Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Penting! Kenali Manfaat Asuransi Untuk Keluarga Kamu

by Maria Nofianti on 28 Januari, 2020

Saat ini, orang-orang muda sudah semakin melek dengan asuransi. Oleh karenanya banyak orang yang mulai terbuka juga menerima asuransi sebagai bentuk perlindungan finansial, salah satunya asuransi untuk keluarga muda.

Manfaat Asuransi Untuk Keluarga MudaKarena kita tahu, bahwa keadaan kita mungkin tak selamanya stabil, akan ada saat dimana manusia diuji dalam hal keuangan, dan untuk menghadapi hal itu, kita bisa memiliki asuransi sebagai bentuk perlindungan atas ketidakpastian.

Bagi kamu yang sudah berkeluarga atau baru saja berkeluarga pasti sudah memikirkan dengan matang bagaimana persiapan menghadapi kehidupan keluarga. Sebagai keluarga dari generasi millennial sudah pasti kamu lebih sadar akan kebutuhan melindungi bagi keluarga.

Maka dari itu kamu pasti menyadari pentingnya asuransi bagi keluarga kamu. Asuransi itu rumit. Ini tidak seperti membeli kursi atau baju atau bahan makanan. Ketika kamu membeli asuransi, artinya kamu membeli janji. Ini adalah janji bahwa jika sesuatu bencana terjadi pada bisnis kamu, perusahaan asuransi akan membantu kamu untuk membuat bisnis kamu kembali utuh.

Namun, kadang-kadang tergoda untuk mempertanyakan nilai asuransi karena merupakan produk yang tidak berwujud. Misalnya saja, kita tak mungkin mengharapkan sesuatu hal buruk terjadi pada bisnis kita, agar kita melihat bagaimana kerja asuransi yang kita miliki setelahnya kan?

Nah itulah, tapi memiliki asuransi adalah hal yang penting, karena kita tak tahu apakah kita akan selalu berada dalam keadaan baik, atau apakah bisnis kita akan lancar terus. Jadi menjadikan asuransi sebagai bentuk perlindungan tidaklah salah.

Sebelum kita mengenali manfaat asuransi untuk keluarga muda seperti kamu ada baiknya kita tahu beberapa jenis asuransi yang ada di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah :

Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa - Penting! Kenali Manfaat Asuransi Untuk Keluarga Kamu

Faktor terbesar dalam memiliki asuransi jiwa adalah menyediakan bagi mereka yang kamu tinggalkan. Ini sangat penting jika kamu memiliki keluarga yang bergantung pada gaji kamu untuk membayar tagihan dan memenuhi kebutuhan hidup.

Pakar industri menyarankan polis asuransi jiwa harus mencakup “sepuluh kali penghasilan tahunan.” Jumlah ini akan menyediakan cukup uang untuk menutupi pengeluaran yang ada, biaya pemakaman, dan memberi keluarga kamu bantalan finansial yang baik jika hal buruk terjadi padamu.

Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan - Penting! Kenali Manfaat Asuransi Untuk Keluarga Kamu

Asuransi kesehatan dibeli untuk menutupi biaya medis untuk perawatan yang mahal. Berbagai jenis polis asuransi kesehatan mencakup beragam penyakit dan penyakit.

Kamu dapat membeli polis asuransi kesehatan generik serta polis untuk penyakit tertentu. Premi yang dibayarkan untuk polis asuransi kesehatan biasanya mencakup biaya perawatan, rawat inap dan pengobatan.

Asuransi Mobil

Asuransi Mobil - Penting! Kenali Manfaat Asuransi Untuk Keluarga Kamu

Di dunia sekarang ini, asuransi mobil adalah kebijakan penting bagi setiap pemilik mobil. Asuransi ini melindungi kamu dari insiden tak diinginkan seperti kecelakaan.

Beberapa kebijakan juga mengganti kerusakan pada mobil kamu selama bencana alam seperti banjir atau gempa bumi. Ini juga mencakup tanggung jawab pihak ketiga di mana kamu harus membayar ganti rugi kepada pemilik kendaraan lain. Terlebih saat ini kepemilikan mobil pun menjadi suatu hal yang penting. Ini adalah salah satu manfaat asuransi untuk keluarga muda yang telah memiliki mobil.

Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan - Penting! Kenali Manfaat Asuransi Untuk Keluarga Kamu

Asuransi pendidikan anak mirip dengan polis asuransi jiwa yang telah dirancang khusus sebagai alat tabungan. Asuransi pendidikan bisa menjadi cara yang bagus untuk memberikan jumlah uang yang bisa digunakan ketika anak kamu mencapai usia untuk pendidikan tinggi dan memperoleh masuk ke perguruan tinggi (18 tahun ke atas). Dana ini kemudian dapat digunakan untuk membayar biaya pendidikan tinggi anakmu kelak. Di bawah asuransi ini, anak adalah jaminan jiwa atau penerima dana, sedangkan orang tua atau wali adalah pemilik polis.

Kamu bisa memperkirakan jumlah uang yang akan digunakan untuk mendanai pendidikan anak-anakmu menggunakan Kalkulator Perencanaan Pendidikan. Ini sangat penting dan memiliki manfaat bagi kelanjutan pendidikan anak yang harus dijamin oleh orang tua, bagaimanapun kelak keadaan orang tua. Karena pendidikan adalah warisan yang jauh lebih berharga ketimbang uang dan materi.

Asuransi Properti

Asuransi Properti - Penting! Kenali Manfaat Asuransi Untuk Keluarga Kamu

Memiliki rumah adalah salah satu impian dan harapan bagi setiap keluarga. Termasuk juga bagi keluarga muda yang belum lama menikah, atau keluarga muda dengan anak yang masih balita. Karena hal ini menunjukkan sebuah kemandirian.

Tentu saja, karena sebagian orang juga enggan untuk hidup bersama dengan mertua atau orang tua terus menerus. Jadi berbahagialah keluarga muda yang sudah memiliki rumah, baik itu rumah dari hasil KPR, rumah dibelikan oleh orang tua, atau rumah yang dibeli dari tabungan bersama.

Kita semua bermimpi memiliki rumah sendiri. Asuransi rumah dapat membantu melindungi dari kehilangan atau kerusakan yang disebabkan oleh rumahmu karena kecelakaan seperti kebakaran dan bencana alam atau bahaya lainnya.

Asuransi rumah mencakup contoh lain seperti rumah terkena kilat, gempa bumi, dll. Tentu saja asuransi rumah sangat penting, apalagi saat ini, kita melihat bagaimana bencana terjadi dimana- mana dan banyak orang kehilangan rumah karenanya.

Setelah kamu mengetahui jenis jenis asuransi yang ada di Indonesia, maka akan kita berikan informasi tentang manfaat asuransi untuk keluarga muda yang perlu diketahui bagi generasi millennial dan keluarga muda saat ini yaitu :

1. Sedia payung sebelum hujan

Hidup dalam ketidakpastian tentu saja sangat tidak mengenakkan, apalagi kita tahu bagaimana hidup memiliki cara untuk melemparkan kejutan kepada kamu ketika kamu tidak mengharapkannya. Agar sepenuhnya siap untuk menghadapi konsekuensi dalam kehidupan, asuransi sangat penting. Sebagai contoh, rencana asuransi jiwa melindungi keluarga kamu dan kebutuhan keuangan mereka, jika kamu tidak beruntung dan meninggal sebelum waktunya. Keluarga kamu tidak boleh dibiarkan sendirian untuk berjuang dalam ketidakhadiranmu.

(Baca Juga: 15 Klenteng Tertua di Indonesia, Tertarik Berkunjung?)

Memiliki rencana asuransi jiwa akan menyelamatkan mereka. Seiring dengan manfaat jika kamu meninggal, mereka juga memberikan manfaat jatuh tempo, menghasilkan corpus tabungan besar untuk masa depan. Tak hanya asuransi jiwa saja, karena kepemilikan barang berharga seperti mobil atau sepeda juga membutuhkan perlindungan dalam bentuk asuransi kendaraan untuk melindungi kamu dari pengeluaran yang tidak terbayar untuk perbaikan atau kehilangan yang tidak terhindarkan.

Jadi memiliki asuransi ini layaknya kita sudah sedia payung sebelum hujan, dan tentu saja hal buruk tak pernah menjadi harapan kita, namun jika hal buruk terjadi, kita sudah memiliki solusi untuk mengatasi masalah selanjutnya.

2. Mengamankan tujuan dan masa depan keluarga

Keadaan kamu sekarang mungkin stabil dengan aliran pendapatan tetap yang cukup baik untuk memenuhi kebutuhan dan juga gaya hidup keluarga kamu. Tapi, apa yang akan terjadi, jika kamu tiba-tiba harus menghadapi akhir hidupmu?

Apakah keluarga kamu dapat memenuhi kebutuhan masa depan mereka tanpa kamu? Di sinilah istilah rencana asuransi berguna. Amankan masa depan keluarga kamu dan beli polis asuransi berjangka yang akan membantu calon atau tanggungan kamu menerima pertanggungan atau pembayaran bulanan untuk membantu mereka menangani kebutuhan keuangan mereka.

Asuransi berjangka adalah salah satu rencana asuransi jiwa yang menawarkan perlindungan jiwa kepada individu untuk jangka waktu tertentu dengan biaya premi yang terjangkau. Ini bisa memberikan manfaat asuransi untuk keluarga muda.

3. Ketenangan pikiran

Manfaat asuransi untuk keluarga muda selanjutnya adalah bisa menjalani kehidupan yang damai dan kemampuan untuk kelola risiko yang dapat kamu hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Amankan hidup kamu dengan asuransi dan pastikan kamu menjalani hidupmu tanpa ketegangan. Dengan meningkatnya biaya medis, asuransi kesehatan wajib dipegang. Lindungi kamu dan keluarga kamu dengan perlindungan asuransi kesehatan yang akan menanggung biaya perawatan kesehatan kamu sekeluarga. Karena kita bekerja sangat keras untuk keluarga.

Paket asuransi jiwa dan polis asuransi berjangka sangat penting untuk mengamankan masa depan keluarga kamu, selama kamu tidak ada. Kamu bisa memiliki ketenangan pikiran, ketika kamu mengelola ketidakpastian hidup dengan asuransi.

Terlebih untuk saat ini, biaya pengobatan dan rumah sakit tak bisa dibilang murah jika kamu menginginkan pelayanan yang terbaik. Dan asuransi ini sangat tepat dimiliki, terutama oleh kamu yang tak bisa menabung dan memiliki biaya darurat.

Mengingat kondisi sakit jelas tak terencana, dan jika tak memiliki biaya darurat, maka milikilah asuransi untuk membuatmu menjadi lebih tenang dalam menjalani hidup.

4. Mendorong mempunyai tabungan

Asuransi juga merupakan saluran investasi yang hebat. Setiap polis asuransi jiwa yang kamu beli akan secara tidak langsung melakukan penghematan sistematis dengan mengalokasikan dana dalam bentuk premi setiap tahun.

Pada akhir masa polis, pemegang polis dapat memetik manfaat dengan mendapatkan pembayaran sekaligus yang akan menghasilkan kumpulan kekayaan besar.

Asuransi mendorong penghematan dengan mengurangi pengeluaran kamu dalam jangka panjang. Kamu bisa menghindari pembayaran langsung untuk acara-acara yang tidak menguntungkan seperti penyakit medis, kehilangan mobil, kecelakaan dan banyak lagi.

Ini juga merupakan alat penghematan pajak yang hebat yang membantumu mengurangi beban pajak kamu. Jadi dengan manfaat asuransi untuk keluarga muda ini bisa membuatmu memiliki tambahan uang di masa depan, dan memastikan bahwa uang asuransi tidak akan hilang meskipun jika keadaan keluargamu baik-baik saja.

5. Pintar mengelola risiko

Asuransi menyediakan manajemen risiko yang efektif dalam kehidupan. Musuh utama kehidupan adalah ketidakpastian dan seseorang dapat merencanakan ketidakpastian dalam hidup dengan asuransi. Risiko jatuh sakit, risiko kehilangan mobil kamu, risiko menghadapi kecelakaan saat bepergian dengan sepeda kamu, risiko kematian diri sendiri dan banyak lagi dapat ditangani dengan polis asuransi yang efektif.

Dalam hal rencana asuransi berjangka, keluarga kamu tidak perlu menghadapi cobaan keuangan jika kamu meninggal sebelum waktunya dan kamu bisa memperoleh perlindungan untuk jangka waktu tertentu dengan biaya yang terjangkau.

Manfaatkan rencana asuransi tersebut untuk meringankan faktor risiko dalam hidup kamu.

Jangan mau bertahan dalam ketidakpastian hidup, jika kamu bisa memastikan semuanya sejak dini. Namun, perlu diingat ya, baik itu, rencana asuransi jiwa, asuransi berjangka, asuransi kesehatan atau asuransi kendaraan, manfaat asuransi untuk keluarga muda ataupun yang lain harus dipahami oleh semuanya.

Dan memulai asuransi sejak muda sepertinya lebih baik, daripada memulai asuransi di usia tua. Jadi pilihlah asuransi terbaik dan banyak orang selalu menekankan pada berapa banyak uang yang mereka butuhkan untuk membayar dimuka untuk produk, daripada melihat gambaran besarnya. Lindungi hidup kamu dengan asuransi dan sadari manfaatnya.

 Yuk, ajukan asuransi keluarga sesegera mungkin!

Tentang Penulis