10 Mobil Tahan Banjir Terbaik, Anti Mogok Walau Terjang Banjir Bandang

Tahukah kamu, kalau ternyata di musim penghujan ini ada sejumlah mobil tahan banjir, yang mampu melewati tingginya genangan air dengan gagah. Bahkan, sejumlah mobil tersebut juga tidak mengalami gangguan dan kerusakan apapun setelahnya menerobos banjir.

Fenomena itu bisa dibilang menakjubkan oleh masyarakat awam. Pasalnya, selama musim hujan masih mengguyur sebagian besar daerah di Indonesia, banjir akan terus melanda dan banyak rumah serta kendaraan tergenang sampai rusak.

Tetapi untuk kendaraan sendiri, ternyata ada sejumlah mobil tahan banjir, yang tetap kuat dan berfungsi normal, meskipun sudah dipakai menerobos banjir di jalan-jalan besar.

Lantas, apa saja mobil tahan banjir tersebut? Jika ingin tahu informasi lengkapnya, pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan memberikan beberapa daftarnya yang akan diulas khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

10 Mobil Tahan Banjir

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kali ini CekAja.com akan memberikan sejumlah daftar mobil tahan banjir, dan mengulasnya khusus untuk kamu.

Daftar mobil tahan banjir sendiri pada dasarnya ada sangat banyak, namun untuk memudahkanmu mengetahui apa saja mobil tahan banjir terbaik saat ini, di bawah ini telah dirangkum 10 di antaranya, yang terdiri dari:

1. Isuzu Panther

Menempati posisi pertama sebagai mobil tahan banjir, Isuzu Panther memiliki posisi air intake yang lebih tinggi.

Tidak hanya itu, mobil ini juga minim kelistrikan. Di mana, untuk kelistrikannya sendiri didesain khusus agar tidak mudah korsleting.

Karena, mobil bermesin diesel sejatinya tidak memiliki koil, kabel busi dan busi seperti mobil bermesin bensin pada umumnya.

Nah, hal itulah yang menjadi sumber kekuatan mobil bermesin diesel, seperti Isuzu Panther ini dalam menerjang banjir.

Dan sepertinya, slogan “Rajanya Diesel” yang ditujukan untuk mobil ini pun, tampaknya memang mewakili mobil ini.

Sebab, selain mampu menerjang banjir yang sangat dalam, Isuzu Panther juga dikenal dengan kemampuannya yang mampu melampaui berbagai jenis medan ekstrem lainnya.

(Baca Juga: Cara Membersihkan Mobil yang Terendam Banjir)

2. Mitsubishi Pajero

Berikutnya ada Mitsubishi Pajero, yang masuk ke dalam daftar mobil tahan banjir versi CekAja.com.

Memiliki dimensi yang besar, yaitu 4.695 mm x 1.815 mm dan ground clearance 215 mm, mobil ini mampu menerobos banjir yang cukup dalam, yaitu sekitar satu meter.

Apalagi, Mitsubishi Pajero juga sudah dilengkapi dengan pelek ring 17, serta ban ukuran 265/65 yang membuatnya mampu memberikan cengkraman maksimal saat menerobos banjir.

Menariknya, teknologi wind screen protector yang digunakan mobil ini, bisa membuat kaca depan mobil bebas dari air, meskipun sedang menerjang banjir.

3. Toyota Rush

Selain dua mobil di atas, Toyota Rush juga ternyata menjadi bagian dari daftar mobil tahan banjir terbaik saat ini.

Hal tersebut karena, mobil ini memiliki jarak pijak yang cukup tinggi ke tanah, yaitu sekitar 200 mm. Dengan jarak tersebut, mobil ini bisa diajak untuk menerjang banjir yang cukup dalam.

Terlebih, adanya Macpherson Strut with Coil Spring & Stabilizer, serta empat Link with Coil Spring & Lateral Rod handling pada mobil ini juga mampu memudahkan handling saat menerjang banjir.

4. Nissan Navara

Nissan nyatanya tidak mau kalah dari merk mobil lainnya, karena juga memiliki mobil tahan banjir terbaik, yaitu Nissan Navara.

Dengan ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 225 mm, mobil ini memiliki kemampuan yang cukup apik, dalam melewati banjir yang cukup dalam.

Belum lagi ban yang digunakan mobil ini mempunyai ukuran 25570R16, serta velg ring 16 inci yang membuatnya semakin mantap untuk digunakan menerjang banjir.

Tetapi selain karena beberapa hal di atas, mobil Nissan Navara pun sudah terbukti ketangguhannya dalam menaklukan medan offroad dan jalan raya.

5. Nissan Xtrail

Selain mengeluarkan Nissan Navara, Nissan pun memiliki jenis mobil SUV lainnya, yaitu Xtrail yang juga menjadi mobil tahan banjir.

Dengan ground clearance-nya yang tinggi, yaitu 210 mm serta suspensinya yang sangat nyaman, mobil ini mampu menerjang banjir yang cukup dalam, tanpa kekhawatiran apapun.

Sehingga buat kamu yang tinggal di ibu kota, tepatnya di daerah rawan banjir, apabila ingin memiliki mobil sebagai kendaraan pribadi, Nissan Xtrail bisa dijadikan pilihan yang tepat untukmu.

6. Suzuki APV

Memiliki posisi intake manifold dengan tinggi mencapai 80 cm, Suzuki APV dinilai mampu menerjang banjir yang cukup dalam dengan baik.

Itu sebabnya, Suzuki APV masuk ke dalam daftar mobil tahan banjir versi CekAja.com. Apalagi, posisi mesin di kolong mobil juga akan membuat ruang hampa, pada saat mobil menerjang genangan air di atas 80 cm.

7. Toyota Fortuner

Mobil tahan banjir yang selanjutnya, yaitu Toyota Fortuner. Mobil produksi pabrikan Jepang ini, diketahui memiliki dimensi yang besar dan ground clearance tinggi.

Maka dari itu, sangat wajar apabila Toyota Fortuner mampu melintasi banjir dengan Tangguh, tanpa kekhawatiran apapun.

Ditambah, mobil ini ternyata berbasis mesin diesel dengan kode mesin 2KD-FTV 2,5 Liter D-4D, atau Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection, yang membuatnya sangat nyaman dan cocok dipakai di berbagai medan ekstrem, seperti jalanan offroad, onroad, dan banjir.

8. Jeep Wrangler Rubicon

Bukan sesuatu yang mengejutkan, apabila Jeep Wrangler Rubicon masuk ke dalam daftar mobil tahan banjir.

Hal tersebut karena, mobil ini memiliki ground clearance yang tinggi, serta diimbangi dengan suspensi yang kokoh.

Dengan begitu, mobil ini memang sangat cocok untuk digunakan menerobos banjir yang cukup dalam.

9. Suzuki Ignis

Siapa sangka, mobil kecil seperti Suzuki Ignis ternyata mampu menerjang banjir yang dalam dengan sangat baik.

Walaupun jika dilihat dari bentukannya mobil ini sangat mini, namun ground clearance yang dimiliki cukup tinggi untuk ukuran di kelasnya, yaitu 180 mm atau 18 cm.

Di samping itu, posisi air intake atau lubang udara mobil ini pun cukup tinggi, yaitu 70 cm. Nah dengan ketinggian tersebut, seharusnya mobil ini mampu menerjang banjir dengan sangat baik, khususnya yang memiliki kedalaman tidak lebih dari 70 cm.

10. Daihatsu Terios

Mobil tahan banjir yang terakhir, yaitu Daihatsu Terios. Memiliki ground clearance dengan tinggi 1.740 mm x 200 mm, mobil ini dinilai mampu menerjang banjir dengan aman.

Terlebih, Daihatsu Terios juga sudah dilengkapi dengan velg Alloy serta ban berukuran 215/65 R16, yang membuatnya menjadi semakin lincah saat melewati banjir.

Maka dari itu, para pemilik dan pengguna mobil ini bisa lebih tenang dalam menerobos banjir yang cukup dalam.

(Baca Juga: Cara Mengetahui Mobil yang Tidak Pernah Kena Banjir)

Itulah 10 daftar mobil tahan banjir versi CekAja.com, yang sudah kamu ketahui informasinya secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua mobil itu, tentunya memiliki batas kekuatan dan kemampuannya masing-masing. Jadi, meskipun mampu menerjang banjir yang cukup dalam, tetap saja dapat rusak apabila tidak dirawat dengan baik.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu melindungi kendaraan yang kamu miliki saat ini dengan asuransi kendaraan.

Sebab, asuransi kendaraan akan menjamin semua biaya kerusakan, baik yang diakibatkan oleh bencana alam, maupun kecelakaan.

Jika kamu belum tahu ingin menggunakan asuransi kendaraan mana yang terbaik, jangan khawatir. Langsung saja berkunjung ke situs CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kendaraan, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kendaraan terbaikmu sekarang juga!