Peluang Bisnis Barang Antik Untungnya Ciamik!

Siapa bilang barang antik tak bernilai? Pasalnya peluang bisnis barang antik kini, semakin terang benderang, karena memang memiliki keuntungan yang cukup menggiurkan!

Tema Rumah Vintage dan Rustic Sedang Tren

Mengapa? Hal tersebut dikarenakan peminat barang antik kini, semakin banyak. Terlebih, bagi para pengoleksi, hingga karena tren yang saat ini sedang booming, yakni tren gaya vintage dan rustic.

Dengan adanya tren tersebut, banyak para peminat yang mencari barang-barang antik, untuk dijadikan pajangan, atau bahkan dijadikan barang yang bisa digunakan kembali.

Misalnya seperti meja mesin jahit kuno, setrikaan batu bara, lampu minyak, lentera, lampu meja, guci, cermin, ranjang, hingga peralatan makan.

Mengapa barang-barang tersebut diburu, dan dijadikan peluang bisnis barang antik, oleh sebagian pebisnis? Bukannya, sebagian barang antik sudah tidak bisa digunakan, dan sudah berusia tua?

Nah, justru hal itu lah yang bisa membuatnya bernilai. Terlebih, barang antik juga sulit ditemukan, jarang dijual, dan tentunya tidak pasaran.

Sehingga, bisa jadi hanya ada segelintir orang saja, yang bisa memiliki barang-barang tersebut. Tentu, kamu sebagai pemilik barang antik, akan bangga dong?

Maka dari itu, dengan adanya peluang bisnis barang antik yang semakin naik daun, kamu juga harus pintar-pintar memanfaatkan peluang tersebut.

(Baca Juga: Peluang Bisnis Baju Thrifting)

Tips Bangun Bisnis Barang Antik

  • Memiliki pengetahuan tentang barang antik, atau memiliki hobi mengoleksi barang antik. Jadi, jangan asal ikut-ikutan buka bisnis, hanya karena sedang banyak dicari.
  • Pastikan kamu pintar dalam memilih barang antik yang berkualitas. Karena, usianya sudah tua, jangan sampai dapat barang antik yang zonk atau sudah rusak
  • Mengetahui informasi detail terkait barang antik yang kamu jual, mulai dari sejarahnya, tahun dibuat, hingga asal barang tersebut.
  • Melakukan perawatan barang antik, agar ketika dijual, barang tersebut nilainya bisa menjadi lebih tinggi
  • Tentukan lokasi bisnis barang antik yang strategis. Jika perlu, jual juga melalui online
  • Memiliki strategi marketing yang baik, dan memilih target sesuai sasaran
  • Pastikan memiliki jaringan pelanggan barang antik. Bahkan, kamu juga tidak hanya bisa menjaring pelanggan satuan, tapi juga bisa kamu jadi distributor.

Ide Peluang Bisnis Barang Antik

1. Menjual Mebel/Furnitur Antik

Ide peluang bisnis barang antik yang pertama, kamu bisa pilih mebel sebagai objeknya. Pasalnya, mebel antik termasuk salah satu barang antik yang sedang tren.

Entah untuk keperluan pribadi, ataupun untuk properti di tempat usaha. Misalnya, mebel antik untuk dipajak di rumah, hingga sebagai properti di kafe, restoran atau di tempat usaha lainnya.

Pasalnya, pebisnis furniture modern kini sudah banyak dan biasa, sehingga kamu bisa eksplorasi untuk menjual mebel unik nan antik, khususnya kepada orang-orang, yang memiliki ketertarikan terhadap mebel antik.

Bagaimana cara dapatkan mebel antik? Kamu bisa dapatkan langsung dari pemilik mebel antik atau mebel tua, misal dari keluarga yang masih menyimpan barang-barang tua, atau bisa juga dari pembuat ulang mebel antik.

Jika sudah dapat, kamu bisa merawat, renovasi ulang, dan lainnya, agar bisa dijual dengan harga lebih tinggi.

2. Radio Antik

Belum mati, kini pendengar setia radio nyatanya masih banyak! Sehingga, radio antik, bisa dijadikan peluang bisnis barang antik, yang istimewa.

Tidak hanya kegunaannya sebagai hiburan, biasanya orang-orang membeli radio antik, dikarenakan bisa sekaligus dijadikan dekorasi rumah.

Material radio antik atau radio jadul, juga dianggap kuat dan awet. Jadi, akan sangat terlihat elegan dan mewah, terlebih desain jadulnya, membuat terlihat makin estetik.

Namun, jika sulit untuk mendapatkan radio antik yang benar-benar tua, kamu juga bisa membuat radio, yang seakan-akan terlihat antik.

Kamu bisa membuat radio baru, dari bahan kayu. Setelah itu, desain dengan model antik, seakan-akan terlihat seperti radio keluaran tahun 70-an.

Meski hanya sebuah radio, kamu bisa menjualnya dengan harga tinggi loh. Karena jarang yang menjual radio antik atau radio kayu.

3. Kamera Antik/Analog

Siapa bilang kamera antik atau analog tidak bisa digunakan? Perlu kamu tahu, bahwa kualitas kamera analog, tidak kalah bagus dari kamera modern. Sehingga, kamu bisa piliha kamera analog sebagai ide peluang bisnis barang antik.

Saat ini, mulai banyak komunitas kamera analog, yang masih menggunakan kamera analog sebagai hobi. Roll film dan lab cuci film juga masih tersedia hingga saat ini.

Jadi, jangan kamu pikir kamera analog di rumahmu sudah tidak bernilai. Semakin antik dan tua, harga kamera analog semakin mahal. Namun tergantung dari fungsinya juga, karena jika sudah tidak berfungsi, kamera analog hanya akan menjadi pajangan.

4. Jam Antik

Selain radio, peluang bisnis barang antik yang juga tak kalah diburu adalah jam antik. Biasanya, jam antik digunakan sebagai pajangan, untuk rumah yang memiliki tema vintage.

Jam antik yang memiliki lonceng, biasanya masih dicari karena, jam lonceng kini sudah tidak diproduksi. Semua jam saat ini, mayoritas sudah beralih ke digital.

Jadi, peluang bisnis barang antik, dengan menjual jam, juga bisa dijadikan ide bagus. Bahkan, jika usia jam semakin tua, maka semakin menarik.

Sebenarnya, ada banyak mitos tentang barang antik, termasuk jam, sehingga berharga tinggi. Namun, jam antik memang barang koleksi, yang sudah langka dan spesial.

5. Botol Bekas Minuman

Bukan masalahan minumannya, tapi botolnya yang bisa memberikan nilai tinggi. Pasalnya, botol minuman beralkohol, memiliki desain yang elegan dan terlihat antik.

Sehingga, botol bekas minuman juga bisa jadi ide peluang bisnis barang antik, yang bisa jadi pilihan.

Bukan botol minuman alkohol biasa, botol minuman yang bernilai, biasanya botol minuman yang memang sudah produksi lama.

Botol minuman, biasa digunakan para kolektor untuk pajangan di rumah, meski pemilik rumah bukan seorang peminum.

6. Karya Seni

Ide peluang bisnis barang antik berikutnya, tentu barang-barang karya seni. Seperti patung, topeng, keris, dan lainnya.

Pasalnya, karya seni yang indah tidak hanya dimiliki Indonesia. Karena ada banyak karya seni, dari banyak negara yang bernilai.

7. Mobil Antik

Ide peluang bisnis barang antik yang satu ini, mungkin perlu modal besar ya, karena harga mobil antik bisa dibilang mahal. Apalagi jika asal pemilik asalnya dari luar negeri.

Ada beragam merk mobil, yang sempat sangat terkenal pada masanya, dan kini sudah menjadi mobil antik, yang sudah tidak diproduksi lagi.

Bahkan, usianya mungkin sudah sangat tua. Namun, banyak pengoleksi mobil antik, yang memang hanya untuk dipajang saja.

8. Lukisan

Tidak hanya lukisan Monalisa saja, yang memiliki nilai estetika tinggi, karena masih ada banyak lukisan antik, yang bisa dijadikan ide peluang bisnis barang antik.

Misalnya, dari siapa pelukisnya, gambarnya,, usianya, nilai seninya, hingga sejarahnya. Harga lukisan antik juga tidak kalah tinggi dari barang antik lainnya.

Namun, untuk mendapatkan lukisan-lukisan antik, memang agak sulit. Asal jangan kamu ambil dari museum saja ya, hehe.

9. Mata Uang

Siapa sangka bahwa alat pembayaran yakni uang, juga bisa dijadikan ide peluang bisnis barang antik? Pasalnya, uang jadul itu memiliki nilai yang bahkan mengalahkan nominal uang itu sendiri.

Kamu bisa menjual mata uang rupiah jadul, hingga mata uang luar negeri, yang sudah tidak laku.

Biasanya, orang yang membeli uang antik, adalah pengkolektor, hingga calon pasangan untuk dijadikan mahar pernikahan.

(Baca Juga: 6 Aplikasi Pinjaman Online Tanpa Slip Gaji, Anti Ribet!)

Nah, itu dia beberapa informasi terkait peluang bisnis barang antik, yang bisa dijadikan referensi.

Saat ini, semua peluang bisa dijadikan bisnis menguntungkan, asal kita bisa memanfaatkannya dengan baik, termasuk menjual barang antik.

Kamu sendiri, lebih suka bisnis jenis barang antik apa? Atau kamu juga suka dengan barang antik, sehingga bisa sekaligus menjalankan hobi.

Namun, apapun jenis bisnisnya, yang paling penting adalah, memiliki modal yang memadai.

Karena, mengandalkan hobi dan niat saja tak cukup, untuk membangun bisnis. Setidaknya, ada sedikit nilai yang bisa dijadikan modal awal, meski kecil.

Adapun, jika kamu membutuhkan modal untuk bisnis, baik dalam jumlah kecil maupun besar, bisa ajukan pinjaman dana tunai di CekAja.com.

Dengan proses cepat dan syarat mudah, membuat kamu jadi tak perlu repot mendapatkan dana tambahan, untuk modal usaha.

Setelah memiliki penghasilan tetap dari bisnis kamu, maka tagihan pinjaman bisa dikembalikan dengan cara dicicil. Membantu banget bukan?

Yuk, cek produk pinjaman dana tunai, dari berbagai perusahaan fintech hingga p2p lending ternama Indonesia, hanya di CekAja.com!