Mengenal Dana Tunai Kartu Kredit, Apakah Itu?

Mengenal dana tunai kartu kredit yang kita miliki untuk mengatasi masalah keuangan. Apakah bisa dilakukan dan bagaimana manfaatnya?

Pariwara

Ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan jika kita memiliki kartu kredit. Kita bisa memakainya untuk membayar transaksi kita juga bisa untuk meminjam dana tunai loh.

Dana pinjaman tunai ini bisa kita manfaatkan untuk membuka usaha kecil-kecilan atau apa saja. Banyak orang yang salah kaprah karena tidak mengenal dana tunai kartu kredit.

Padahal dengan kita mengenal dana tunai kartu kredit kita bisa memiliki kesempatan meminjam dana lebih besar. Banyak juga yang menganggap kalau dana tunai kartu kredit sama dengan tarik tunai kartu kredit.

Padahal dua hal ini berbeda loh. Nah agar tidak bingung dalam memaksimalkan manfaat kartu kredit kali ini kita akan berikan informasi agar kita bisa mengenal dana tunai kartu kredit dengan tepat.

Yuk simak terus tulisan ini.

(Baca Juga: Ragam Pilihan KTA Tenor 12 Bulan Terbaik)

Mengenal Dana Tunai Kartu Kredit

Fasilitas dana tunai kartu kredit yang sudah banyak diberikan oleh bank penerbit kartu kredit. Pinjaman dana tunai kartu kredit ini bisa dipakai sebagai alternatif sumber dana.

Sekarang sudah banyak orang yang mengenal dana tunai kartu kredit. Seperti yang sudah disebutkan di atas ini berbeda dengan tarik tunai kartu kredit.

Dengan dana tunai kartu kredit kita bisa mengajukan pinjaman dana maksimal 50% dari sisa limit kartu kredit yang kita miliki. Dana pinjaman tunai ini nantinya akan masuk ke rekening kita dan tagihannya masuk ke tagihan kartu kredit yang kita pakai.

Masuknya tagihan dana tunai kartu kredit juga nantinya memudahkan kita untuk membayarnya secara teratur. Jadi jelas sangat berbeda dengan sistem tarik tunai ya.

Besaran bunga dan tenor yang ditawarkan juga berbeda-beda tergantung kebijakan bank penerbit kartu kredit. Ketika kita mengenal dana tunai kartu kredit tentu kita juga harus tahu berapa besaran bunga yang diberikan.

Biasanya bunga yang diberikan untuk dana tunai kartu kredit ini lebih rendah daripada bunga dan biaya tarik tunai. Tentu saja ini karena tenornya yang berbeda.

Semakin lama tenornya maka bunga bisa semakin rendah. Ada bank yang memberikan tenor mulai dari 6 bulan sampai 36 bulan. 

Jika kita sudah mengenal tarik tunai kartu kredit maka seharusnya kita juga harus mengenal dana tunai kartu kredit. Mekanisme dana tunai kartu kredit juga berbeda.

Jika kita akan tarik tunai di atm kita hanya punya limit tidak lebih dari 20% saja. Tidak banyak yang membolehkan menarik tunai lebih dari itu.

Bunga dan biaya tarik tunai juga lebih tinggi daripada dana tunai kartu kredit.

Saat kita mengenal dana tunai kartu kredit yang ternyata mekanismenya berbeda dengan tarik tunai tentu kita akan lebih memilih dana tunainya. Misalnya saja kita memiliki kartu kredit dengan limit Rp 100 juta, sudah dipakai Rp 10 juta.

Maka nilai nominal dana tunai kartu kredit yang bisa kita cairkan adalah sebesar Rp 45 juta yaitu 50% dari sisa limit kartu kredit kita Rp 90 juta. 

Setelah dana kita terima di rekening maka kita bisa gunakan untuk berbagai keperluan. Karena ini dananya juga tidak terlalu besar tapi masih bisa dipakai untuk modal usaha kecil-kecilan loh.

Untuk membayar cicilannya kita bisa melihatnya di tagihan kartu kredit kita. Jadi selain kita mencicil tagihan pemakaian kartu kredit untuk bertransaksi kita juga harus membayar cicilan beserta bunga dari pinjaman dana tunai kartu kredit sesuai dengan tenor yang sudah kita sepakati.

Jadi memanfaatkan dana tunai kartu kredit kita harus pastikan kita nantinya bisa membayar semua cicilannya. Lalu apakah kita masih bisa memakai kartu kredit untuk bertransaksi?

Tentu saja bisa selama tidak melebihi limit yang tersedia.

Setelah kita mengenal dana tunai kartu kredit mungkin ada beberapa yang berpikir kalau pinjaman ini sama seperti KTA. Nyatanya dana tunai kartu kredit dan KTA adalah dua produk pinjaman yang berbeda.

KTA sendiri adalah produk pinjaman dana tunai yang tidak mewajibkan kita untuk memberikan jaminan aset. Jangka waktu pelunasan juga kita yang memilih.

KTA ini dilunasi dengan cara cicilan tiap bulannya sesuai dengan jangka waktu yang sudah kita pilih. Jika kita terlambat membayar akan dikenakan denda keterlambatan pembayaran. 

Untuk bunganya sendiri kebanyakan memberikan bunga flat. Kta sendiri sering sekali memberikan promo bunga rendah mulai dari 0,99%.

Jadi memang produk kta banyak sekali peminatnya. Tapi bukan berarti produk dana tunai kartu kredit tidak ada yang berminat.

(Baca Juga: Promo Kartu Kredit Citibank)

Mungkin setelah kita mengenal dana tunai kartu kredit lewat tulisan ini kita jadi berminat mengambil dana tunai kartu kredit. Pastikan lebih dulu kita memiliki kartu kredit dan pastikan kartu kredit kita memiliki fasilitas dana tunai kartu kredit. 

Jika kita tertarik untuk mengambil pinjaman dana tunai kartu kredit kita bisa mencari informasinya di internet dulu. Kenali juga resiko yang mungkin bisa terjadi.

Selain ada denda keterlambatan pembayaran cicilan, juga ada penalti jika kita melunasi sebelum jatuh tempo.

Jadi sebelum kita langsung mengambil pinjaman, ada baiknya memang mengenal dana tunai kartu kredit yang kita miliki.

Cobalah membuka laman CekAja.com di sana kita dapat menemukan beragam informasi mengenai kartu kredit, dana tunai, dan juga KTA dari berbagai bank.

Kita juga bisa membandingkan satu dengan lainnya, sebelum memutuskan mengambil salah satunya.

Untuk KTA dan pengajuan pembuatan kartu kredit melalui CekAja.com kita bisa langsung memprosesnya secara online. Ini akan menghemat waktu dan lebih cepat juga prosesnya.

Pastikan jika dana tunai dari kartu kredit dan KTA sudah dapat dicairkan, gunakan dana dengan bijak ya.

Pariwara