6 Merek Stick Golf Terbaik yang Cocok untuk Pemula dan Profesional

8 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Buat kamu pemain golf pemula yang berencana untuk membeli stick golf, rasanya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa merek stick golf terbaik. Pasalnya, kualitas dari setiap merek stick golf berbeda-beda.

Maka dari itu, agar bisa mendapatkan stick golf berkualitas baik, kau perlu mengetahui apa saja merek stick golf terbaik, yang digunakan dan direkomendasikan oleh banyak pemain golf.

Adapun beberapa merek stick golf terbaik tersebut, pada kesempatan kali ini akan CekAja.com ulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Jenis-jenis Stick Golf

Sebelum membahas lebih jauh tentang rekomendasi merek stick golf terbaik, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu, tentang jenis-jenis stick golf itu sendiri.

Sejatinya, stick golf atau yang juga disebut dengan club, memiliki tiga jenis yang utama, yaitu wood, iron dan putter. Ketiga jenis stick golf itu, tentu memiliki kegunaan yang berbeda, di antaranya yaitu:

  • Wood, berguna untuk melakukan pukulan jarak jauh, driver dan tee-shot
  • Iron, berguna untuk melakukan pukulan jarak menengah, untuk mengincar hole (area green)
  • Putter, berguna untuk memasukkan bola golf ke dalam hole atau green.

Ketiga jenis stick golf ini ada dalam satu set stick golf. Yang mana, satu set stick golf terdiri dari maksimal 14 buah stick golf, yang di antaranya:

  • 3 Wood: yang terdiri dari No. 1 (yang seringkali disebut dengan driver untuk pukulan pertama), No. 3 dan No. 5
  • 7 Iron: yang terdiri dari No. 3 sampai No. 9
  • 1 Iron pitching wedge (yang berguna untuk melakukan pukulan jarak dekat)
  • 1 Iron sand wedge (yang berguna untuk memukul bola yang berada di area pasir)
  • 1 Putter (yang berguna untuk putting di area green).

Semua jenis stick golf tersebut sebaiknya harus dimiliki oleh para pemain golf, tidak terkecuali pemula.

Sebab, ketiga jenis sticknya memiliki ukuran dan kegunaannya masing-masing. Sehingga, ketiga jenis stick golf, sudah pasti akan dibutuhkan pada saat latihan maupun turnamen.

(Baca Juga: Tips Aman Olahraga Malam)

Tips Membeli Stick Golf Terbaik

Selain mengetahui jenis-jenis stick golf, kamu juga perlu mengetahui tips membeli stick golf terbaik. Karena, sebelum menentukan merek stick golf terbaik apa yang akan dibeli, kamu tentu harus mengetahui komponen apa saja yang harus diperhatikan.

Lantas, apa saja tips membeli stick golf terbaik? Di bawah ini CekAja.com akan mengulas tips membeli stick golf dalam bentuk poin-poin, yang terdiri dari:

  • Tujuan bermain golf

Tujuan dari bermain golf merupakan hal pertama yang harus kamu ketahui. Apabila kamu merasa bahwa bermain golf hanya untuk bersenang-senang, dan tidak dilakukan secara rutin, maka kamu sebenarnya tidak perlu membeli stick.

Kamu bisa menggunakan stick golf yang disediakan di tempat kamu bermain golf. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli stick golf, yang hanya digunakan untuk bersenang-senang saja.

Tetapi, apabila tujuan bermain golf mu adalah untuk menjadi pemain golf profesional atau atlet, maka kamu sudah seharusnya membeli stick golf yang lengkap dan berkualitas.

Selain itu, pastikan juga kalau stick golf yang akan kamu beli, menggunakan bahan yang tahan lama.

  • Melakukan perbandingan

Melakukan perbandingan beberapa jenis merek stick golf terbaik sebelum membeli, merupakan hal penting.

Karena dengan melakukan perbandingan, kamu jadi lebih tahu merek stick golf apa yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial mu.

Kamu bisa melakukan perbandingan dengan berbagai macam cara, seperti misalnya browsing di internet, bertanya ke kerabat atau keluarga yang tahu atau paham dengan stick golf, dan lain sebagainya.

  • Harga sesuai dengan kemampuan finansial

Memilih harga yang sesuai dengan kemampuan finansial, merupakan hal penting berikutnya yang juga harus dilakukan.

Pasalnya, jika kamu memaksakan diri untuk membeli stick golf berkualitas dengan harga diluar budget yang dimiliki, maka hal itu hanya akan menambah bebanmu saja.

Sebaiknya, kamu memilih stick golf berkualitas dari merek lainnya, dengan harga yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

Terlebih untuk pemula, yang sebenarnya di awal kamu tidak harus memiliki set stick golf berkualitas tinggi, dengan harga yang fantastis.

  • Bahan yang digunakan untuk tangkai stick golf

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu stick golf, pastikan terlebih dahulu bahwa tangkai stick golf atau shaft, menggunakan bahan yang tahan lama dan nyaman digunakan.

Diketahui, bahan yang umumnya digunakan pada tangkai stick golf adalah bahan baja dan grafit.

Jika kamu pemula, sebaiknya kamu memilih bahan grafit. Hal tersebut dikarenakan, bahan grafit lebih ringan dan mampu menambah kecepatan ketika berayun.

Namun jika budget yang kamu miliki terbatas, kamu bisa memilih bahan baja yang memiliki harga cenderung lebih murah.

Meski begitu, tetapi bahan baja umumnya lebih awet. Bahan baja ini biasanya digunakan oleh para pemain golf laki-laki, karena mereka lebih menyukai tipe tangkai stick golf yang kaku atau regular.

Berbeda dengan pemain golf perempuan, yang lebih suka menggunakan stick golf dengan tangkai grafit, karena lebih ringan, fleksibel dan lembut.

  • Mencoba stick yang akan dibeli

Tips membeli stick golf yang terakhir adalah pastikan kamu mencoba stick yang akan dibeli. Karena dengan mencobanya, kamu akan mengetahui apakah stick tersebut nyaman digunakan, dan sesuai dengan postur tubuh atau tidak.

Kamu bisa mencoba stick yang akan dibeli, setidaknya selama 30-45 menit. Dengan durasi tersebut, kamu bisa mengetahui apa saja kekurangan atau kelebihan yang dimiliki stick golf yang kamu coba, seperti misalnya panjang shaft, berat ayunan dan kecepatan ayunan.

Daftar Merek Stick Golf Terbaik

Jika jenis-jenis stick golf dan tips memilihnya sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui daftar merek stick golf terbaik yang bisa kamu jadikan referensi dan rekomendasi.

Semua merek stick golf terbaik yang akan diulas ini, tentunya memiliki kualitas tinggi dan cocok untuk pemain golf pemula.

Buat tahu apa saja merek stick golf terbaik rekomendasi CekAja.com, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Mizuno

Merek stick golf terbaik yang pertama adalah Mizuno. Dan salah satu jenis set stick golf keluaran Mizuno yang terbaik adalah Mizuno Golf MP-4 Club Iron Sets.

Hal tersebut dikarenakan, stick golf ini memiliki desain yang lebih kuat, sehingga mampu memastikan kontak dengan bola yang lebih solid.

Selain itu, set stick golf Mizuno yang ini pun sudah ditempa dari billet baja karbon ringan 1025E, yang membuat struktur dari setiap stick golf ini, menjadi lebih kokoh dan tahan lama.

Mizuno Golf MP-4 Club Iron Sets juga sangat cocok untuk pemain golf dengan handicap satu digit. Ini dikarenakan, para pemainnya dapat lebih mengontrol jalur bola, serta meminimalisir terjadinya kesalahan.

Untuk bisa memiliki set stick golf terbaik keluaran Mizuno ini, kamu perlu merogoh kocek yang cukup besar, yaitu sekitar R4 juta.

2. Cleveland Golf

Berikutnya ada Cleveland Golf, yang menjadi merek stick golf terbaik versi CekAja.com. Merek stick golf terbaik yang satu ini, memiliki satu set stick golf unggulan bernama Cleveland Golf 2015 CG Black Irons Set.

Dirancang dengan bobot yang ringan, membuat stick golf ini memiliki kecepatan berayun yang cukup tinggi.

Maka dari itu, set stick golf merek Cleveland Golf ini sagat cocok untuk pemula, karena membantu memukul bola dengan jarak jauh, tanpa harus meningkatkan kecepatan ayunan.

Cleveland Golf 2015 CG Black Irons Set dibanderol dengan harga berkisar Rp12 juta. Bagaimana, sangat fantastis bukan? Tingginya harga set stick golf ini disebabkan oleh penggunaan HT 1770 steel face material berkualitas tinggi.

3. Srixon

Selain dua merek di atas, Srixon juga menjadi salah satu merek stick golf terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan. Terlebih untuk Srixon Z 545 Iron set, yang sudah lulus uji para kritikus golf.

Bagaimana tidak, stick golf yang memiliki tampilan elegan ini mampu memukul bola golf dengan akurat, baik dari kiri ke kanan maupun sebaliknya.

Selain itu, set stick golf yang satu ini juga sudah mendapatkan medali perak di golf test review Club Digest 2015. Maka dari itu, tidak heran apabila Srixon Z 545 Iron set dibanderol dengan harga sekitar Rp8 juta.

4. Callaway

Di urutan keempat ada Callaway, sebagai merek stick golf terbaik. Merek ini sudah sangat dikenal sebagai driver Big Bertha yang legendaris.

Meski sudah keluar lama sekali, namun Big Bertha hingga kini masih dianggap sebagai ikon dari Callaway.

Tidak hanya menjadi merek stick golf terbaik, Callaway juga menjadi merek ternama yang sering digunakan oleh banyak pemain golf profesional, baik di Amerika Serikat atau Eropa.

Callaway pun sempat beberapa kali meng-endorse beberapa nama terkenal, seperti David Leadbetter, Jim Furyk, dan Arnold Palmer.

5. TaylorMade

Siapa sih yang tidak tahu merek TaylorMade? Ya, salah satu merek stick golf terbaik ini terkenal karena lini sticknya yang sangat banyak. Pasalnya, setiap enam bulan sekali merek stick golf ini mengeluarkan produk terbaru.

Merek stick golf yang berada di bawah naungan Adidas ini, memiliki satu set stick golf unggulan, yaitu TaylorMade RocketBladez HL Irons 4-AW.

Ini merupakan set stick golf yang sengaja di desain dengan kepala stick lofted lebih tinggi, sehingga mampu mencapai lintasan yang sangat tinggi meskipun diayun dengan kecepatan yang lambat.

6. Bridgestone Iron Tour B JGR HF 1

Merek stick golf terbaik yang terakhir adalah Bridgeston. Sebagian besar dari kamu mungkin hanya tahu kalau Bridgeston adalah produsen ban.

Namun sebenarnya, Bridgeston juga menjadi salah satu manufaktur golf, yang berfokus pada produksi bola dan stick golf. Salah satu jenis stick golf terbaik keluaran Bridgestone adalah Bridgeston Iron Tour B JGR HF 1.

Memiliki tangkai stick yang panjang dengan alas yang lebar, serta loft-iron 26 derajat, membuat stick ini sangat nyaman dan keras ketika digunakan untuk memukul bola.

(Baca Juga: Olahraga yang Bisa Dilakukan Sore dan Malam)

Beberapa merek stick golf terbaik beserta jenis-jenisnya kini sudah kamu ketahui. Semua merek stick golf di atas, bisa kamu jadikan referensi ketika ingin membeli stick golf terbaik di toko peralatan olahraga, maupun di e-commerce yang menjual berbagai macam peralatan golf.

Agar kegiatan belanja menjadi praktis dan hemat, kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

Sebab, kartu kredit seringkali memberikan promo menarik untuk para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback atau rewards point. Bagaimana, sangat menguntungkan bukan?

Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, kamu bisa segera memilih, melakukan perbandingan dan mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang dan dapatkan segudang keuntungannya!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani