Pahami Cara Kerja Asuransi Jiwa Unit Link Sebelum Membeli!

7 min. membaca Oleh Maria Nofianti on

Asuransi memang sudah menjadi hal yang lumrah saat ini. Namun ternyata tingkat kesadaran masyarakat akan kebutuhan finansial ini masih tergolong rendah. Padahal memiliki asuransi ada banyak manfaatnya, terutama asuransi jiwa. Asuransi jiwa adalah asuransi yang akan memberikan perlindungan kepada pihak tertanggung jika tertanggung mengalami risiko kematian. Dengan mempunyai asuransi jiwa maka kamu akan merasakan manfaat akan ketidakpastian hidup ini. Paling tidak kamu merasa tenang saat kamu sebagai pencari nafkah sudah saatnya meninggalkan mereka, maka keluarga kamu tidak akan kesulitan akan keuangan.

cara kerja asuransi jiwa unit link

Ada berbagai jenis produk asuransi seperti paket asuransi jiwa, asuransi berjangka, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi rumah dan banyak lagi. Inti dari setiap rencana asuransi adalah memberi Anda perlindungan. Memberikan perlindungan dan mengurangi risiko Anda adalah motif sederhana asuransi.

Melakukan investasi kecil dalam rencana asuransi apa pun, akan memungkinkan Anda bebas dari kekhawatiran dan menawarkan keamanan yang pasti secara finansial. Asuransi bukan hanya alat pengaman finansial, tetapi juga menawarkan Anda beberapa manfaat utama.

Berikut adalah alasan utama mengapa asuransi penting. Asuransi dapat menyiapkan keselamatan dan perlindungan finansial. Mengingat hidup dalam ketidakpastian dan tentu saja bencana seringkali terjadi disaat tak pasti dan kita tidak mengharapkannya. Agar sepenuhnya siap untuk menghadapi setiap hal yang terjadi dalam kehidupan, asuransi sangat penting. Sebagai contoh, rencana asuransi jiwa melindungi keluarga Anda dan kebutuhan keuangan mereka, jika Anda tidak beruntung dan meninggal sebelum anda benar benar siap. Keluarga Anda tidak boleh dibiarkan sendirian untuk berjuang dalam ketidakhadiran Anda, jadi dalam hal inilah rencana asuransi jiwa akan menyelamatkan mereka secara finansial.

(Baca Juga: Kelebihan Membeli Asuransi Secara Online)

Selain asuransi jiwa, kepemilikan berharga seperti mobil atau sepeda Anda juga membutuhkan perlindungan dalam bentuk asuransi kendaraan untuk melindungi Anda dari pengeluaran yang tidak terbayar untuk perbaikan atau kehilangan yang tidak bisa dihindari.

Masyarakat akan lebih mudah menerima produk keuangan berupa investasi daripada asuransi. Maka dari itu ada banyak produk asuransi yang melengkapinya dengan investasi. Asuransi semacam ini disebut dengan asuransi jiwa unit link. Ini adalah dua produk yang bersama-sama memberikan manfaat kepada nasabah baik itu proteksi maupun investasi. Manfaat proteksi dan perlindungan ini berupa asuransi jiwanya dan manfaat investasinya adalah dalam bentuk uang tunai.

Dengan kata lain, Asuransi juga merupakan saluran investasi yang hebat. Rencana asuransi jiwa memfasilitasi penghematan sistematis dengan mengalokasikan dana dalam bentuk premi setiap tahun. Pada akhir jangka waktu polis, pemegang polis dapat memperoleh manfaat dengan menerima pembayaran sekaligus yang akan menjadi sumber dana yang besar.

Asuransi mendorong penghematan dengan mengurangi pengeluaran kita dalam jangka panjang. Kita dapat menghindari pembayaran langsung untuk banyak hal yang tidak menguntungkan seperti penyakit medis, kehilangan sepeda, kecelakaan dan banyak lagi. Ini juga merupakan alat penghematan yang membantu kita mengurangi beban keuangan kita.

Nah berikut ini kita akan menjelaskan tentang bagaimana cara kerja asuransi jiwa unit link sebenarnya.

Sebelum kita membahas cara kerja asuransi jiwa unit link ini ada baiknya kamu tahu manfaat dari asuransi jiwa yang kamu miliki. Beberapa manfaat asuransi jiwa yang bisa kamu dapatkan antara lain:

Perlindungan dari risiko musibah

Dengan memiliki asuransi jiwa maka perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan kepada kamu sebagai kepala keluarga dari risiko musibah di masa datang. Jika kamu meninggal dunia maka perusahaan asuransi tentu akan memberikan uang pertanggungan.

Kelangsungan hidup keluarga menjadi lebih pasti

Asuransi jiwa akan memberikan kepastian untuk keluarga kamu dalam mempersiapkan masa depan. Keluarga kamu akan terlindungi secara finansial jika kepala keluarga meninggal dunia.

Mengelola keuangan dengan sehat

Demi melindungi keluarga dari ketidakpastian di masa depan, asuransi jiwa adalah salah satu solusi yang pas untuk itu. Dengan memiliki asuransi jiwa maka kamu bisa mengelola keuangan keluarga dengan sehat dan baik.

Perlindungan yang sesuai untuk kebutuhan

Asuransi jiwa telah banyak berkembang dari waktu ke waktu dan itu semua selalu menawarkan berbagai macam layanan untuk masyarakat. Produk dari asuransi jiwa bukan hanya pada kematian tapi ada juga yang untuk kesehatan, penyakit kritis, kecelakaan dan lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.

Dalam asuransi jiwa unit link ada dua unsur yang penting yaitu  unsur proteksi dan unsur investasi. Dengan kamu membeli asuransi jiwa unit link maka kamu akan lebih hemat waktu karena sudah mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam satu paket. Jika kamu tertarik dengan hal investasi kamu bisa membeli asuransi jiwa unit link ini. Hasil investasi pada asuransi jiwa unit link ini tergantung dari kondisi pasar dan saham. Sehingga asuransi jiwa ini disebut juga asuransi jangka panjang.

Namun karena banyak masyarakat yang belum terlalu mengerti tentang asuransi jiwa unit link maka banyak dari mereka yang melewatkan untuk membaca polis dengan benar. Karena itu banyak yang menyalahartikan asuransi jiwa unit link ini akan menghasilkan investasi yang tinggi. Maka dari itu perlu adanya pemahaman yang benar tentang cara kerja asuransi jiwa unit link ini. Dalam asuransi jiwa unit link juga ada beberapa biaya yang harus dibayarkan. Nah biaya-biaya itu dibayarkan dengan premi yang masuk. Jadi premi yang masuk sudah dipotong oleh biaya-biaya itu.

Jenis-jenis biaya yang akan dipotong langsung dari premi adalah:

  • Biaya administrasi : biaya ini akan terus diberlakukan selama polis masih aktif. Besarnya biaya tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan asuransi dan bisa bulanan atau tahunan.
  • Biaya alokasi premi : biaya yang akan dibayarkan saat membeli asuransi jiwa unit link. Biaya alokasi premi akan diambil bagi setiap dana yang akan dialokasikan ke investasi.
  • Biaya pengelolaan investasi : biaya ini akan diberlakukan selama asuransi masih aktif. Biasanya untuk biaya pengelolaan investasi ini nilainya beragam mulai dari 3% per tahunnya.

Untuk asuransi jiwa unit link pasti akan ada manfaat pengembalian dana secara tunai. Ada yang menawarkan pengembalian yang cukup tinggi tapi ada juga yang rendah. Sedangkan untuk instrumen investasinya kamu bisa memilih obligasi, saham, campuran dan pasar uang. Disini nasabah seharusnya juga paham bahwa untuk risiko asuransi jiwa unit link akan ditanggung oleh pemilik polis bukan oleh perusahaan asuransinya.

Cara kerja asuransi jiwa unit link

Nah untuk lebih jelasnya lagi lebih baik kita membahas tentang cara kerja asuransi jiwa unit link ini. Berikut penjelasan mengenai asuransi unit link:

  • Premi yang kamu bayar akan masuk ke jenis investasi yang kamu pilih, ada saham, obligasi, campuran serta uang pasar. Premi ini nantinya akan menghasilkan Nilai Polis. Tapi premi itu akan dipotong demi membayar biaya akuisisi di awal pembelian. Jadi premi yang akan masuk untuk investasi adalah nett biaya yang sudah dibayar kepada perusahaan. Dengan begini, investasi akan memberikan manfaat suatu hari nanti.
  • Selanjutnya Nilai Polis, ini perlu diketahui karena merupakan nilai uang yang akan dipakai untuk membayarkan biaya asuransi seperti biaya administrasi serta biaya asuransi tambahan. Maka dari itu perlindungan asuransi itu dibayarkan dari hasil investasinya. Jadi premi pertama akan dipotong oleh biaya akuisisi, selanjutnya akan dipotong lagi untuk membayarkan biaya asuransi ini secara rutin.
  • Ketika semua biaya sudah dibayarkan maka inilah yang disebut Nilai Polis/Nilai Tunai yang bisa ditarik oleh pemilik polis. Uang ini bisa dipakai untuk dana pensiun ataupun dana pendidikan anak-anak nantinya.
  • Jika Nilai Polis ini masih bisa menutupi biaya asuransi maka perlindungan asuransi juga akan terus aktif. Tapi jika nilai polis ternyata tidak cukup untuk membayar biaya asuransi maka akan terjadi Polis Lapse atau proteksi polis akan berhenti. Jika ini terjadi maka nasabah akan diminta untuk membayar dana tambahan selain premi yang rutin dibayarkan.
  • Jadi nilai polis memiliki pengaruh yang besar dalam asuransi jiwa unit link ini. Hal yang mempengaruhinya antara lain besarnya dana sebagai premi dasarnya serta kinerja pengembalian investasi berdasarkan instrumen yang kamu pilih dan mampu atau tidaknya manajer investasi dalam mengelolanya. Karena ini investasi yang dipengaruhi pasar saham maka tidak ada hasil yang pasti.

(Baca Juga: Cara Pengajuan Reimburse Asuransi Jiwa)

Hal yang pasti kamu harus tahu bahwa dalam tahun pertama kamu tidak akan mendapatkan hasil investasinya loh. Karena ini juga berkaitan dengan asuransi maka biasanya akan menggunakan jangka waktu yang lumayan lama, mungkin 10 atau 15 tahun. Nah untuk itu pentingnya memahami cara kerja asuransi jiwa unit link harus menjadi prioritas.

Nyatanya produk asuransi jiwa unit link ini laris manis di masyarakat. Keunggulan yang ditawarkan yaitu paket lengkap dari mulai asuransi jiwa, kecelakaan, penyakit kritis plus investasi ini membuat banyak masyarakat tergiur. Terutama bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit kritis. Jika mereka memilih premi tunggal maka nantinya ahli waris akan mendapat uang pertanggungan 150% dari premi awalnya.

Tips membeli asuransi jiwa unit link

Nah setelah kamu tahu cara kerja asuransi jiwa unit link maka selanjutnya akan kami berikan tips sebelum membeli asuransi unit link ini. Tipsnya antara lain:

  • Menetapkan tujuan finansial agar produk yang dibeli tepat sasaran.
  • Sadar diri dalam kemampuan finansial keluarga.
  • Memahami aturan main asuransi jiwa unit link dan tanya ke agen asuransi jika kamu tidak jelas.
  • Memahami adanya biaya-biaya yang akan timbul. Kamu bisa membandingkan dengan produk lainnya.
  • Memahami bagaimana cara kerja pasar uang/pasar saham sehingga itu bisa mempengaruhi investasi.

Itu dia beberapa penjelasan mengenai asuransi jiwa unit link. Mulai dari manfaat, cara kerja asuransi jiwa unit link hingga tips sebelum membelinya. Semoga tulisan ini bisa membantu ya, dan amankan masa depan keluarga dan beli polis asuransi unit link yang akan membantu calon atau tanggungan kita menerima pembayaran sekaligus atau pembayaran bulanan untuk membantu mereka menangani kebutuhan keuangan mereka. Yuk, Jalani kehidupan yang damai dan kelola risiko yang dapat kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Amankan hidup Anda dengan asuransi dan pastikan Anda menjalani hidup Anda tanpa ketegangan. Selamat memilih asuransi unit link terbaik.

Dapatkan asuransi terbaikmu hanya di Cekaja.com yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Tentang kami

Maria Nofianti

Maria Nofianti