Peluang Bisnis Food Truck dengan KTA SCB? Tentu Bisa!

Peluang bisnis food truck saat ini semakin terbuka lebar. Inovasi terbaru pada bisnis makanan atau kuliner ini kerap disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Peluang Bisnis Food Truck dengan KTA SCB? Tentu Bisa!

Mengenal Bisnis Food Truck

Bisnis makanan memang tidak ada matinya. Terus mengeluarkan berbagai inovasi terbaru, saat ini, bisnis makanan juga hadir dengan konsep food truck.

Food truck merupakan bisnis makanan yang menggunakan kendaraan. Sesuai namanya, kendaraan yang digunakan adalah truk.

Truk yang digunakan bukan sembarang truk. Kendaraan yang akan digunakan tentu sudah didekorasi sedemikian rupa, agar menarik minat pelanggan, serta bisa digunakan untuk  menyiapkan serta menyajikan makanan.

Food truck sebenarnya sudah menjadi tren di berbagai negara di dunia, seperti Eropa dan Amerika. Indonesia juga tidak mau ketinggalan. Bisnis satu ini, sekarang sedang naik daun di Indonesia.

Mengusung konsep yang unik, food truck mendapat respon positif oleh masyarakat indonesia. Oleh sebab itu, peluang bisnis food truck ini bisa dibilang cukup menjanjikan.

(Baca Juga: 4 Hal agar Sukses saat Bisnis Food Truck)

Ide Produk Bisnis Food Truck

Bisnis food truck di Indonesia mungkin sudah mulai beredar. Meski, jumlahnya masih belum sebanyak di luar negeri.

Umumnya, food truck menjual produk makanan seperti burger atau sejenisnya. Tetapi, kamu juga bisa menjual produk makanan lainnya.

Memilih jenis makanan yang masih jarang dan unik untuk dipasarkan, bisa membuka peluang usaha food truck kamu menjadi lancar dan banyak pembeli.

Salah satu ide makanan yang bisa kamu jual adalah es krim. Tingginya rasa suka orang terhadap, es krim bisa menjadi peluang besar untuk kamu pasarkan.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai es krim. Kamu bisa menjual produk es krim dengan menambah sedikit kreasi kamu, agar lebih menarik dan mendatangkan banyak pembeli.

Jika es krim dirasa kurang menarik, kamu juga bisa berjualan makanan khas Asia. Sebab, saat ini tren makan makanan Asia sedang banyak diminati anak muda.

Seperti makanan khas Jepang atau makanan khas Korea, saat ini memiliki peminat yang cukup besar. Sehingga, kamu juga bisa menjual produk dari makanan khas negara tersebut.

Contohnya, kamu bisa menjual makanan ringan seperti, tteokbokki, corndog, takoyaki, atau okonomiyaki. Jika kamu mau menjual makanan khas Indonesia juga bisa dilakukan.

Tips memulai bisnis Food Truck

Memiliki konsep yang unik, peluang bisnis food truck memang cukup menjanjikan. Tetapi, ini bukan berarti kamu bisa langsung berhasil dalam menjalankan bisnis food truck.

Sebab, dalam sebuah bisnis, terlebih jika baru memulainya, akan banyak kendala yang dihadapi. Oleh sebab itu, menghindari kemungkinan terburuk, kamu bisa menyimak beberapa tips sebelum memulai bisnis food truck berikut ini!

1. Produk Makanan atau Minuman yang akan di Jual

Tips pertama agar peluang bisnis food truck kamu lancar adalah menentukan jenis produk makanan dan minuman yang akan dijual.

Pada bahasan sebelumnya, terdapat beberapa jenis makanan yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk menjual produk.

Dengan menentukan produk makanan atau minuman yang akan kamu jual, kamu juga bisa memperkirakan berapa kebutuhan dana yang perlu disiapkan dalam pemilihan bahan bakunya.

Agar lebih murah, kamu bisa memilih dan membeli bahan baku segar di supplier pasar tradisional agar harga yang ditawarkan lebih murah.

Kamu juga bisa menjalin kerjasama dengan supplier tersebut. Pilihlah supplier yang mampu memberikan stok menyetok bahan baku berkualitas dengan harga yang terjangkau sesuai pesanan kamu.

2. Mendesain Bentuk Food Truck

Setelah memilih jenis produk yang akan dipasarkan, kamu jadi bisa menyesuaikan dengan desain bentuk pada food truck kamu.

Terutama di bagian penting, yaitu dapur. Pemilihan alat memasak harus disesuaikan dengan produk yang akan dijual. Sebab, setiap makanan memiliki cara dan alat masak yang berbeda.

Misal, kamu memilih untuk berjualan makanan jenis gorengan, maka kamu membutuhkan wajan besar dalam dapurmu.

Jika memilih berjualan makanan seperti tteokbokki, atau takoyaki, maka kamu perlu alat masak khusus untuk membuat makanan tersebut.

Atau, jika memilih menjual minuman atau es krim, kamu perlu memikirkan desain agar boks cooler serta dispenser bisa tersedia dalam food truck kamu.

Kamu juga perlu mendesain bagian luar truck agar menarik minat pelanggan. Jangan lupa, tampilkan menu-menu andalan agar lebih menarik minat pelanggan

3. Menentukan Lokasi Penjualan

Meski food truck memiliki kelebihan bisa berjualan dimana saja, tidak hanya disatu tempat. Tetapi, menentukan lokasi penjualan tetap perlu kamu lakukan.

Lokasi ini menjadi faktor penting dalam keberhasilan bisnis food truck kamu. Melakukan survey lokasi bisa dilakukan terlebih dahulu untuk melihat peluang pasar.

Meski bisa berjualan dengan berpindah tempat, tetapi bukan berarti kamu bebas sembarangan berjualan. Sebab, perlu berbagai perizinan kamu miliki sebelum bisa berjualan di sebuah lokasi.

4. Mempromosikan Produk dengan Sosial Media

Social media saat ini menjadi tempat terbaik untuk mempromosikan sesuatu, termasuk bisnis food truck yang akan kamu jalani ini.

Berbagai media sosial bisa kamu gunakan. Mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, hingga Tiktok. Memposting foto atau video produk makanan yang kamu miliki di sosial media tersebut, bisa membuat semakin banyak orang mengenal produk kamu.

Kamu juga bisa mencantumkan lokasi tempat berjualan di akun media sosial, agar mempermudah pelanggan untuk bisa datang ke tempatmu.

5.  Menghitung Rancangan Biaya

Memulai bisnis food truck tidak bisa lepas dari biaya modal yang dibutuhkan. Mulai dari kendaraan truk, bahan baku makanan, hingga alat masak perlu dilakukan perhitungan.

Perhitungan rancangan biaya ini penting untuk dilakukan secara terperinci. Dengan adanya perhitungan yang detail, kamu jadi bisa menentukan besaran harga untuk setiap produk.

Dengan begitu, harga yang akan dipasarkan bisa terjangkau bagi pelanggan, tetapi tetap menghasilkan keuntungan untuk kamu

(Baca Juga: Tips Agar KTA Standard Chartered Bank Kamu Disetujui)

Memulai Bisnis Food Truck dengan KTA SCB

Peluang bisnis food truck memang cukup menjanjikan saat ini. Tetapi, setelah menyimak bahasan di atas, kamu perlu memikirkan soal modal sebelum menjalani bisnis ini.

Modal yang dibutuhkan mungkin tidak sedikit. Mengingat kamu membutuhkan truck dalam proses penjualannya. Terlebih kamu juga membutuhkan alat-alat masak dengan harga yang mungkin tidak murah.

Modal tesebut bisa kamu dapatkan dengan cara menabung terlebih dahulu. Tetapi, jika dirasa menabung membutuhkan waktu yang lama, sedangkan kamu ingin secepatnya memulai bisnis food truck.

Pinjaman KTA SCB bisa menjadi solusinya. KTA SCB merupakan produk pinjaman tanpa agunan yang ditawarkan oleh Standard Chartered Bank.

Pinjaman KTA yang ditawarkan hingga 300 juta. Besaran pinjaman tersebut mungkin bisa menutupi modal usaha food truck yang kamu butuhkan.

Produk pinjaman ini memberikan masa tenor yang cukup panjang dan beragam, yaitu mulai dari 3 – 60 bulan.

Tidak hanya itu, KTA SCB ini juga memberikan kemudahan untuk nasabah dalam proses peminjamannya. Sebab, kamu tidak perlu memberikan jaminan untuk bisa mendapatkan sebuah pinjaman.

Proses pengajuan KTA SCB ini bisa kamu ajukan melalui CekAja.com. Di sana, proses pengajuannya sangat mudah, cepat, dan tentunya aman.

Prosesnya yang cepat tentu menguntungkan untuk kamu. Sebab, kamu jadi bisa secepatnya mendapatkan dana untuk memulai bisnis food truck ini.

Nah, tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan pinjaman KTA  SCB untuk memulai bisnis food truck!