Memahami Pentingnya Financial Freedom bagi Gen Millennial

Financial freedom menjadi hal yang diimpikan oleh setiap orang, mengapa begitu? pentingnya financial freedom bagi setiap orang? Untuk mengetahuinya, yuk simak artikel berikut ini!

Apa itu Finansial Freedom?

Financial freedom atau disebut juga kebebasan finansial adalah keadaan dimana seseorang dapat memenuhi gaya hidup tanpa perlu mengkhawatir kondisi keuangan.

Ketika sudah mencapai kondisi finansial freedom, finansial bukan lagi menjadi suatu masalah yang harus dipikirkan. Bahkan, aset yang dimiliki biasanya bisa menghasilkan uang yang lebih besar nilainya, dibandingkan gaya hidup.

Bisa membeli apapun tanpa memikirkan keuangan, tentu membuat financial freedom menjadi impian setiap orang.

Untuk mencapai kondisi finansial freedom, kamu perlu mengatur dan mengelola keuangan dengan bijak sejak dini. Mempersiapkan tabungan untuk masa depan juga perlu kamu prioritaskan.

Tahapan Mencapai Financial Freedom

Setelah mengetahui pengertian dan pentingnya financial freedom, tentu membuat kamu semakin ingin cepat merasakannya.

Tetapi, sebelum mencapai di keadaan financial freedom, umumnya setiap orang akan melewai berbagai tahapan dalam keuangan mereka.

Setidaknya ada 7 tahapan yang perlu kamu lewati untuk bisa mencapai di keadaan financial freedom. Apa saja ya kira-kira tahapan tersebut? Yuk simak!

1. Dependence

Tahapan keuangan pertama yang akan kamu rasakan adalah Dependence. Di tahapan ini, kamu masih belum memiliki penghasilan sendiri, dan masih bergantung pada orang lain terkait keuangan.

2. Solvency

Melewati tahap pertama, kamu akan berada di tahap Solvency. Di tahap ini, kamu sudah mulai bisa memenuhi kebutuhanmu sendiri.

Namun, suatu waktu kamu masih membutuhkan bantuan dari orang lain untuk memenuhi kebutuhan kamu.

3. Stability

Di tahap ini, kondisi keuanganmu semakin membaik. Kamu sudah bisa memenuhi semua kebutuhan sendiri, melunasi beberapa hutang, menekan pengeluaran yang tidak diperlukan, hingga sudah mulai menabung.

Namun, di tahap ini mungkin kamu masih memiliki hutang untuk memenuhi kebutuhan yang melebihi pemasukan.

(Baca Juga: 5 Pinjaman Modal Usaha Tanpa Kartu Kredit)

4. Debt Freedom

Tahap ini kamu sudah bisa melunasi hutang, dan mampu mempersiapkan dana darurat. Di tahap ini juga kamu bukan hanya memiliki cukup uang untuk bertahan hidup, tetapi juga berhasil membuat kondisi keuangan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

5. Financial Security

Di tahap ini, kamu sudah mulai mengalihkan dana untuk investasi. Baik investasi jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Kamu juga mulai menikmati keuntungan dari investasi tersebut.

6. Financial Independence

Kamu lebih rutin melakukan investasi jangka panjang di tahap ini. Investasi jangka panjang yang dilakukan secara solid sehingga suatu saat pendapatan dari investasi saja bisa menutupi kebutuhan gaya hidup

7. Financial Freedom

Selanjutnya adalah Financial Freedom, kondisi ini merupakan kondisi keuangan yang dapat mencukupi gaya hidup yang kamu inginkan. Bahkan tanpa bekerja, uang bisa mengalir dari passive income milikmu.

Cara Mencapai Financial Freedom

Setelah menyimak tahapan financial freedom, kamu jadi mengetahui apa saja tahapan yang perlu kamu lalui terlebih dahulu.

Meski banyak tahapan yang perlu dilalui, bukan berarti kamu tidak bisa mencapai tahapan financial freedom.

Memang, masih banyak orang yang merasa mencapai kondisi keuangan di tahapan financial freedom merupakan hal yang sulit, atau bahkan mustahil untuk didapatkan.

Padahal, meski sulit, kamu bisa loh mencapai keuangan di tahap financial freedom. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai financial freedom.

1. Memahami Kondisi Finansial

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mencapai tahap financial freedom adalah memahami terlebih dahulu kondisi finansial yang kamu punya.

Perlu kamu catat, financial freedom tidak dicatat dari besaran penghasilan yang dimiliki. Tetapi, bagaimana penghasilan memenuhi kebutuhan yang kamu butuhkan.

Oleh karena itu, memahami kondisi finansial menjadi langkah pertama yang perlu dilakukan. Kamu perlu mengetahui apakah kondisi keuangan yang dimiliki sudah bisa mencukupi kebutuhan atau belum.

Agar lebih mudah, kamu bisa membuat rincian berupa pendapatan dan pengeluaran yang terjadi setiap waktunya. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah melihat dan memahami kondisi finansial.

2. Belajar Mengelola Keuangan

Setelah melihat kondisi keuangan yang kamu miliki, kamu bisa melihat apakah pendapatmu bisa mencukupi kebutuhan, atau apakah sebaliknya.

Jika ternyata pengeluaran lebih besar dibandingkan pendapatan, maka ada yang perlu diubah dari pengaturan keuangan milikmu.

Sebab, financial freedom tidak bisa dimiliki jika pengeluaran lebih besar dibandingkan pendapatan. Oleh sebab itu, kamu bisa mengatur kembali anggaran keuangan dan menggunakannya secara bijak.

Misal, memangkas keuangan yang tidak diperlukan, dan mengalokasikan dana tersebut untuk ditabung atau investasi masa depan.

Kamu juga bisa mencari sumber penghasilan tambahan agar lebih cepat mencapai kebebasan finansial. Seperti menjadi freelance atau membuka bisnis kecil-kecilan.

3. Melunasi hutang

Hutang menjadi halangan terbesar dalam mencapai financial freedom. Sebab, hutang menjadi salah satu anggaran yang perlu kamu keluarkan setiap bulannya.

Pastikan kamu memasukkan hutang dalam perhitungan anggaran yang akan dikeluarkan. Jika hutang yang kamu miliki cukup banyak, maka cicilan dengan melunasi dengan bunga tertinggi terlebih dahulu.

Pastikan juga membayar tagihan hutang tepat waktu agar tidak perlu menambah biaya keterlambatan.

Setelah hutang lunas, keuanganmu bisa lebih stabil dan menjadi lebih mudah mencapai keinginan financial freedom.

4. Memulai investasi

Selanjutnya, kamu bisa mulai melakukan investasi. Nilai uang seiring berjalannya waktu bisa berkurang akibat dari inflasi.

Menghindari hal tersebut, melakukan investasi bisa menjadi salah satu hal yang bisa kamu lakukan. Terlebih investasi ini memiliki potensi kamu untuk mencapai financial freedom.

Dengan adanya investasi, keuangan kamu di masa depan juga lebih terjamin. Aset investasi ini kemudian bisa digunakan untuk memenuhi gaya hidup.

Investasi ada banyak jenisnya, mulai dari reksadana, saham, obligasi, saham, properti, hingga deposito.

Sebelum menjalani investasi, kamu bisa memahami kelebihan dan kesulitan dari masing-masing instrumen investasi. Dengan begitu, financial freedom akan semakin mudah.

5. Melakukan Pemisahan Dana

Cara selanjutnya adalah melakukan pemisahan dana antara dana tabungan dan juga dana darurat. Dengan pemisahan ini, tentu uang milikmu tidak akan tercampur dan kemungkinan terjadi kesalahan penggunaan menjadi lebih kecil.

Dana tabungan umumnya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dalam jangka panjang. Sedangkan, dana darurat akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengeluaran yang tidak terduga.

(Baca Juga: Keunggulan Produk HSBC Advance)

Pentingnya Financial Freedom bagi Gen Millennial

Setelah mengetahui pengertian, tahapan, dan juga cara untuk mencapai financial freedom, tentu kamu menjadi mengetahui pentingnya financial freedom.

Terlebih, untuk generasi milenial, yang masih belum memikirkan lebih jauh terkait keuangan masa depan.

Mereka lebih mengutamakan self reward atau kebahagiaan saat ini yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Umumnya, gen milenial melakukan self reward dengan biaya yang tidak sedikit. Padahal, dibandingkan melakukan hal tersebut, lebih baik keuangan dialihkan untuk biaya lain.

Mulai dengan membuka tabungan hingga dialokasikan untuk investasi bisa dilakukan oleh gen milenial.

Dengan melek akan finansial, generasi milenial akan lebih mudah untuk mengejar cita-citanya yang ingin ‘hidup tentram’ di hari tua di masa pensiun.

Menggapai cita-cita tersebut, kamu bisa membuka rekening tabungan mulai dari sekarang. Rekening dengan paket ‘lengkap’ yang bisa berbarengan dengan investasi bisa kamu dapatkan di HSBC.

HSBC memiliki rekening tabungan yang bisa berbarengan dengan produk investasi, yaitu HSBC Advance.

Jenis investasi ini cukup banyak, mulai dari reksa dana, obligasi, structur product atau Dual Currency, dan juga Investment Link, yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Investasi ini berbeda antar satu dengan lainnya. Untuk biaya, investasi HSBC Advance mulai dari Rp500 ribu.

Proses pengajuan HSBC ini cukup mudah, kamu bisa mengajukannya dengan mendatangi kantor cabang Bank HSBC. Atau jika tidak mau repot, kamu bisa mengajukannya melalui CekAja.com.

Di CekAja proses pengajuannya cukup mudah dan praktis. Terlebih, pengajuannya ini dilakukan secara online, tanpa perlu keluar rumah dan bisa dilakukan kapan saja.

 Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera ajukan kartu kredit HSBC sekarang juga!