau install terlebih dahulu aplikasi Telegram. Caranya, buka App Store atau Google Play, cari Telegram dan install.

Telegram sendiri, memiliki logo aplikasi berwarna biru, dengan simbol pesawat kertas. Jadi, jangan sampai salah install yah.

  • Melakukan Registrasi

Cara menggunakan aplikasi Telegram selanjutnya adalah melakukan registrasi. Cara, dengan masukkan nomor telepon kamu yang masih aktif.

Selanjutnya, kamu hanya tinggal menunggu verifikasi, karena Telegram akan segera mengirimkan pesan teks, dengan kode empat digit.

Setelah sudah mendapatkan kode, kamu bisa gunakan kode tersebut untuk memverifikasi, bahwa nomor tersebut, benar milik kamu

  • Tambahkan Nama dan Foto Profil

Sama seperti aplikasi lainnya, di aplikasi ini pengguna juga memungkinkan untuk bisa membuat profil sendiri, lengkap dengan nama dan foto.

  • Cari teman dengan Telegram

Tanpa teman, kamu tidak bisa melakukan chatting di Telegram. Jadi, jika sudah selesai mengedit nama dan foto, kamu bisa langsung otomatis dapat mencari kontak untuk teman-teman yang menggunakan Telegram.

Terlebih, aplikasi ini juga mencari teman otomatis, jika kamu memberikan izin aplikasi untuk mengakses Address book di ponsel kamu.

Bagaimana melihat daftar teman-teman kamu, yang juga menggunakan aplikasi Telegram?

kamu bisa menekan tab Contact di bagian bawah kiri layar. Setelah itu, Telegram akan menampilkan daftar teman yang menggunakan Telegram, bahkan daftar Contact atau teman yang tidak mendaftar di telegram.

Setelah melihat daftarnya, kamu bisa mengirim undangan untuk bergabung, ngobrol, dengan cara menekan nama teman, yang belum menggunakan Telegram.

  • Ketika Kamu Ingin Memulai Obrolan

Jika ingin memulai obrolan baru, pastikan kamu memilih seorang teman yang memiliki akun Telegram.

Template room chat Telegram, juga sama dengan aplikasi Whatsapp atau bahkan SMS. Kamu bisa mengetik sesuai di kolom yang tersedia.

  • Bisa Kirim Foto, Gambar Link, Video, Dokumen, Kontak atau Lokasi

Jika kamu ingin berbagi hal-hal di atas, maka akan sangat mungkin dilakukan di Telegram. Kamu bisa berbagai informasi kepada teman-teman kamu di kontak.

Caranya, tinggal klik ikon penjepit kertas atau paperclip, di sebelah kolom teks chat. Lalu, pilih jenis informasi, yang ingin dikirim.

Kamu bisa pilih untuk mengambil foto atau video, atau pilih salah satu dari file di perangkat ponselmu.

Selain itu, kamu juga pilih untuk mencari gambar melalui web, yang membuka prompt pencarian, yang hanya menunjukkan gambar results.

  • Melakukan Chat Rahasia

Cara melakukan chat rahasia, kamu tinggal pilih kontak dari tab kontak, lalu pilih opsi New Secret Chat, pilih nama teman.

Di fitur ini, setiap pesan yang dikirim di jendela ini, maka akan dienkripsi. Itu artinya, tidak akan ada orang lain, yang memiliki akses ke chatting ini.

Cara Buka Telegram di Komputer/Web

Whatsapp Bisa Digunakan di Komputer, Laptop atau PC, Telegram? Tentu bisa! Begini caranya:

  • Download Telegram untuk Desktop Windows PC, atau bisa kunjungi situs ini: https://desktop.telegram.org/. Setelah itu install, seperti menginstall program windows lainnya.
  • Atau kamu ingin membukanya lewat web browser, juga bisa dengan kunjungi https://web.telegram.org/
  • Masukan nomor HP
  • Lakukan verifikasi kode yang akan dikirim ke nomor HP
  • Ketika ingin chatting, tambahkan kontak baru terlebih dahulu, dengan klik menu Contact, klik Add Contact, lalu, masukkan rincian kontak
  • Setelah itu, kamu sudah bisa melakukan chatting, dan untuk template room chat juga sama seperti yang ada di aplikasi smartphone
  • Tidak hanya mengirim pesan, untuk mengirim foto, dokumen, dan lainnya, juga sama seperti cara di aplikasi Telegram.

(Baca Juga: Langkah Mengatasi Whatsapp Di-hack)

Nah, itu dia beberapa informasi terkait aplikasi Telegram. Bagaimana, sudah mengenal aplikasi Telegram dengan jelas?

Jika sudah, yuk bisa langsung dicoba. Siapa tahu, bisa lebih membantu dan lebih asyik daripada aplikasi tetangga?

Gunakan Telegram untuk Bisnis!

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi tersebut, untuk kontak bisnis kamu loh. Jadi, kontak Telegram bisa dijadikan admin bisnis, untuk menerima berbagai orderan.

Sehingga, bisa memudahkan kamu, dalam berbagi informasi, foto-foto produk, link, dokumen dan lain-lain. Solusi aplikasi berbagi pesan yang sangat bermanfaat ya!

Kalau untuk soal memudahkan mencari pinjaman dana modal bisnis, CekAja.com solusinya.

Yuk, ajukan pinjaman dana untuk memulai bisnis, dengan banyak produk pinjaman, yang disediakan CekAja.com.

Karena, ada banyak produk pinjaman dari berbagai perusahan fintech dan p2p lending ternama, di Indonesia.

Jadi, nggak perlu ragu dan takut lagi. Tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjaman dana terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!