Mengenal Cara Kerja P2P Lending, Bisa Jadi Solusi Kebutuhan Uang Cepat

Peer-to-peer lending digadang-gadang sebagai solusi pinjaman aman di era modern. Namun apakah kamu sendiri mengetahui cara kerja P2P Lending sebelum melakukan pengajuan?

Mengenal Cara Kerja P2P Lending, Bisa Jadi Solusi Kebutuhan Uang Cepat

Sektor pinjaman selalu dipenuhi pendatang baru dengan inovasinya tersendiri. Maklum, kebutuhan masyarakat yang kian berkembang kadang tidak selaras dengan peningkatan penghasilan.

Hal ini lah yang menyebabkan produk pinjaman kian menjamur dengan variasi yang beranekaragam untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Mengenal P2P Lending

Sebelum mengetahui cara kerja P2P Lending, kita perlu lebih mengenal apa itu P2P Lending secara keseluruhan.

P2P Lending adalah jasa layanan keuangan yang memberikan kesempatan bagi pemberi pinjaman (lender) dan penerima pinjaman (borrower) untuk bertemu melalui sistem elektronik online.

Melalui peer-to-peer lending, peminjam dan pendana dapat melakukan transaksi pinjam-meminjam secara virtual dengan aman.

Cara kerja P2P Lending sendiri berbeda dengan proses pengajuan dana pinjaman konvensional di mana pemberi dana bukanlah institusi melainkan perseorangan.

Terdapat dua jenis utama layanan P2P Lending yaitu untuk memenuhi kebutuhan kredit korporat dan konsumtif.

Untuk kebutuhan korporat, biasanya peer-to-peer lending digunakan untuk kredit mikro dan modal kerja.

Sementara kebutuhan konsumtif digunakan perseorangan baik untuk dana darurat, biaya pendidikan, atau membeli kebutuhan cicilan barang

Terdapat berbagai pilihan perusahaan P2P Lending dengan segmentasinya masing-masing. Peminjam dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dananya.

(Baca Juga: KTA Bank atau P2P Lending?)

Cara Kerja P2P Lending

Dalam proses pengajuan pinjaman online, terdapat dua pihak yang memiliki cara kerja masing-masing. Baik borrower atau lender, penting untuk mengetahui cara kerja P2P Lending dari dua sisi.

Cara Kerja P2P Lending bagi Peminjam Dana (Borrower)

Bagi kamu yang tertarik mengajukan pinjaman di P2P Lending, langkah yang dibutuhkan ternyata tidak sulit.

P2P Lending sendiri lebih fleksibel dibanding lembaga keuangan konvensional dengan bunga yang cukup bersaing.

Berikut langkah kerja di platform P2P Lending yang bisa kamu ikuti sebagai peminjam dana.

  1. Registrasi ke platform peer-to-peer lending yang dituju
  2. Pilih program pinjaman yang dikehendaki
  3. Ajukan pinjaman online serta mengunggah dokumen penting yang dibutuhkan
  4. Platform P2P menganalisa pengajuan pinjaman
  5. Dana segera bisa dicairkan setelah pemberi pinjaman menyetujui pengajuan pinjaman
  6. Bayar pinjaman sesuai dengan perjanjian dan jadwal yang ditentukan

Terdapat beberapa dokumen yang harus kamu siapkan antara lain KTP, NPWP, dan juga Slip Gaji.

Platfrom P2P Lending akan melakukan analisis keuangan borrower melalui sistem credit scoring untuk menilai risiko dan kemampuan finansial peminjam dana.

Cara Kerja P2P Lending bagi Pemberi Dana (Lender)

Tak hanya sebagai peminjam, bagi yang tertarik juga dapat menggunakan dana dinginnya untuk melakukan investasi di platform P2P Lending.

Pemberi dana dapat dengan mudah memilih dari sekian banyak pengajuan pinjaman untuk didanai melihat dari risiko dan bunga yang bisa didapatkan.

Berikut langkah kerja di platform P2P Lending yang bisa kamu ikuti sebagai pemberi dana.

  1. Registrasi ke platform peer-to-peer lending yang dituju
  2. Analisa dan seleksi pengajuan pinjaman dari borrower sesuai dengan informasi yang tertera
  3. Melakukan pendanaan ke borrower sesuai dengan pengajuan melalui platform peer-to-peer
  4. Menerima pengembalian dana beserta bunga yang telah ditetapkan

Dengan memberikan pinjaman, lender dapat mendiversifikasi pendanaannya sehingga memperbesar kesempatan meraup keuntungan.

Meskipun mudah, perlu diingat bahwa terdapat kemungkinan peminjam dana tidak mampu membayar pinjaman. Namun kini layanan peer-to-peer lending menyiapkan protokol spesifik jikalau ini terjadi.

Kelebihan P2P Lending untuk Solusi Pinjaman Cepat

Penyedia layanan peer-to-peer lending di Indonesia kian bertambah. Banyak masyarakat yang mulai memahami cara kerja P2P Lending sehingga tertarik untuk menjadikan platform yang satu ini sebagai solusi.

Apa saja kelebihan P2P Lending dibanding layanan pinjaman yang lain? Berikut beberapa alasan anda dapat memilih layanan ini sebagai alternatif pinjaman dana!

1. Persyaratan Pengajuan Pinjaman Mudah

Berbeda dengan pinjaman dari bank, jika anda mengenal cara kerja P2P Lending maka anda akan mengetahui proses pengajuan pinjaman dengan layanan ini sangat mudah.

Semua langkah bisa dilakukan secara online tanpa perlu ke kantor cabang. Selain itu, persyaratannya juga tergolong mudah, terutama untuk pinjaman kebutuhan konsumtif.

2. Proses Pencarian Cepat

Berbeda dengan pengajuan pinjaman di bank, cara kerja P2P Lending yang berbasis online memudahkan pencairan dana yang lebih cepat.

Semakin banyak jumlah peminjam dan pemberi dana, maka semakin banyak kesempatan pengajuan pinjaman disetujui sehingga lebih cepat juga pencairan dana.

3. Memberi Keuntungan bagi Pemberi Dana

Bagi anda yang memiliki kelebihan dana di tabungan namun bigung mau diinvestasikan ke mana, menjadi pemberi dana dalam skema peer-to-peer lending bisa jadi alternatif.

Dengan melakukan peminjaman dana kepada borrower, anda dijamin akan mendapatkan uang investasi anda dalam waktu yang telah ditentukan dengan bunga yang ditentukan pula.

Hal ini tentu memudahkan terutama bagi pemula yang belum memahami instrumen investasi lainnya seperti saham atau reksadana.

(Baca Juga: Daftar P2P Lending Syariah)

Kemudahan Pengajuan P2P Lending dengan CekAja

Meskipun pembaca telah mengetahui cara kerja P2P Lending baik bagi peminjam maupun pemberi dana, terkadang calon peminjam masih kesulitan dalam menentukan platform apa yang tepat untuk kebutuhannya.

CekAja.com sebagai layanan perbandingan produk finansial dapat memudahkan anda dalam mengetahui produk layanan peer-to-peer lending yang sesuai dengan masing-masing pengguna.

Anda dapat mencari informasi dan membandingkan tiap layanan P2P Lending terkait biaya admin, bunga, hingga tenor agar lebih tepat memilih sebelum melakukan tahap pengajuan pinjaman.

Selain itu, anda juga bisa mengajukan pinjaman dana melalui platform-nya dengan cepat dan mudah secara online serta aman.

Keamanan data pengguna terjamin karena CekAja telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga anda tidak perlu khawatir saat melakukan apply pinjaman online.

Yuk segera ajukan pinjaman P2P Lending lewat CekAja.com!