Cara Memilih Kurma yang Asli beserta Jenis-jenisnya

5 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Di bulan puasa Ramadhan, kurma selalu menjadi buah incaran banyak orang. Pasalnya, buah ini kerap kali dijadikan menu berbuka puasa. Tentu saja karena cita rasa yang lezat dan manisnya. Namun ternyata, buah yang satu ini kerap kali dipalsukan rasa manisnya. Lantas, bagaimana cara memilih kurma yang asli atau palsu?

Mengetahui Cara Memilih Kurma yang Asli beserta Jenis-jenisnya

Jenis-jenis Kurma

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara memilih kurma yang asli, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu lima jenis kurma paling lezat dan paling banyak dicari. Lima jenis kurma tersebut di antaranya, yaitu:

1. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa - Mengetahui Cara Memilih Kurma yang Asli beserta Jenis-jenisnya

Jenis kurma yang paling banyak dicari yang pertama adalah Kurma Ajwa. Kurma yang juga dikenal sebagai kurma nabi ini memang sangat terkenal di kalangan masyarakat.

Hal tersebut dikarenakan kurma ini memiliki segudang khasiat. Dan salah satu khasiatnya yang terkenal adalah mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tidak hanya itu, kurma ajwa juga memiliki keistimewaan seperti yang dijelaskan Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadist, yaitu “barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Kurma yang berasal dari Madinah ini memiliki bentuk yang kecil, warna yang lebih gelap dari jenis kurma lainnya, serta daging kurma yang lebih kering. Oleh karena itu, kurma ini menjadi kurma yang paling dicari banyak orang.

(Baca Juga: Resep Sandwich Tempe dan Kurma yang Menyehatkan)

2. Kurma Sukari

Kurma Sukkari - Mengetahui Cara Memilih Kurma yang Asli beserta Jenis-jenisnya

Jenis kurma yang kedua adalah Kurma Sukari. Jenis kurma yang satu ini kerap kali disebut sebagai kurma nabi. Hal tersebut dikarenakan kurma sukari menjadi salah satu kurma favorit para raja Arab.

Kurma yang memiliki warna kuning kecokelatan, dengan cita rasa manis, serta daging yang sangat empuk dan kenyal ini memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh dan menjaga stamina agar selalu fit.

3. Kurma Palm Fruit

Kurma Palm Fruit - Mengetahui Cara Memilih Kurma yang Asli beserta Jenis-jenisnya

Kurma Palm Fruit menjadi jenis kurma paling dicari yang ketiga. Pasalnya, kurma yang berasal dari Tunisia ini memiliki rasa yang manis dan gurih.

Tidak hanya itu, kurma palm fruit juga dipercaya mampu membersihkan perut dari bekas makanan secara optimal.

4. Kurma Halawi

Kurma Halawi - Mengetahui Cara Memilih Kurma yang Asli beserta Jenis-jenisnya

Jenis kurma yang keempat adalah Kurma Halawi. Dinamakan dengan Halawi karena kurma ini memiliki rasa yang manis seperti madu, sesuai dengan arti dari Halawi itu sendiri dalam bahasa Arab yaitu manis.

Selain itu, kurma yang berasal dari negara Arab ini memiliki warna cokelat keemasan. Kemudian daging yang dimiliki kurma ini sangat lembut, ukuran yang dimiliki juga sangat bervariasi, mulai dari kecil, sedang hingga besar.

5. Kurma Medjool

Kurma Medjool - Mengetahui Cara Memilih Kurma yang Asli beserta Jenis-jenisnya

Jenis kurma yang terakhir adalah Kurma Medjool. Kurma yang berasal dari negara Afrika Utara ini menjadi salah satu kurma yang paling banyak dikonsumsi dan diminati. Hal tersebut dikarenakan kurma medjool ini memiliki rasa manis yang legit layaknya karamel.

Tidak hanya itu, ukuran dari kurma medjool ini pun besar-besar, tentunya dengan daging buah yang sangat lembut. Kurma ini akan semakin manis dan terasa kelezatannya ketika sudah agak kering.

Oleh karena itu, umumnya para penjual menjual kurma medjool ini ketika sudah kering. Pasalnya, semakin kering kurma medjool, maka rasa yang dihasilkan akan semakin manis.

Terlebih, kurma ini mengandung banyak sekali nutrisi, energi, fosfor, kalium, kalsium dan magnesium.

Cara Memilih Kurma yang Asli

Setelah mengetahui jenis-jenis kurma yang paling lezat dikonsumsi, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara memilih kurma yang asli.

Pasalnya, kini banyak sekali jenis kurma yang dipalsukan, mulai dari rasa manis yang terkandung dalam kurma dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, di bawah ini CekAja.com telah merangkum lima cara memilih kurma yang asli khusus untuk kamu. Yuk, simak bersama-sama!

Memiliki Biji

Cara memilih kurma yang asli pertama adalah melihat dari biji yang ia miliki. Sebab, buah kurma yang asli pada dasarnya memiliki biji.

Apabila kamu menemukan penjual yang menjual kurma tanpa biji karena alasan kecanggihan teknologi, maka sudah dipastikan bahwa kurma tersebut merupakan kurma yang palsu.

Tekstur Kurma yang Berserat

Cara memilih kurma yang asli kedua adalah pastikan kurma memiliki tekstur yang berserat. Hal ini menjadi salah satu hal yang wajib kamu ketahui. Karena, tak jarang penjual menjajakan dan mempromosikan kurma yang tanpa serat.

Kurma tanpa serat atau kurma palsu tersebut umumnya terbuat dari tomat yang dikeringkan. Kemudian, tomat akan direndam ke dalam gula.

Setelah jadi, maka penjual yang tidak bertanggung jawab tersebut akan menjajakannya ke konsumen sebagai kurma.

Memiliki Rasa Manis yang Berlebihan

Cara memilih kurma yang asli ketiga adalah dengan mengetahuinya dari rasa manis yang berlebihan. Pasalnya, semanis-manisnya kurma tidak akan terasa manis sekali dan membuat gigi mu menjadi nyeri.

Apabila ketika membeli kurma, kamu menemukan kurma dengan rasa manis yang terlalu tajam, maka sudah dipastikan bahwa kurma tersebut palsu. Sebab, kurma yang palsu menggunakan pemanis tambahan.

(Baca Juga: Ini Ragam Kurma yang Asyik Untuk Berbuka!)

Dikerubuti Banyak Semut

Cara memilih kurma yang asli keempat adalah dengan melihat apakah kurma tersebut dikerubuti semut atau tidak. Karena, jika kurma tersebut dikerubuti semut, maka sudah dipastikan bahwa kurma tersebut merupakan palsu.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kurma palsu menggunakan tambahan pemanis buatan yang umumnya berasal dari gula.

Oleh karena itu, tidak heran apabila kurma palsu banyak dikerubuti semut ketika dibiarkan begitu saja diruang terbuka.

Rasa Manisnya Terasa di Dalam Buah

Cara memilih kurma yang asli yang terakhir adalah memastikan bahwa rasa manis kurma berasal dari dalam buah, bukan dari luar buah. Kamu bisa langsung merasakannya ketika menggigit buah kurma.

Jika kurma yang kamu makan asli, maka kamu tidak akan merasakan manis pada bagian luar atau kulit kurma.

Sedangkan untuk kurma palsu, kamu bisa langsung merasakan rasa manis pada bagian luar kurma.

Hal itu tentu dikarenakan adanya tambahan pemanis yang digunakan pada kurma tersebut.

Bisnis Kurma di Bulan Puasa Ramadhan

Nah, dari mengetahui jenis-jenis kurma yang paling diminati beserta cara memilih kurma yang asli di atas dapat disimpulkan, bahwa kurma menjadi salah satu buah yang paling dicari dan banyak peminatnya.

Terlebih saat bulan puasa Ramadhan seperti saat ini, kurma pasti banyak dicari untuk dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa.

Oleh karena itu, permintaan terhadap buah kurma pun meningkat. Hal tersebut bisa kamu gunakan sebagai salah satu peluang bisnis mu di bulan Ramadhan.

Untuk memulai bisnis kurma di bulan Ramadhan sangat mudah. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari agen kurma terpercaya yang ada di Indonesia.

Tentunya sebelum bekerja sama, kamu harus menyesuaikan harga yang ditawarkan agen tersebut sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Setelah itu, kamu bisa langsung membelinya dan mengemas sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan sebelum dijual. Seperti misalnya, kamu mengemas dalam ukuran setengah kilogram atau satu kilogram.

Apabila proses pengemasan selesai, kamu bisa langsung menjualkannya secara offline atau pun online.

Jika kamu berniat untuk menjualkannya secara online, kamu bisa memasukkan produk mu ke salah satu e-commerce.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Terlebih, keuntungan yang akan kamu dapatkan cukup menggiurkan dengan berbisnis kurma di bulan Ramadhan.

Namun tentu saja, sebelum memulai bisnis ini kamu perlu memiliki modal untuk membeli buah kurma dari agen dan lain sebagainya.

Pastinya, modal yang dibutuhkan tidak sedikit. Mengingat harga dari kurma itu sendiri cenderung mahal.

Oleh karena itu, kamu perlu persiapan dana yang cukup besar untuk memulai bisnis kurma ini.

Tetapi jangan khawatir, jika modal yang kamu miliki saat ini belum mencukupi. Sebab, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai atau KTA dengan proses yang mudah dan cepat hanya di CekAja.com.

Jadi, tunggu apalagi? Ajukan sekarang, yuk!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani